course-net
Search
Close this search box.

SMTP Adalah : Pengertian, Pentingnya Bagi Perusahaan, Keunggulan dan Cara Mengaktifkan

Minet

February 20, 2023

Pentingnya SMTP Bagi Perusahaan

SMTP Adalah : Pengertian, Pentingnya Bagi Perusahaan, Keunggulan dan Cara Mengaktifkan – Banyak yang belum memahami apa itu SMTP, jadi akan dijelaskan di bawah ini. Protokol jaringan internet satu ini kerap dipakai saat mengirimkan email. Bagi Anda yang pernah menggunakan Gmail akan bersinggungan langsung dengan protokol jaringan internet tersebut.

Supaya email yang Anda kirim dapat diterima ke alamat email tujuan, ada sejumlah proses yang dilewati dan protokol jaringan internet inilah yang berguna di proses tersebut. SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Supaya Anda lebih memahami tentang protokol internet ini, bisa simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

SMTP adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Apa yang Dimaksud SMTP?

SMTP Adalah : Pengertian, Pentingnya Bagi Perusahaan, Keunggulan dan Cara Mengaktifkan

SMTP adalah aplikasi yang dipakai oleh server email untuk menerima, mengirim dan atau menyampaikan email terkirim dari si pengirim dan penerima. Server mail ini mempunyai alamat atau beberapa alamat yang bisa diatur klien email maupun aplikasi yang digunakan. Server ini juga digunakan oleh Gmail dan bisa Anda temukan pada bagian akun maupun pengaturan klien email.

Pada saat Anda mengirim email, maka server protokol internet ini memproses email Anda dan memutuskan server mana dipakai untuk mengirim email. Kemudian, email tersebut disampaikan ke server yang telah dipilih. Umumnya penyedia layanan email penerima, yaitu misalnya Gmail nantinya mengunduh pesan dan kemudian menempatkan pada kotak masuk penerima.

Seperti pada server umumnya, server protokol email ini akan memproses data untuk nantinya dikirim ke server yang lain. Namun, memiliki tujuan yang lebih spesifik agar dapat memproses data yang berkaitan dengan penerima, pengirim dan juga penyampaian email. Server protokol internet ini juga tidak perlu ada pada mesin karena termasuk aplikasi yang akan terus berjalan supaya bisa mengantisipasi ada pengiriman email yang baru.

Pentingnya SMTP Bagi Perusahaan Adalah

Pentingnya SMTP Bagi Perusahaan

Penggunaan SMTP sangat penting untuk perusahaan karena ada beberapa alasan, yaitu:

  1. Email Blast

Pentingnya sebuah perusahaan menggunakan protokol jaringan internet satu ini adalah karena perusahaan harus mengirim email ke ratusan atau bahkan ribuan konsumen setiap hari. Hal ini biasa dikenal dengan email blast dimana pengiriman email dilakukan dalam jumlah banyak ke sejumlah alamat email lainnya.

Akan tetapi, layanan email gratis pada Gmail tidak bisa menangani tugas satu ini. Itulah sebabnya perusahaan memerlukan protokol jaringan internet tersebut secara pribadi supaya bisa melakukan email blast kepada semua konsumen.

  1. Memastikan Email Masuk ke Kotak Masuk Konsumen

Server ini juga bisa memastikan jika setiap email yang dikirim oleh perusahaan bisa mencapai ke kotak masuk setiap konsumen dengan aman. Penggunaan server ini penting sekali untuk perusahaan yang akan mengirimkan email ke sejumlah konsumen mereka.

  1. Melakukan Promosi

Penggunaan server ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan email marketing dengan email blast. Seperti yang kita ketahui, setiap perusahaan pasti memiliki strategi marketing sendiri dan salah satu pilihannya adalah email marketing.

Email marketing ini biasanya dilakukan dengan cara mengirimkan penawaran sejumlah produk kepada konsumen. Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi, mengirim buletin dan lainnya dari perusahaan.

  1. Gratis

Alasan perusahaan perlu menggunakan protokol jaringan internet ini yang lainnya adalah gratis dan murah. Namun perusahaan harus cerdas dalam memilih server SMTP yang terbaik untuk melakukan kampanye email marketing dengan mudah.

  1. Mengendalikan Penuh Pengiriman Email

Penggunaan server protokol jaringan internet berikutnya adalah perusahaan bisa memegang kendali secara penuh atas semua email yang dikirim. Seluruh email yang dikirim oleh perusahaan juga pasti masuk ke dalam kotak masuk konsumen atau alamat email tujuan.

  1. Membantu Perusahaan Mengirim Sejumlah Email

Server protokol jaringan internet ini juga bisa membantu perusahaan dalam mengirimkan sejumlah jenis email selain untuk pemasaran, seperti perubahan kata sandi, pendaftaran konsumen baru, status pesanan dan yang lainnya.

Seperti itulah alasan mengapa perusahaan perlu menggunakan server protokol jaringan internet.

Apa Saja Keunggulan SMTP Adalah?

Keunggulan-keunggulan dari SMTP secara umum adalah:

  1. Meningkatkan Keterkiriman Email

Keunggulan utama dari server protokol jaringan internet ini adalah untuk meningkatkan terkirimnya email. Setelah menggunakan server ini, kemampuan pengiriman email akan lebih baik. Apalagi ada banyak layanan email secara gratis yang mempunyai tingkat keberhasilan pengiriman cukup rendah.

Hal ini jelas bisa menyebabkan masalah yang besar bagi perusahaan, klien dan juga konsumen. Dengan memiliki server protokol jaringan internet sendiri, bisa memberikan perusahaan tingkat pengiriman email yang tinggi dan rencana cadangan apabila ada pengiriman gagal. Apabila pengiriman email gagal, maka server tersebut akan merespon langsung dengan mengirim laporan kesalahan ke perusahaan.

  1. Mengakses Penuh pada Semua Email

Server SMTP Gmail seperti ini juga bisa memberikan akses penuh pada semua email. Hal ini tentu bisa menguntungkan perusahaan dan sebagai contohnya pada saat perusahaan mengalami masalah dengan konsumen karena tidak menerima apa yang diharapkan oleh mereka, maka perusahaan bisa melihat riwayat email yang mereka kirimkan untuk menyelesaikan masalahnya.

  1. Meneliti Email Terkirim

Mempunyai server protokol jaringan internet sendiri juga bisa memberikan perusahaan manfaat supaya dapat meneliti seluruh email yang sudah dikirim. Tanpa menggunakan server protokol jaringan internet pribadi, perusahaan tidak bisa mempunyai akses penuh ke dalam arsip email yang sudah terkirim. Hal inilah yang bisa membuat tindakan seperti tindak lanjutan dan juga pelaporan jadi lebih ribet.

Itu dia beberapa contoh keunggulan menggunakan server SMTP pribadi yang bisa Anda dapatkan.

Cara Mengaktifkan SMTP Gmail

Setelah membahas mengenai pengertian, keunggulan dan pentingnya penggunaan server protokol jaringan internet pribadi untuk perusahaan, Anda bisa mencobanya. Bagi Anda yang ingin mengaktifkan protokol jaringan internet satu ini atau Simple Mail Transfer Protocol Gmail harus tahu langkah-langkahnya terlebih dahulu.

Pastikan Anda mempunyai akun Google dan juga akses menuju ke cPanel yang terdapat di hosting Anda. Nah, langkah-langkah set SMTP Gmail dengan mudah adalah:

  1. Mengaktifkan Fitur Less Secure Apps

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan server protokol jaringan internet ini adalah Anda perlu memulainya dengan mengakses Less Secure Apps.

Google akan otomatis memblokir perangkat yang tidak sesuai dengan standar keamanan terbaru saat ini. Itulah sebabnya, Anda perlu mengaktifkannya dahulu fitur Less Secure Apps pada akun Gmail Anda.

  1. Login ke Akun Gmail

Langkah kedua untuk SMTP setting Gmail adalah masuk ke dalam akun Gmail milik Anda dan memilih setting atau pengaturan. Setelah Anda memilih setting, kemudian memilih menu “Tap Forwading IMAP/POP” yang telah tersedia.

Anda bisa memilih format “Enable IMAP” dan masuk ke langkah PHPmailer untuk lihat script PHP mail yang tersedia dan akan Anda pakai.

  1. Mengakses Respository PHPmailer

Langkah ketiga dan terakhir adalah akses respository PHPmailer di bagian Github dan download script yang sudah ada di menu “Download Zip or Clone”.

Nantinya Anda sudah dapat menyimpan pesan langsung ke komputer dan Anda bisa mengakses seluruh fungsi yang terdapat di dalamnya. Anda perlu memakai fitur yang tersedia dengan baik dan benar.

Jadi, itulah penjelasan mengenai SMTP dengan lengkap dan bagi Anda yang tertarik untuk kursus networking segera bergabung bersama Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!