course-net
Search
Close this search box.

Apa Itu Webinar ? Pengertian , Manfaat & Jenisnya

Minet

March 8, 2023

Apa Itu Webinar ? Yuk Simak Penjelasannya

Apa Itu Webinar ? Pengertian , Manfaat & Jenisnya – Webinar, sebuah istilah yang menjadi sering muncul setelah wabah covid merajalela di Indonesia. Bahkan istilah ini sering sekali dipakai oleh berbagai pihak seperti Perusahaan, Organisasi, Pemerintahan, dan juga Universitas. Sebenarnya, apa sih Webinar itu sehingga ada banyak sekali yang menggunakannya?

Apa Itu Webinar ? Yuk Simak Penjelasannya

Pengertian Webinar

Apa Itu Webinar ? Yuk Simak Penjelasannya

Webinar adalah, singkatan dari web dan seminar, yang memiliki arti kegiatan seminar yang dilakukan dengan menggunakan website atau secara online. Itulah mengapa seminar satu ini menjadi lebih sering dipakai ketika wabah covid menyebar.

Umumnya, cara atau jenis seminar ini akan dipakai ketika orang – orang yang dibutuhkan tidak sedang berada di satu tempat yang sama. Walaupun begitu, seminar masih tetap harus diadakan dalam waktu dekat.

Seminar seperti ini juga sudah sering digunakan oleh para pebisnis yang memiliki tujuan untuk meraih target pasar atau konsumen yang lebih luas lagi. Karena pertemuan dengan berbagai orang penting atau konsumen, sudah bisa dilakukan dari berbagai tempat.

Fungsi Webinar

Setelah lebih memahami mengenai apa itu webinar, sekarang kita akan masuk ke dalam penjelasan mengenai fungsi dari seminar jenis ini. Fungsi tersebut adalah:

  1. Tempat Bertukarnya Informasi yang Ada

Memang sudah diketahui secara umum, fungsi dari seminar adalah untuk bertukar informasi. Maka begitu juga dengan webinar. Biasanya ketika seminar ini akan dilakukan, akan ada seorang pembicara yang akan diundang.

Tentu saja pembicara tersebut adalah seorang ahli dalam bidangnya yang memiliki banyak pengalaman. Dengan begitu, kegiatan seminar yang akan dilakukan pastinya menjadi sarana yang tepat untuk bertukar informasi.

Fitur yang tersedia di sebuah aplikasi penyedia seminar online juga seperti chat langsung, akan memudahkan para peserta seminar untuk berinteraksi dengan sang pembicara, pembuat acara, ataupun peserta yang lainnya.

  1. Tempat Untuk Promosi

Seminar online juga bisa kalian gunakan sebagai tempat promosi dari berbagai produk yang kalian miliki. Sudah ada banyak dan sering sekali orang – orang yang mengadakan seminar online turut mempromosikan produk yang mereka miliki.

  1. Menjadi Tempat Branding Suatu Perusahaan dan Produk

Selain dijadikan tempat promosi, sudah ada banyak juga seminar online yang dijadikan tempat branding dari suatu perusahaan atau produk. Hal tersebut tentu saja ditujukan kepada para peserta yang mengikuti seminar.

Itu adalah beberapa fungsi dari webinar yang bisa kalian pahami dan cermati. Dengan begitu, kalian jangan kaget ketika ada suatu seminar online yang melakukan salah satu dari ketiga fungsi yang kami jelaskan tersebut.

Manfaat Webinar

Selain fungsi, kalian juga harus tahu mengenai manfaat apa saja yang bisa kalian dapatkan dari sebuah seminar secara online. Baik itu bagi pribadi maupun dalam hal bisnis yang sedang kalian lakukan.

Sejumlah manfaat yang bisa kalian dapatkan antara lain:

  1. Menambah Relasi

Berbagai peserta yang turut hadir dalam seminar online, bisa memperluas relasi yang kalian miliki loh. Buang semua rasa malu dan gengsi apabila kalian ingin menambah relasi kalian. Hal ini juga pastinya bisa jadi hal yang bermanfaat untuk kalian kedepannya.

Bahkan, pembicara terkenal yang biasanya diundang juga bisa menjadi salah satu relasi kalian. Menarik sekali bukan manfaat yang satu ini?

  1. Memperoleh Berbagai Informasi Penting

Salah satu fungsi dari seminar online adalah tempat bertukarnya berbagai informasi. Sehingga sudah pasti manfaat yang bisa kalian dapatkan adalah memperoleh berbagai informasi yang penting juga. Informasi yang didapatkan juga bisa kalian jadikan data analisis untuk berbagai hal, mulai dari bisnis atau hal penting lainnya.

  1. Perkenalan Bisnis

Bagi para pebisnis webinar artinya mengadakan suatu perkenalan untuk bisnis yang dimilikinya kepada orang banyak. Benar sekali, sudah ada banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan seminar sebagai salah satu media perkenalan bisnis yang sedang dijalankannya.

  1. Mempererat Hubungan Dengan Konsumen

Kalian juga bisa mempererat hubungan kalian sebagai pelaku bisnis dengan para konsumen. Caranya cukup mudah, hanya perlu mengundang mereka secara langsung atau secara khusus untuk mengikuti seminar online yang akan kalian lakukan.

Dengan perlakukan khusus tersebut, para konsumen bisa mendapatkan kesan bahwa mereka lebih diperhatikan oleh suatu perusahaan tempat langganan mereka membeli suatu produk.

Berbagai Jenis Webinar

Webinar sendiri, sekarang ini sudah ada jenis – jenisnya. Beberapa jenis yang harus kalian ketahui itu ialah:

  • Webinar Gratis

Sebuah seminar online yang tidak memerlukan biaya untuk dapat mengikutinya. Jenis ini tentu saja lebih disukai orang – orang karena tidak memerlukan biaya sama sekali. Serta ada banyak informasi penting yang bisa didapatkan oleh para peserta yang mengikutinya.

  • Webinar Berbayar

Kalau ada yang gratis, pasti ada juga yang mengharuskan bayar atau berbayar. Biasanya seminar yang membutuhkan bayaran untuk dapat mengikutinya karena seminar tersebut membutuhkan biaya yang besar untuk mengadakannya.

Selain itu, seminar online berbayar memiliki pembicara yang sudah sangat terkenal sehingga ada banyak juga orang yang ingin mengikutinya walaupun diharuskan mengeluarkan uang. Para peserta juga biasanya akan mendapatkan sertifikat webinar sebagai salah satu bukti sudah pernah mengikuti seminar tersebut.

Baca Juga : Liputan event Course-Net di UMN

  • Webinar Khusus

Jenis ini, adalah jenis seminar online yang ditujukan kepada orang – orang tertentu saja. Contohnya adalah seminar yang diadakan oleh suatu perusahaan dan dikhususkan untuk para karyawannya saja. Lalu ada juga seminar dari suatu universitas yang hanya boleh diikuti oleh para mahasiswanya saja.

  • Webinar Berkelanjutan

Seminar ini, biasanya akan dilakukan ketika membahas suatu hal yang membutuhkan waktu sangat lama. Sehingga pertemuan yang dilakukan tidak cukup hanya sekali. Beberapa pertemuan seminar tersebut, hanya membahas satu buah topik yang saling berkaitan sampai dengan selesai.

Apa Itu Tips Untuk Mengadakan Webinar

Apabila kalian ingin mencoba mengadakan suatu webinar, kalian bisa mengikuti beberapa tips yang akan kami jelaskan ini loh. Selamat mencoba ya semuanya.

  1. Koneksi Stabil

Tips yang pertama, tentu saja kalian harus memiliki koneksi yang stabil ketika ingin mengadakan suatu seminar online. Hal ini sangat berpengaruh dari kenyamanan para peserta yang akan hadir loh.

Maka dari itu, kalian harus memastikan bahwa koneksi yang kalian miliki cukup stabil dan tidak akan mengganggu dari seminar online yang akan kalian lakukan.

  1. Bahas Topik yang Menarik

Tips berikutnya, usahakan untuk membahas topik yang menarik perhatian para peserta. Hal ini dilakukan agar mereka tidak cepat bosan dan akhirnya meninggalkan seminar yang sedang kalian lakukan. Oh iya, pemilihan topik juga dapat menentukan ramai atau tidaknya peserta yang akan mengikuti seminar loh.

Sekarang kalian sudah tahu mengenai arti webinar dan berbagai hal penting lainnya. Semoga saja informasi ini bisa menjadi manfaat bagi kalian semua.

Ingin lebih tahu dan ingin mengadakan webinar yang sukses? Ikuti saja berbagai pelatihan dari Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!