course-net
Search
Close this search box.

Canva Adalah : Definisi , Cara Membuat Design & Cara Kerjanya

Minet

March 9, 2023

Canva Adalah, Simak Penjelasan Lengkapnya

Canva Adalah : Definisi , Cara Membuat Design & Cara Kerjanya – Canva merupakan salah satu aplikasi untuk mengedit gambar yang bisa mempermudah dalam bidang desain. Saat ini memiliki skill untuk mengedit sebuah gambar menjadi salah satu skill yang penting.

Terutama apabila Anda memiliki bisnis pribadi. Agar bisa membuat iklan yang berkualitas dan bisa memikat banyak orang Anda perlu menemukan konsep desain yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Bagi Anda yang belum memiliki keahlian dalam bidang editing tentu saja akan merasa kesulitan untuk mengedit sebuah foto yang digunakan sebagai konten. Salah satu solusinya yaitu Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto Canva online yang dapat dengan mudah membantu Anda.

Berikut ini akan diulas dengan lengkap terkait dengan aplikasi Canva untuk edit foto!

Canva Adalah, Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Canva?

Canva Adalah, Simak Penjelasan Lengkapnya

Canva adalah aplikasi editing yang bertujuan untuk mempermudah dalam mendesain seperti poster grafis dokumentasi presentasi atau konten lainnya yang membutuhkan kemampuan desain. Aplikasi Canva ini memiliki banyak template gratis yang dapat dipakai.

Selain itu ada banyak juga tools editing yang dapat digunakan seperti menghilangkan background mengubah gambar menjadi PDF dan lain sebagainya.

Canva adalah merupakan aplikasi pertama yang berdiri tahun 2012 dan sampai kini sudah banyak yang menggunakan aplikasi Canva bahkan terus bertambah. Aplikasi ini bisa digunakan versi web yaitu Canva web untuk laptop dan versi aplikasi untuk Android dan iOS.

Aplikasi Canva untuk Bisnis

Canva ini memiliki berbagai manfaat dan kelebihan terutama bagi Anda yang saat ini sedang membangun sebuah bisnis. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari aplikasi Canva.

  • Membangun branding

Kelebihan pertama dari Canva yaitu bisa membantu untuk urusan branding. Canva menjadi salah satu aplikasi yang berperan penting dalam sebuah bisnis terutama dalam menciptakan marketing bisnis yang baik sehingga masyarakat luas bisa mengenal bisnis yang sedang dikelola.

Salah satu strategi marketing yang bisa dilakukan yaitu dengan menyebarluaskan poster atau brosur dan juga bisa dengan membuat sebuah katalog. Bagi Anda yang ingin membuat poster maka bisa menggunakan aplikasi Canva untuk mendesain.

Ada banyak sekali template desain yang bisa dipilih pada aplikasi ini. Sesuaikan saja dengan branding produk yang Anda inginkan.

  • Bisa digunakan di semua device

Canva ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan di semua device. Tentu saja hal ini akan mempermudah pekerjaan Anda. Banyak orang yang kesulitan untuk mendesain karena harus membawa satu perangkat kemana pun pergi.

Tetapi aplikasi Canva ini bisa digunakan untuk semua device sehingga bisa secara otomatis melanjutkan proses mengedit dengan menggunakan device lain tetapi masih dalam satu akun. Bahkan tak hanya melalui handphone Anda juga bisa menggunakan Canva for pc untuk lebih jelasnya.

  • Mempercepat pekerjaan desain

Kelebihan selanjutnya dari Canva yaitu bisa membantu untuk mempercepat desain. Aplikasi ini bisa membantu Anda dalam pemilihan warna yang cocok, font tulisan, penempatan grafis, dan lain sebagainya untuk mempercepat pekerjaan desain.

Cara Membuat Akun Canva Adalah

Cara Membuat Akun Canva Adalah

Bagi Anda yang ingin menggunakan Canva pro maka bisa terlebih dahulu membuat akun Canva. Berikut ini merupakan cara untuk membuat akun Canva dengan.

  • Buka aplikasi atau website kanvas melalui laptop atau ponsel Anda. Pada bagian pojok kiri atas ada tombol login dan juga ada sign up. Pilih tombol sign up Apabila Anda ingin mendaftarkan diri untuk membuat akun Canva.
  • Setelah itu akan munculmu menu pop out yang menghubungkan dengan cara yang dipilih untuk membuat akun.
  • Ada tiga cara yang biasanya bisa digunakan untuk mendaftar yaitu akun Google, akun Facebook, dan juga akun email.
  • Jika ingin masuk melalui email maka tanda wajib memasukkan nama, alamat email yang digunakan, dan password.
  • Setelah itu Anda bisa memilih get started untuk mulai mendaftarkan akun.
  • Pihak Canva akan mengirimkan kode verifikasi ataupun link aktivasi melalui email yang digunakan.
  • Setelah kode didapatkan maka masukkan kode tersebut atau bisa klik link yang sudah dikirimkan.
  • Akun Canva cara otomatis akan aktif.

Selain Canva login dengan menggunakan email ada juga bisa menggunakan akun Google dan juga Facebook dengan cara yang mirip.

Akun Canva Premium

Setelah bisa membuat akun Canva secara gratis selanjutnya Anda bisa mendaftarkan akun Anda pada akun Canva premium. Canva premium ini memiliki fitur khusus yang berbeda dengan Canva versi gratis. Berikut ini beberapa fitur khusus yang dimiliki oleh Canva premium.

  • Memiliki lebih dari 600 template premium yang tidak bisa digunakan pada akun versi gratis
  • Memiliki 100 juta lebih template video, foto, grafis, audio yang bisa digunakan hanya pada akun premium.
  • Bisa menyimpan dan juga mengubah bentuk file tanpa harus mengulang desain yang ada
  • Bisa menghapus latar belakang foto dengan sangat mudah
  • Dapat menyimpan desain sebagai template yang nantinya bisa digunakan oleh tim
  • Memiliki penyimpanan mencapai 100 GB
  • Menjadwalkan konten Anda ke 8 program sosial media

Tips Desain Menggunakan Canva Untuk Kepentingan Bisnis

Bagi Anda yang masih mencoba untuk belajar desain maka bisa mencoba dengan beberapa tips di bawah ini!

  • Tentukan desain berdasarkan jenis usaha

Tips pertama yang harus diperhatikan saat Anda ingin mendesain yaitu buatlah desain sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Bisnis fashion dan makanan tentu akan memiliki background yang berbeda. Oleh karena itu penyesuaian jenis usaha dengan desain yang akan dibuat sangatlah penting.

Sebagai contoh Jika Anda ingin membuat desain untuk usaha fashion maka Anda juga perlu menyesuaikan. Fashion identik dengan pakaian, atau perlengkapan yang menunjang lainnya seperti hanger, dan lain sebagainya. Atribut tersebut bisa dimasukkan ke dalam komponen desain untuk lebih menyesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan.

  • Konsisten dalam menggunakan warna

Maksud dari konsisten dalam menggunakan warna ini yaitu pada saat Anda mendesain lebih dari satu poster maka sebaiknya Anda perlu menyesuaikan dan konsisten dengan kelompok warna yang ingin digunakan. Hal ini akan membantu untuk membuat lebih serasi terlebih lagi jika desain tersebut akan digunakan pada feed Instagram.

  • Pemilihan Font

Pemilihan font perlu dilakukan dengan tepat. Perlu adanya kesesuaian antara font dengan desain yang akan dibuat. Terlebih lagi apabila Anda membuat sebuah poster yang berisikan informasi. Maka Anda perlu memilih font yang jelas dan bisa terbaca dengan baik.

  • Ukuran

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu ukuran dari desain. Apabila Anda ingin membuat desain untuk Instagram maka ukurannya juga harus disesuaikan. Begitu pula jika Anda ingin membuat desain untuk sebuah banner maka juga harus menyesuaikan.

Apabila membuat desain untuk Instagram tetapi Anda menggunakan ukuran yang lebih tinggi maka akan terpotong pada feed Instagram dan informasi yang ada pada poster tidak bisa termuat semuanya karena terpotong oleh ukuran atau skala.

Itulah beberapa informasi terkait dengan Canva yang perlu Anda ketahui. Download Canva bisa dilakukan melalui Android ataupun iOS.

Ingin tahu lebih dalam IT dan dunia teknologi lainnya? Yuk join di Course-Net! Kelas IT dengan taraf internasional dengan tutor kelas dunia!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print