course-net
Search
Close this search box.

Figma Adalah : Pengertian, Fungsi & Kegunaanya

Minet

February 1, 2023

Apa Itu Figma ? Figma Adalah

Figma Adalah : Pengertian, Fungsi & Kegunaanya – Bagi desainer, terutama web desainer, atau programer, mungkin seringkali mendengar tentang sebuah aplikasi programing berupa Figgma, atau jika Anda belum pernah mendengarnya mungkin wajar saja.

Apa Itu Figma ? Figma Adalah

Pengertian Figma

Apa Itu Figma ? Figma Adalah

Figma adalah perangkat lunak desain yang berbasis web yang digunakan untuk membuat dan mengedit desain user interface (UI) dan user experience (UX). Ini menyediakan alat desain yang sama dengan perangkat lunak desain lokal seperti Adobe XD atau Sketch, namun dapat diakses dari mana saja dan dapat digunakan oleh tim yang berbeda secara bersama-sama dalam waktu yang sama.

Pada dasarnya, Figgma adalah sebuah aplikasi website kolaboratif yang dapat digunakan untuk melakukan desain interface pada website, atau desain front-end dalam kosakata developer. Perangkat ini memiliki banyak fitur offline yang bisa digunakan oleh Windows, MacOS, dan sebagainya, serta memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan berbagai perangkat desain website lainnya.

Kegunaan dari Figma Template Designer and Interface Adalah

Figma sangat berguna dalam proses desain produk digital, seperti aplikasi mobile atau website. Figma memungkinkan tim desain untuk bekerja secara bersama-sama dalam satu file yang sama, sehingga membuat proses desain menjadi lebih efisien dan efektif.

Ini juga memungkinkan desainer untuk melakukan kolaborasi dengan tim lain seperti developer dan pemasaran, sehingga membuat proses desain dan pengembangan produk menjadi lebih terintegrasi. Hal ini didukung oleh fitur Figma yang sudah berkolaborasi, dan terintegrasi dengan berbagai macam sosial media, serta akun lainnya seperti Google, memudahkan untuk berkolaborasi antar device.

Figma Adalah perangkat lunak desain yang kuat dan berguna untuk digunakan. Dimana Figma memiliki fitur UI & UX dalam proses desain produk digital. Figma memungkinkan tim untuk bekerja secara bersama sama.

Apakah Figma Aplikasi Gratis?

Apakah Figma Aplikasi Gratis?

Ya, Figgma sepenuhnya merupakan aplikasi yang gratis, dimana Anda bisa membuka lembar kerja baru, serta mulai mendesain interface awal website Anda sesuka hati, tanpa perlu mengeluarkan sepeser pun uang, dan bisa Anda buka melalui website portal, ataupun melalui mobile application. Hal inilah yang menyebabkan banyak developer yang juga mulai mempelajari platform yang satu ini.

Namun Anda juga bisa menggunakan paket berbayar dalam Figma dimana Anda bisa mendapatkan lembar kerja, dan tools yang lebih lengkap, serta dengan tanpa keterbatasan memori dalam penyimpanan lembar projek. Paket ini bisa Anda gunakan untuk projek berbayar, terutama untuk klien dan perusahaan Anda.

Keunggulan Figma Adalah:

  • Berbasis web: Figma dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet yang stabil, sehingga memudahkan untuk bekerja dari jarak jauh atau bekerja secara bersama-sama dalam tim yang tersebar di berbagai lokasi.
  • Figma memungkinkan tim desain untuk bekerja secara bersama-sama dalam satu file yang sama, sehingga membuat proses desain menjadi lebih efisien dan efektif.
  • Figma memiliki fitur prototipe yang memungkinkan desainer untuk membuat prototipe interaktif dari desain mereka, sehingga membuat proses uji coba produk menjadi lebih mudah.
  • Figma memiliki fitur kontrol versi yang memungkinkan desainer untuk melacak perubahan dalam desain dan mengembalikan ke versi sebelumnya jika diperlukan.
  • Gratis untuk digunakan: Figma dapat digunakan secara gratis untuk proyek pribadi atau proyek kecil.

Kekurangan Figma:

  • Ini hanya dapat digunakan dengan koneksi internet yang stabil, sehingga dapat menjadi kendala jika koneksi internet tidak stabil. Kekurangan dari basis web tentu adalah ketergantungan dalam penggunaan internet yang stabil. Saat internet tidak stabil, mungkin akan lebih baik untuk menggunakan aplikasi offline.
  • Ini tidak memiliki seluruh alat desain yang ditemukan dalam perangkat lunak desain lokal seperti Adobe XD atau Sketch.
  • Figma memiliki batasan dalam penyimpanan untuk akun gratis, sehingga dapat menjadi kendala jika proyek memerlukan lebih banyak penyimpanan.
  • Batasan dalam kolaborasi: Figma memiliki batasan dalam jumlah anggota yang dapat bekerja secara bersama-sama dalam satu file untuk akun gratis.

Link Figma Download Gratis dan Cepat

Untuk download figma anda bisa langsung mengunjungi website Figma, Silahkan lakukan pendaftaran apabila anda memiliki akun figma. Klik login ketika anda sudah memiliki akun Figma. Selain itu anda bisa download aplikasi secara gratis.

Anda bisa langsung login ketika sudah memiliki akun. Anda boleh berkresasi sesuai dengan yang anda inginkan.

Nah, Apakah Anda Tertarik Untuk Belajar Mendesain Lewat Figma Design Web And App?

Figma adalah sebuah aplikasi kolaboratif website yang memungkinkan Anda dan partner Anda untuk mendesain interface pada website Anda.

Nah , Dari pertama kali liris tahun 2016. Kini Figma menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mengelola, mengedit dan mendesain untuk interface website.

Tahukah kamu, bahwa aplikasi ini bertipe graphic editor yang artinya aplikasi ini berbasis vektor. Ini sama dengan tools lainnya seperti Corel Draw dan adobe. Dan aplikasi ini sangat mendukung untuk sistem operasi Linux, Windows, MacOs, Io Dan Android

Figam memiliki banyak keunggulan seperti kolaborasi, prototype , kontrol versi hingga akses gratis. Selain itu juga terdapat beberapa kekurangan, keterbatasan dalam alat desain. Inilah kenapa figma menjadi salah satu alat design yang sangat diminati.

Tertarik untuk belajar Figma lebih dalam? Yuk ikuti kelas IT di Course-Net dan kalian akan dibimbing oleh tutor kelas dunia lho!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print