course-net
Search
Close this search box.

User Experience Adalah: Definisi, Cara Kerja, Fungsi dan Peran Pentingnya

Minet

March 13, 2023

User Experience Adalah: Definisi, Cara Kerja, Fungsi dan Peran Pentingnya

User Experience Adalah: Definisi, Cara Kerja, Fungsi dan Peran Pentingnya – User experience atau dikenal dengan UX merupakan pengalaman pengguna pada saat menggunakan sebuah produk. UX ini termasuk ke dalam salah satu aspek yang paling penting dalam sebuah produk digital. Salah satunya dalam membuat website.

Tentu saja aspek ini menjadi salah satu yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan dari pengguna dengan desain yang ditampilkannya.

Oleh karena itulah produk digital perlu memberikan UX yang baik kepada penggunanya. Lalu apa fungsi dari UX dan bagaimanakah cara kerjanya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

User Experience Adalah ? Yuk Mari Belajar

Apa Itu User Experience?

User Experience Adalah: Definisi, Cara Kerja, Fungsi dan Peran Pentingnya

User experience adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam mengembangkan produk digital terutama di masa modern. Seperti contohnya aplikasi yang ada pada smartphone, website, sampai software yang ada pada komputer dan lain sebagainya.

UX ini merupakan perasaan pengguna dalam menggunakan sebuah produk digital. Perasaan itu tentu saja dapat terlihat dari kenyamanan pengguna pada saat memakai produk digital dengan jauh lebih mudah dan juga menyenangkan.

Cara Kerja User Experience

Setiap perusahaan start up pada umumnya memiliki sebuah konsep dasar yang unik dan berbeda-beda untuk pengembangan user xperience. Berikut ini merupakan beberapa cara kerja yang dimiliki oleh UX.

  • Riset

Riset menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam pengembangan sebuah e-commerce dan menjadi langkah yang harus dilalui terutama dalam pembuatan UX. Cara membangun sebuah usaha Anda perlu beberapa informasi yang terkait dengan yang apa yang nantinya akan dikembangkan. Sebagai contoh kebutuhan produk dan user bisa membuat pengguna merasa puas dan senang.

Riset ini sangat diperlukan terutama juga terhadap kompetitor atau pesaing bisnis Anda. Lakukan analisis setelah memperoleh riset sehingga Anda bisa memperoleh solusi untuk produk yang dijual.

  • Analisa

Dalam membangun user experience Anda harus melakukan analisis setelah memperoleh hasil riset. Anda perlu membuat rangkuman dari data riset yang sudah dilakukan sebelumnya dan Lakukan analisis berdasarkan dengan informasi yang sudah diperoleh dari riset pasar tersebut.

Mulailah mencari tahu watak dan juga perilaku dari pengguna melalui user persona yang dapat dinilai dari kegiatan wawancara yang dilakukan dengan pengguna sehingga bisa memahami kebutuhan dan juga masalah apa yang saat ini sedang dirasakan dan dibutuhkan oleh pengguna.

  • Membangun UX Design

Tahapan dalam membangun user experience designs bermula pada saat Anda mulai membuat prototipe dengan wireframe. Prototype dari user experience adalah model sederhana dalam produk yang sebelum dilanjutkan pada model yang lebih detail.

Sedangkan untuk wireframe user experience ini merupakan sebuah model kerangka yang memiliki fungsi untuk penataan beragam elemen yang ada d aplikasi ataupun website.

  • UI design

UI atau user interface ini tidak banyak memiliki perbedaan karena memang menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan saling berkesinambungan.

Perbedaannya terletak pada fungsi yang dimiliki user interface ini memiliki fungsi dalam hal visualisasi pengelolaan website sehingga website akan memiliki tampilan yang lebih menarik dalam pembuatan desain.

  • Tahap Pengembangan

Tahapan pengembangan dari user experience ini terjadi di mana pengembang sudah mulai bekerja dalam mengembangkan aplikasi yang akan dirancang. Setelah desain UX dan UI ini selesai maka informasi yang dikumpulkan akan diserahkan pada developer untuk bisa dikembangkan.

  • Evaluasi

Tahapan ini merupakan tahapan Pada saat Anda mencoba untuk melakukan usability testing sehingga dapat diketahui produk memberikan solusi atau tidak.

Jangan lupa juga untuk meminta feedback dari pengguna sehingga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas dari produk aplikasi. Sehingga Anda tetap membuat pengguna nyaman dan dicintai pengguna.

Peran Pentingnya

Pentingnya User Experience

User experience Adalah tentu saja memiliki peranan yang sangat penting. Berikut ini merupakan beberapa peran penting dari UX.

  • Sebagai sarana investasi

Dalam pembuatan sebuah aplikasi ataupun sebuah website tentu Anda membutuhkan sebuah waktu uang dan tenaga yang sangat banyak. Pembuatan e-commerce, website, aplikasi nantinya pasti dimonetisasi.

Modal awal yang dikeluarkan dalam pembuatan aplikasi ataupun website nantinya akan kembali bahkan dapat menjadi sebuah keuntungan. Oleh karena itulah penanganan harus terus dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas dari UX.

  • Loyalitas user

User experience yang baik nantinya bisa menghasilkan pengguna yang bahagia dan puas dengan apa yang Anda suguhkan dalam bentuk digital.

User tersebut akan enggan untuk menggunakan aplikasi ataupun menggunakan website kembali apabila tidak sesuai dengan keinginannya.

Tetapi akan terjadi sebaliknya yaitu pengguna akan memperoleh mempromosikan aplikasi ataupun website Anda kepada rekan dan temannya apabila mereka puas dan nyaman dengan produk yang Anda miliki.

User akan puas dan menjadi loyal serta tetap bertahan untuk memakai aplikasi yang sudah nyaman untuk mereka gunakan. Hal ini membuat awareness dari brand akan terus meningkat.

  • Produktivitas serta efisiensi

Harus diketahui bahwa sebuah UX yang baik tentu ini akan terus berbanding lurus dengan kinerja dan produktivitas dari seseorang. Sebagai contoh sebuah aplikasi dan juga website Bank yang diketahui setiap hari diakses banyak orang dan digunakan selalu.

Beberapa pengunjung mungkin memiliki pekerjaan lain yang kaitannya dengan perbankan yaitu transaksi seperti transfer.

Apakah yang akan terjadi jika aplikasi ataupun website tidak memiliki UX yang baik? Tentu saja produktivitas kegiatan juga akan terhambat. Sebagai contoh yaitu Anda memiliki sebuah e-commerce.

Apabila tiap hari pengguna aplikasi ini saat efisien tanpa memiliki fase daun dan juga lambat maka target penjualan yang sudah direncanakan juga terus meningkat pesat.

  • Kepuasan dari pengguna

Tujuan dari user experience ini yaitu membuat pengguna puas dan akan kembali lagi dalam menggunakan aplikasi yang Anda buat. Jika website atau aplikasi bisa menjadi jalan keluar bagi permasalahan penggunanya tentu pengguna akan kembali lagi untuk menggunakan aplikasi tersebut jika merasa puas dengan kegunaan dari aplikasi tersebut.

Fungsi

Ada berbagai fungsi dari designing user experience yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut.

  • Dapat mempermudah pengguna

Fungsi pertama yaitu bisa mempermudah pengguna untuk menggunakan aplikasi karena sudah ada nilai dari aspek usability. Sekarang ini software ataupun aplikasi dibuat agar pengguna jadi lebih mudah untuk menggunakannya.

  • Memperluas kecerdasan

Pengguna cepat bosan dengan aplikasi yang tidak memberikan pengalaman yang menarik untuk mereka lakukan. Mereka akan cenderung keluar dari aplikasi jika memang tidak memberikan pengalaman menarik.

Sebagai contoh aplikasi WA yang sampai saat ini dari segi penggunaannya jumlahnya terus meningkat. Hal ini dikarenakan pengguna mendapatkan pengalaman menarik pada saat menggunakan aplikasi WhatsApp.

Menarik minat dari pengguna ini menjadi salah satu hal yang paling penting untuk membuat user experience jadi terlihat baik.

Demikian berbagai informasi menarik terkait dengan user experience yang wajib Anda ketahui. Mengingat pentingnya UX ini maka perlu dilakukan perencanaan yang maksimal.

Ingin lebih tahu dan ingin join kelas design UX? Ikuti saja berbagai pelatihan dari Course-Net. Ikuti kursus ui ux, Anda akan dibimbing tutor kelas dunia!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print