course-net
Search
Close this search box.

Home >

Langkah Belajar Hacker Dari Nol Untuk Pemula Menjadi Profesional

Tuesday, 28 November 2023 10:07 AM

Langkah Awal Belajar Hacker untuk Menjadi Profesional

Langkah Awal Belajar Hacker untuk Menjadi Profesional – Hacker atau peretas dapat digolongkan sebagai orang yang sangat ahli dalam dunia digital, karena mereka bisa saja dengan mudahnya menelusuri dan mengetahui seluk beluk sebuah program maupun sistem jaringan. Mayoritas orang Indonesia beranggapan kalau seorang hacker hanya bisa merugikan orang lain saja.

Tapi sebenarnya jika mereka menggunakannya dengan bijak, mereka bisa juga membantu orang lain. Seperti halnya hacker yang bekerja di suatu perusahaan guna menemukan bug atau celah pada sistem perusahaan tersebut yang sering disebut penetration tester.

Tipe hacker

Jenis Jenis Hacker Yang Perlu Kamu Ketahui

Di tahun depan, dunia hacker dan karir terkait keamanan informasi diperkirakan akan terus berkembang seiring dengan terus meningkatnya ketergantungan pada teknologi. Dengan terus meningkatnya serangan siber, organisasi akan semakin menyadari pentingnya melindungi data mereka. Peretasan dapat merugikan secara finansial dan merusak reputasi, sehingga kebutuhan akan ahli keamanan siber akan terus tumbuh.

Keterampilan keamanan siber seperti analisis malware, deteksi serangan, keamanan jaringan, dan manajemen risiko akan menjadi semakin dicari. Perusahaan akan mencari profesional yang memiliki pemahaman mendalam tentang ancaman siber dan cara melindungi sistem mereka. Semakin banyak perhatian diberikan pada etika peretas. Perusahaan dan organisasi akan mencari individu yang dapat menggunakan keterampilan mereka untuk tujuan yang positif, seperti mengidentifikasi celah keamanan dan membantu melindungi sistem.

Sebelum Anda belajar hack dari nol, berikut ini kami akan menjelaskan jenis hacker beserta tingkatan yang paling umum dikenal, yaitu :

White Hat Hacker:

  • Deskripsi: Hacker dengan niat baik yang bekerja untuk meningkatkan keamanan sistem. Mereka biasanya dipekerjakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan keamanan.
  • Tujuan: Mencegah serangan dan melindungi sistem dari ancaman.

Black Hat Hacker:

  • Deskripsi: Hacker dengan niat jahat yang melakukan serangan untuk keuntungan pribadi atau merusak sistem. Mereka terlibat dalam aktivitas ilegal seperti pencurian data atau merusak infrastruktur.
  • Tujuan: Kejahatan siber, pencurian informasi, atau merusak sistem.

Grey Hat Hacker:

  • Deskripsi: Hacker yang berada di antara white hat dan black hat. Mereka mungkin melakukan serangan tanpa izin, tetapi niat mereka mungkin tidak selalu jahat. Setelah menemukan kelemahan, mereka dapat memberi tahu pemilik sistem.
  • Tujuan: Menyadarkan pemilik sistem tentang kelemahan atau mendemonstrasikan keamanan.

Hacktivist:

  • Deskripsi: Hacker yang menggunakan keterampilan mereka untuk menyampaikan pesan politik atau sosial. Mereka terlibat dalam serangan siber sebagai bentuk protes atau aktivisme.
  • Tujuan: Memprotes atau mempromosikan perubahan sosial atau politik melalui tindakan siber.

Script Kiddie:

  • Deskripsi: Individu yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang hacking tetapi menggunakan alat dan skrip yang dibuat oleh orang lain untuk melakukan serangan.
  • Tujuan: Biasanya untuk iseng atau mencari perhatian, tanpa pemahaman yang mendalam tentang keamanan informasi.

Spy Hacker (Pihak yang Memata-matai):

  • Deskripsi: Hacker yang fokus pada pengumpulan informasi tanpa izin, seringkali untuk kepentingan intelijen atau spionase.
  • Tujuan: Mendapatkan akses ke data rahasia atau merusak operasi musuh.

Social Engineer:

  • Deskripsi: Meskipun bukan peretas dalam arti teknis, social engineer menggunakan manipulasi psikologis untuk mendapatkan akses ke informasi rahasia atau sistem.
  • Tujuan: Memanipulasi orang untuk mendapatkan informasi rahasia atau akses ke sistem.

Hampir semua orang yang memiliki minat di bidang teknologi sebenarnya menyukai aktivitas satu ini, sehingga tidak sedikit dari mereka yang ingin mempelajarinya bahkan mengikuti kursus hacker secara offline maupun online.

Kalau Anda sedang mencari tempat kursus hacker yang profesional, Course-Net adalah pilihan tepat karena Anda akan didampingi langsung oleh coach-coach profesional, pelajaran yang lebih lengkap dan langsung dipraktekkan.

Jadi belajar di Course-Net, tidak hanya teori saja melainkan langsung ke prakteknya. Hal ini bertujuan untuk membentuk pemahaman peserta coaching agar lebih jelas.

3 Langkah Awal Agar Belajar Hacker Dari Nol  Untuk Pemula Menjadi Lebih Profesional

Dan berikut ini adalah langkah awal Anda untuk menjadi hacker yang profesional. Simak, lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Konsep dasar komputer

Untuk menjadi seorang pentester yang profesional, sebaiknya Anda pelajari konsep-konsep dasar komputer. Mulai dari hal yang mudah sampai yang cukup kompleks. Anda pun diwajibkan mengetahui cara kerja firewall, jaringan, protokol, hingga ke sistem operasi agar Anda dapat lebih mudah melakukan testing.

Cari tahu juga cara menggunakan fitur command prompt karena semua jaringan maupun program menggunakannya untuk melakukan konfigurasi yang lebih mendalam. Dengan begitu, Anda dapat mengeksplor lebih dalam untuk mengetahui bug dalam sebuah jaringan atau sistem.

Tapi tenang saja, Anda yang mengikuti kursus hacking di Course-net.com pastinya akan mendapatkan semua konsep-konsep dasar komputer yang nantinya bisa Anda kuasai lebih dalam lagi untuk menjadi pentester profesional.

2. Belajar Hacker Ditempat Yang Terpercaya

Ketika Anda mencari tahu cara hacking pada search engine, tentu Anda akan menemukan banyak sekali website yang menyediakan pelajaran untuk belajar hacker pemula.

Anda dapat memanfaatkan situs-situs tersebut agar Anda bisa memperdalam kemampuan hacking Anda, terutama yang belajar secara otodidak. Ada banyak sekali situs yang menyediakan artikel-artikel tentang hacking mulai dari cara yang mudah sampai yang paling rumit. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya dengan kemampuan yang sudah Anda miliki.

Selain itu, tidak sedikit yang menyediakan pelajarannya secara gratis maupun berbayar. Namun Anda harus ingat, pilih situs yang terpercaya maka Anda tidak merasa dirugikan, apalagi Anda memilih yang berbayar.

Jika Anda takut belajar secara otodidak melalui website, Anda dapat mengikuti program coaching certified ethical hacker di Course-Net. Di sana Anda akan dibimbing secara khusus oleh Coach-Coach yang berpengalaman dibidang cyber security.

3. Pelajari programming

Saat Anda ingin memulai belajar hacker sebagai seorang pemula, Anda wajib mempelajari bahasa pemograman. Seperti yang sudah kita ketahui, semua sistem jaringan maupun aplikasi dalam bentuk website ataupun program komputer memiliki kode-kode program agar dapat berfungsi secara optimal.

Bahasa pemograman sangat erat sekali dengan kemampuan hacking. Jadi, kuasailah progamming dengan baik agar Anda bisa menjadi white hacker yang hadal dan profesional.

Untuk menjadi white hacker yang profesional sebenarnya ada banyak cara, asalkan Anda serius dan ulet dalam mempelajari seluk beluk cyber security. Salah satu caranya, Anda dapat mengikuti kursus hacker di Course Net. Course-Net memiliki beberapa materi yang dapat Anda kuasai, seperti system hacking, SQL Injection, Hacking Wireless Network dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi tim kami untuk menjadi hacker profesional!

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?