course-net
Search
Close this search box.

Home >

Digital Marketing Tools Yang Wajib Anda Kuasai

Friday, 6 October 2023 9:46 AM

Digital Marketing Tools

Di era digital ini, hampir semua orang menggunakan dan melakukan aktivitas di internet. Hal itulah yang membuat para brand mulai menargetkan market dari internet. Teknik pemasaran secara konvensional sudah tidak begitu efektif, karena itulah digital marketing tools banyak digunakan.

Digital marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan teknologi digital atau internet untuk mempromosikan produk atau layanan. Hal ini melibatkan promosi melalui berbagai platform seperti media sosial, email, situs web, dan yang lainnya. Teknik ini merupakan cara yang efektif untuk mencari pelanggan potensial, membangun branding, serta meningkatkan brand awareness.

Untuk mencapai target audiens dan traffic yang diinginkan, Anda sebaiknya menggunakan digital marketing tools. Nah, apa saja tools yang wajib dikuasai? Mari simak ulasan berikut ini.

Contoh 9 Digital Marketing Tools

Dalam melakukan teknik pemasaran ini, seorang digital marketer perlu menguasai digital marketing tools. Berikut beberapa contohnya :

1. Google Analytics

Untuk melacak dan menganalisis lalu lintas di situs web, Anda dapat menggunakan Google Analytics. Fitur ini merupakan layanan analisis web buatan Google.

Google Analytics juga bisa menganalisis perilaku pengguna dan memberi informasi kepada Anda tentang bagaimana mereka menemukan situs Anda, interaksi mereka saat dan setelah mengunjungi situs web. Dengan adanya fitur tersebut, Anda dapat mengetahui strategi apa yang cocok untuk melakukan pemasaran selanjutnya.

2. Yoast SEO

Yoast SEO merupakan plugin SEO yang sangat populer digunakan di WordPress. Plugin ini dirancang untuk melakukan optimasi website dengan meningkatkan kualitas SEO atau Search Engine Optimization.

Yoast SEO dapat membantu untuk meningkatkan performa situs Anda dengan cara manage keywords, membuat konten yang sesuai dan efektif, serta aspek lainnya. Bahkan, konten yang ada di WordPress juga dapat dianalisis dan diberikan rekomendasi bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas SEO konten tersebut.

3. Ahrefs

Ahrefs merupakan sebuah alat analisis SEO yang digunakan untuk mengawasi kinerja situs web Anda serta riset kompetitor. Tools ini dapat membantu Anda untuk memonitor traffic website, peringkat keyword, dan juga analisis backlink.

Dengan menggunakan tools ini, Anda jadi mengetahui seberapa efektif strategi SEO yang telah dijalankan. Dari informasi yang telah didapat, Anda jadi bisa memperbaiki masalahnya dan dapat meningkatkan performa situs web Anda untuk meningkatkan peringkat atau lalu lintas situs web.

Baca juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Melalui Digital Marketing

4. Canva

Canva merupakan solusi untuk Anda yang ingin membuat konten namun tidak bisa membuat desain. Berbagai template dan fitur yang dimiliki Canva dapat Anda gunakan untuk membuat konten, presentasi, LP atau Landing Page, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda tidak perlu menguasai Adobe Photoshop atau Illustrator lagi.

5. Social Media Ads

Ads untuk media sosial merupakan hal yang penting untuk digital marketing. Iklan digital sangat populer dan efektif dikarenakan dapat mencapai audiens potensial. Terlebih, di era digital ini hampir semua orang menggunakan media sosial sehingga traffic pengguna media sosial pastinya ramai.

Setiap media sosial biasanya menawarkan jenis dan regulasi iklan yang berbeda. Berikut 2 contoh fitur iklan media sosial yang paling populer, yaitu Google dan Facebook Ads :

– Google Ads : merupakan platform periklanan online yang dikelola oleh Google. Anda dapat menampilkan iklan di berbagai produk Google seperti mesin pencarian Google, Youtub, dan lainnya.

Anda harus mengerti bagaimana penggunaan Google Ads agar iklan yang Anda buat efektif dan mencapai target audiens. Jangan sampai sia-sia karena biaya Google Ads termasuk tidak murah.

– Facebook Ads : merupakan platform periklanan online yang dikelola oleh Facebook. Anda dapat membuat, mengelola, dan menampilkan iklan di berbagai produk Facebook seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

Konten untuk iklan dapat disesuaikan dengan tujuan, anggaran, dan target audiens bisnis. Dengan menggunakan Facebook Ads dan mengoptimalkan kampanye berdasarkan data, iklan tersebut dapat mencapai tujuan dan target yang sesuai harapan. Apalagi, media sosial seperti Facebook dan Instagram memiliki banyak sekali pengguna.

6. Mailchimp

Mailchimp adalah tools pemasaran email yang digunakan untuk merencanakan, membuat, mengirim, dan menganalisis email. Email yang banyak pun dapat diatur dengan mudah karena disimpan di satu tempat. Tools ini juga dapat mengirimkan email otomatis untuk keperluan pemasaran serta mengukur traffic dan kinerja kampanye yang telah dilakukan.

Ini adalah alat yang efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan, membangun merek, dan meningkatkan penjualan. Mailchimp sangat berguna untuk bisnis kecil yang ingin memanfaatkan email sebagai alat pemasaran.

Email marketing adalah strategi pemasaran yang membuat konsumen mendapatkan promosi atau program lain yang ditawarkan melalui email. Jika pemanfaatannya dilakukan dengan benar maka email marketing dapat membantu untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Baca juga : Jobdesk Digital Marketing dan Salarynya: Menelusuri Tugas dan Gaji Digital Marketing

7. Hootsuite

Hootsuite merupakan platform untuk mengelola beberapa akun media sosial, penjadwalan posting, mengukur kinerja kampanye, dan masih banyak lagi. Tools ini juga dapat data menganalisis kinerja media sosial bisnis Anda sehingga dapat dilakukan evaluasi.

Dengan menggunakan Hootsuite, Anda dapat merencanakan dan menjalankan kampanye media sosial dengan efisien, berinteraksi dengan audiens, sehingga kinerja konten Anda lebih baik.

8. Google Search Console

Google Search Console merupakan tools dari Google yang memberikan wawasan mengenai kinerja situs web Anda dalam hasil pencarian Google. Dengan itu, Anda dapat mengevaluasi dan mengoptimalkan situs Anda agar lebih terlihat di hasil pencarian.

Bagi pemilik atau pengembang situs web dan profesional SEO, tools ini sangat penting karena dapat memberikan informasi berharga dan membantu Anda memahami bagaimana Google melihat situs web Anda.

9. SEMrush

SEMrush yang digunakan untuk menganalisis tren, memantau peringkat, melacak kinerja situs web, dan menemukan keywords yang efektif. Tools ini menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu Anda dalam memahami pesaing sehingga dapat melakukan evaluasi untuk meningkatkan traffic.

Tools ini sangat berguna jika Anda ingin fokus pada strategi digital marketing SEO. SEMrush membantu Anda dalam memahami dan mengelola kampanye digital marketing yang Anda buat.

Itulah contoh dari beberapa digital marketing tools yang wajib Anda kuasai jika ingin menjadi Digital Marketer. Menjadi seorang Digital Marketer tidaklah mudah, dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang tepat agar berhasil dalam melakukan suatu kampanye digital.

Jika Anda tertarik untuk menjai Digital Marketing Specialist serta mempelajari seputar dunia digital marketing, kunjungi Course-Net. Dengan mengikuti kursus, Anda akan mendapatkan materi terstruktur dari Coach yang berkualitas.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!