course-net
Search
Close this search box.

Home >

Domain Authority: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

Tuesday, 26 September 2023 9:39 AM

domain authority

Pada saat membuat website kalian menemukan istilah domain authority (DA). Untuk informasi DA merupakan sebuah tolak ukur yang dipakai untuk menunjukkan tentang seberapa baik suatu alamat domain pada sebuah website.

Secara umum, DA mempunyai rentang skor 1 sampai 100 yang mana jika skornya semakin tinggi, tentunya semakin baik serta berpotensi tampil pada halaman pertama di mesin pencari.

Kenali Apa Itu Domain Authority?

Seperti yang telah disinggung pada paragraf awal, DA merupakan acuan untuk mesin pencari ketika memberikan peringkat pada sebuah situs website.

Ketika kalian memperoleh skor tinggi di DA, maka itu menandakan jika mesin pencari merekomendasikan website supaya kalian mampu ada di peringkat atas di halaman mesin pencari.

Walaupun begitu, mesin pencari memberikan peringkat atas di sebuah website yang caranya melihat faktor seperti berikut.

a. Usia domain

Semakin lama keberadaan sebuah domain serta semakin aktif kegiatannya di sebuah domain, maka nilai DA-nya juga semakin tinggi. Maka, usia domain menunjukkan sebuah konsistensi pengguna di dalam mengelola domainnya.

b. Popularitas domain

Tidak hanya usia domain, tentunya mesin pencari juga melihat dari segi faktor popularitas dari domain tersebut. guna mengetahui sebuah popularitas dari domain, kalian bisa melihat jumlah link yang ada pada situs berkualitas. Ini dikenal juga dengan sebutan inbound link, yang artinya pemberi rekomendasi pada situs (backlink).

c. Ukuran domain

faktor terakhir yang harus diperhatikan yakni ukuran domain. Untuk informasi maka ukuran domain ini merupakan banyaknya jumlah konten yang kalian publikasikan pada website.

Tentunya semakin banyak jumlah konten maupun postingannya, tentu saja akan semakin besar juga ukuran domainnya. Pastikan juga jika konten yang kalian miliki memiliki kualitas yang baik.

Kenapa Domain Authority Penting?

Sangat penting untuk digarisbawahi jika DA bukan merupakan faktor peringkat yang ditentukan oleh Google dalam menentukan ranking website. Akan tetapi DA menjadi suatu indikator dalam memahami kredibilitas website yang mana search engine serta membandingkan posisinya bersama pesaing.

DA dihitung memakai banyaknya faktor, semacam jumlah backlink yang didapat website, kualitas serta relevansi backlink, kualitas konten, domain root, dan performa SEO.

Website yang mempunyai banyak backlink kualitas tinggi cenderung akan mempunyai skor DA lebih tinggi. Ada baiknya, situs web yang mempunyai sedikit ataupun tanpa tautan musik relevan mungkin mempunyai skor lebih rendah.

Walaupun DA bukan metrik yang dipakai Google guna menentukan ranking website, namun metrik ini berguna dalam memprediksi mengenai seberapa besar kemampuan dari website dalam memperoleh trafik organik serta performanya dibandingkan dengan situs pesaing.

Tentunya pelacakan DA secara berkala akan memperbesar peluang perusahaan supaya bisa selalu melakukan perbaikan supaya dapat meningkatkan rankingnya maupun menjaga tetap ada di ranking atas.

Manfaat Mempunyai Domain Authority Tinggi

Dikarenakan menjadi salah satu dari matrik penilaian Google supaya website memperoleh peringkat pertama, mempunyai DA yang baik tentunya bisa memberikan banyak manfaat.

Beberapa manfaat dari domain authority adalah:

  1. Berpotensi memperoleh posisi teratas di search engine semacam Google.
  2. Menarik audiens menjadi guest poster serta memberikan komentar.
  3. Berpotensi memperoleh iklan (adsense).
  4. Meningkatkan penjualan jasa maupun produk yang akan dipromosikan lewat website.

Sampai disini bisa disimpulkan jika DA merupakan salah satu aspek paling penting dalam berkompetisi bersama kompetitor yang mempunyai website serupa.

Cara Check Domain Authority

Tersedia beberapa cara yang dapat dicoba dalam mengukur DA. Terdapat beberapa tools yang dapat dipakai di dalam pengukurannya yakni Moz, SEMrush, dan Ahrefs. Berikut merupakan cara mudah untuk mengukurnya.

1. Moz

Moz Link Explorer dapat dipakai mengukur DA melalui situs web mana pun. Kalian hanya perlu memasukkan link situs web yang akan diperiksa, selanjutnya dengan mudah bisa mengetahui skor DA.

Informasi lain yang ditampilkan mengenai jumlah domain root backlink unik serta jumlah peringkat pada kata kunci di domain tertentu.

Banyak laporan lain yang dilihat seperti tautan terbanyak yang diikuti pada situs ini, anchor text, halaman teratas, dan lainnya.

2. Ahrefs

Ketika menggunakan tools ini domain authority tidak memakai nama tersebut melainkan domain rating. Cara penggunaannya cukup mudah memasukkan link pada tools tersebut untuk melakukan pengecekan authority. Nantinya kalian dapat mengetahui skor domain rating pada situs web tersebut.

3. SEMrush

Tools lain yang dapat dimanfaatkan untuk cek domain authority yakni SEMrush yang mana DA akan ditunjukkan memakai istilah berupa authority score. Cara penggunaanya juga mudah cukup masuk ke SEMrush kemudian masukan saja nama website yang diinginkan, tunggu beberapa saat hingga skor authoritynya keluar.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Bagi kalian pemilik akun maupun pengelola website, tentunya ingin mengetahui cara menaikkan DA bukan? Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memakainya.

1. Tingkatkan Kualitas Konten

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni meningkatkan kualitas konten. Ini bisa dimulai dengan cara melakukan riset serta melakukan analisis di bidang yang sesuai dengan website yang dimiliki.

Selanjutnya tulis hasil riset dengan kreatif guna menghasilkan konten menarik serta berkualitas. Jika perlu kalian dapat menambahkan beberapa media semacam video, info grafis, dan gambar jadi pembaca dapat memvisualisasikan konten dengan lebih jelas.

Konten berkualitas bisa membuat website menjadi lebih kredibel jadi trafik website bisa mengalami sebuah peningkatan. Sehingga search engine bisa menilai DA website dengan baik.

2. Mengelola Link

Hal yang dimaksudkan dari mengelola link yakni mengecek serta membuang URL yang telah terindikasi sebagai sebuah spam.

Selanjutnya masukan internal link sesuai dengan website kalian. Nantinya keberadaan link td bisa berguna untuk menaikkan DA website.

3. Promosi di Media Sosial

Seperti yang diketahui jika media sosial saat ini menjadi sebuah platform yang mempunyai jumlah audiens terbanyak.

Maka kalian dapat memanfaatkannya dalam melakukan promosi lewat media sosial atau yang dikenal dengan sebutan social media marketing.

Cara untuk menaikkan DA lewat media sosial yakni menyematkan URL website di profil ataupun membagikan artikel yang dimuat pada website.

Cara ini dikenal juga dengan sebutan Off Page SEO yang bisa meningkatkan peluang pengunjung dalam mengklik tautan sehingga bisa menaikkan trafik di website.

4. Membangun Relasi

Cara menaikkan domain authority selanjutnya yakni membangun relasi secara baik bersama pengembang website lain semacam blogger maupun komunitas. Sehingga kalian bisa membagikan konten ke blogger, komunitas, dan influencer dengan lebih mudah.

Itulah informasi terkait dengan domain authority yang bisa kalian ketahui. Untuk kalian yang tertarik memperdalam pengetahuan di bidang IT maka jangan ragu mengikuti kursus di Course-Net.

Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi karena sudah berhasil meraih penghargaan internasional selama 3 tahun berturut-turut. Kelebihannya kalian tidak hanya memperoleh training melainkan juga coaching sehingga ilmu yang diajarkan akan cepat diserap.

Kursus Digital Marketing di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Digital Marketing

Play Video about kursus digital marketing

Tertarik mau berkarir dibidang digital marketing? Saatnya kamu ambil keputusan ini. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS DIGITAL MARKETING

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar digital marketing. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang digital marketing.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?