course-net
Search
Close this search box.

Pseudocode Adalah: Definisi, Contoh dan Cara Membuatnya

Minet

October 14, 2022

Pseudocode Adalah: Definisi, Contoh dan Cara Membuatnya

Pseudocode Adalah: Definisi, Contoh dan Cara Membuatnya  – Pada pembelajaran programming. Pseudocode merupakan istilah yang tidak asing lagi. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, pseudo artinya semu dan code artinya kode. Secara singkat pseudocode disebut sebagai kode semu.

Pseudocode ini juga salah satu kode pemrograman yang mudah dibaca dan juga dipahami oleh orang awam. Fungsi dari pseudocode adalah untuk memudahkan penulisan program, mempersingkat waktu coding dan juga membantu dalam pemecahan masalah. Jika Anda mempelajari pemrograman, sangat rugi jika tidak sampai mengetahui istilah yang satu ini.

PSEUDECODE Adalah ? Contoh Dan Cara Membuatnya

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pseudocode, di bawah ini adalah penjelasan, contoh dan cara membuatnya.

Apa Itu Arti Pseudecode?

Bagi Anda yang penasaran apa itu pseudocode? Pseudocode ialah deskripsi dari algoritma pemrograman yang ditulis secara sederhana. Deskripsi ini memang terbilang lebih sederhana jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Pseudocode merupakan metode awal yang dapat memberikan kemudahan pada programmer untuk menuliskan script kode program jadi bisa meminimalisir adanya kendala dalam proses pengkodean berjalan.

Perlu Anda ketahui, tujuan dari pseudocode adalah agar lebih mudah dibaca dan dipahami oleh penggunanya. Namun, pseudocode ini berbeda dengan bahasa pemrograman yang mempunyai aturan pada penulisan kodenya. Pseudocode cenderung tidak mempunyai aturan penulisan secara spesifik maupun baku dan aturan ini disebut dengan syntax.

Itulah sebabnya, pseudocode tidak dapat dipakai untuk penulisan pemrograman pada komputer dan hanya dapat membantu proses penulisan algoritma saja. Penulisan dari pseudocode ialah kode yang biasa dipakai saat melakukan coding, seperti Basic, Pascal, C++ dan yang lainnya.

Contoh Pseudocode Secara Umum

Pseudocode Adalah: Definisi, Contoh dan Cara Membuatnya

Setelah Anda cukup memahami pengertian pseudocode, berikut ini adalah beberapa contoh pseudocode yang dapat Anda coba:

1. Contoh Mencari Luas Persegi Panjang

begin
 numeric panjang,lebar,luas
 display “panjang persegi panjang: “
 accept panjang
 display “lebar persegi panjang: “
 accept lebar
 luas=panjang*lebar
 display “luas persegi panjang: ” luas

2. Contoh Mencari Luas Lingkaran

begin

 numeric nRad, nAre

 display “ENTER THE RADIUS OF CIRCLE: “

 accept nRad

 nArea = nRad*nRad*22/7

 display “AREA OF CIRCLE: ” nArea

end

3. Contoh Penjumlahan 3 Nomor

begin

 numeric nNum1,nNum2,nNum3,nSum

 display “Masukkan angka pertama: “

 accept nNum1

 display “Masukkan angka kedua: “

 accept nNum2

 display “Masukkan angka ketiga: “

 accept nNum3

 nSum=nNum1+nNum2+nNum3

 display “Jumlah: ” nSum

end

4. Contoh Mencari Angka Terbesar diantara 2 Angka

BEGIN

 NUMERIC nNum1,nNum2

 DISPLAY “ENTER THE FIRST NUMBER: “

 INPUT nNum1

 DISPLAY “ENTER THE SECOND NUMBER: “

 INPUT nNum2

 IF nNum1 > nNum2

 DISPLAY nNum1 + ” is larger than “+ nNum2

 ELSE

 DISPLAY nNum2 + ” is larger than ” + nNum1

END

5. Contoh untuk menampilkan nama bulan sesuai dengan urutannya

begin

 numeric nCode

 display “ENTER THE MONTH CODE: “

 accept nCode

 switch(nCode)

 begin

  case 1: display “JANUARY”

   break;

  case 2: display “FEBRUARY”

   break;

  case 3: display “MARCH”

   break;

  case 4: display “APRIL”

   break;

  case 5: display “MAY”

   break;

  case 6: display “JUNE”

   break;

  case 7: display “JULY”

   break;

  case 8: display “AUGUST”

   break;

  case 9: display “SEPTEMBER”

   break;

  case 10: display “OCTOBER”

   break;

  case 11: display “NOVEMBER”

   break;

case 12: display “DECEMBER”

   break;

  default: display “OUT OF RANGE”

   break;

  end

end

 

Nah, seperti itulah beberapa contoh dari pseudocode yang bisa Anda coba sendiri.

Cara Membuat Pseudocode Adalah

Setelah Anda memahami penjelasan mengenai pseudocode, kurang lengkap jika tidak mencoba membuatnya. Biasanya cara pembuatan pseudocode ini terdiri dari 3 bagian, yaitu judul, deklarasi dan isi. Panduan cara membuat pseudocode yang bisa Anda coba adalah:

  1. Judul

Cara pembuatan pseudocode yang pertama adalah membuat judul dari kode algoritma yang akan maupun sedang dikerjakan oleh seorang programmer. Biasanya format penulisan judul pseudocode diawali menggunakan kata “Program” dan diikuti dengan nama algoritmanya.

Nama algoritma yang kerap dipakai terdiri dari 1 maupun lebih dari 1 kata. Itulah sebabnya, Anda dapat menggantinya spasi dengan simbol underscore (_) atau menghilangkan spasinya.

  1. Deklarasi

Deklarasi merupakan bagian keterangan seperti variabel maupun konstanta yang digunakan dalam penulisan algoritma. Di aplikasi komputer biasanya ada sejumlah jenis variabel, seperti variabel bilangan bulat, variabel berjenis teks, variabel bilangan pecahan, variabel jenis tanggal dan yang lainnya.

Penulisan format deklarasi ini terdiri dari tipe variabel yang akan diikuti dengan nama dari variabel tersebut. Contohnya adalah var number: integer, float c dan yang lainnya.

  1. Isi

Nah, terakhir adalah pada bagian isi yang berikan dengan algoritma dengan perintah maupun langkah dari algoritmanya. Dapat dikatakan bahwa di bagian ini adalah bagian inti dari pseudocode.

Ada beberapa perintah yang dapat dituliskan di bagian ini dengan sifat runtutan, perulangan, kondisional maupun kombinasi dari ketiganya. Seperti contohnya pada proses kondisional (if/else), operasional (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan lainnya) dan perulangan (for).

Fungsi-fungsi Pseudocode Adalah

Secara umum, fungsi pseudocode adalah untuk outline yang dapat membantu programmer untuk memahami alur dan juga logika untuk memecahkan masalah sebelum dibuah jadi script bahasa

pemrograman. Nah, dengan pseudocode ini, Anda tidak usah repot membanjiri otaknya dengan sintaks pengkodean yang rumit lagi.

Apabila dijelaskan lebih luas, fungsi dari pseudocode adalah:

  1. Sebagai Titik Tengah antara Flowchart dan juga Kode

Salah satu fungsi penting dari pseudocode adalah untuk menjadi titik tengah yang baik, sebab bisa membuat transisi berjalan dengan efektif dan efisien. Apalagi bagi pengembang pemula, biasanya mereka kerap mendapatkan kesulitan menerjemahkan flowchart ke kode pemrograman sehingga bisa memanfaatkan pseudocode ini sebagai titik tengahnya.

  1. Sebagai Media Dokumentasi

Pseudocode juga berfungsi sebagai media dokumentasi supaya bisa menjadi patokan sehingga proses perancangan suatu program sesuai dengan harapan. Dokumentasi adalah aspek yang penting dalam pembangunan proyek sebab dokumentasi dibutuhkan oleh programmer untuk bisa menelusuri logika program apabila kedepannya terjadi bug atau eror.

  1. Sebagai Jembatan Komunikasi

Pseudocode bisa sebagai jembatan komunikasi, maksudnya adalah seorang programmer bekerja dengan orang-orang dari divisi yang lainnya juga, seperti manajer, mitra bisnis, desainer dan yang lainnya. Nah, dengan memakai pseudocode, maka programmer menjadi lebih mudah dalam menjelaskan mekanisme kode dan komunikasinya akan lebih efektif lagi.

  1. Untuk Mempercepat Proses Penyelesaian

Dengan kehadiran pseudocode, tidak lain untuk bisa mempercepat pembuatan sistem. Tidak seperti flowchart yang mempunyai format khusus dan strukturnya juga cukup sulit untuk dipahami secara langsung. Pseudocode memakai struktur yang sederhana dan mudah dibaca. Hal ini akan membuat jauh lebih mudah untuk melakukan modifikasi sesuai keinginan.

Alhasil, proses konversi ke bahasa pemrograman tidak perlu menunggu lama karena alur algoritma telah digambarkan dengan jelas.

Seperti itulah penjelasan mengenai pengertian pseudocode, contoh, tips belajar dan juga fungsinya secara umum.

Belajar Pseudocode Di ITversity

Kamu mau mendalami kuliah dibidang IT, Yuk pelajari kursus ITversity dengan mengisi form dibawah ini. Marketing kami akan menghubungi anda.

Pelajari beberapa program lainnya seperti algoritma, struktur data hanya di ITVersity.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!