course-net
Search
Close this search box.

5 Tips Belajar Golang Untuk Pemula | Kursus Golang

Minet

August 25, 2022

5 Tips Belajar Golang Untuk Pemula | Kursus Golang

5 Tips Belajar Golang Untuk Pemula – Perkembangan zaman menuntut perkembangan dalam segala lini kehidupan, salah satunya ialah perkembangan teknologi. Perkembangan pada teknologi ini menjadikan semakin banyaknya bahasa pemrograman yang sekarang mulai bermunculan.

Salah satu bahasa pemrograman ialah Golang. Sampai dengan saat ini Golang masih menjadi primadona bagi para developer. Kemampuan dalam bahasa pemrograman akhir-akhir ini sangat banyak diminati dan dicari sehingga menjadi peluang untuk kita yang ingin belajar. Nah, disini kami akan memberikan beberapa tips terkait belajar Golang yang mudah dimengerti bagi para pemula.

5 Tips Belajar Golang Untuk Pemula

Apa Itu Golang ?

Apakah anda sudah tahu Golang , Sebelum kita membahas lebih jelas tentang tips belajar Go Lang Untuk pemula. Kita harus menjelaskan terlebih dahulu apa itu Golang.

Golang sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman paling populer yang dibuat oleh tim developer pada Google yang dibuat pada tahun 2007, yang mana pendirinya ialah Ken Thompson, Rob Pike dan Robert Griesemer. Salah satu kelebihan dari Golang ini ialah memiliki sebuah koleksi tempat sampah yang dapat melakukan fungsi dengan sendirinya dapat mengatur memori sendiri.

Golang merupakan gabung dari beberapa bahasa pemrograman yang ada. Sehingga kita bisa menggabungkan beberapa bahasa pemrograman secara bersamaan.

Beberapa Alasan Memilih Golang Sebagai Bahasa Pemrograman

Setelah kita mengetahui apa itu Golang, kita juga perlu mengetahui beberapa alasan yang mengharuskan kita memilih Golang sebagai bahasa pemrograman. Adapun beberapa alasannya ialah :

  1. Bahasa pemrograman paling populer

Ternyata Golang merupakan bahasa pemrograman yang paling populer dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini dibuktikan dengan kepopuleran dari Golang yang meningkat setiap tahunnya dari pertama di rilis sampai dengan sekarang ini.

Pada tahun 2016 diumumkan bahwa Golang menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan, selanjutnya pada tahun 2018 Golang menjadi bahasa pemrograman yang menduduki peringkat 3 untuk bahasa pemrograman yang paling dicari.

  1. Bahasa pemrograman paling banyak dipelajari

Golang menjadi bahasa pemrograman terbaik pada tahun 2022, Ini bisa anda ketahui melalui hasil survei dari beberapa para developer. Sehingga tidak heran jika banyak diantara kita yang ingin mempelajari Golang dengan les Golang. Cukup menarik bukan ?

Baca Juga : Perbedaan PHP vs Go Lang

5 Tips Belajar Golang yang Mudah untuk Pemula

Setelah mengetahui beberapa alasan memilih Golang sebagai bahasa pemrograman tentunya kita akan semakin tertarik untuk kursus Gola. Adapun berikut ini ialah tips untuk belajar Golang yang mudah dan menyenangkan :

  • Mencari mentor

Pada saat kita ingin mempelajari Golang, maka kita berfikir untuk mencari modul belajar di internet. Akan tetapi hal tersebut tidak akan cukup untuk kita mempelajari Golang yang cukup sulit. Oleh karena itu, untuk bisa mempelajari Golang dengan mudah kita perlu mencari mentor yang sudah memiliki keahlian dalam membaca bahasa pemrograman.

Dengan menggunakan mentor kita juga tidak hanya mempelajari seluk beluk Golang saja, akan tetapi kita akan mendapatkan cerita mengenai pengalaman dan juga hambatan apa saja serta solusi yang perlu kita lakukan selama menggunakan Golang sebagai bahasa pemrograman.

  • Belajar dari contoh

Tips berikutnya ialah mempelajari Golang dari contoh yang ada. Kita bisa melihat beberapa contoh aplikasi atau website yang menggunakan Golang sebagai bahasa pemrograman. Selain itu, kita juga perlu menonton sebuah acara yang di dalamnya membahas bahasa pemrograman yang menggunakan Golang, karena dengan begitu kita bisa menemukan beberapa ragam yang mungkin sebelumnya belum kita ketahui, seperti Gophercon, dan sebagainya.

  • Ikuti tour of go

Tips untuk bisa mempelajari Golang yang paling disarankan ialah dengan mendatangi atau belajar pada sumbernya. Kita bisa mengunjungi tempat kursus Golang Jakarta sehingga kita bisa belajar dengan menggunakan cara yang cukup berinteraksi dengan baik sehingga kita akan lebih mudah mempelajarinya. Biasanya pembelajaran Golang ini akan dibagi menjadi dua modul yang mana masing-masing modul akan menjelaskan konsep yang berbeda supaya kita bisa lebih mengerti Golang.

  • Belajar menggunakan effective Go

Selain belajar langsung pada tempatnya di Jakarta dan tempat kursus Golang Tangerang, kita bisa mempelajari Golang melalui website resmi dari effective Go yang mana halaman ini menyediakan sebuah deskripsi yang lebih lengkap pada semua fitur utama pada Go, serta dijelaskan juga bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk dapat menggunakannya dengan efektif dan efisien.

  • Mengikuti bootcamp

Salah satu cara untuk mempelajari Golang dengan mudah ialah dengan cara mengikuti bootcamp. Bagi yang baru belajar ataupun yang sudah memiliki kemampuan membaca bahasa pemrograman, kita sangat dianjurkan untuk mengikuti bootcamp yang mana dengan mengikuti bootcamp kita tidak belajar saja, melainkan dapat membantu kita untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Cukup menarik dan efektif bukan dengan cara ini?

Tempat Kursus Belajar Golang yang Direkomendasikan

Bagi kalian yang sangat ingin mendalami Golang, sangat disarankan untuk mencari mentor dan tempat kursus yang terpercaya. Segera Daftarkan diri anda di Course-Net , Segera isi form dibawah ini untuk mengikuti kursus Golang.

Apakah sudah tergambar kan mengenai Golang dan cara untuk mempelajari Golang dengan mudah dan efektif? Semoga dengan adanya artikel ini mengenai cara belajar Golang yang mudah untuk pemula serta rekomendasi tempat yang cocok untuk mempelajari Golang secara mendetail disertai dengan praktik yang seru dan menyenangkan.

Semoga artikel ini juga bisa memberikan manfaat kepada para pembaca khususnya bagi kalian yang ingin memiliki keahlian dalam membaca bahasa pemrograman untuk bisa menguasai prinsip dan teknik dalam Golang ini. Selamat mencoba semoga berhasil ya guys!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!