course-net
Search
Close this search box.

Home >

Framework Codeigniter: Perbedaan Codeigniter 3 dan 4

Wednesday, 31 January 2024 2:00 PM

codeigniter

Codeigniter merupakan framework PHP untuk memudahkan pengembangan aplikasi atau web. atau karena terbatas waktu. Framework ini menjadi salah satu yang populer di kalangan pengembang karena penggunaannya yang mudah dan dengan banyak fitur untuk memudahkan pengembangan web. Terdapat 2 versi yang nanti akan dibahas perbedaannya, yaitu versi 3 dan 4.

Mengenal Framework Codeigniter

Framework codeigniter adalah framework PHP yang bersifat open-source. Framework ini dibuat untuk mempermudah pengembangan aplikasi web dengan menyediakan seperangkat alat dan struktur yang bisa digunakan oleh para pengembang.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari framework tersebut:

1. MVC (Model-View-Controller)

Framework ini mengikuti pola desain MVC yang memisahkan logika bisnis (Model), tampilan (View), dan pengontrolan (Controller). Hal ini membantu memisahkan tanggung jawab dalam pengembangan, membuat kode lebih terorganisir dan mudah dikelola.

2. Ringan

Framework satu ini sangat ringan dengan ukuran yang kecil sehingga proses pengunduhan bisa lebih cepat. Hal ini juga sangat cocok untuk pengembangan aplikasi web yang membutuhkan kinerja tinggi.

3. Dokumentasi yang Baik

Terdapat dokumentasi yang lengkap dan mudah dipahami. Dokumentasi ini membantu pengembang untuk memahami cara menggunakan berbagai fitur dan alat yang disediakan oleh framework.

4. Sistem Routing

Tersedia sistem routing yang fleksibel sehingga memungkinkan pengembang untuk dengan mudah menentukan pola URL dan menetapkan fungi pengontrolan yang sesuai.

5. Libraries dan Helper

Framework ini dilengkapi dengan berbagai libraries dan helper yang mempercepat pengembangan aplikasi. Libraries menyediakan fungsionalitas umum seperti manipulasi gambar, validasi formulir, dan manipulasi data database. Sedangkan helper menyediakan fungsi yang bisa digunakan secara langsung dalam code.

6. Keamanan

Keamanan juga sangat diperhatikan dengan adanya fitur seperti proteksi terhadap serangan XSS (Cross-Site Scripting) dan SQL injection.

7. Database Abstraction

Tersedia lapisan abstraksi database yang memungkinkan pengembang untuk bekerja dengan berbagai jenis database tanpa perlu mengubah kode secara signifikan.

8. Komunitas yang Aktif

Terdapat komunitas yang aktif sehingga ada banyak sumber daya, dukungan yang tersedia dan tutorial untuk membantu pengembang.

9. Mudah untuk Dipelajari

Framework ini dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan sehingga cocok bagi pengembang yang masih pemula atau sudah berpengalaman.

Mengenal URI Segment pada CodeIgniter

URI segment codeigniter adalah bagian-bagian yang terdapat dalam URL yang digunakan untuk menentukan controller, method, dan parameter pada suatu aplikasi web. UR segment terdri dar bagian-bagian yang dipisahkan oleh slash (“/”) dalam URL.

Sebagai contoh, pertimbangkan URL berikut:

http://xyz.com/index.php/blog/show/123

Dari contoh tersebut, “blog” menjadi controller, “show” adalah method, dan “123” adalah parameter. Dalam konteks ini, “blog”, “show”, dan “123” adalah URI segment.

Anda bisa mengakses URI segment melalui objek ‘$this->uri’ yang menjadi bagian dari library URI yang disertakan dengan framework.

Mengenal Codeigniter 3

Codeigniter 3 adalah versi lawas. Versi ini rilis di tahun 2015 dan sampai sekarang masih sering digunakan oleh para pengembang web.

Fitur Codeigniter 3

Terdapat banyak fitur dan keunggulan yang dimilikinya sehingga menjadikannya disukai banyak pengembang web. Berikut beberapa diantaranya:

1. Struktur Direktori Jelas

Struktur yang dimiliki oleh codeigniter 3 mudah dipahami dan jelas. Hal ini tentu memudahkan para pengembang dalam mengatur folder dan file aplikasi.

2. Dokumentasi Lengkap

Dokumentasi yang dimiliki codeigniter 3 begitu lengkap dan memudahkan para pengembang untuk mempelajari dan mengembangkan aplikasi web.

3. Keamanan

Fitur keamanan yang dimilikinya begitu kuat dan bisa diandalkan. Dilengkapi juga dengan keamanan seperti proteksi CSRF, hash password, dan XSS filtering.

4. Kinerja Cepat

Dengan kinerja yang responsif dan cepat, framework ini bisa memproses permintaan HTTP secara cepat dan efisien.

Keunggulan Codeigniter 3

Berikut beberapa keunggulannya:

1. Kompatibilitas

Codeigniter ini bisa kompatibel dengan PHP 5.2.4 atau versi terbaru sehingga membuatnya sangat mudah untuk digunakan berbagai platform hosting.

2. Mudah Dipelajari

Pengembang web pemula yang baru mempelajari PHP bisa dengan mudah mempelajari dan memahami codeigniter 3. Mudah dipahami dan dokumentasi lengkap dimiliki oleh framework ini.

3. Komunitas Besar

Komunitas codeigniter 3 masih cukup aktif sehingga bisa membantu pengembang dalam mengatasi dan memecahkan setiap masalah.

Mengenal Codeigniter 4

Codeigniter 4 adalah framework versi terbaru yang rilis di tahun 2020. Versi ini juga memiliki banyak fitur dan keunggulan.

Fitur Codeigniter 4

Berikut beberapa fitur yang menjadikannya lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

1. Struktur Direktori Fleksibel

Struktur direktori yang dimilikinya lebih fleksibel sehingga bisa disesuaikan. Hal ini memungkinkan pengembang untuk mengatur folder dan file aplikasi secara lebih mudah.

2. Dokumentasi Lebih Baik

Dokumentasi yang dimiliki codeigniter 4 lebih baik dan lengkap dibandingkan versi sebelumnya. Tentu saja hal ini memudahkan para pengembang dalam mempelajari dan mengembangkan aplikasi web.

3. Keamanan Lebih Baik

Fitur keamanan yang dimilikinya juga lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Bahkan dilengkapi dengan fitur keamanan seperti XSS filtering, proteksi CSRF, dan lain sebagainya.

4. Kinerja Lebih Baik

Kinerjanya jauh lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Versi ini dirancang agar bisa memproses permintaan HTTP secara cepat dan efisien.

Keunggulan Codeigniter 4

Berikut beberapa keunggulannya:

1. Kompatibilitas

Versi satu ini kompatibel dengan PHP 7.2 atau versi paling baru sehingga membuatnya mudah untuk digunakan berbagai platform hosting.

2. Mudah Dipelajari

Framework ini mudah untuk dipelajari dan juga dipahami bagi para pengembang yang baru mempelajari PHP. Apalagi dokumentasi yang dimilikinya lebih baik dan lengkap dibandingkan versi sebelumnya.

3. Komunitas Aktif

Seperti versi sebelumnya, codeigniter 4 ini juga memiliki komunitas aktif sehingga bisa membantu para pengembang dalam mengatasi dan memecahkan berbagai masalah.

Perbedaan Codeigniter 3 dan 4

Berikut perbedaan antara codeigniter 3 dan 4:

1. Struktur Direktori

Struktur direktori pada codeigniter 3 mudah dipahami dan jelas, sedangkan versi 4 lebih fleksibel dan bisa disesuaikan.

2. Keamanan

Fitur keamanan codeigniter 4 lebih baik dengan fitur keamanan seperti XSS filtering, proteksi CSRF, dan berbagai fitur keamanan lain.

3. Dokumentasi

Dokumentasi dari codeigniter 4 lengkap baik dan lengkap dibandingkan versi sebelumnya sehingga memudahkan pengembang dalam mempelajarinya.

4. Kompatibilitas

Codeigniter 3 memiliki kompatibilitas dengan PHP 5.2.4 hingga versi terbaru. Sedangkan codeigniter 4 mulai dari PHP 7.2 hingga versi terbaru.

5. Kinerja

Kinerja codeigniter 4 lebih baik dibandingkan versi sebelumnya karena dirancang agar bisa memproses permintaan HTTP secara cepat dan efisien.

Sebagai salah satu framework PHP terpopuler, banyak fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Apalagi versi 3 dan 4 memiliki fitur dan keunggulan tersendiri. Bahkan mudah dipelajari bagi para pemula yang ingin menjadi pengembang web dan aplikasi.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari tentang framework codeigniter, bergabunglah bersama CourseNet dan tingkatkan skill digital yang Anda miliki agar bisa bersaing di era digital seperti sekarang ini.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!