course-net
Search
Close this search box.

Golang: Apa Itu Golang ? Definisi, Jenis, dan Fungsi

Minet

October 21, 2022

Golang: Apa Itu Golang ? Definisi, Jenis, dan Fungsi

Golang: Apa Itu Golang ? Definisi, Jenis, dan Fungsi – Bahasa pemrograman memang menjadi salah satu hal penting dalam perkembangan teknologi pada masa sekarang ini. Golang menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mungkin cukup populer, meskipun untuk orang awam mungkin tidak banyak diketahui. Tentunya untuk kalian yang ada di dunia pemrograman perlu untuk mempelajari bahasa pemrograman Golang ini dengan baik.

Untuk bisa mempelajari bahasa pemrograman sudah pasti kalian harus tahu dulu apa itu Golang barulah kalian bisa mempelajarinya dengan baik. Kebutuhan baik web atau aplikasi yang semakin kompleks dan fungsional memang membutuhkan perkembangan bahasa pemrograman dan pemahamannya dengan baik. Berikut kami akan coba menjelaskan beberapa hal mengenai Golang supaya kalian bisa memahami dan mempelajarinya dengan baik.

Golang Itu Apa?

Golang: Apa Itu Golang ? Definisi, Jenis, dan Fungsi

Pertama-tama mari kita bahas terlebih dahulu mengenai definisi atau pengertian dari Golang itu apa untuk kalian yang mungkin belum tahu. Golang adalah sebuah bahasa pemrograman yang dapat ditulis atau diketik secara statis, kemudian bisa membuat kode biner di mesin yang bisa dikompilasi. Go Lang adalah kependekan dari Google Language yang merupakan inovasi dari Google untuk bisa menyempurnakan bahasa pemrograman yang lainnya.

Latar belakang Google membuat inovasi bahasa pemrograman ini sebenarnya adalah untuk memungkinkan programmer memiliki segala aspek di setiap bahasa. Di mana sebelumnya memang hanya ada dalam satu sistem yang tentunya membuat batasan pada programmer dalam mempergunakannya. Jadi ini membuat munculnya beberapa keunggulan yakni kecepatan, skalabilitas, dan juga kesederhanaannya.

sebenarnya merupakan himpunan dari bahasa pemrograman C yang ada di abad ke 21 lho. Bahasa pemrograman C tersebut bisa digunakan dengan sangat baik untuk perkembangan perangkat lunak, aplikasi atau juga website. Google sendiri mengembangkan Golang ini di tahun 2009 yang lalu bersama Rob Pike, Ken Thompson, Robert Griesemer.

Baca Juga : Perbedaan PHP(Laravel & Lumen) dan Bahasa Go (Golang)

Jenis Framework Golang

Dalam implementasinya ada beberapa framework yang memang bisa dipakai di bahasa pemrograman dari Google ini. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa jenis framework  yang harus kalian ketahui dengan baik dan pahami dengan baik.

  1. Martini

Martini adalah framework Golang dengan jenis kerangka kerja yang bekerja berdasarkan sejumlah aktivitas seperti exception dealing, dan routing. Jadi framework ini bisa berfungsi dengan sangat ringan dan juga mampu diaktifkan oleh Sinatra. Kalian pun bisa menggunakan Martini ini untuk diimplementasikan dengan pihak ketiga, jadi Martini bisa meningkatkan performanya ke level yang lebih tinggi dan juga mengelola dengan banyak fungsi.

  1. Goji

Framework yang kedua itu ada namanya Goji, yang mana framework ini memiliki fitur request HTTP Multiplexer yang minimalis. Goji ini pun sudah mendapat dukungan dari Einhorn sehingga bisa membuat adanya web socket Assistance. Ini menjadi salah satu framework dari Golang yang banyak digunakan.

  1. Buffalo

Framework yang selanjutnya itu adalah Buffalo, ini adalah salah satu framework dengan kerangka kerja yang bisa mengatur semua aspek. Framework ini dinilai bisa mengatur semua aspek dari bahasa pemrograman mulai dari front end sampai back end. Ditambah lagi adanya dukungan fitur hot reloading yang mengacu pada DEV Command secara otomatis.

  1. Revel

Revel adalah salah satu framework Golang yang merupakan kerangka kerja yang mempunyai fitur lengkap dan juga mudah untuk dioperasikan. Kalian tidak akan perlu setup yang rumit untuk memulai dan memang keunggulan dari Revel ini ada pada pengembangan API. Kalian pun tidak perlu mendapatkan dukungan dari pihak ketiga untuk bisa mempergunakan Revel tersebut.

  1. Gocraft

Framework yang terakhir itu ada namanya Gocraft, di mana kerangka kerjanya itu memiliki penawaran paket routing yang cepat. Penawaran paket routing yang cepat ini pun bisa ditingkatkan lagi sesuai dengan kebutuhan dari para penggunanya lho. Kalau kalian mencari kinerja optimal dari API maka kami sarankan mempergunakan framework Gocraft ini.

Fungsi Golang

Fungsi Golang

Kalau kita bahas secara singkat, maka fungsi dari Golang itu adalah memberi kemudahan bagi pengembang aplikasi atau website secara efektif dan sederhana. Skalabilitas dari ini sendiri memang menjadi keunggulan tersendiri bahkan bahasa pemrogramannya itu cocok untuk membangun situs e-commerce.

Golang ini pun berfungsi juga untuk mengatasi satu web yang mungkin mengalami traffic yang mungkin terlalu tinggi. Bahkan Golang tutorial ini pun menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, karena dilengkap fungsi footprint dan concurrency. Kedua fungsi tersebut memiliki kapasitas memori kecil, jadi bisa membantu aplikasi atau web berjalan normal meski aktivitas naik.

Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa fungsi detail dari Golang yang harus kalian pahami dengan baik terlebih dahulu.

  1. Skalabilitas pada Golang bisa membantu perkembangan teknologi dari cloud computing
  2. Bisa membantu pengembangan kode server jaringan terutama untuk web server dan pelayanan mikro
  3. Membantu merancang aplikasi dengan basis web secara lebih aman
  4. Membantu membangun tim pengembang lebih scalable untuk kepentingan bisnis
  5. Membangun sistem kompleks yang membutuhkan kinerja tinggi

Kelebihan

Salah satu tujuan dari dibuat Golang adalah untuk memberikan bahasa pemrograman yang lebih ringkas, sederhana, dan juga mudah dimengerti. Jadi jelas ada beberapa kelebihan yang memang dimiliki oleh Golang ini dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lainnya. Berikut ini beberapa poin kelebihan yang mungkin harus kalian pahami dengan baik.

  1. Bahasa pemrograman dari ni merupakan open source
  2. Struktur data dan juga algoritma yang digunakan itu sederhana dan mudah untuk dipelajari
  3. Memiliki fitur Garbage Collector
  4. Tim pengembang bisa lebih tenang dan tidak perlu terlalu khawatir dengan kemungkinan crash pada aplikasi
  5. Pembuatan aplikasi dengan mempergunakan bahasa pemrograman Golang ini akan jauh lebih cepat
  6. Bisa meningkatkan performa yang akan membantu untuk meningkatkan jumlah pengunjung

Kekurangan

Meskipun memang dirancang untuk bisa lebih baik dari bahas pemrograman yang lainnya, akan tetapi tetap ada saja kekurangannya. Kita harus mencari tahu terlebih dahulu kekurangannya supaya bisa memanfaatkannya dengan jauh lebih baik. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa kekurangan yang dimiliki yang wajib kalian pahami dengan baik.

  • Kekurangan yang paling pertama itu adalah jenis framework yang tersedia masih sangat terbatas
  • Kekurangan kedua adalah karena itu terbilang masih sangat baru, jadi jelas masih banyak sekali pengembangan yang dilakukan
  • Belum memiliki fitur manajemen memori manual yang bisa dibilang cukup penting juga
  • Jika pengembang memang menginginkan eror secara sengaja, perlu ada fungsi tertentu untuk mengembalikan eror tersebut
  • Kekurangan yang terakhir adalah sistem keamanan runtime itu dinilai belum sebaik Ruby

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan dalam rangka untuk membantu kalian memahami atau belajar Golang. Memahami Golang menjadi sangat penting untuk bisa mempergunakannya dalam membuat aplikasi atau website.

Mau Ikuti Kelas Golang ?

Kamu mau ikut program ini, kamu bisa mengisi form dibawah ini untuk mengikuti  kursus golang di Course-Net.

Segera ikuti program kelas Golang yang tersedia di Course-net. Dapatkan promo menarik setiap bulannya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!