Golang Programing Language, Tutorial dan Deskripsi

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Golang Programing Language, Tutorial dan Deskripsi – Sudahkah anda pernah mendengar Golang ? Tahukah kamu bahwa go lang merupakan suatu program yang berasal dari mesin pencari Google. Golang dibuat oleh Robert Griesemer , Rob Pike Dan Ken Thompson.

Bahasa Go Lang mirip dengan bahasa C, Golang memberikan fasilitas seperti keamanan , kenyamanan, sistem penghapusan dan pengetikan secara terstuktur.

Go lang Bahasa pemrograman yang sangat friendly untuk pemula. Karena ini memiliki kemiripan dengan bahasa C. Golang bisa diandalkan karena sangat effisien untuk skala yang besar.

Golang Programing Language, Tutorial dan Deskripsi

Apa saja keunggulannya, manfaat, serta bagaimana cara penggunaan bahasa pemrograman ini? Pahami cara belajar Golang dan kuasai bahasa pemrograman yang satu ini sekarang juga.

Apa Itu Go Lang ? Golang Adalah

Go Programing language, adalah sebuah bahasa pemrograman yang sudah diketik secara statistik, dan di compile (kumpulkan) beberapa bahasa pemrograman, didesain oleh Google. Bahasa pemrograman yang satu ini sangatlah mirip dengan bahasa C, namun dengan tambahan fitur keamanan seperti keamanan memori, garbage collection, serta structural typing.

Bahasa pemrograman Go juga seringkali disebut dengan Golang, singkatan dari Go language, dan juga karena nama domain mereka. Namun, nama asli bahasa ini adalah Go. Didalam bahasa pemrograman ini, ada dua implementasi yang dilakukan oleh Google, yaitu:

  • Google’s Self Hosting

Atau GC, Compiler toolchain, adalah sebuah fitur yang menargetkan beragam operating system, dan juga webassembly. Itu artinya, bahasa pemrograman Go kompatibel, dan bisa

digunakan di berbagai operating system seperti Windows, Linux, dan Apple iOS. Selain itu, dengan WebAssembly juga bisa memberikan self-hosting yang lebih nyaman, dan aman.

  • Gofrontend

Dengan fitur ini, programer bisa mengurus frontend coding mereka untuk berbagai compilers, seperti dengan libgo library, dengan GCC, dan bisa juga dengan kombinasi GCC dan Go. Kombinasi membentuk frontend website programing ini juga memudahkan para programer untuk menyusun website dan juga stacking code mereka.

Sejarah Bahasa Pemrograman Go Lang

Go pada mulanya di desain oleh Google di tahun 2007, pada mulanya di desain untuk meningkatkan produktivitas pemrograman, terutama pada era multicore, mesin terkoneksi jaringan, serta codebase besar. Desainer dari Go itu sendiri ingin menjawab kritik dari berbagai bahasa pemrograman yang digunakan di Google, namun tetap ingin menyimpan karakteristik yang berguna dari berbagai bahasa lainnya.

Karakteristik bahasa pemrograman yang diadopsi dari bahasa pemrograman lainnya yang tetap digunakan oleh Go seperti, pengetikan static, serta keefektivitasan run-time seperti C, penggunaan seperti Python dan Javascript, dan juga jaringan dengan performa tinggi, serta multiprocessing.

Pada November tahun 2016m Go merilis Go mono fonts oleh desainer bahasa Pemrograman Charles Bigelow dan Kris Holmes. Go mono fonts adalah sebuah fitur yang didesain secara spesial untuk digunakan dalam projek Go. Pada April 2018, logo original dari Go diubah, dengan gaya Go yang lebih menarik, serta mengikuti dengan perkembangan desain streamlines, dengan mascot Gopher.

Namun pada beberapa tahun yang lalu, ada sejumlah kritis dimana tidak banyaknya support atau dukungan dari Google untuk bahasa pemrograman Go, sehingga banyak programer yang mengemukakan kritik mereka untuk programming dengan bahasa Go. Desainer juga mengekspresikan bahwa keterbukaan pada programing general, dan fungsi yang sudah ada di bahasa programingnya sangatlah standar.

Selama perkembangannya beberapa tahun kedepan, Golang adalah salah satu bahasa pemrograman yang didesain untuk tetap memberikan fitur yang mudah digunakan seperti bahasa pemrograman klasik layaknya C, dan Python, namun dengan berbagai fitur kemudahan yang dikembangkan oleh Google.

Ciri Khas Dari Bahasa Pemrograman Go

Bahasa pemrograman Go itu sendiri adalah sebuah fonts berupa humanist sans-serif yang cukup mirip dengan Lucida Grande. Go mono itu sendiri sebuah bahasa monospaced, kedua fonts juga mengikuti WGL4 set character dan huruf, dan juga didesain untuk cocok dengan banyak X-height yang besar, dan juga letterforms yang khas.

Go dan juga Go mono mengikuti dengan standar DIN 1450 yang tidak memiliki slash zero, serta lowercase 1 dengan tail, lalu uppercase I dengan Serifs.

Keunggulan Dari Go Programing Language

Apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Go programming language? Go adalah salah satu bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula karena mudah untuk digunakan, serta programming language yang di suport oleh Google. Selain itu banyak bantuan dan komunitas yang berkembang dari Go, memudahkan Anda belajar dari nol sampai bisa mahir menggunakannya.

Apa saja keunggulan yang ada dari Go? Berikut ini beberapa keunggulannya seperti:

  • Go adalah sebuah bahasa pemrograman open source, memudahkan akses yang cepat, dan mudah
  • Di support oleh Google
  • Concurrency yang sudah disediakan
  • Perpustakaan standar yang menyediakan banyak material
  • Ekosistem komunitas dengan banyaknya partner, tools, dan komunitas
  • Banyaknya bantuan untuk tutorial, dan bantuan Golang tutorial

Install, Dan Mulai Untuk Belajar Menggunakan Bahasa Go

Untuk memulai mencoba belajar menggunakan bahasa Go, Anda hanya perlu melakukan download, serta install untuk software pemrogramannya. Klik link yang telah disediakan untuk mendownload, dan segera mulai Golang installation pada desktop Anda atau laptop.

Golang menjelaskan tentang tata cara installasi , cara download serta beberapa toolas dan libraries yang tersedia. Anda bisa melihat beberapa dokumen instalasi jika mengalami kesulitan dalam proses installasi. Untuk paket download Go, cocok dengan Windows 64 bit, MacOS, serta Linux, dan juga berbagai operating system lainnya yang cocok.

Cara Belajar Golang Programing Language

Jika Anda ingin belajar untuk bahasa pemrograman Go, ada banyak sources material yang bisa Anda pergunakan untuk mulai belajar bahasa Go. Anda bisa mencarinya langsung di domain, di website resmi dari Go itu sendiri, karena Go menyediakan berbagai learning materials, serta tutorial untuk bahasa pemrograman Go.

Dari mulai untuk tutorial bagi orang awam yang tidak tahu apapun tentang coding, sampai dengan programer handal yang ingin mempelajari bahasa baru, Go menyediakan sources material untuk belajar langsung. Selain itu, Anda juga bisa mencari berbagai metode belajar, serta video tutorial untuk bahasa pemrograman Go, karena sudah banyak yang disediakan.

Go lang adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat, dan didukung oleh Google, dengan mengembangkan fitur dari bahasa C, dan Python, menggabungkannya dengan fitur dari berbagai bahasa, serta mengembangkannya menjadi sebuah open source coding materials, serta berbagai perpustakaan material yang memberikan penggunanya kemudahan.

 

Mau Jago Golang ? Ikuti Kursus Go Lang Di Course-Net

Kamu mau mahir bahasa Golang ? Ikuti Kursus Pelatihan Golang Terbaik DI Course-Net. Daftarkan sekarang juga, Promo menarik Khusus Hari ini. Anda bisa mengisi FORM dibawah ini untuk mengikuti kursus Golang.

Semoga informasi yang kami berikan kepada anda , Memudahkan anda untuk ahli dengan bahasa pemrograman Golang.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !