course-net
Search
Close this search box.

Perbedaan PHP(Laravel & Lumen) dan Bahasa Go (Golang)

Minet

August 11, 2022

Perbedaan PHP Dan Golang Yang Harus Di Pelajari

Perbedaan PHP Dan Golang yang harus kamu ketahui, Bahasa pemograman saat ini banyak sekali. Beberapa bahasa pemrograman bisa digunakan untuk keperluan software development. Bahasa pemograman bisa digunakan untuk mobile app, web app maupun desktop app.

Bahasa pemrograman bisa dikategorikan berdasarkan role kerja masing masing seperti client-side ( Javascript, HTML,CSS) dan Server-side(C#, Python, PHP, GO dan Java). Disini kami mau mencoba bahas apa sih perbedaan bahasa pemograman PHP dan Go.

Perbedaan PHP Dan Golang Yang Harus Kamu Ketahui

Pengenalan

Go atau Golang merupakan bahasa pemrograman yang didirikan oleh Google pada tahun 2009 oleh Robert Griesemer, Rob Pike dan Ken Thompson. Bahasa ini biasanya digunakan untuk keperluan server side. Tapi bahasa ini juga dapat untuk menjalankan script client side. Kini bahasa golang sudah banyak digunakan oleh perusaan untuk memproduksi sistem mereka.

PHP yang merupakan singkatan dari ” Personal Home Page ” dan kini merubah namanyanya menjadi ” PHP : Hypertext Prepocessor”. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Kini PHP sering digunakan untuk pembuatan website , Karena PHP dapat menjalankan dan mensisipkan script client side juga.

Bahkan bahasa ini sudah menyebar ke beberapa penjuru dunia, Karena masih banyak perusahaan juga menggunakan bahasa PHP

Struktur Data

Golang emiliki sebuah ekstensi file yaitu .go, Struktur bahasa golang tidak memerlukan sebuah semi colon (;) untuk mengakhiri setiap baris perintahnya. File go atau golang harus di eksekusi ( Compile ) melalui command promp. Dalam sebuah file yang memiliki struktur data yang harus dimiliki yaitu :

Deklarasi Package

Package adalah suatu cara untuk menampung file yang digunakan atau bisa di bilang folder yang tersedia. Package wajib di deklarasikan setiap file

package main

Deklarasi Import

Import digunakan untuk memanggil setiap library yang akan kita gunakan disetiap file go. Ada dua cara untuk memanggilnya yaitu :

import "fmt"atauimport(
 "fmt"
 "time"
)

Deklarasi Method

Ketika ingin compile sebuah file .go file tersebut harus memiliki sebuah function main, Atau pun jika dari method main ingin memanggil method yang lainnya.

func main(){
 fmt.Println("selamat datang di halaman saya")
 panggilMethod()}func panggilMethod(){
 fmt.Println("ya method dipanggil")
}

PHP memiliki sebuah ekstensi file yaitu .php dan dalam sebuah file ada aturan yang harus dimiliki yaitu

Tag Pembuka Dan Penutup

Setiap file .php harus memiliki sebuah tag pembuka, Berikut ini adalah contohnya :

<?php // untuk memulai perinta
hecho "selamat datang di halaman saya;
?> // untuk mengakhiri perintah

php tidak mewajibkan eksekusi (compile) melalui command prompt. Ekstensi PHP dalam di jalankan melalui browser juga

Framework

Framework adalah sebuah kerangka kerja untuk memudahkan para developer untuk mengembangkan aplikasi mereka. Golang dan PHP memiliki banyak Framework yang populer yaitu :

Go

  • Gin
  • Echo
  • Beego
  • Iris

PHP

  • Laravel & Lumen
  • Yii
  • Codeigniter
  • CakePHP

Gin

Untuk Gin sendiri tidak banyak memakan folder, Walau harus di instal dulu tetapi untuk eksekusi sebuah http response cukup membutuhkan sebuah file saja.

Laravel

Laravel adalah framework dari PHP, Untuk menggunakannya kita harus menginstal framework melalui command prompt. Untuk struktur folder laravel sendiri sangatlah banyak dan ukuran standart projectnya adalah 36MB. Laravel sendiri adalah sebuah framework yang sering digunakan untuk pembuatan website, karena memiliki sebuah template engine sendiri untuk html yang disebut blade template.

Lumen

Lumen adalah sebuah microframework dari laravel, untuk dari segi ukuran project yang pasitnya lebih sedikit dan beberapa fitur utama yang tidak dimiliki lumen. Untuk struktur folder lumen sendiri pastinya lebih sedikit dari laravel.

Nah itulah perbedaan dari PHP dan golang ? Apa kamu sudah mengerti dengan yang tadi dijelaskan. Apabila butuh  keinginan untuk belajar , kamu bisa ikuti kursus golang dan kursus full stack juga nih. Kebetulan di Course-Net menyediakan untuk bisa belajar keduanya. Dapatkan promo khusus untuk setiap belajar golang dan fullstack.

Mau Tau Perbedaan PHP Dan Golang ? Yuk Ikut Kursus Di Course-Net , Biar Tahu Bahasa Programing Lainnya

Daftarkan diri anda sekarang juga dan ikuti kelas golang dan fullstack hanya di Course-Net. Anda bisa mengisi form dibawah ini untuk mengikuti kursus golang.

Semoga informasi yang kami jelaskan bermanfaat untuk anda.Nikmati beberapa informasi dan tips yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan skill anda.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!