course-net
Search
Close this search box.

Install Golang Di Mac, Windows & Linux

Minet

October 21, 2022

Install Golang Di Mac, Windows & Linux

Install Golang Di Mac, Windows & Linux – Go atau biasa disebut juga dengan golang merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dan cukup banyak diminati para developer di semua kalangan baik itu untuk pemula maupun developer profesional sekalipun.

Golang ini sendiri merupakan bahasa pemrograman modern buatan Google yang muncul sekitar tahun 2007. Kepopulerannya ini bisa dilihat karena telah digunakan pada berbagai aplikasi besar seperti Docker dan Kubernetes.

Oleh karena itu tidak heran jika golang cukup populer bahkan kegunaannya yang bisa membuat para programmer menjadi lebih produktif juga menjadi salah satu alasan mengapa golang sangat populer.

Belajar Install Golang Untuk Mac , Windows & Linux

Nah bagi Anda yang ingin tahu cara golang Install maka Anda bisa mendapatkan informasinya. Golang disebut sebagai bahasa pemrograman yang memiliki kemudahan dalam penerapannya dan juga disebut ekspresif, rapi, bersih dan juga efisien.

Golang Install pada Beberapa OS

Jika Anda ingin Install golang, berbagai cara bisa Anda lakukan tergantung dari sistem operasi perangkat yang Anda miliki. Jadi jika Anda ingin melakukan golang Install caranya pun sangat mudah.

Hal tersebut karena Go atau golang telah menyediakan panduan atau prosedur instalasi yang sangat ringkas, bagaimana caranya simak di bawah ini.

Install pada MacOS

Install pada MacOS

  • Pertama Anda bisa membuka situs resmi dari golang

Situs tersebut yaitu https://golang.org/dl/ untuk download file .pkg dari Go itu sendiri. File ini khusus untuk macOS, contoh filenya biasanya akan berbentuk seperti ini go1.17.1.darwin-amd64.pkg. Jadi formatnya filenya dalam bentuk .pkg.

  • Buka file yang telah didownload

Setelah golang download berhasil dilakukan maka Anda bisa membuka file tersebut dan mengikuti langkah-langkah Installasinya.

  • Ikuti langkah Instalasi

Pada langkah pertama Anda akan ditunjukkan introduction lalu Anda bisa melanjutkan prosesnya dengan mengklik continue. Kemudian pada “destination select” Anda bisa memilih Install for all users of this computer lalu klik continue.

Lanjut ke opsi Installation type Anda bisa membiarkan destinasi file pada default, klik continue lagi. Lalu opsi selanjutnya adalah Installation yang artinya proses instalasi sedang berlangsung, tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai. Ketika sudah selesai bar instalasi akan menunjuk ke summary yang menunjukkan the installation was successful yang artinya berhasil.

  • Jika instalasi sudah selesai Anda bisa klik close

Lalu Anda bisa mengklik close, selanjutnya go akan dipasang pada direktori /usr/local/go kemudian path environment variable diarahkan ke direktori yang tertulis /usr/local/go/bin. Anda bisa merestart terlebih dahulu semua session yang sedang Anda lakukan untuk mengaplikasikan perubahan dari instalasi go ini.

Nah jika Anda ingin mengecek apakah benar instalasi go sudah berhasil atau belum maka Anda bisa mengeceknya pada terminal dan menjalankan command dan tertulis go version maka artinya benar sudah terinstal.

Instalasi pada OS Linux

Berbagai golang tutorial harus Anda ikuti petunjuknya karena jika diterapkan pada OS yang berbeda caranya juga berbeda jadi harus diperhatikan dengan baik tutorialnya. pada OS Linux ini sebenarnya terdiri dari dua cara yaitu Install melalui apt-get atau Install lewat binary distribution.

Pada cara yang pertama Anda bisa menggunakan apt-get atau Ubuntu Package Manager. Menariknya OS yang satu ini biasanya sudah memiliki package yang menyediakan golang. Jadi Anda bisa langsung menginstall go ini dengan memakai perintah apt-get.

Pertama Anda bisa melakukan update dan& upgrade pada APT package lalu Anda bisa Install go. Nah nantinya akan muncul keterangan sudo apt-get update, upgrade dan Install golang-go. Selanjutnya Anda juga perlu mengecek golang Install agar bisa memastikan apakah go ini sudah terinstal dengan benar atau belum.

Jika pada go version Anda lihat outputnya sudah menunjukkan go version pada linUX/amd64 maka artinya golang sudah terinstal. Nah jika Anda akan melakukan penginstalan dengan cara kedua maka Anda bisa mengikuti cara di bawah ini.

  • Buka situs resmi golang

Anda bisa membuka https://golang.org/dl/ lalu Anda bisa mendownload file golang untuk OS Linux dengan memilih format .tar.gz dari situs Go.

  • Extract file download

Jika sudah didownload, Anda bisa mengekstrak file yang baru saja diunduh dan bisa Anda tempatkan pada folder /user/local/go kemudian bisa Anda jalankan command.

  • Menambah path environment

Nah jika Anda sudah menjalankan command Anda bisa menambahkannya dengan path environment variable.

  • Mengecek golang sudah terinstal

Selanjutnya Anda bisa memastikan apakah golang sudah terinstal atau belum dengan menjalankan go version untuk melihat versi go yang sudah terpasang di perangkat Anda.

Instalasi pada OS Windows

Install Golang Di Mac, Windows & Linux | Belajar Golang

Bagi Anda pengguna OS Windows maka Anda bisa menggunakan cara di bawah ini.

  • Masuk ke situs resmi golang

Hampir sama dengan OS lainnya jika Anda ingin melakukan golang Install maka Anda harus download filenya terlebih dahulu yang ada di situs resmi golang. Nah namun untuk setiap OS memiliki format file yang berbeda-beda nah jika Anda pengguna Windows OS maka Anda bisa mendownload file .msi yang ada di https://golang.org/dl.

  • Buka file MSI

Setelah file diunduh, Anda bisa membuka file tersebut dan menjalankan perintah Installasinya dengan mengikuti langkah-langkahnya hingga selesai

  • Restart command prompt

Ketika proses instalasi telah selesai maka go akan secara default tersimpan atau terinstal pada folder Program Files atau biasanya juga ada yang namanya Program Files (x86). Jadi Anda bisa mencari file tersebut di folder ini, selanjutnya Anda bisa merestart command prompt agar bisa menyesuaikan perubahan environment yang terjadi.

  • Cek instalasi

Hampir sama juga dengan OS lainnya setelah proses download dan instalasi selesai maka Anda bisa mengecek atau memverifikasi instalasi tersebut dengan cara membuka cmd lalu Anda bisa mengetikkan go version. Jika muncul maka benar golang sudah terinstal dengan baik.

Itulah beberapa cara untuk mengInstall go pada beberapa OS yang tersedia. belajar Golang ini banyak diminati karena meskipun sederhana namun framework ini sangat handal selain itu golang juga disebut sebagai bahasa pemrograman versi terlengkap yang pernah ada karena menawarkan berbagai hal secara sekaligus. Tahukah Anda terciptanya framework ini ternyata muncul karena inspirasi dari kompleksitas C++ oleh karena itu framework ini sangat handal sekali. Nah kelebihan lainnya yang dimiliki framework ini diantaranya:

  • Bersifat open source

Jadi karena sifatnya open source ini memungkinkan framework untuk bisa dimodifikasi bahkan bisa dikembangkan sendiri.

  • Bersifat sederhana

Sifat ringkas inilah yang dimiliki dari golang karena golang memiliki struktur data serta algoritma yang mudah dimengerti

  • Tidak perlu khawatir adanya crash

Selanjutnya para pengembang tidak perlu khawatir jika terjadi crash karena sistem keamanannya baik dan juga jika menggunakan golang untuk membuat aplikasi waktu yang dibutuhkan sangat cepat dan efektif. Itulah beberapa tutorial dan informasi tentang golang Install.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!