course-net
Search
Close this search box.

Tiktok Ads Tren Baru Dalam Berbisnis

Minet

March 1, 2023

Cara Membuat Ads Akun Tiktok

Tiktok Ads Tren Baru Dalam Berbisnis – Siapa disini yang tidak mengenal Tiktok? Tiktok sendiri adalah suatu platform yang sedang trend dan banyak digemari masyarakat saat ini. Selain untuk tempat hiburan, banyak juga brand yang mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan Tiktok ads untuk marketingnya.

Tiktok ads adalah salah satu langkah yang memberikan potensi baru kepada brand untuk mendapatkan nama di masyarakat. Sarana ini sudah booming dari tahun 2020 dan seringkali digunakan oleh banyak brand baru untuk mempromosikan bisnisnya.

Bagi kalian yang masih awam tentang apa itu Tiktok ads, berikut akan kami jelaskan

Tiktoks Ads Inovasi Baru Dalam Dunia Bisnis

Apa Itu Tiktok Ads?

Tiktoks Ads Inovasi Baru Dalam Dunia Bisnis

Akun ini adalah satu fitur iklan di Tiktok yang dikeluarkan untuk penggunanya dalam beriklan baik produk, barang, dan jasa yang ditawarkan. Dalam fitur ini menyediakan ad creation, infography report, targeting hingga ad management untuk kreator di Tiktok.

Dalam penggunaannya terdapat dua opsi yang bisa disesuaikan yaitu daily untuk harian dan lifetime untuk seumur hidup, fitur ini memberikan kemudahan dalam berjualan sesuai kebutuhan brand yang kamu pasarkan.

Fitur ini adalah suatu inisiatif baru untuk meningkatkan engagement dan awareness suatu brand ari pengguna Tiktok itu sendiri.

Keuntungan Menggunakan Tiktok Ads Manager

Keuntungannya menggunakan fitur ini adalah semakin mudahnya brand kamu untuk terkenal di pasaran, hal ini disebabkan karena

  1. Banyak Pengguna Yang Menghabiskan Waktu Di Tiktok

Tiktok menjadi trend yang muncul saat awal pandemi hingga saat ini, dimana banyak orang yang menghabiskan waktunya di Tiktok seperti media sosial lainnya. Banyak trend menghibur yang disediakan di Tiktok. Hal inilah yang membuat banyak orang yang menghabiskan waktunya disini.

Selain dari trend-trend lucu biasanya banyak pengguna yang merasa diracuni saat ada brand-brand unik dan bagus yang muncul di beranda Tiktoknya. Maka tak heran saat beriklan di Tiktok tingkat penjualannya akan kian meningkat.

  1. Potensi Menjangkau Audiens Semakin Luas

seperti yang kita tahu saat ini Tiktok menjadi platform terbesar yang memiliki banyak pengguna, hal inilah yang menjadi alasan kenapa akan sangat diuntungkan jika akan menggunakan fitur ini untuk mempromosikan brand Anda.

Potensi viral yang dihasilkan dari Tiktok cukup besar, kamu hanya perlu mengunduh video yang unik untuk mendapatkan simpati dari masyarakat, hal inilah yang akan membuat brand Anda terjangkau ke masyarakat umum.

  1. Banyaknya Pengguna Tik Tok

Dilansir dari hootsuite digital 2022 Tiktok saat ini menjadi platform dengan pengunduh tertinggi yaitu sebanyak 656 juta orang. Cukup banyak bukan? Hal inilah yang menjadi poin plus bagi kamu yang ingin beriklan di platform ini.

  1. Memiliki Layanan Yang Banyak Dimanfaatkan

TikTok sendiri telah menghadirkan berbagai bentuk pelayanan yang bisa dimanfaatkan seperti band takeover, dimana saat pengguna membuka Tiktok pasti akan disuguhi iklan yang bisa dipilih sesuai keinginan dari pengguna.

Jika iklan yang dipasarkan sudah hilang dan sudah ditampilkan bagi pengguna, maka dalam layar akan muncul in-feed video ads lagi. Sehingga pengguna lainnya tidak akan merasa bosan saat menemukan video iklan di Tiktok.

Dari berbagai alasan itulah Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan saat menggunakan fitur ini, dimana yang kita tahu Tiktok sendiri telah tersebar ke 150 negara di dunia. Jadi saat Anda mempromosikan brand Anda, maka kemungkinan brand Anda terkena cukup besar.

Jenis Iklan Tiktok Ads

Sebenarnya dalam Tiktok ads manager login terdapat beberapa jenis opsi iklan yang bisa kamu gunakan, diantaranya

  1. Brand Takeover

Jenis iklan yang sering digunakan adalah brand takeover, dimana jenis iklan ini muncul saat pengguna membuka aplikasi Tiktok dan akan ditampilkan iklan secara full dengan durasi 3-5 menit.

Biasanya saat muncul iklan seperti ini pengguna tidak bisa men skip iklan dan memilih video lain. Jika iklan sudah selesai maka iklan bisa digeser dengan sendirinya dan dapat memilih video lain.

Dalam penggunaan iklan ini diharapkan brand bisa memberikan informasi yang bermanfaat seputar brand pada detik-detik awal pengiklanan, video ini bisa berisi informasi singkat yang memikat pengguna.

  1. Hashtag Challenge

Biasanya jenis iklan ini akan muncul di halaman discovery utama. Jika jenis iklan ini berada di posisi teratas makan. Hashtag iklan ini akan muncul di atas pencarian sehingga akan mudah dicari oleh pengguna Tiktok lainnya.

  1. In-Feed Video

Jenis iklan ini akan muncul di FYP pengguna setelah pengguna tik tok menyekrol beberapa video hiburan. Pengiklanan ini biasanya kan berbaur dengan konten Tiktok lainnya yang sedang muncul di FYP pengguna.

  1. Top View Ads

Jenis pengiklanan ini adalah dimana pengguna bisa melihat dimana puncak feeds akun mereka. Jenis ini sangat menguntungkan bagi pengiklan yang bertujuan untuk meningkatkan brand dimata pengguna.

Biasanya durasi dari top view ini berbeda-beda ada yang bisa mencapai 60 detik. Durasi yang panjang ini bisa digunakan untuk memberikan informasi produk kepada pengguna untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang sudah diiklankan.

  1. Branded Augmented Reality (AR)

Sistem pengiklanan adalah menggunakan stiker atau filter. Dimana saat banyak pengguna yang menggunakan fitur ini makan brand awareness Anda akan naik.

Baca Juga : Google Ads Adalah: Pengertian, Cara Menggunakan dan Keuntungannya

Cara Membuat Ads Akun Tiktok

Cara Membuat Ads Akun Tiktok

Jika ingin membuat akun Tiktok ads caranya cukup mudah, hal yang perlu Anda punya adalah akun Tiktok. Jika sudah berikut cara membuatnya

  1. Kamu bisa membuka akun Tiktok lalu pilih “create an ad button” di beranda Tiktok
  2. Pilih menu “campaign” dan klik tombol “create” untuk membuat akun ini
  3. Setelah itu kamu bisa membuat video seperti akun Tiktok pada umumnya dengan pilihan traffic, conversions dan app install.
  4. Jika sudah kamu bisa melakukan Tiktok ads login sama seperti login ke akun Tiktok biasa
  5. Selamat mencoba.

Cara Beriklan

Tips Penggunaannya

Kamu bisa menggunakan beberapa tips berikut ini agar brand kamu semakin terkenal nantinya, diantaranya

  1. Rancang Video Yang Singkat

Agar penonton tidak bosan, usahakan pembuatan videonya singkat dan unik. Usahakan hindari dialog dan percakapan yang panjang. Karena saat terlalu lama dalam mengiklan maka pengguna akan men skip video tanpa melihat promosinya.

  1. Ikuti Tren

Biasanya dalam Tiktok ads library akan tersedia beberapa tren yang bisa kamu ikuti untuk mempromosikan brand kamu. Sebelum membuat video cari terlebih dahulu tren apa yang sedang booming dan cocok untuk brand kamu.

  1. Buat Video Vertikal

Kenapa harus menggunakan video yang vertikal? Hal ini dikarenakan banyak penggunaan yang memilih membuka video yang vertikal sehingga tidak haus membolak balikan ponselnya.

  1. Menggunakan Visual Yang Menarik

Biasanya dengan visual yang menarik akan membuat pengguna yang menonton iklan betah berlama lama saat menonton konten iklan ini.

Itulah serba-serbi Tiktok ads yang bisa kamu ketahui untuk memanfaatkan perkembangan bisnis kamu. Ingin belajar digital marketing dan IT lebih dalam? Kamu bisa mengunjungi Course-Net untuk mendapatkan kursus IT yang kamu butuhkan!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print