course-net
Search
Close this search box.

Laravel Adalah: Pengertian, Tools Andalan & Kelebihannya

Minet

February 23, 2024

Laravel Adalah: Pengertian, Tools Andalan & Kelebihannya

Laravel Adalah: Pengertian, Tools Andalan & Kelebihannya – Pengembangan sebuah website menjadi lebih mudah ketika memakai tools yang tepat seperti framework php contohnya. Framework yang bagus tentunya harus disesuaikan kebutuhan dari aplikasi yang akan dibangun.

Framework juga diharuskan menyederhanakan untuk proses pembuatannya serta menghasilkan suatu performa aplikasi website lebih maksimal. Salah satu framework yang populer sekarang yaitu Laravel yang terkenal akan kesederhanaan serta menghasilkan aplikasi web powerful.

Nah! Salah satu framework yang sangat populer saat ini adalah Laravel. Framework ini terkenal kesederhanaannya dan menghasilkan aplikasi web yang powerful.

Mengenal Apa itu Laravel

apa itu laravel ? Tentunya kalian mengenal bahasa pemrograman PHP dan Laravel adalah framework satu-satunya yang membantu dalam pemaksimalan pemakaian PHP pada proses pengembangan website.

Framework ini terkenal simpel, aman, cepat, dan powerful sehingga menggeser posisi PHP yang terkenal dinamis.

Setiap merilis versi terbarunya tentu saja jenis framework ini selalu memunculkan suatu teknologi baru di antara para framework PHP yang lain. Bahkan saat ini banyak bermunculan CMS dari framework tersebut yang telah siap digunakan.

Framework ini diluncurkan tahun 2011 serta mengalami pertumbuhan yang tergolong eksponensial. Bahkan di tahun 2015 framework ini tergolong banyak memperoleh bintang pada Github. Hingga saat ini sudah berhasil menjadi sebuah framework populer dunia termasuk di Indonesia.

Manfaat Laravel Pada Pengembangan Website

Manfaat Laravel Pada Pengembangan Website

Framework ini memberikan beberapa keuntungan pada saat kalian mengembangkan blog ataupun website. Adapun dasar yang dipergunakan dalam framework tersebut sebagai berikut.

  • Website menjadi lebih mudah untuk dikembangkan.
  • Terdapat namespace serta tampilan yang tergolong membantu kalian dalam mengorganisir serta melakukan pengaturan sumber daya pada website.
  • Proses pengembangan akan lebih cepat jadi akan menghemat waktu dikarenakan framework ini bisa dikombinasikan pada beberapa komponen yang berasal dari framework lain guna melakukan pengembangan website.

Fitur-fitur Laravel

Selain memiliki banyak kelebihan, Laravel juga memiliki beberapa fitur-fitur yang harus kamu ketahui. Berikut ini beberapa fitur Laravel:

  • Authentication : Fitur ini merupakan fitur yang dapat kamu gunakan untuk membuat website dengan otentikasi. Kamu tidak perlu menulis kode dari awal untuk menambahkan fitur otentikasi di website kamu.
  • Testing and Debugging : Dalam Laravel sudah disediakan fitur untuk testing dan debugging sebuah website. Kamu tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan testing dan debugging.
  • Routing : Dengan fitur yang satu ini, kamu dapat membuat aplikasi yang dengan lebih mudah. Hal ini karena dalam framework ini, semua request akan dipetakan dengan menggunakan bantuan rute. Kamu bisa memberikan nama routing, mengelompokan, memfilter routing yang ada sesuai kebutuhan kamu.
  • Blade Template Engine. Framework ini dilengkapi dengan fitur blade yang bisa digunakan untuk mendesain layout yang konsisten.
  • Composer : Fitur ini akan membantu dalam menyempurnakan dan meningkatkan proses pengembangan website, serta mempermudah proses update-nya.

Tools Andalan Laravel Adalah

Laravel mempunya tools yang jarang untuk dimiliki framework lainnya (kecuali Symphony). Kedua tools tadi yaitu composer serta artisan dan kegunaan masing-masing tools tadi sebagai berikut ini.

  • Composer

Composer adalah tools yang terdapat dependencies serta kumpulan library pada bagian dalamnya. Seluruh dependencies nantinya disimpan memakai format file bernama composer.jon jadi bisa ditempatkan pada folder utama website. Itulah yang menjadi alasan kenapa composer kadang dikenal dengan sebutan dependencies management.

Pertanyaan lain yang sering muncul mengenai apa itu dependencies management? Untuk mempermudah penjelasannya maka akan disertakan dengan contohnya.

Ketika kalian memiliki sebuah website tentu perlu sebuah library. Sebagai contoh library tadi dipergunakan untuk melakukan implementasi validasi serta proteksi untuk spamming yakni Google reCAPTCHA.

Tentunya untuk menyediakan Google Captcha tidak dapat menggunakan 1 library saja namun memerlukan lebih dari satu. Tentunya kalian tidak mungkin jika harus melakukan penginstalan satu per satu pada library bukan.

Saat menggunakan composer nantinya kalian hanya perlu install library Google reCAPTCHA serta secara otomatis maka library yang lainnya akan terinstall.

Hal tersebut juga berlaku pada saat kalian ingin melakukan pembaruan pada library. Kalian hanya perlu memakai perintah “$ composer update” nantinya satu persatu dari library akan melakukan pembaruan dengan otomatis.

  • Artisan

Artisan adalah command line interface dan dimiliki oleh Laravel. Artisan ini memiliki sekumpulan perintah yang nantinya bisa membantu kalian untuk membangun website maupun aplikasi web.

Kumpulan perintahnya juga masuk dalam penggabungan bersama framework Symphony dan menghasilkan fitur yang bernama add-on. Tentu saja tersedianya fitur add-on tadi kalian dapat menambahkan banyak fitur baru ke dalam framework tersebut.

Alasan Mengapa Memilih Laravel Adalah

Ketika akan melakukan pemilihan dan install Laravel tentu saja memerlukan banyak pertimbangan. Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat meyakinkan kalian memilih framework yang satu ini tentunya.

  • Template layout ringan

Framework ini menyediakan template layout ringan serta memiliki fitur yang memungkinkan penambahan template dengan ringan. Pengembang bisa membuat serta melakukan pengembangan memakai layout yang tergolong cukup powerful.

Terdapat berbagai macam layout yang bisa pengembang gunakan dengan cara menambahkan berbagai CSS, gambar, serta struktur kode lengkap. Template layout memiliki peranan penting pada berbagai macam aplikasi.

  • Memiliki banyak library object oriented

Framework ini memiliki library object oriented yang tergolong banyak. Tidak hanya itu saja Laravel mempunyai banyak macam library yang tidak kalian temukan pada framework PHP populer yang lain.

Library otentikasi merupakan salah satu library paling penting. kalian membutuhkan library tersebut guna menyediakan fitur otentikasi canggih. Library otentifikasi pada framework ini menyediakan Bcrypt hashing dan termasuk ke dalam fitur tercanggih pada bidang otentifikasi.

  • Mendukung framework MVC

Framework ini memiliki dukungan untuk framework MVC. Terdapat pemisahan antara tampilan serta logika pada aplikasi memungkinkan dapat dilakukan ketika memakai framework MVC. Tidak hanya memberikan performa optimal namun dokumentasinya lengkap serta banyak aplikasi tambahan tersedia disana berkat integrasinya bersama dengan MVC.

  • Tersedia tool artisan

Terkadang pengembang memerlukan interaksi diantara Laravel dengan framework yang lain memakai command line yang nantinya berguna membuat serta menangani environment pada proyeknya.

Framework ini memiliki tool artisan yang termasuk dalam tool command line. Jadi fungsi utamanya yaitu melaksanakan tugas repetisi serta memproses pemrograman yang tergolong kompleks dan terkadang developer banyak yang masih mengabaikannya pada saat proyek berjalan.

Menggunakan bantuan dari artisan tadi tentu saja pengembang bisa membuat serta melakukan migrasi pada database dengan mudah. Untuk pengelolaan struktur database bisa diatasi selama proses migrasi.

  • Pembagian modul dengan cara independen

Framework yang satu ini bisa memakai 20 modul library bahkan lebih dan pada masing-masing modul akan terbagi ke beberapa modul individu. Modul tersebut nantinya secara independen akan mengadopsi prinsip PHP modern serta menjaga fungsi penting aplikasi Laravel. Modul tadi akan membuat aplikasi kian responsif, modular, dan informatif.

  • Pengecekan memakai unit testing

Pembuatan pada framework tersebut terkadang memakai konsep berupa “Unit Testing”. Menggunakan bantuan tersebut tentu saja jumlah pengetesan pada jumlah banyak bisa dilakukan dan bertujuan untuk memastikan adanya perubahan baru yang bisa dibuat oleh pengembang tanpa perlu merusak fungsi aplikasi apapun dan membuat aplikasi semakin responsif.

Tips Laravel Pemula Adalah

Terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum belajar mengenai framework ini. tujuannya agar kalian bisa dengan mudah melakukan pemahaman serta lebih mudah dalam mempraktekkannya kelak.

  • Dasar pemakaian PHP

Tips pertama kalian harus mengetahui dasar-dasar dalam pemakaian PHP dikarenakan framework ini asalnya dari PHP. Jadi sebelum itu kalian harus paham betul bagaimana PHP berjalan terlebih dahulu.

  • Dasar Framework MVC

Pengelolaan struktur datanya yaitu MVC tidak akan lepas dari Laravel. Maka kalian harus belajar mengenai penerapan MVC pada proses pengembangan sebuah website terlebih dahulu.

Jadi itulah informasi yang bisa kalian ketahui mengenai framework ini dengan begitu wawasan kalian akan bisa bertambah.

Kelebihan Laravel

Laravel pada dasarnya adalah framework PHP yang digunakan untuk mempercepat web development, namun bukan hanya itu kelebihan Laravel, berikut ini penjelasan mengenai kelebihan Laravel:
  • Mempercepat waktu pengembangan aplikasi karena Laravel menggunakan komponen dari framework yang lain dan built-in libraries dalam mengembangkan aplikasi web.
  • Mempermudah pengelolaan resource karena menggunakan namespace dan interface.
  • Performa aplikasi yang lebih baik. Laravel sudah melewati tes kualitas dan kecepatan sehingga aplikasi yang dibangun dengan Laravel bisa memiliki performa yang lebih cepat.
  • Aplikasi yang dibangun dengan Laravel lebih aman secara bawaan. Aplikasi bisa lebih aman dari CSRF, script dan SQL injection. Laravel juga hadir dengan beberapa pengukuran keamanan dengan menerapkan OWASP security principles.
  • Lebih sedikit kode. Dengan menggunakan framework Laravel kamu bisa lebih sedikit menggunakan kode original dengan menggunakan fungsi built-in dari Laravel.
  • Dukungan komunitas yang luas. Saat ini terdapat komunitas Laravel yang besar sehingga menyebabkan semua masalah yang mungkin akan kamu hadapi bisa mendapatkan resolusi yang tepat.

Mau Ikut Kursus Laravel ?

Daftar kursus laravel bersama Course-Net, Promo khusus untuk akhir bulan ini yang bisa anda ikuti di Course-Net.

Daftar Kursus Sekarang

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!