course-net
Search
Close this search box.

Apa Itu Laravel ? Definisi, Keunggulan & Manfaat Laravel

Minet

August 18, 2022

Apa Itu Laravel ? Definisi, Keunggulan & Manfaat Laravel

Apa itu Laravel ? Dalam membuat suatu website kini menjadi lebih tepat apabila kita menggunakan tools yang benar. Seperti yang kita sudah ketahui bahwa dunia programming menjadi profesi yang sangat diminati. Dan salah satu bahasa yang sering di pakai adalah PHP. Framework PHP yang terkenal adalah Laravel.

Laravel adalah sebuah Framework, BUKAN bahasa pemrograman. Jadi jika anda masih kurang mengerti dengan laravel dan framework disini kami akan coba jelaskan kepada anda.

Apa Itu Laravel ? Definisi, Keunggulan & Manfaat Laravel

Apa Itu Framework ?

Sebelum anda mengetahui soal laravel, Ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang Framework. Seperti yang sudah di jelaskan bahwa laravel bukan bahasa pemrograman melainkan sebuah framework.

Framework adalah kerangka yang diciptakan untuk memudahkan developer dalam mengembangkan sebuah website dan aplikasi. Di dalam Framework terdapat beberapa kumpulan library, Model perangkat lunak dan komponen pendukung lainnya.

Framework tersedia di beberapa bahasa pemrograman termasuk salah satunya adalah PHP. Dalam PHP sendiri ada banyak sekali jenis framework yang bisa anda pilih pastinya,

Apa Itu Laravel ?

Apa Itu Laravel ? Defisini, Keunggulan & Manfaat Laravel

Kini kamu mengenali apa itu framework. Kini kita akan membahas tentang laravel, Laravel adalah framework PHP open source dengan dasar konsep website dan konsep MVC (Model-View-Controller) yang terkenal mudah digunakan seraca lebih praktis. Framework memang digunakan untuk pengembangan suatu bisnis dan cocok digunakan untuk web application.

Laravel di luncurkan sejak tahun 2011 dan mengalami banyak sekali perkembangan yang cukup eksponsial. Di tahun 2015 laravel menjadi framework yang paling banyak mendapatkan bintang di github. Sekarang framework ini menjadi salah satu populer di dunia.

Laravel mengubah pengembangan website menjadi lebih elegan, ekspresif dan menyenangkan.

Manfaat Laravel Untuk Proses Pengembangan Website

Laravel menawarkan beberapa keuntungan menggunakan php laravel ketika anda mengambangkan website menggunakan dasar framework ini.

  • Website menjadi lebih scalable ( Mudah dikembangkan)
  • terdapat namescape dan tampilan yang membantu anda untuk mengorganisir dan mengatur sumber daya website.
  • Proses pengembangan menjadi lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu karena laravel dapat di kombinasikan dengan beberapa komponen.

Fitur – Fitur Laravel

Saat anda menggunakan laravel, ada beberapa fitus yang bisa anda gunakan pastinya :

Artisan Tool

artisan adalah satu fitur laravel yang berupa tool yang built in command line yang mengotomasi tugas pemrograman yang berulang. ini bisa digunakan untuk beberapa hal seperti membuat struktur database, mengelola migrasi sehingga lebih mudah di sisi database, Bahkan juga menyediakan fitus yang memungkinkan pengguna membuat command yang bisa digunakan

Composer

Composer merupakan tools yang berada pada dependencies dan kumpulan library. Seluruh dependencies disimpan menggunakan format file composer.json sehingga dapat ditempatkan di dalam folder utama website.

Misalkan anda mempunyai website yang membutuhkan sebuah library. Saya ambil contoh library untuk mengimplementasikan validasi dan proteksi untuk spamming yaitu Google reCaptcha. Tentunya  untuk meneydiakan Google reCaptcha tidak bisa menggunakan satu library saja, Melainkan membutuhkan banyak library.

Beberapa Fitur Lainnya Yang Bisa Dimanfaatkan

Laravel mempunyai berbagai macam fitur yang tidak semua framework menyediaknnya. Apalagi laravel merupakan framework yang modern hingga anda dapat melakukan berbagai hal untuk menggunakan framework ini seperti proses otentifikasi terbau.

  • Blade Template Engine

Laravel menggunakan blade. Blade adalah template engine untuk mendesain layout yang untuk. Sehingga layout dapat digunakan untuk ditampilan lain yang memberikan konsistensi desain dan struktur selama proses pengembanganDibandingan dengan template engine lain, Blade mempunyai kelebihan yaitu tidak membantasi pengembangan untuk menggunakan kode PHP biasa di dalam tampilan.

  • Routing

Dilaravel semua request dipetakan dengan menggunakan bantuan rute. Dasar dari routing adalah merutekan request ke kontroler terkait. Routing ini dianggap dapat mempermudah pengembangan dan meningkatkan performannya.

  • Modularity

Seperti yang sudah di jelaskan tadi , Di dalam laravel terdapat kumpulan modul dan library yang terkait dengan composer. Fitus ini membantu anda untuk menyempurnakan dan meningkatkan fungsionalitas dari website yang akan dibangun.

  • Testability

Laravel dibangung dengan fitur pengecekan yang cukup lengkap. Framework ini mendunung proses pengecekan dengan PHPUnit dan file phpunit.xml yang bisa disesuaikan dengan aplikasi yang sedang dibangun.

  • Query Builder and ORM

Laravel database query builder menyediakan antarmuka yang lancar untuk membuat anda menjalankan database query. Fitur ini digunakan untuk menjalankan berbagai operasi database di dalam website.

  • Authentication

Laravel membuat pengimplementasian otentikasi menjadi sangat sederhana. Seluruh proses konfigurasi berjalan secara otomatis. Anda bisa menemukan file konfigurasi otentikasi ini di ‘config/auth/php’. Didalam file ini terdapat beberapa opsi otentifikasi yang sudah terdokumentasi

  • Scema Builder

Class laravel menyediakan database agnostic untuk memanipulasi tabel. Schema ini berjalan baik di berbagai tipe database yang didukung laravel dan mempunyai API yang sama di seluruh sistem.

  • Configuration Management Features

Seluruh file konfigurasi laravel disimpan didalam direktori config. Setiap opsi didokumentasikan dengan baik. Jika anda tidak perlu khawatir untuk mengubah setiap konfigurasi yang tersedia.

  • Email Class

Laravel menyediakan API beberapa librari SwiftMailer yang cukup popule dengan koneksi SMTP, Postmark , Mailgun , SparkPost dan lainnya yang memungkinkan anda untuk mengirimkan email dengan cepat melalui aplikasi lokal maupun cloud.

  • Redis

Redis digunakan untuk menghubungkan antara sesi yang sudah dengan cache general purpose yang menyimpannya key-value

  • Event and Command Bus

Laravel Command Bus menyediakan metode pengumpulan tugas yang dibutuhkan aplikasi supaya dapat berjalan secara simple dan perintah yang mudah dimengerti.

Laravel Add-On Package

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh alravel adalah Laravel Add-On Package yang mengizinkan anda untuk menggunakan berbagai macam fitur tambahan.Fitur ini dapat anda gunakan sebagai aplikasi hosting termasuk routing, migration, test, view dan beberapa fitur yang sangat berguna.

Spatie

Bentuk aturan dan permission sangat penting di berbagai macam aplikasi web. Laravel sendiri juga mempunyai berbagai macam package yang bisa mendukung bentuk aturan dan permision. Beberapa kelebihan dari Spatie adalah SpatieRoles, Permissions, middleware, permission langsung, terdiri banyak instruksi Blade dan perintah Artisan.

Entrust

package ini menyediakan berbagai macam cara yang fleksibel untuk menambahkan Role-Based Permission untuk aplikasi di laravel 5. Didalam package ini setidaknya terdapat empat tabel yaitu table roles untuk menyimpan records, table pemissions untuk menyimpan permission record, table role_user untuk menyimpan one-to-many relations diantara roles dan users, Tabel permission_role untuk menyimpan relasi many-to-many diantara roles dan permissions.

Laravel User Verification

Package User Verification memungkin anda untuk menangani verifikasi user dan memvalidasi user. Fitur ini menghasilkan dan menyimpan token verifikasi untuk user yang sudah terdaftar, mengirim , mengatur antrian email dengan link token verifikasi , menangani toker.

Migration Generator

Migration Generator merupakan paket laravel yang dapat digunakan untuk proses migrasi dari database yang sudah ada. Didalamnya terdapat beberapa juga indeks dan foreign keys.

Laravel Debugbar

Laravel Debugbar merupakan package populer yang bisa membantu user untuk menambahkan toolbar developer didalam aplikasi. Paket ini berguna khusu untuk tujuan debugging.

Mengapa Memilih Laravel

Meski banyak yang belum yakin dengan laravel. Ada beberapa alasan yang bisa membuat anda yakin menggunakan laravel.

  • Template Layour Ringan
    Laravel Framework menyediakan template layout yang ringan dan terdapat juga beberapa fitur untuk menambahkan template tambahan yang sangat ringan. Developer dapat membantu dalam melakukan pengembangan menggunakan layout yang cukup powerful.
  • Mempunyai Banyak Library Object Oriented
    Laravel memiliki librari Object Oriented yang sangat banyak. Selai itu, Laravel juga mempunyai berbagi macam library yang tidak ada di framework PHP populer lainnya.
  • Mendukung Framework MVW
    Laravel adalah salah satu dari sekian framework yang mendukung framework MVC ( Model-view-Controller)  yang menangani keseluruhan bagian aplikasi laravel.
  • Tersedia Tool Artisan
    Developer terkadang membutuhkan interaksi antara laravel dengan framework lain menggunakan command line yang berguna untuk membuat anda dan menangani environment di proyek laravel

Mau Belajar Laravel ? Kursus Laravel Untuk Pemula

Anda berminat untuk belajar laravel ? atau mau mengikuti kursus laravel? Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum belajar laravel. Tujuannya untuk lebih memberikan kemudahan kepada anda untuk memahami menggunakan laravel dengan baik.

Setidaknya ada dua hal yang harus anda pelajari sebelumnya untuk memperaktikan penggunannya.Anda bisa mengisi form dibawah ini untuk mengikuti kursus laravel yang disediakan oleh Course-Net.

Dasar Penggunaan PHP

Seperti yang sudah diketahui, Framework Laravel merupakan Framework ynag dikembangan untuk mendukung bahasa PHP. Tentu saja semua bahan untuk membuat framework ini berasal dari PHP.

Supaya anda bisa memhami bagaimana laravel berjalan , Tentu anda harus memhami penggunaan PHP.

Dasar Framework MVC

Laravel tidak bisa lepas dari pengelolaan struktur datanya yang dikenal dengan MVC. Maka dari itu cukup penting untuk mempelajari bagaimana penerapan MVC didalam proses pengembangan website.

MVC cukup populer didalam pengembangan website saat ini. Pemisahan antara tampilan (front-end) dengan controller (back-end) menjadi fitur modern yang dirasa sangat memudahkan developer.

Laravel Framework Terbaik Saat Ini

Itulah tadi beberapa informasi mengenai apa itu laravel. Laravel adalah framework yang cukup untuk istimewa  karena mempunyai segudang fitur dan package yang bisa anda tambahkan sendiri. Jika anda menginginkan framework yang sederhan untuk membuat aplikasi web yang cukup kompleks.

Demikianlan artikel yang membahas tentang laravel. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu serta memberikan tambahan kepada anda untuk mengenal framwork PHP ini.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!