course-net
Search
Close this search box.

Materi Jaringan Komputer: Pengertian, Kegunaan, Cara Kerja, Jenis dan Topologinya

Minet

November 30, 2023

materi jaringan komputer

Materi jaringan komputer menjadi materi yang wajib dipahami dalam dunia teknologi telekomunikasi karena menjadi salah satu hal yang mendasari pemahaman tentang komputer dan internet. Belajar tentang komputer tidak terlepas dari mempelajari jaringan komputer. Kali ini kita akan mengulas mengenai materi tentang jaringan komputer.

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah jaringan yang menghubungkan antar komputer secara elektronik sehingga dapat berkomunikasi dengan cara berbagi sumber daya dan bertukar data satu sama lain. 

Adanya jaringan komputer bertujuan supaya setiap bagian jaringan dapat kompatibel dalam memberikan layanan (server) dan meminta layanan (client), serta penggunanya dapat melakukan interaksi dengan pengguna lainnya.

Kegunaan Jaringan Komputer

Untuk memahami materi jaringan komputer lebih lanjut, penting untuk memahami apa saja kegunaan jaringan komputer. Berikut penjelasannya.

1. Berbagi Sumber

Adanya jaringan komputer memudahkan penggunanya dalam melakukan resource sharing, antara lain yaitu hardware sharing, data sharing, dan internet access sharing.

2. Manajemen dan Data Security

Jaringan komputer digunakan dalam memberikan kemudahan administrator dalam mengatur berbagai data perusahaan yang penting secara rapi.

Selain itu, jika data disimpan secara terpusat, maka jauh lebih mudah dicari dan lebih aman. Umumnya, shared server dimanfaatkan oleh karyawan untuk memudahkan dalam pencarian data dan dimanfaatkan oleh administrator untuk melakukan backup.

3. Konektivitas Dan Komunikasi

Kini jaringan komputer dapat terkoneksi dalam jaringan LAN. Artinya jika sudah terkoneksi dengan internet maka komunikasi dan koneksi antar user dapat terjadi. Contoh sederhananya yaitu saling kirim email antar work group atau gedung.

4. Performance Enhancement

Kegunaan jaringan komputer juga bisa dilihat dari sisi peningkatan kinerja. Artinya, adanya jaringan komputer dapat lebih mendongkrak peningkatan suatu kinerja karena lebih efektif dan efisien.

5. Hiburan

Saat ini berbagai macam hiburan sudah dapat diakses secara online dengan adanya jaringan. Artinya, jaringan memiliki kegunaan dan peran yang sangat besar dalam memberikan kebutuhan hiburan. Misalnya menonton film online, menonton video, dan memainkan game online.

Cara Kerja Komputer Jaringan

Pada materi komputer dan jaringan dasar terdapat penjelasan tentang bagaimana cara kerja jaringan komputer. Cara kerja jaringan komputer yaitu dengan merangkai beberapa komputer yang dikoneksikan dengan suatu penghubung yang disebut node. Node dapat berupa hub, modem, switch, dan kelengkapan peralatan komunikasi data atau Data Terminal Equipment (DTE).

Fungsi dari node dalam jaringan komputer yaitu mengikuti seperangkat protokol serta menentukan bagaimana cara menerima dan mengirim data lewat tautan.

Dalam materi jaringan komputer, terdapat empat hal yang menjadi dasar dalam memahami cara kerjanya, yakni organisasi fungsional, komponen fisik jaringan protokol, dan prosedur. Jika sudah terangkai dan tertata dengan baik jaringan komputer dapat digunakan secara terintegrasi.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jenis jaringan komputer juga menjadi materi jaringan komputer yang perlu diketahui. Berikut penjelasan jenis jaringan komputer.

1. LAN (Local Area Network)

LAN adalah jaringan yang menghubungkan perangkat jaringan pada keadaan jangkauan relatif kecil. Jaringan LAN tergolong salah satu tipe jaringan komputer yang paling sering dijumpai. Misalnya sistem jaringan di kantor, rumah, dan sekolahan. Biasanya pada token ring dan ethernet banyak yang menggunakan konektivitas tertentu.

Jaringan LAN juga didukung teknologi wireless dengan Wi-fi atau disebut dengan WLAN (Wireless Local Area Network)

2. PAN (Personal Area Network)

PAN adalah jaringan yang cakupan wilayahnya tergolong kecil, seperti di rumah dan kantor. Umumnya jaringan ini digunakan untuk kebutuhan printer dan internet sehingga tidak membutuhkan resource yang terlalu besar.

3. CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN memiliki batasan ruang lingkup yang mencakup lingkup akademisi atau kampus. Dalam belajar materi jaringan komputer, CAN umumnya dipahami sebagai jaringan yang digunakan untuk keperluan email, pembaruan kelas praktik laboratorium, dan sejenisnya.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

Tidak jauh berbeda dengan CAN, jaringan MAN juga memiliki ruang lingkup yang terbatas, tetapi dalam area yang berbeda. MAN merupakan jaringan yang menghubungkan antar perangkat komputer pada ruang lingkup kotak di jaringan yang sama. MAN cakupannya lebih besar dari LAN.

5. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah kumpulan dari jaringan LAN yang tersebar secara geografis dengan teknologi tertentu seperti frame relay, ATM, dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih jauh.

6. VPN (Virtual Private Network)

Dalam mempelajari materi teknik komputer jaringan juga terdapat jenis jaringan komputer yang disebut dengan VPN. VPN adalah jaringan yang menjadi solusi yang menyediakan koneksi internet lebih secure. Jaringan VPN bisa membuat jalur yang lebih aman untuk keperluan transmisi data. Kini VPN bisa didapatkan secara gratis di berbagai platform, tetapi jika ingin fitur yang lebih lengkap bisa menggunakan akses premium.

7. Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah ada dengan ruang lingkup menjangkau hampir seluruh penjuru dunia. 

Dengan kehadiran internet, maka setiap orang bisa mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah melalui perangkat komputer, laptop, smartphone, TV, tablet, dan lain-lain.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer juga menjadi salah satu materi tentang jaringan komputer dan internet yang harus dikuasai. Untuk memahami materi jaringan komputer khususnya topologi jaringan, berikut merupakan penjelasan 5 topologi jaringan komputer.

1. Bus

Topologi bus adalah topologi yang memiliki kabel tunggal di mana masing-masing workstation dan server saling terkoneksi. Kelebihan topologi ini yaitu saat pengembangan workstation baru tidak mengganggu workstation lain. Namun ketika kabel putus maka bisa terjadi gangguan di semua jaringan.

2. Ring

Topologi ring terbentuk saat semua perangkat sudah terhubung sehingga berpola lingkaran seperti cincin. Setiap workstation akan menerima informasi antar perangkat.

Kelebihan topologi ini yaitu tidak akan terjadi tabrakan antar data. Namun kekurangannya jika ada permasalahan di salah satu node, semua jaringan mengalami gangguan.

3. Star

Topologi star adalah topologi di mana masing-masing workstation mempunyai jalur yang langsung terhubung lewat hub atau server. Kelebihan topologi ini yaitu apabila terjadi gangguan dia salah satu workstation maka jaringan yang mengalami kerusakan tidak menyeluruh. Namun topologi star butuh biaya yang besar karena keperluan sumber daya kabel yang banyak.

4. Tree

Topologi tree adalah gabungan antara topologi bus dan star. Bentuk topologi ini seperti akar pohon sehingga yang bisa terhubung langsung hanya perangkat hub saja. Pada topologi ini, setiap hub fungsinya seperti akar pohon.

Kelebihan dan kekurangannya seperti topologi bus dan Star, tetapi dengan jaringan yang hybrid ini maka mendukung perluasan jaringan yang lebih baik.

5. Mesh

Topologi mesh digunakan saat tidak ada hubungan komunikasi terputus antar node di sebuah jaringan komputer sehingga selama masih pada jaringan yang sama perangkat terhubung secara langsung.

Kelebihan topologi ini yaitu komunikasi yang lebih cepat antar komputer dengan keamanan lebih terjamin. Namun membutuhkan biaya yang besar untuk penyediaan kabel.

Itulah materi jaringan komputer dan internet dasar yang perlu dipahami sehingga menjadi pemahaman dan pengetahuan basic dalam mempelajari komputer jaringan. Bagi Anda yang ingin belajar tentang materi jaringan komputer lebih mendalam bisa bergabung dengan kelas kursus di CourseNet

CourseNet merupakan lembaga pelatihan teknologi informasi yang memiliki coach kelas dunia sehingga membantu Anda dalam tahap belajar mulai dari awal. Segera pilih coaching program yang kami sediakan sesuai dengan preferensi Anda dan daftarkan diri Anda segera dengan cara klik link di bawah ini. Dengan bergabung bersama kami maka membantu Anda dalam menyukseskan karier.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!