course-net
Search
Close this search box.

Home >

NAT Adalah, Memahami Perannya untuk Akses Internet

Friday, 17 November 2023 2:48 PM

nat adalah

 Ketika seseorang menggunakan internet, ada beberapa hal yang mesti mereka lakukan, salah satunya adalah dengan memiliki IP yang terdaftar melalui ISP. NAT adalah salah satu yang membantu agar membuat seseorang bisa mendapatkan akses internet tersebut. NAT berfungsi untuk mentranslisikan IP private menjadi IP public agar kita bisa mengakses internet. Artikel ini akan membantu Anda memahami NAT secara mendetail.

Pengertian NAT

Network Address Translation atau yang dikenal dengan NAT adalah metode yang digunakan untuk mengubah jaringan komputer yang awalnya bersifat pribadi menjadi ruang public. Jaringan pribadi ini seperti jaringan rumah, kantor, dan lain-lain dan yang nantinya akan dikonversi menjadi jaringan public supaya bisa terhubung dengan internet.

Fungsi dari NAT adalah menyembunyikan IP pribadi kita yang tersedia dalam jaringan lokal dan mengubah alamat IP tersebut menjadi alamat IP eksternal sehingga terhubung dengan internet. Dengan menggunakan NAT juga dapat membantu meningkatkan keamanan pengguna. Bahkan NAT ini sangat efisien sehingga tidak perlu memberikan alamat IP pribadi untuk setiap perangkat di dalam jaringan.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang NAT, perlu bagi kita untuk mengetahui apa itu IP, baik IP private dan IP Public.

IP merupakan kumpulan angka-angka yang menunjukkan identitas dari sebuah perangkat seperti komputer, laptop, handphone agar bisa berkomunikasi satu sama lainnya yang nantinya bisa terhubung ke jaringan baik itu jaringan lokal maupun jaringan internet. Setiap perangkat yang disebutkan tersebut memiliki alamat IP yang berbeda yang mana nantinya IP tersebut berfungsi sebagai tanda pengenal.

IP Private Adalah

IP private adalah IP yang biasanya digunakan dalam jaringan yang tidak terhubung internet dan bersifat pribadi, contohnya adalah telepon lokal yang ada di hotel ruangan, yang mana tanpa internet kita dapat menelepon orang di lobby untuk memesan sesuatu atau ketika terjadi sesuatu.

Adapun yang dimaksud IP Public adalah IP yang bisa diakses langsung oleh internet. Alamat IP ini sudah disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP) ke router jaringan seperti Wifi.

NAT akan mentranslasikan alamat IP private dari perangkat-perangkat elektronik menjadi alamat IP public yang digunakan oleh router atau gateway ke internet.

Dengan kata lain, NAT adalah sebagai perantara yang mengizinkan perangkat-perangkat di dalam jaringan lokal untuk berselancar di dunia internet tanpa mengungkapkan detail alamat IP internal mereka.

Perintah yang digunakan untuk mengetahui informasi IP Private yang ditranslasikan oleh NAT adalah dengan memasukkan perintah “ipconfig” di sistem Windows. Penjelasan lengkapnya adalah dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan, kemudian menulis CMD. Setelah CMD muncul, Langkah selanjutnya adalah memasukkan perintah ipconfig.

Barulah CMD tersebut menjelaskan berbagai macam IP yang tersedia di komputer atau laptop kita, dari IPv4, IPv6 default gateway, local address, dan yang lainnya.

NAT Firewall

Seiring dengan fungsi dasarnya sebagai translator alamat IP, NAT juga sering dikombinasikan dengan firewall untuk meningkatkan keamanan jaringan. Konsep ini dikenal sebagai NAT Firewall.

NAT firewall adalah suatu lapisan keamanan tambahan yang berfungsi untuk memantau dan mengontrol lalu lintas data yang melewati NAT. Ini memberikan perlindungan tambahan terhadap serangan dan upaya masuk yang tidak sah ke dalam jaringan. Dengan menggunakan aturan-aturan firewall, NAT dapat membatasi jenis lalu lintas yang diizinkan dan menolak lalu lintas yang mencurigakan.

Penerapan NAT firewall sangat penting dalam melindungi jaringan dari serangan-sarangan seperti port scanning, denial-of-service (DoS), dan upaya penetrasi lainnya. Ini membuat jaringan lebih aman dan dapat diandalkan saat berinteraksi dengan internet yang penuh dengan potensi ancaman keamanan.

Manfaat NAT

Penggunaan NAT memberikan beberapa manfaat signifikan dalam hal keamanan dan efisiensi penggunaan alamat IP. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Keamanan Jaringan

Dengan menyembunyikan alamat IP internal perangkat di dalam jaringan lokal, NAT secara efektif menjaga privasi dan keamanan data. Hal ini membuat lebih sulit bagi pihak luar untuk menyusup dan mengidentifikasi struktur jaringan internal.

2. Efisiensi Penggunaan Alamat IP

Keterbatasan alamat IP yang tersedia merupakan masalah di dunia jaringan. NAT memungkinkan beberapa perangkat di dalam jaringan lokal untuk berbagi satu alamat IP public, mengatasi keterbatasan ini dan mengoptimalkan penggunaan alamat IP.

3. Manajemen Lalu Lintas

NAT firewall memberikan kontrol yang lebih baik terhadap lalu lintas data yang masuk dan keluar dari jaringan. Dengan menetapkan aturan-aturan firewall, administrator dapat memastikan bahwa hanya lalu lintas yang diizinkan dapat melewati, mengurangi risiko serangan.

4. Pemecahan Konflik Alamat IP

Dalam beberapa kasus, dua jaringan lokal yang berbeda dapat menggunakan alamat IP yang sama. NAT membantu mengatasi konflik ini dengan mentranslasikan alamat IP lokal menjadi alamat IP public yang unik saat terhubung ke internet.

Kelebihan NAT

Setelah mengetahui manfaat dari NAT, selanjutnya kita perlu mengetahui kelebihan NAT, kelebihan NAT adalah:

NAT dapat melindungi alamat publik yang sudah terdaftar di internet dan dapat memperlambat habisnya ruang alamat IP. Selain itu, dapat menghapus penomoran ulang alamat yang terjadi ketika kita berpindah jaringan. NAT dapat mengurangi tumpang tindihnya alamat secara signifikan.

Kekurangan NAT

Adapun kekurangan dari NAT adalah:

Sulit untuk melakukan tracing secara end-to-end.

Ada beberapa aplikasi tertentu yang tidak kompatibel dengan NAT.

Ketika kita berpindah jalur sering terjadi delay.

Cara Kerja NAT

Berikut adalah cara kerja yang dilakukan NAT untuk terhubung ke internet:

NAT menerima permintaan dari pengguna berupa paket data yang ditujukan untuk sebuah server remote di Internet.

Selanjutnya NAT akan mencatat alamat IP pribadi pengguna dan mengubah alamat tersebut menjadi alamat IP Publik dan NAT meminta server agar pengguna bisa mengakses internet.

Server tersebut akan membaca bahwa IP yang telah diubah oleh NAT bukan lagi IP pribadi, tetapi IP dari NAT sehingga pengguna bisa berselancar di internet.

Tempat Kursus Belajar Jaringan Internet

Bagi Anda yang ingin belajar jaringan internet secara lengkap yang bahkan bisa mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini yang nantinya bisa digunakan dalam cv sebagai pengalaman untuk melamar pekerjaan, maka Anda bisa mengikuti kursus di CourseNet. Kursus di CourseNet ini telah teruji dengan sertifikat Cisco International sehingga bisa membangun karier sebagai Network Engineer.

Bahkan banyak manfaat dari mengikuti kursus tersebut, seperti mendapatkan portofolio final project dan sertifikat skill yang telah terbukti diakui oleh banyak perusahaan besar hingga startup unicorn. Selain portofolio-portofolio tersebut, kita juga mendapatkan Ebook, Cheat Sheets, Tips & Tricks serta sharing pengalaman langsung dari coach yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun.

Bahkan apabila kita masih belum paham setelah semua penjelasan dan latihan-latihan yang kita pelajari di kursus tersebut maka kita bisa mengulang semua pelajaran dan penjelasan tersebut secara gratis.

Itulah penjelasan tentang NAT dan tempat terbaik untuk belajar NAT adalah CourseNet yang bisa membantu kita mendapatkan sertifikat untuk melamar pekerjaan di bidang network engineering.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!