course-net
Search
Close this search box.

IoT Adalah : Pengertian, serta Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Minet

January 22, 2024

Manfaat Teknologi IoT bagi Manusia

IoT Adalah : Pengertian, serta Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia – IoT, adalah salah satu istilah yang beberapa waktu ini ramai dibicarakan oleh orang – orang. Terlebih lagi bari mereka yang memang tertarik dalam suatu perkembangan teknologi yang ada. Karena, IoT adalah salah satu perkembangan dalam dunia teknologi yang memiliki banyak manfaat loh.

IoT Adalah ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pengertian IoT Adalah

IoT Adalah ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Bagi kalian yang masih belum tahu mengenai apa itu IoT, dapat terus menyimak penjelasan dalam artikel ini ya. Sebab, kami akan memberikan penjelasan sesederhana mungkin agar lebih mudah untuk dimengerti oleh kalian semua.

Sehingga bagi kalian yang masih banyak asing dengan berbagai istilah dalam dunia teknologi, juga bisa mengerti dan paham dengan apa yang akan kami jelaskan.

IoT singkatan dari istilah Internet of Things. Apakah kalian juga sudah ada yang tahu apa itu Internet of Things?

Internet of Things adalah suatu teknologi yang difungsikan untuk mengirimkan data antar sesama, tanpa memerlukan bantuan dari mesin komputer bahkan manusia sekalipun.

Beberapa ahli juga beranggapan kalau teknologi ini bisa disebut juga sebagai mata dan telinga dari suatu komputer masa kini.

Untuk lebih sederhananya, teknologi ini adalah suatu teknologi pintar dalam suatu mesin komputer. Tujuan dari dibuatnya teknologi ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membantu berbagai keperluan dari manusia.

Bahkan teknologi pintar satu ini diharapkan untuk dapat menjadi suatu solusi dari berbagai masalah dalam kegiatan yang sering dilakukan oleh kalian dan juga orang lain.

Sebenarnya teknologi satu ini sudah ada lumayan lama loh, tapi memang baru saja dikenalkan ke publik beberapa waktu yang lalu. Makanya masih ada banyak sekali orang yang masih asing terhadap teknologi canggih satu ini. Padahal, seperti yang sebelumnya telah kami sebutkan, ada banyak manfaat yang dihasilkan dari teknologi ini.

Untuk itu, kalian disarankan untuk membaca artikel kali ini sampai dengan selesai ya semuanya.

Cara Kerja IoT

Pada dasarnya, IoT beroperasi dengan cara menghubungkan berbagai jenis perangkat seperti software atau hardware ke jaringan internet. Ada 3 komponen utama yang berperan penting dalam proses kerja IoT, yaitu sensor, gateway, dan cloud.

Sensor yang digunakan pada konsep ini dapat berupa sensor gerakan, sensor cahaya, dan jenis sensor lainnya. Tujuan dari penggunaan komponen ini adalah untuk mengumpulkan data dari objek-objek fisik yang terhubung dengan jaringan internet.

Setelah sensor berhasil mengumpulkan data tersebut, komponen gateway berfungsi untuk mentransmisikan data itu ke cloud atau internet yang terhubung. Gateway di sini juga dapat memproses serta melakukan tindakan otomatis terhadap data yang ada, seperti mematikan atau menyalakan perangkat yang terhubung. Di sini, AI dapat membantu IoT untuk mengoptimalkan fungsi perangkat.

Terakhir, data yang sudah ditransmisikan tersebut kemudian dikirimkan ke server cloudCloud yang sudah terkoneksi dengan internet ini juga akan memberikan layanan dan aplikasi yang diperlukan untuk mengelola IoT.

Dengan begitu, user bisa langsung memberikan perintah kepada sebuah perangkat untuk melakukan sesuatu dengan mengakses data dari cloud.

Contoh Penggunaan Teknologi IoT

Agar kalian semua tidak menjadi semakin bingung, kami juga akan memberikan beberapa contoh IoT yang diterapkan dalam berbagai bidang. Pada kenyataannya, kalian sendiri sudah sering menemukan penerapan dari teknologi ini, tapi memang masih ada banyak orang yang belum menyadarinya.

Contoh penerapannya ialah:

  1. Bidang Transportasi

Pasti kalian sudah tahu mengenai mobil yang bisa berjalan tanpa adanya sopir yang mengendalikan mobil tersebut bukan? Itu adalah salah satu bentuk penerapan teknologi IoT yang telah terealisasi.

Di beberapa negara maju, sudah ada banyak sekali perusahaan transportasi yang menyediakan mobil tanpa adanya sang pengemudi atau tanpa sopir.

  1. Bidang Energi

Selanjutnya adalah penerapan teknologi ini yang bisa membantu kalian untuk lebih hemat energi. Bagaimana bisa? Alasannya, teknologi yang sering disebut orang – orang dengan IoT Internet of Things ini, dapat diaplikasikan untuk menjadi sensor cahaya pada suatu lampu pintar.

Sensor tersebut dapat berfungsi ketika suasana pencahayaan di sekitar lampu dirasa sudah cukup, hingga lampu tidak perlu dihidupkan. Selain itu, dengan adanya sensor cahaya, maka lampu bisa mengatur sendiri kebutuhan energi yang dibutuhkan demi menghasilkan cahaya secukupnya.

Bahkan sudah ada banyak sekali perlengkapan rumah yang menerapkan teknologi pintar ini. Semakin banyak kalian memilikinya, maka sudah pasti pengeluaran energi kalian bisa menjadi lebih efisien lagi.

  1. Bidang Kesehatan

IoT adalah salah satu teknologi yang sangat berpengaruh dalam bidang kesehatan loh. Karena adanya teknologi ini, berbagai mesin kesehatan yang canggih bisa diciptakan dan bisa menolong nyawa dari banyak orang.

Dengan begitu, pengobatan masa kini juga menjadi lebih efektif serta aman untuk dilakukan. Pemanfaatan teknologi seperti inilah yang menjadi salah satu tujuan mengapa para pengembang menjadi semakin semangat untuk menemukan berbagai teknologi bermanfaat lainnya.

Selain beberapa bidang yang kami sebutkan, tentu saja masih ada banyak bidang lain yang menerapkan teknologi satu ini demi memberikan kemudahan untuk setiap hal yang dilakukan.

Keuntungan Menggunakan IoT

Kemudahan yang ditawarkan oleh IoT tentu memberikan manfaat bagi penggunanya. Berikut adalah keuntungan menggunakan IoT yang bisa Anda rasakan:

1. Efisiensi energi

Konsep IoT bisa digunakan pada berbagai aspek hidup manusia. Mulai dari pendidikan, kesehatan, industri, hingga rumah tangga. Tujuan dari penggunaan konsep ini pada bidang-bidang tertentu salah satunya adalah untuk efisiensi energi.

Hal ini lantaran IoT bisa meningkatkan efisiensi aktivitas perusahaan serta mengurangi biaya produksi dan konsumsi energi.

Selain itu, IoT juga dapat mengoptimalkan penggunaan energi dengan memberikan kontrol lebih baik atas perangkat yang digunakan. Dengan kata lain, seorang user bisa mengatur batas minimal dan maksimal penggunaan sumber daya atau perangkat agar tidak melebihi kemampuan yang ditentukan.

2. Hemat biaya

Keuntungan lainnya yang diberikan oleh konsep IoT adalah bisa mengurangi biaya operasional sebuah perusahaan atau bisnis. Konsep ini juga memungkinkan adanya pemeliharaan perangkat dengan memantau dan menganalisis data secara real-time.

Selain itu, jaringan IoT juga dapat bantu pekerjaan yang kompleks sehingga bisa mengurangi pengeluaran biaya SDM. Dengan begitu, sebuah perusahaan atau individu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli peralatan baru atau membayar gaji karyawan.

3. Produktivitas meningkat

Dengan adanya sistem kerja yang kompleks seperti penggunaan sensor, konsep ini akan memudahkan user untuk memberikan perintah dan melakukan aktivitas. Proses akses yang diterima dan dihasilkan oleh IoT bekerja dengan cepat dan tepat sehingga user bisa lebih praktis dalam penggunaannya.

Jadi, konsep ini juga memungkinkan sebuah perusahaan atau individu untuk membuat keputusan berdasarkan data akurat dan terbaru. Mereka juga bisa mengidentifikasi peluang dan kekurangan tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.

Manfaat Teknologi IoT bagi Manusia

Manfaat Teknologi IoT bagi Manusia

Dari berbagai contoh yang sebelumnya kami jelaskan, pasti kalian sudah ada banyak yang merangkum berbagai manfaat dari teknologi ini bukan? Untuk lebih jelasnya, kami juga akan memberikan beberapa manfaat penting dari teknologi pintar satu ini.

Manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi Internet of Things adalah sebagai berikut:

  1. Konektivitas yang Semakin Mudah

Berbagai konektivitas antar perangkat yang kalian miliki, akan menjadi semakin mudah. Dengan syarat, berbagai perangkat tersebut terhubung dengan suatu jaringan yang sama. Itu agar berbagai perangkat tersebut bisa bekerja dengan lebih maksimal.

  1. Menghemat Waktu

Memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan yang akan memerlukan waktu lama dalam penyelesaiannya? Dengan penggunaan teknologi IoT, kalian bisa membuatnya selesai dengan waktu yang lebih cepat. Penggunaan waktu yang lebih efisien, tentu saja bisa membuat kalian menjadi seseorang yang lebih produktif lagi.

  1. Semakin Praktis Untuk Memantau Kegiatan yang Dilakukan

Sering melakukan banyak kegiatan tapi bingung apakah hal itu dapat memberikan manfaat kepada kalian atau tidak? Teknologi pintar IoT Internet of Things, terkadang akan memberikan saran mengenai kegiatan apa yang harus kalian lakukan.

Saran tersebut bukannya tanpa alasan loh. Yang pasti, saran yang muncul, berasal dari berbagi pengolahan data hingga akhirnya mendapatkan hasil terbaik. Mulai dari saran pekerjaan yang bisa kalian lakukan dengan cepat dan mudah, hingga saran kegiatan lainnya.

Itu adalah ketiga manfaat terpenting yang bisa kalian dapatkan.

Sekarang kalian sudah mulai paham mengenai pengertian IoT, contoh penerapan teknologi ini, serta manfaat yang sangat berguna bagi umat manusia bukan? Kalau memang begitu, sudah pasti semua pertanyaan yang terkadang menimbulkan rasa penasaran dengan teknologi ini sudah terjawab.

Jangan Malas Untuk Tetap Belajar

Satu saran kami untuk kalian, yaitu jangan menjadi orang yang malas untuk mencari tahu berbagai informasi terkini. Apalagi kalau informasi tersebut bisa mendatangkan manfaat untuk kalian dan orang banyak. Salah satu contohnya adalah informasi canggih yang baru saja kami jelaskan barusan.

Selain mencari berbagai informasi menarik dan bermanfaat, kalian juga harus terus mengasah berbagai kemampuan yang kalian miliki. Untuk kalian yang sangat senang dengan berbagai hal terka IT bidang teknologi, kalian bisa coba mengambil kursus yang disediakan oleh Course-Net.

Pelatihan yang akan diberikan juga tidak perlu kalian ragukan lagi karena sudah memiliki kualitas yang tinggi serta alumni yang berkompeten. Dengan begitu, sudah pasti kalian akan mendapatkan pelatihan dari para tutor terbaik yang akan membuat kalian menjadi lebih cepat mengerti mengenai suatu teknologi yang sedang kalian pelajari.

Kesimpulan

Baiklah, sebagai kesimpulan dan untuk mengingatkan kalian kembali terka IT pembahasan yang baru saja dibaca. Teknologi IoT merupakan teknologi pintar yang memiliki tujuan membantu umat manusia dalam mengerjakan berbagai kegiatan serta menjadi solusi dari masalah yang datang.-+

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!