course-net
Search
Close this search box.

Home >

Pay Per Click Adalah: Pengertian dan Jenisnya

Tuesday, 2 April 2024 3:39 PM

apa itu pay per click

Penggunaan media sosial saat ini sudah semakin berkembang di mana banyak bisnis dan perusahaan memanfaatkan sebagai salah satu langkah strategi marketing. Perkembangan ini membuat pebisnis kini sudah mulai merambah ke strategi marketing yang lebih luas dan pay per click adalah salah satu metode yang makin banyak diterapkan.

Kemudian ada juga beberapa faktor tambahan yang jadi pertimbangan, antara lain meneliti konten yang akan dibuat, membuka review dari pelanggan, mengambangkan campaign dan masih banyak lagi. Sedangkan kita lihat sebelumnya strategi marketing sebatas memberi informasi terkait produk secara personal pada pembeli atau target pasar.

Mengenal Pay Per Click atau PPC

Metode pay per click adalah wujud dari masifnya transformasi digital yang membuka kesempatan meraih keuntungan lebih lebar. Brand awareness yang berkembang dan traffic yang meningkat adalah hasil yang nyata dari penggunaan metode bayar tiap klik dalam mengiklankan produk.

Seberapa besar budget yang Anda punya, akan menentukan PPC Anda. Sangat penting untuk mempelajari tips dan cara kerjanya sebelum memilih PPC campaign yang tepat untuk Anda. Dengan begitu Anda bisa menjalankan prosesnya sesuai target market yang ditentukan dan bisa menjangkau audiens lebih luas.

Istilah pay per click atau dalam bahasa Indonesia diartikan bayar per klik, kemudian disingkat jadi PPC. Pay per click adalah sebuah cara di mana pihak pemasang iklan akan membayarkan uang tiap kali iklan yang muncul di web diklik oleh pengunjung. Begitulah cara strategi digital marketing ini bekerja.

Penerbit iklan seperti pemilik website, platform media sosial dan search engine adalah pihak yang akan menerima uang dari pengiklan. Pada saat iklan yang dipasang diklik oleh pengunjung. Melihat cara kerja atau mekanismenya, maka PPC merupakan sebuah cara membeli traffic. Digunakan untuk meningkatkan awareness terhadap website bisnis yang dimiliki pengiklan.

Biaya yang lebih mahal akan ditagihkan pada pengiklan jika mereka memasang iklan yang lebih menonjol untuk ditampilkan. Pada hasil pencarian yang didapat dari kata kunci terpopuler. Di Facebook, Google dan Instagram Anda bisa menemukan fitur yang tersedia untuk pemilik bisnis memasang iklan dalam platform mereka dengan menerapkan model iklan seperti bayar per klik. PPC bisa sangat berguna pada praktik bisnis untuk meningkatkan jumlah ROI secara signifikan.

Jenis-jenis Pay Per Click

Anda mungkin sudah menyadari bahwa saat ini pay per click adalah telah jadi strategi digital marketing yang banyak diterapkan karena dianggap memiliki dampak yang bagus dalam meningkatkan brand dan menarik banyak keuntungan.

Peningkatan pengguna internet di Indonesia dianggap sebagai faktor paling menentukan dalam perkembangannya. Kondisi inilah yang sangat mendorong peningkatan jumlah pelanggan secara drastis. Maka dari itu, jika Anda bisa mengenal lebih banyak mengenai metode ini dan mempelajari beberapa contoh pay per click yang banyak ditemukan di dunia maya, antara lain:

1. Search Advertising

Ini adalah salah satu jenis PPC yang sudah banyak dikenal oleh pengguna internet. Anda akan langsung menemukan iklan jenis ini di SERP atau Search Engine Result Page setelah Anda memasukkan kata kunci di mesin pencarian Google. Anda akan menemukan tanda berupa kata “ads” untuk jenis iklan ini atau dengan bahasa Indonesia “iklan” yang terlihat di awal kalimat hasil pencarian.

2. Social Advertising

Social advertising secara umum punya banyak kesamaan dengan istilah search advertising. PPC jenis ini banyak ditemukan di media sosial. Anda yang akan menentukan di manakah iklan tersebut akan ditampilkan. Anda bisa mengaturnya untuk tampil di home, reels atau stories.

Menurut penelitian dan perkembangan perilaku pengguna media sosial. Banyak yang sedang tertarik untuk melihat reels daripada postingan di home atau stories, Anda bisa mengikuti tren itu agar bisa mendapatkan eksposur yang besar.

3. Display Advertising

Ini adalah jenis iklan pay per click yang lebih banyak dikenal dengan Google Display Network. Tampilan iklan ini nantinya akan berupa display ads, misalnya berupa gambar, teks, GIF, video, hingga banyak jenis visual lainnya.

Cara ini juga dinilai banyak berdampak pada meningkatnya atensi pengunjung. Anda mungkin menyadari bahwa konten iklan berupa gambar dan video atau sejenisnya akan jauh menarik mata daripada hanya sekedar teks.

Teks biasanya untuk memberikan keterangan tambahan yang tidak bisa dimuat di dalam gambar atau video. Maka cobalah untuk menyusun konten semenarik mungkin dan sesuai dengan tren berlaku.

4. Google Shopping

Google Shopping sebagai salah satu pay per click adalah metode dengan cara menampilkan gambar item yang dilengkapi dengan keterangan harga di pencarian Google. Setiap kali pengunjung klik iklan tersebut, pengunjung akan secara otomatis masuk ke website bisnis milik Anda atau e-commerce bersangkutan.

Jenis pay per click advertising ini akan menarik pelanggan yang suka dengan informasi detail dalam tampilan utamanya. Sangat penting untuk pemilik bisnis menampilkan harga yang kompetitif ketika menerapkan model ini. Karena calon pelanggan tentu akan mencari penawaran harga yang paling murah di antara pilihan yang ada.

5. Remarketing

Ini adalah contoh iklan pay per click yang berbeda dengan jenis yang sudah disebutkan sebelumnya. Remarketing sebagai salah satu pay per click adalah model yang akan memperlihatkan iklan PPC advertising kepada pengunjung yang sebelumnya sudah pernah berkunjung ke website bisnis milik Anda, mungkin bahkan sudah pernah melakukan transaksi sebelumnya.

Banyak pebisnis yang menilai bahwa cara ini paling efektif di antara lainnya karena hanya akan menargetkan target pengunjung yang sudah tertarik dengan produk tersedia dan ditawarkan oleh bisnis Anda.

Cara Agar Pay Per Click Sukses

Setelah mempelajari pengertian pay per click, selanjutnya adalah mengetahui cara agar PPC Anda bisa berjalan dengan baik, berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan.

  1. Keyword yang tepat dan disesuaikan dengan tren yang berlaku saat ini.
  2. Atur budget iklan dengan baik agar Anda tidak mengalami over budgeting yang bisa merugikan perusahaan.
  3. Membuat landing page yang berkualitas yang akan menarik minat banyak pengunjung dengan informasi yang lengkap.
  4. Membuat konten yang kreatif dan inovatif agar selalu update sesuai perkembangan zaman.
  5. Membuat iklan yang menarik minat pelanggan agar bisa mempertahankan dan menarik pelanggan.
  6. Penyesuaian tawaran iklan agar bisa disesuaikan dengan budget Anda yang terbatas. Ini sangat diperlukan agar Anda lebih pasti dalam mengarahkan proyek menuju keuntungan.

Pay per click adalah sebuah strategi marketing berupa pemasangan iklan paling efektif dan efisien dalam menjangkau target pasar bisnis Anda agar bisa dengan mudah berkembang dan menjangkau pasar yang jauh lebih luas ke depannya.

Setelah mempelajari apa itu pay per click, Anda akan menyadari bahwa cara ini adalah salah satu yang terbaik dalam menyesuaikan pola interaksi masyarakat yang berubah akibat perkembangan teknologi digital.

Manfaatkan digital marketing sebagai strategi marketing untuk meningkatkan penjualan dengan mengikuti kursus digital marketing melalui CourseNet.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!