course-net
Search
Close this search box.

Pengertian WLAN, Komponen, Kelebihan dan Kekurangannya

Minet

October 4, 2023

Pengertian WLAN

Untuk Anda yang sudah sering menggunakan Wi-Fi, mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah jaringan komputer seperti LAN, MAN, dan WLAN. Di artikel kali ini, kita akan membahas mengengai WLAN atau Wireless Local Area Network. Nah, Wi-Fi itu merupakan penerapan dari WLAN. WLAN merupakan jaringan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, bahkan hampir semua orang membutuhkannya. Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian WLAN, komponen, serta kelebihan dan kekurangannya.

Sebelum itu, Anda harus mengetahui apa itu jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sistem yang dapat menghubungkan dari beberapa komputer menjadi satu jaringan yang dapat digunakan untuk berinteraksi seperti berbagi data. Seiring berkembangnya teknologi, jaringan komputer tidak memerlukan kabel sebagai medai penghubung lagi.

Sekarang ini, sudah bisa menggunakan jaringan nirkabel untuk menghubungkan perangkat. Dari situlah awal perkembangan WLAN.

Pengertian WLAN

WLAN adalah adalah jaringan komputer nirkabel yang menghubungkan dua perangkat atau lebih dalam area terbatas. Jaringan tersebut memanfaatkan gelombang elektromagnetik atau gelombang radio sebagai media transmisinya untuk radius tertentu.

Pengguna dapat bebas menggunakan jaringan tersebut selama masih di dalam area yang ditentukan. Area tersebut seperti di rumah, kantor, sekolah, atau gedung. Pengguna dapat menghubungan antar komputer, atau smartphone ke internet dengan menggunakan sinyal wireless.

Contoh penerapan WLAN yaitu bluetooth, radio, dan Wi-Fi. Untuk Wi-Fi, jaringan yang dihasilkan oleh router nirkabel dapat memungkinkan Anda untuk mengakses internet dengan perangkat nirkabel. Untuk memasang WLAN, biayanya lebih murah dibandingkan jika menggunakan kabel.

WLAN digunakan di banyak tempat dikarenakan tergolong praktis dan efisien, karena pemeliharaannya mudah dan tidak membutuhkan banyak kabel.

Baca juga : Karier Etchical Hacker: Melindungi Dunia Digital

Komponen WLAN

Untuk membangun jaringan WLAN, Anda perlu menyiapkan beberapa komponen. Komponen ini biayanya tidak terlalu mahal dan terjangkau. Berikut 4 komponen yang diperlukan dalam membangun jaringan WLAN :

  1. Access Point
  2. WLAN Interface
  3. Antena
  4. Desktop PC atau smartphone

Kelebihan dan Kekurangan WLAN

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan jaringan WLAN. Namun, WLAN memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

1. Kelebihan

  • Instalasi jaringan WLAN mudah dan murah dibandingkan yang kabel.
  • Mudah diakses di mana saja, bahkan di tempat umum sekalipun. Pengguna tidak harus berdiam di tempat dan dapat berjalan-jalan, selagi masih berada di area yang radiusnya sudah ditentukan.
  • Dapat digunakan di berbagai macam perangkat.
  • Mengakses WLAN lebih mudah karena tidak menggunakan media penghubung seperti kabel.

Baca juga : Pekerjaan IT dengan Gaji Tertinggi yang Menjanjikan Karier Sukses

2. Kekurangan

  • Keamanan perangkat kurang terjamin karena mudah untuk meretas WLAN. Walaupun ada enkripsi data, namun enkripsi tersebut masih bisa dibobol sehingga berbahaya untuk kerahasiaan data.
  • Lebih rentan terjadi gangguan sehingga kecepatan jaringan menjadi tidak stabil. Sinyal tersebut bisa terganggu oleh cuaca, dinding, dan lain sebagainya.

Itulah artikel mengenai pengertian WLAN, komponen, serta kekurangan dan kelebihannya. Jika Anda tertarik untuk memelajari seputar IT dan ingin menjadi Network Engineer, kunjungi Course-Net dan dapatkan materi yang berkualitas dari mentor kelas dunia.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!