course-net
Search
Close this search box.

Home >

Whimsical: Definisi, Fungsi dan Fitur

Thursday, 18 April 2024 2:58 PM

apa itu whimsical

pWhimsical bisa dibilang merupakan sebuah solusi untuk kalian yang membutuhkan membuat flowchart, mindmap, atau juga berbagai desain lainnya. Dalam dunia bisnis beberapa hal tersebut sangat dibutuhkan untuk bisa mengembangkan produk dan mengembangkan bisnis tersebut. Berikut kami akan jelaskan mengenai beragam fungsi dan fiturnya yang mungkin bisa membantu dalam pengembangan bisnis.

Apa Itu Whimsical?

Whimsical adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai macam alat untuk membuat flowchart, desain dan juga mindmap. Platform ini dirancang untuk membantu tim atau individu merencanakan projek, memvisualisasikan ide dan mengkomunikasikan informasi lebih baik. Selain itu. platform ini sangat intuitif dan juga mudah untuk digunakan, terlebih ada banyak fitur yang bisa membantu pembuatan sesuai kebutuhan.

Platform ini bukan hanya bisa dipakai untuk bekerja sendiri akan tetapi bisa berkolaborasi dengan tim secara real time. Jadi Whimsical artinya sebuah platform website untuk berkolaborasi membuat berbagai macam desain mulai dari flowchart sampai mindmap. Maka, platform ini pun bisa digunakan secara gratis untuk membuat beragam desain yang sederhana, namun tetap ada opsi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Platform ini memungkinkan kolaborasi tim dilakukan dengan mudah meskipun sedang berada di lokasi yang berbeda. Platform ini pun mudah terintegrasi dengan beragam tools lainnya yang membantu user mengetahui perkembangan projek dengan lebih mudah. Selain itu, Platform Whimsical jelas meningkatkan efisiensi kerja dari tim atau juga perusahaan untuk bisa menghasilkan performa kerja yang lebih baik.

Fungsi

Whimsical meaning ini memiliki beberapa fungsi yang membuatnya saat ini banyak digunakan oleh perusahaan ataupun tim, berikut beberapa di antaranya. 

  1. Memudahkan visualisasi ide karena platform ini mampu mengubah konsep abstrak menjadi visual yang lebih mudah dipahami. Hal ini akan membantu penyampaian ide dan strategi kepada tim menjadi lebih efektif dan efisien. 
  2. Mempercepat proses pembuatan Prototype Wireframe yang dibutuhkan pada suatu produk program atau sejenisnya. Jadi pengujian mengenai desain sampai fungsi dari produk bisa didapatkan dengan lebih cepat sebelum masuk ke tahap pengembangan sesungguhnya. 
  3. Memungkinkan kolaborasi berjalan lebih efektif sehingga efisiensi berbagai proses dalam bisnis bisa jauh lebih meningkat. Platform ini bisa menyajikan informasi dengan jelas kepada semua pihak, sehingga efisiensi proses bisnis akan jauh lebih baik. 
  4. Platform ini bisa dipakai juga untuk organisasi dan dokumentasi visual pada berbagai aspek pengelolaan produk bisnis. Semua dokumentasi tersebut bisa diakses dengan mudah dan juga bisa diubah atau diperbarui kapan pun oleh tim. Semua pihak pun bisa mengawasi bila ada perubahan dan bisa melakukan update bila dibutuhkan dengan cepat dan juga mudah. 
  5. Platform ini pun memiliki fitur keamanan yang cukup ketat, sehingga mampu difungsikan untuk menjaga keamanan informasi bisnis. Kontrol akses pun bisa disesuaikan oleh tim, sehingga berbagai informasi rahasia perusahaan akan bisa terjaga di Whimsical ini. 

Fitur

Platform ini memiliki beberapa fitur yang bisa memaksimalkan proses pembuatan desain dan lain sebagainya, berikut beberapa di antaranya. 

  1. Platform ini menyediakan berbagai macam jenis diagram dan juga flowchart yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 
  2. Memiliki fitur animasi yang membuat desain atau juga flowchart akan terlihat lebih interaktif pada saat dipresentasikan. 
  3. Fitur notifikasi dan komentar yang membantu setiap pihak yang berkepentingan memberikan komentar dan memberi masukan pada projek. Terlebih adanya fitur kolaborasi secara real time yang jelas membantu proses pengerjaan proyek menjadi jauh lebih cepat. 
  4. Memiliki antarmuka yang mudah digunakan, sehingga pengguna bisa lebih mudah dalam membuat berbagai desain untuk projek mereka. Selain itu platform ini pun memiliki desain responsif sehingga bisa diakses menggunakan berbagai macam perangkat. 
  5. Integrasi dengan platform lain yang memudahkan pengguna untuk berbagi atau mengakses desain projek. Platform ini bisa terintegrasi dengan Google Drive, Slack dan tools yang lainnya. 
  6. Fitur keamanan yang mampu menjaga setiap data milik pengguna yang dimasukkan ke dalam platform tersebut dengan baik. Jadi tidak perlu khawatir terjadinya kebocoran data penting pada projek bila mempergunakan platform Whimsical ini. 

Cara Menggunakan

Untuk menggunakan platform ini sendiri sebenarnya cukup mudah, simak penjelasannya berikut ini. 

  1. Buat akun terlebih dahulu pada website resminya dan kemudian kalian verifikasi untuk bisa mendapatkan akun yang aktif di website. 
  2. Login ke akun kalian dan kemudian mulai pilih jenis dokumen yang ingin dibuat di sana. 
  3. Mulai buat dokumen yang dibutuhkan dengan menggunakan tools Whimsical design yang sudah disediakan. Kalian tidak perlu khawatir karena tools yang tersedia itu sangat lengkap. 
  4. Setelah selesai kalian bisa simpan dengan berbagai format dan bisa kalian bagikan dengan berbagai cara sesuai kebutuhan. 

Cara Membuat Flowchart

Berikut ini cara untuk membuat flowchart melalui platform ini dengan sangat mudah. 

  1. Login terlebih dahulu pada akun yang sudah kalian buat sebelumnya. 
  2. Pilih jenis dokumen flowchart pada website tersebut dan kemudian kalian bisa memilih template Whimsical flowchart yang tersedia. 
  3. Setelah kalian sudah memilih template kemudian kalian bisa edit sesuai dengan kebutuhan dengan tools yang memang sudah disediakan secara lengkap. Kalian bisa menambahkan garis, menyambungkan simbol, menambah simbol sampai menambahkan teks pada flowchart yang dibuat. 
  4. Setelah sudah selesai bisa kalian simpan dengan berbagai format dan bisa kalian bagikan dengan sangat mudah. Kalian juga bisa berkolaborasi secara real time untuk membuat dokumen flowchart yang lebih baik dengan tim di Whimsical

Cara Membuat Mind Map

Berikut ini cara untuk membuat mind map melalui platform ini. 

  1. Login terlebih dahulu pada akun milik kalian
  2. Pilih jenis dokumen mind map dan kemudian pilih template Whimsical mind map yang sesuai dengan kebutuhan mind map yang ingin dibuat. 
  3. Mulai edit mind map sesuai kebutuhan mulai dari menambahkan pusat mind map, menambahkan cabang, menambahkan teks, menambahkan gambar atau ikon dan lain sebagainya. 
  4. Setelah sudah selesai dikerjakan maka bisa kalian simpan dengan berbagai format dan kalian bisa bagikan dengan teman satu tim. Kolaborasi real time pun mungkin dilakukan selama pengerjaan, sehingga proses pembuatan mind map bisa berjalan lebih baik. 

Kesimpulan

Jadi platform ini memang sangat membantu dalam proses kolaborasi pembuatan suatu projek tertentu dengan beragam jenis dokumen. Mulai dari flowchart sampai dengan Whimsical Wireframe untuk pembuatan desain suatu proyek terutama untuk Prototype. Efisiensi pengerjaan mulai dari waktu sudah pasti akan meningkat dan kualitas projek pun akan bisa benar-benar dimaksimalkan dengan adanya kolaborasi.

Untuk bisa membuat suatu produk digital di platform Whimsical ini tentunya perlu kemampuan IT yang mumpuni juga. Kalian bisa mengikuti kursus IT di CourseNet dengan kualitas kursus terbaik dan harga yang cukup terjangkau.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!