Digital Marketing Specialist : Pengertian, Tugas, Skill dan Salary

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Salah satu profesi yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan yaitu digital marketing. Job description digital marketing specialist, tugas yang harus dilakukan, keahlian yang dibutuhkan dan berapa gaji yang akan didapatkan. Semua akan dikupas tuntas dalam artikel ini.

Apakah Profesi Digital Marketing Specialist Menjanjikan?

Apakah Profesi Digital Marketing Spesialist Menjanjikan?

Digital marketing specialist adalah suatu profesi yang kerjanya berhubungan dengan platform digital. Digital marketing specialist ini merupakan seorang yang memiliki tanggung jawab untuk membuat branding dari suatu perusahaan.

Seorang digital marketer juga bertanggung jawab untuk membangun komunikasi yang baik dengan konsumen melalui berbagai sosial media. Pemanfaatan teknologi ini diyakini dapat membantu dalam menjangkau lebih banyak lagi konsumen. Sehingga perusahaan juga akan lebih dikenal.

Profesi ini untuk masa mendatang akan memiliki prospek yang sangat cerah. Bagaimana tidak, profesi ini memanfaatkan dunia teknologi untuk memajukan suatu perusahaan yang dimana teknologi akan menjadi suatu hal yang sangat penting kedepannya.

Agar dapat menjadi seorang digital marketer yang profesional ada banyak kursus yang bisa diikuti. Karena untuk menjadi seorang dengan profesi ini memerlukan suatu kemampuan khusus seperti SEO dan juga menguasai sosial media untuk pemasaran.

Strategi digital marketing dari suatu perusahaan ini umumnya memanfaatkan teknologi dan potensi dari sosial media. Mayoritas penduduk Indonesia bahkan dunia merupakan pengguna media sosial. Sehingga media sosial ini merupakan strategi yang paling tepat.

Beberapa teknik pemasaran yang termasuk ke dalam digital marketing adalah sebagai berikut.

  • SEO (Search Engine Optimization) : merupakan teknik pemasaran digital yang memanfaatkan hasil dari pencarian teratas
  • Email marketing : merupakan suatu teknik pemasaran yang memanfaatkan email untuk melakukan suatu pemasaran produk perusahaan.
  • Video Tron : merupakan teknik pemasaran yang memanfaatkan iklan pada televisi dan juga radio
  • Periklanan Online : merupakan suatu teknik pemasaran dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook ads, Instagram ads, Google ads dan lain sebagainya.

Tugas Pokok Digital Marketing 

Tugas Pokok Digital Marketing Spesialist

Tugas yang harus dilakukan oleh digital marketing specialist yaitu sebagai berikut.

  1. Bertugas dalam perencanaan, pelaksanaan dalam pengembangan website perusahaan seperti SEO, email, iklan online, dan juga sosial media perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan branding perusahaan.
  2. Melakukan kegiatan berupa menjalankan dan mengembangkan sosial media perusahaan secara berkelanjutan dengan konten yang sudah didesain dan tidak sembarangan.
  3. Mengukur serta melakukan pelaporan kinerja dan aktivitas digital dari pemasaran produk perusahaan dan dibandingkan dengan target yaitu KPI dan juga ROI.
  4. Melakukan identifikasi trend saat ini dan juga insights dengan melakukan optimalisasi channel pada pemasaran yang dilakukan secara digital dimana hal ini berdasarkan insights yang telah diidentifikasi sebelumnya.
  5. Tugas digital marketing specialist juga melakukan kolaborasi bersama dengan tim dalam pembuatan halaman web dan juga user experience.
  6. Melakukan kolaborasi dengan pihak luar seperti pihak media untuk pembuatan iklan dan pihak eksternal lainnya.
  7. Melakukan kegiatan brainstorming secara berkala dalam penyusunan strategi yang terbaru dimana hal tersebut berkaitan dengan strategi pemasaran produk secara online.
  8. Seorang digital marketing specialist juga memiliki tugas untuk melakukan berbagai evaluasi dari suatu teknologi dan juga trend IT ataupun aplikasi yang saat ini sedang berkembang. Selain itu, memberikan pemikirannya untuk teknik pemasaran secara online yang tepat diterapkan.
  9. Melakukan perencanaan, pelaksanaan hingga melakukan pengukuran dalam berbagai tes konversi dan percobaan.
  10. Memiliki target dan juga evaluasi secara terukur melalui iklan berbayar seperti Facebook, Google Adwords serta melalui perangkat lunak seperti CRM, SAP C4C, Sesforce CRM, Sage CRM dan juga Microsoft Dynamics.

Tanggung Jawab Seorang Digital Marketing Specialist

Tanggung Jawab

Seorang dengan profesi digital marketing memiliki banyak tanggung jawab yang harus diemban. Berikut merupakan beberapa tanggung jawab dari profesi digital marketing.

  • Menciptakan dan membuat konten yang berkualitas
  • Membantu konsumen untuk mendapatkan suatu informasi
  • Membantu perusahaan untuk mencapai target pasar
  • Membuat metode pemasaran bagi produk perusahaan
  • Pemasaran dengan memanfaatkan SEO (Seacrh Engine Optimization)

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Digital Marketing 

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Digital Marketing Specialist

Seorang yang berprofesi sebagai digital marketing memerlukan kemampuan atau skill baik itu hard skill maupun soft skill. Keahlian tersebut dibutuhkan guna menunjang pekerjaan dari seorang digital marketing. Berikut ini adalah kemampuan yang dibutuhkan apabila ingin menjadi seorang digital marketing.

  • Harus memahami berbagai ilmu yang berkaitan dengan dunia digital seperti digital marketing itu sendiri, media komunikasi, jurnalistik, periklanan, manajemen bisnis dan juga hubungan masyarakat. Semua rumpun ilmu tersebut harus dikuasai oleh seorang dengan profesi digital marketing.
  • Profesi digital marketing ini membutuhkan seseorang dengan ketelitian tinggi, kemampuan bekerja yang akurat, dan juga multitasking atau mampu mengerjakan lebih dari satu tugas secara bersamaan.
  • Harus yang memiliki pengetahuan mengenai SEO atau Search Engine Optimization sehingga konten yang dibuat akan selalu muncul dalam mesin pencarian Google yang akan sangat berdampak bagi perusahaan.
  • Memiliki pengalaman dalam dunia desain grafis, software untuk mengedit secara digital sehingga akan membantu membuat postingan di media sosial menjadi lebih menarik lagi.
  • Selain harus punya pengetahuan tentang SEO, seorang digital marketing specialist juga harus menguasai SEO. Mampu melakukan pengelolaan data base, media sosial, email, iklan online, dan lainnya yang digunakan perusahaan untuk mengoptimalkan.
  • Seorang yang ingin profesi ini juga harus memiliki pengalaman dalam melakukan perancangan dan juga pengoptimalan landing pages.
  • Punya kemampuan dalam penguasaan teknik A ataupun B eksperimen dan juga multivarian eksperimen.
  • Harus memiliki pengetahuan penuh mengenai analisis situs web seperti Net Insights, Google Analytics, Web Trends dan juga Omniture.
  • Seorang digital marketing juga perlu memiliki kemampuan analisis yang baik, serta dapat membuat suatu kebijakan yang didasarkan pada data – data yang tersedia.
  • Yang tak boleh terlewat adalah seorang digital marketing harus selalu update mengenai segala hal. Terutama mengenai hal dalam bidang teknologi yang akan mempengaruhi perusahaan. Baik itu pemasaran online, pelayanan customer, serta pengukuran kerja.

Peluang Jenjang Karir dan Penghasilan Digital Marketing

Peluang Jenjang Karir dan Penghasilan

Pertanyaan mengenai salary atau gaji menjadi pertanyaan yang paling banyak diajukan. Banyak yang penasaran sebenarnya berapakah gaji digital marketing specialist. Bagaimana kira – kira jenjang karir kedepannya. Apakah ada harapan dengan menjadi seorang digital marketing?

Digital marketing kedepannya akan memiliki jenjang karir yang bagus. Bagaimana tidak pekerjaan ini memanfaatkan teknologi dimana hal tersebut yang merupakan yang terpenting untuk saat ini. Pemanfaatan teknologi seperti media sosial menjadi salah satu gagasan atau ide yang sangat baik.

Keberadaan pengguna sosial media yang jumlahnya tentu saja sangat banyak ini akan meningkatkan konsumen lebih cepat. Pada profesi ini biasanya diawali dari digital marketing officer dulu lalu tingkatannya akan semakin naik yaitu digital marketing executive.

Digital marketing ini bisa bekerja di suatu agency, perusahaan swasta, startup hingga bisa juga menjadi seorang konsultan. Sedangkan apabila menyinggung masalah gaji dari digital marketing specialist ini sangat bervariasi.

Hal tersebut bergantung pada lokasi pekerjaan. Rata – rata seorang digital marketing memiliki gaji Rp 3.500.000 sampai Rp 6.500.000 lebih untuk level staf. Sedangkan untuk level supervisor memiliki salary atau gaji dapat mencapai Rp 9.000.000 per bulannya.

Posisi kepala digital marketing dan juga manajer memiliki gaji yang lebih besar yaitu antara Rp 9.000.000 sampai Rp 17.500.000 untuk setiap bulannya. Wilayah dengan UMR tinggi akan semakin membuat Anda mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Seorang digital marketing perlu memiliki strategi dalam menjalankan pekerjaannya. Berikut ini strategi yang harus digunakan untuk digital marketer.

  • Target pasar

Penentuan target pasar ini merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Menentukan target pasar sangatlah penting sehingga promosi yang akan dilakukan tidak sia – sia. Perlunya memiliki target pasar yang jelas yaitu agar rencana yang dikerjakan bisa tepat sasaran. Untuk mendapatkan target pasar yang sesuai bisa dilakukan survey.

  • Identifikasi tren pasar

Setelah mengetahui target pasar yang akan menjadi tujuan maka selanjut melakukan identifikasi mengenai tren pasar pada saat itu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seorang digital marketing memiliki tugas agar selalu up to date karena memang harus mengikuti tren pasar agar dapat terus berkembang.

  • Membuat rencana untuk pemasaran

Setelah diketahui target pasar dan tren yang sedang berkembang maka selanjutnya dapat langsung membuat rencana untuk pemasaran yang dilakukan secara online. Membuat suatu rencana akan lebih membantu kita dalam memfokuskan suatu hal. Selain itu, perencanaan ini juga dapat dilakukan untuk mencapai target pemasaran.

  • Pengoptimalan media

Sebenarnya ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran online. Meskipun demikian, harus dilakukan pengoptimalan pada media yang sudah dipilih nantinya. Setiap media tentu saja memiliki ciri khasnya masing – masing. Sehingga sangat diperlukan pemilihan dengan seksama agar dapat sesuai dengan strategi yang akan dilakukan.

Meskipun banyak media yang digunakan namun apabila strateginya tidak sesuai denganmu maka akan sangat percuma sehingga perlu untuk mendalami mengenai media yang dipilih.

  • Strategi copywriting

Copywriting saat ini menjadi salah satu yang sangat populer dalam dunia pemasaran digital. Pasalnya dengan copywriting ini akan membuat lebih banyak calon konsumen yang tertarik. Hal ini karena copywriting ini berarti tulisan yang berisikan ajakan kepada calon konsumen.

Strategi ini dianggap sangat cocok untuk pemasaran online. Dalam pembuatan caption juga harus berisikan ajakan atau bujukan kepada konsumen.

  • Mengevaluasi dan memperbaiki

Seorang digital marketing specialist harus selalu melakukan evaluasi dan juga perbaikan. Evaluasi dilakukan setelah menyelesaikan sesuatu misalnya setelah menerbitkan satu konten. Lalu digital marketer melakukan evaluasi mengenai konten tersebut apakah sudah mencapai target, apabila tidak kira – kira apa yang menjadi penyebab hal tersebut terjadi. Evaluasi ini juga dapat berupa mempertahankan atau menghilangkan.

Apabila dirasa hal tersebut tidak efektif maka dapat diambil keputusan untuk menghapusnya. Setelah melakukan evaluasi perlu juga dilakukan perbaikan supaya kedepannya akan dilakukan yang lebih baik lagi. Perbaikan ini juga menjadi tugas dari digital marketing specialist.

Keberadaan digital marketing ini membuat jangkauan menjadi lebih luas sehingga potensi untuk tercapainya target menjadi lebih besar lagi. Branding yang terbentuk dalam sebuah perusahaan juga dapat dicapai dari digital marketing.

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai digital marketing yang harus pembaca ketahui mulai dari pengertian, tujuan, tanggung jawab, skill, jenjang karir serta gaji.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !