course-net
Search
Close this search box.

Google AdWords Adalah: Definisi, Fungsi hingga Cara Penggunaannya

Minet

January 25, 2024

Google AdWords Adalah: Definisi, Fungsi hingga Cara Penggunaannya

Google AdWords Adalah: Definisi, Fungsi hingga Cara Penggunaannya – Saat ini sudah mencapai 63.000 kegiatan penelusuran yang ada di Google, bahkan Sebagian besar dari hasil penelusuran merupakan laman yang menyertakan iklan Google. Iklan Google pasti akan kita temukan saat sedang membuka laman penelusuran yaitu Google AdWords.

Dimana AdWords adalah salah satu media platform bagian periklanan online yang terbesar yang bisa membantu bisnis bisa dijangkau oleh pelanggan yang ada di seluruh dunia dan pemilik bisnis bisa mengembangkan bisnis mereka.

Hanya saja Anda tidak boleh tertukar antara kegunaan atau fungsi dari Google AdWords dengan Google Adsense. Keduanya mempunyai peran fungsi yang berbeda namun bisa memajukan perkembangan website bisnis Anda lebih maju.

Google Adwords Adalah Platform Iklan Terbaik Saat Ini

Apa Itu Google Adwords ? Google Adwords Adalah

Bermula dengan nama Google AdWords, dimana pada tahun 2018 hingga saat ini nama dari perusahaan pencari tersebut mengubah nama layanannya menjadi Google Ads. Adwords sendiri merupakan sebuah sistem periklanan yang dikembangkan oleh Google guna membantu bisnis bisa menjangkau target online.

Google AdWords Adalah

Keberadaan dari Google AdWords memang sangat dibutuhkan bagi para marketer yang sedang berusaha untuk mengembangkan bisnis. Hanya saja, sebagai marketer juga harus bisa memperhatikan beberapa hal untuk bisa memasang iklan dengan bentuk yang baik.

Dengan menggunakan jasa ini akan lebih mudah mendapatkan keuntungan bahkan biaya dalam memasang iklan di jasa ini bisa terbilang tidak mahal. Sistem pembayaran yang diterapkan oleh Google adalah dengan menerapkan sistem PPC atau Pay Per Click di dalam Google Ads.

Estimasi biaya juga bisa ditentukan oleh Anda sendiri dengan bebas saat sebelum memasang iklan. Jika Anda pemula dalam pengguna iklan dan jasanya, maka disarankan untuk memasang dengan harga yang terendah.

Penjelasan inilah seharusnya sudah bisa menjawab pertanyaan Anda terkait apa itu Google AdWords? Selanjutnya kita bisa menjelaskan hal-hal yang lainnya terkait Google Ads terkait fungsi dan cara penggunaannya.

Fungsi dari Google AdWords dalam Dunia Bisnis

Setiap jasa yang dipilih untuk pelayanan tentunya mempunyai fungsi-fungsinya masing-masing. Fungsi utama yang diberikan hanyalah untuk membantu Anda saat menyebarkan berita terkait bisnis, produk, atau layanan.

google ads

Jasa ini juga dibuat untuk membantu pelanggan dalam menemukan yang mereka cari dengan cara yang cepat dan sesuai. Google Ads juga mampu bekerja lebih cepat daripada menggunakan SEO, yang mana keduanya mempunyai peran yang sama sebagai strategi dalam pemasaran.

Ada beberapa alasan untuk pemilik website menggunakan Google AdWords daripada jasa yang lainnya, karena :

  1. Bisa lebih focus dalam beberapa keywords sekaligus
  2. Bisa mengaktifkan dan menonaktifkan kampanye kapan pun yang Anda mau
  3. Iklan yang muncul bisa berada di bagian atas halaman dengan mendapatkan visibilitas langsung

Google AdWords adalah menawarkan kampanye yang lebih optimal dan bekerja dengan lebih cepat bagi bisnis. Dengan begitu Anda bisa bisnis yang dipromosikan bisa mendapatkan tempat pertama yang sama didambakan dalam pencarian.

Keuntungan Menggunakan Google Adwords

Pada zaman yang sudah serba digital seperti sekarang tentunya setiap pebisnis online akan memerlukan sebuah fitur yang bisa membantu mereka dalam proses pemasaran bisnisnya agar bisa menjangkau lebih banyak orang serta target pasar yang terarah, ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Google adwords ini dalam pemasaran bisnis. Untuk beberapa keuntungannya yaitu sebagai berikut.

Bisa Menguasai Pasar Online

Seperti yang kita ketahui bahwa Google adalah salah satu platform yang bisa menjawab setiap pertanyaan penggunanya menggunakan search engine, hal ini termasuk juga pada barang sampai mencari informasi yang tidak penting sekalipun search engine Google bisa menjawab nya.

Dengan menggunakan Google adwords ini maka kamu bisa menguasai pasar online karena Google sudah berhasil menguasai pangsa pasar mesin pencari ataupun search engine di seluruh dunia, dengan tingkat persentase yang sudah mencapai 92%, bahkan di Indonesia sendiri search engine Google sudah berhasil menguasai mesin pencarian dengan persentase sebanyak 97%.

Selain itu Google juga memiliki mesin pencarian lain seperti Yahoo namun untuk mesin pencarian Yahoo ini hanya menguasai pasar search engine pada persentase 0,9% saja, dan untuk search engine Bing hanya menyentuh angka 0,3% tentunya hal ini berbeda sangat jauh dari Google.

Target Pasar Lebih Spesifik

Keuntungan berikutnya ketika kamu menggunakan Google adwords adalah kamu bisa menargetkan pasar yang lebih spesifik, kamu bisa menargetkan pasar yang sedang kamu tuju, Selain itu kamu juga bisa melakukan pengaturan iklan agar bisa tampil di perangkat tertentu saja selama penayangannya.

Kamu bisa mengatur iklan agar nantinya bisa tampil pada perangkat tertentu atau memilih Salah satu perangkat diantaranya saja baik itu komputer maupun smartphone dan yang lainnya. Tidak hanya itu Google adwords juga bisa melakukan pengaturan berdasarkan lokasi serta kamu juga bisa mengatur sendiri jadwal tayang dari iklan.

Contohnya jika bisnismu dibuka dari jam 09.00 sampai jam 04.00 sore maka kamu bisa membuat pengaturan penayangan iklan dari jam tersebut, dengan adanya berbagai fitur ini tentunya akan sangat membantu kamu dalam berbisnis.

Hemat Biaya

Keuntungan berikutnya adalah hemat biaya, mungkin sekian dari kamu mengira bahwa memasang iklan pada Google Ads memerlukan biaya yang cukup mahal. Namun pada kenyataannya untuk memasang iklan pada Google Ads sangatlah terjangkau Bahkan kamu bisa memulainya dengan Rp.50.000 saja.

Kamu juga bisa mendapatkan kemungkinan biaya yang lebih sedikit lagi jika kamu mengatur dan menggunakan strategi PPC atau pay per click pada penayangan iklan yang kamu gunakan, dengan adanya sistem tersebut maka kamu hanya dikenakan biaya bila target ataupun konsumen Kamu mengklik iklan yang kamu pasang.

Cara Gunakan Google AdWords atau Google Ads

Tertarik untuk menggunakan Google AdWords? Sekarang Anda beralih ke informasi dalam cara penggunaannya. Anda yang ingin menggunakan fungsinya, maka Anda bisa gunakan Langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan tujuan akun terlebih dahulu. Di sini Anda harus pastikan tujuan akun yang akan Anda gunakan. Contohnya Anda menggunakan Google AdWords untuk membangun merk, struktur akun, hingga fitur yang bisa digunakan.
  1. Lakukan pengembangan persona dari audiens dengan tujuan menentukan siapa pelanggan yang ideal, kegiatan yang dilakukan, apa yang dicari dan di perangkat apa saja.
  2. Lakukan sebuah penelitian kata kunci
  3. Lakukan susunan akun AdWords ke dalam sebuah kampanye dan group iklan yang berbeda.
  4. Jika Anda sudah cantumkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis yang dibangun, maka Anda bisa tempatkan iklan di hasil pencarian tersebut.
  5. Buat sebuah salinan iklan. Kegiatan ini dilakukan dengan memastikan Kembali sudah menyertakan kata kunci yang relevan, judul, hingga ajakan yang jelas.
  6. Buat halaman arahan yang ramah dan berfokus pada manfaat dan fitur produk.
  7. Letakan kode Google Analytics di sebuah situs web untuk membuat pelacakan konversi
  8. Buat kunci sukses kampanye iklan dengan pengoptimalan yang rutin dan melakukan pengujian A/B dari semua salinan iklan dan halaman arahan.

Lebih singkatnya, saat Anda sudah membuat sebuah iklan di Google Ads, Anda akan menemukan banyak competitor yang menampilkan iklan lainnya. Di sini Anda harus bisa menargetkan satu keyword yang mana keyword tersebut juga digunakan oleh competitor yang lainnya.

Selanjutnya tugas dari Google adalah melakukan penilaian dengan adil untuk memutuskan hasil siapa yang memang bisa memenangkan sebuah persaingan dengan satu keyword yang sama. Google akan menggunakan cara Google Quality Score untuk mendapatkan nilai relevansi dari isi iklan.

Perbedaan Google Ads Dan Google Adword Adalah

Google AdWords dengan Google Adsense memiliki persamaan dalam sistem pembayaran, yaitu sama menggunakan sistem PPC atau Pay Per Click. Hanya saja cara kerja untuk siapa dan dari siapa inilah yang membedakan keduanya.

Untuk bisa bergabung dengan Google Adsense tidak semudah bergabung dengan Google AdWords Indonesia. Google Adsense mempunyai kriteria dalam penggunaannya atau tidak sembarangan. Dimana website yang Anda miliki harus sudah memenuhi persyaratan yang diterapkan oleh Google Adsense.

Dengan kata lain, Google AdWords digunakan untuk membuat website bisnis kita mudah dikunjungi oleh user dan kita membayar penggunaan jasa ini kepada Google. Sedangkan Google Adsense merupakan tempat mendapatkan uang, sebab Google yang akan membayar kita saat banyak iklan yang mendapat kunjungan.

Saat Anda menggunakan jasa Google Adsense dan mempunyai banyak pengunjung yang sudah melakukan klik pada iklan Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi pembayaran dari Google. Terlihat simple dan menjanjikan dalam mendapatkan penghasilan tetapi Anda harus bisa penuhi persyaratan yang diminta.

Baca Juga : SEM (Search Engine Marketing): Pengenalan Apa Itu SEM & Jenis SEM

Kesimpulan Dunia Google AdWords Adalah

Dengan inilah kita bisa menyimpulkan bahwa Google Ads atau AdWords memang cocok digunakan untuk Anda yang baru atau sedang membangun bisnis online. Anda bisa memasang iklan lewat sebuah Google Ads yang nantinya bisa mendapatkan pengunjung lebih banyak.

Untuk Google Adsense sendiri sangat cocok untuk Anda yang sudah termasuk ke dalam kriterianya dan ingin mendapatkan penghasilan dari Google. Fungsinya sangat berbeda meskipun sebagai tempat jembatan yang sama dari Google.

Baca Juga : SEO Adalah : Pengertian Apa Itu SEO, Kelebihan dan Kekurangan

Oleh karena itu, sebagai pengguna harus bisa lebih mempertimbangkan bagaimana memanfaatkan keduanya dengan baik. Tentunya Anda tidak boleh asal dalam mengambil keputusan, akan jauh lebih baik Anda sudah menyelami dunia internet sebagai bekal Anda dalam mengelola website bisnis.

Google AdWords dan Adsense tidak terlepas dari dunia marketing dan keduanya memang digunakan demi memajukan digital marketing. Pelajari lebih dalam lagi terkait keduanya sehingga Anda bisa lebih mudah mendapatkan informasi tambahannya dan perbedaan yang lebih signifikan.

Mau Belajar Google Adwords ? Yuk Gabung Di Kursus Course-net

Mau belajar Google Adwords ?Kini kamu bisa mengikuti kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net, Kamu bisa mengisi form dibawah ini :

Berminat belajar digital marketing ? Kini kamu bisa mengikuti kelasnya di Course-Net. Tunggu apalagi segera daftarkan diri anda PROMO terbatas.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print