course-net
Search
Close this search box.

Simbol Flowchart : Pengertian, Fungsi , Jenis & Cara Membuat Flowchart

Minet

June 21, 2023

Simbol Flowchart Dan Fungsinya Yang Wajib Kamu Tahu

Simbol Flowchart : Pengertian, Fungsi , Jenis & Cara Membuat Flowchart – Pada sebuah bisnis memang diperlukan adanya flowchart dan simbol flowchart itu adalah hal yang sangat penting dan komponen yang paling penting. Flowchart sendiri sebenarnya berisi banyak sekali simbol yang akan menjelaskan bagaimana sebuah prosedur atau juga proses. Setiap simbol yang tergambar pada flowchart itu memang memiliki maksud dan juga kegunaan masing-masing yang harus dipahami.

 

Simbol Flowchart : Pengertian, Fungsi , Jenis & Cara Membuat Flowchart

Apa Itu Simbol Flowchart ? Berikut Penjelasannya

Pengertian

penjelasa flowchart

Pertama-tama sebelum kita masuk untuk memahami berbagai simbol flowchart dan fungsinya, ada baiknya kita ketahui dulu flowchart itu apa. Flowchart itu adalah sebuah diagram yang akan menjelaskan secara detail mengenai sebuah proses atau juga prosedur. Jadi sebuah langkah atau alur dari sebuah sistem itu akan dijelaskan dengan menggunakan diagram dan simbol di flowchart tersebut.

Jadi bila kalian ingin memahami sebuah flowchart atau juga membuat sebuah flowchart, maka kalian harus memahami dulu simbolnya. Flowchart sendiri sekarang ini bukan hanya digunakan untuk menerangkan satu prosedur tertentu, akan tetapi juga digunakan dalam sistem program. Adanya flowchart tersebut akan bisa membantu orang awam untuk bisa memahami alur dari program meski tidak tahu bahasa pemrograman.

Flowchart ini pun bisa dipakai untuk menjelaskan bagaimana sistem kerja atau alur kerja dari sebuah bagian di perusahaan atau instansi. Jadi jelas flowchart ini memang merupakan salah satu hal yang penting dan harus dibuat oleh perusahaan atau juga oleh institusi tertentu. Flowchart pun harus dibuat dengan sebaik mungkin supaya nantinya tidak menyesatkan dengan penggunaan simbol yang tepat.

Fungsi Simbol Flowchart

Flowchart itu memiliki banyak sekali kegunaan lho, sehingga perusahaan memang sangat membutuhkan adanya flowchart ini. Penggunaan flowchart ini pun memang bisa diaplikasikan di berbagai bidang dan juga kebutuhan pada perusahaan. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja sih kegunaan dari flowchart yang mungkin tidak banyak disadari oleh orang atau juga perusahaan.

Berikut ini adalah fungsinya

  1. Kegunaan yang paling pertama dari Flowchart itu adalah bisa dipakai untuk menjelaskan sebuah sistem atau juga prosedur tertentu. Setiap perusahaan, instansi, atau organisasi pun memiliki suatu sistem tertentu untuk diikuti oleh pihak internal atau eksternal. Jadi orang akan tahu bagaimana prosedur yang diberlakukan ketika mempergunakan flowchart.
  2. Kegunaan yang kedua adalah untuk mengatur alur kerja dari para pekerja agar supaya bisa tetap teratur dan juga lebih efisien. Setiap perusahaan terutama pasti memiliki sistem kerja untuk setiap bagian dan keseluruhan perusahaan supaya berjalan dengan baik. Flowchart inilah yang akan membuat para pekerja tahu alur kerjanya dan juga menjaga alur kerja lebih efektif dan efisien.
  3. Kegunaan yang ketiga adalah untuk bisa mencari tahu alur dari dokumen tertentu dari setiap prosedur yang ada pada organisasi. Dokumen memang menjadi salah satu hal yang penting dalam satu prosedur, dan ini juga akan masuk ke dalam sebuah simbol. Jadi kalian akan bisa melihat alur dokumen dengan jauh lebih baik dan juga lebih lancar.
  4. Kegunaan yang keempat adalah untuk bisa menjadi satu panduan dalam mengambil keputusan, karena berlaku juga untuk kerangka berpikir. Flowchart bisa menjelaskan bagaimana alur berpikir dan juga bagaimana pengambilan keputusan, jadi setiap orang tahu bagaimana alur berpikirnya.
  5. Kegunaan yang kelima adalah untuk orang-orang bisa lebih memahami mengenai alur dari sebuah program dengan lebih mudah. Biasanya kalau alur dalam program dijelaskan dengan bahasa pemrograman, namun dengan flowchart itu akan terlihat lebih simpel. Orang awam pun jadi bisa memahami mengenai alur dari sebuah program meskipun tidak mengerti bahasa pemrograman.
  6. Kegunaan yang keenam adalah sebagai sebuah alat untuk evaluasi sistem agar supaya tahu apa yang menjadi kelemahannya. Flowchart akan menjelaskan secara gamblang mengenai sistem dan juga akan menjadi satu alat untuk mengetahui adanya kelemahan pada sistem. Jadi kita akan bisa mengubah sistem dan melakukan perbaikan supaya sistem bisa semakin mendekati sempurna.

Cara Membuat Flowchart Menggunakan Simbol

Pembuatan Flowchart sendiri itu memang bukan hal yang mudah, salah satu hal yang harus kalian ketahui adalah simbol-simbol flowchart. Dalam flowchart memang ada banyak sekali simbol yang akan menunjukkan bagaimana alur, proses, dan juga sistem itu berjalan. Untuk membuat flowchart sendiri tentunya ada beberapa urutan langkah yang harus kalian ikuti supaya bisa membuatnya dengan baik.

Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana sih langkah dalam membuat simbol flowchart yang baik dan benar sebagai panduan bagi kalian.

  1. Langkah yang paling pertama adalah kalian harus membuat sistem yang baik dan benar terlebih dahulu serta urutan dari prosedur. Kalian harus tahu kegiatannya apa saja, dokumennya, dan juga hasil keluaran atau output dari satu kegiatan.
  2. Langkah yang kedua adalah kalian sesuaikan semua poin dari sistem yang kalian buat dengan simbol yang tersedia. Kalian gambarkan simbol sesuai dengan urutan dan juga alur dari sistem, program, atau prosedur yang dibutuhkan.
  3. Langkah yang ketiga adalah kalian periksa kembali kemungkinan adanya kesalahan pada pembuatan flowchart atau simbol-simbol Flowchart. Kalian bisa evaluasi dan memastikan kalau memang flowchart sudah sesuai dengan sistem, prosedur dan juga alur yang ingin dibuat.

Arti Simbol Flowchart Seperti Manual , Terminal Dalam Flowchart

Pada sebuah Flowchart itu memang ada cukup banyak simbol, di mana simbol itu menjadi salah satu hal yang sangat penting dan menjadi kunci. Kalian perlu memahami semua arti simbol flowchart supaya kalian bisa memahami dan juga membuat flowchart itu sendiri. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa gambar simbol Flowchart dan juga fungsi dari simbol tersebut untuk apa saja.

Simbol Flowchart Dan Fungsinya Yang Wajib Kamu Tahu Arti Simbol Flowchart fungsi flowchart

  1. Flow

Flow adalah simbol tanda panah yang akan menghubungkan antara satu simbol dengan simbol lainnya di flowchart. Jadi dibawah ini merupakan simbol dalam flowchart untuk menyatakan hubungan antara satu simbol dengan yang lainnya. Ini juga akan menunjukkan alur dan juga urutan langkah dari sebuah sistem, program, dan lain sebagainya.

  1. On Page Reference

On Page Reference merupakan simbol yang dipakai untuk menghubungkan atau menyambungkan proses dalam satu lembar kerja yang sama. Jadi bila mungkin kalian ingin meneruskan di sebelah simbol flowchart yang sudah ada dan masih dalam satu lembar maka menggunakan simbol ini.

  1. Off Page Reference

Off Page Reference merupakan simbol yang sebenarnya hampir sama saja fungsinya dan konsepnya dengan On Page Reference ya. Tapi untuk Off Page Reference memiliki fungsi untuk menyambungkan proses bila tidak pada satu lembar kerja yang sama. Jadi kalau kalian ingin meneruskan proses tapi berganti halaman, maka kalian bisa mempergunakan simbol ini.

  1. Terminator

Fungsi simbol flowchart bernama Terminator itu adalah untuk menyatakan awal dan juga akhir dari sebuah sistem atau proses. Jadi simbol ini akan kalian temui di bagian awal flowchart dan juga di bagian akhir flowchart nantinya.

  1. Proses

Simbol yang selanjutnya ada proses yang digambarkan dengan menggunakan gambar persegi yang menunjukkan sebuah proses. Jadi di bawah ini merupakan simbol dalam flowchart untuk menyatakan proses yang dilakukan komputer. Bila ada proses yang dilakukan oleh komputer secara otomatis, maka kalian bisa mempergunakan simbol ini.

  1. Decision

Berikutnya adalah simbol Decision yang merupakan simbol yang akan menghasilkan dua jawaban dari satu proses yang sudah terjadi. Kemungkinan jawaban yang ada dengan menggunakan simbol flowchart ini adalah jawaban iya dan juga tidak.

  1. Input/Output

Input/output yang menjadi petunjuk adanya proses melakukan input atau juga proses output. Simbol ini menandakan adanya proses input atau output yang tidak bergantung dengan peralatan tertentu.

  1. Manual Operation

ni adalah simbol yang menunjukkan adanya proses tapi tanpa komputer. Jadi bila proses dalam sebuah sistem itu dilakukan secara manual, maka kalian bisa mempergunakan simbol ini di flowchart.

  1. Document

Simbol yang berikutnya adalah simbol document, ini adalah simbol untuk menggambarkan dokumen yang diperlukan atau digunakan pada satu prosedur. Jadi ini akan menjelaskan proses input yang berasal dari dokumen dalam bentuk fisik. Selain itu juga bisa menjadi output yang perlu dicetak menjadi suatu dokumen dan mempergunakan simbol ini.

  1. Predefine Proses

Berikutnya ada juga predefine proses yang merupakan simbol untuk menandakan adanya sub proses atau juga sub prosedur. Jadi bila ada sub prosedur pada sistem yang kalian buat, maka kalian bisa mempergunakan simbol ini.

  1. Display

Simbol lain yang ada di flowchart itu adalah Display yang menunjukkan adanya peralatan output yang digunakan pada sebuah sistem.

  1. Preparation

Berikutnya ada juga flowchart simbol Preparation yang menunjukkan adanya penyediaan tempat penyimpanan dari suatu pengolahan untuk memberi nilai awal.

Semua simbol tersebut memang memiliki fungsi masing-masing yang bisa jadi berbeda dan juga penggunaannya pun berbeda juga. Jadi kalau kalian menginginkan membuat flowchart, maka harus tahu persis simbolnya dan juga arti dari simbol tersebut.

Jenis-Jenis Flowchart

Flowchart sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis yang tentunya masing-masing jenis itu berbeda dari isi dan juga kegunaannya. Bila kalian ingin menguasai flowchart, maka harus mengetahui semua jenis dari flowchart tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa jenis flowchart yang ada saat ini.

  1. Flowchart Dokumen

Flowchart jenis ini akan menampilkan alur dokumen mulai dari proses, pencatatan dan kemudian juga penyimpanannya. Jenis flowchart ini sering juga disebut sebagai paperwork flowchart yang menunjukkan bagaimana dokumen pada satu sistem.

  1. Flowchart Proses

Flowchart proses adalah sebuah diagram yang akan menunjukkan penggambaran secara merinci dan juga menganalisis langkah-langkah dalam satu prosedur. Jadi semua simbol flowchart akan menjelaskan langkah dan urutan dalam suatu proses atau prosedur.

  1. Flowchart Program

Berikutnya ada jenis flowchart program yang akan menunjukkan bagaimana proses dan prosedur dari suatu program. Ada gua macam flowchart program sebenarnya yakni logika program dan flowchart program komputer yang terperinci.

  1. Flowchart Sistem

Terakhir ada flowchart sistem yang akan menampilkan sistem kerja atau proses kerja yang sedang berlangsung secara menyeluruh. Flowchart ini pun akan menguraikan semua prosedur yang ada di dalam satu sistem tersebut.

Demikianlah informasi mengenai simbol flowchart. Nikmati artikel lainnya yang bisa anda pelajari di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!