course-net
Search
Close this search box.

Home >

SERP Adalah: Pengertiaan, Fungsi, Jenis & Komponen SERP

Monday, 3 June 2024 2:42 PM

SERP Adalah: Pengertiaan, Fungsi, Jenis & Komponen SERP

SERP atau kepanjangan dari Search Engine Result Page merupakan sebuah halaman yang memperlihatkan banyak situs yang berhubungan dengan keyword atau kata kunci yang sedang dicari oleh pengguna internet melalui search engine.

Penggunaan istilah Search Engine Result Page ini bisa ditemukan di semua mesin pencari, antara lain Yahoo, Google, hingga MSN, dan masih banyak lagi.

SERP Adalah: Pengertiaan, Fungsi, Jenis & Komponen SERP
Source: Bieproduction

Fungsi SERP

Jika melihat pada sisi SEO dan mengaju dari segi teknis, Search engine Result Page ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk melihat urutan keyword, meta desc, judul halaman, hasil pencarian dan melihat competitor dari website tertentu.

Fitur-fitur

Berikut ini adalah beberapa fungsi umum dari fitur SERP yang banyak digunakan sebagai cara menemukan jawaban yang dicari oleh pengguna internet.

  1. Fitur Carousel yang biasanya ditemui dan diaplikasikan pada bisnis buku, makanan dan minuman, artis atau publik figure, film dan masih banyak lagi.
  2. Knowledge Graph yang bisa nada temukan pada versi desktop dan ada di bagian atas pada versi mweb. Pada umumnya banyak memperlihatkan informasi penting yang berhubungan dengan public figure, perusahaan, lokasi atau peta dan penjelasan suatu negara secara rinci.
  3. Location yang bisa anda temukan pada bagian atas pada versi desktop ataupun versi mweb yang fungsinya untuk menemukan lokasi seseorang atau perangkat.
  4. Video Section yang penempatannya seringkali fleksibel dan menyesuaikan pertanyaan dari pengguna. Kebanyakan ditemukan pada bagian tengah dan atas halaman.
  5. News Story adalah sebuah section khusus yang menampilkan berita dari penerbit basis online.
  6. Search Snippet Page yang merupakan cuplikan singkat yang berasal dari halaman web tertentu yang ditampilkan saat Anda berhasil masuk pada hasil pencarian.
  7. Gallery tidak selalu bisa Anda temukan dan punya jenis section yang sangat bervariasi. Umumnya muncul pada bagian atas maupun tengah.
  8. Related Search bisa Anda temukan di bagian bawah, yaitu tepat di atas menu pagination.

Jenis-jenis Search Intent

Interface dari SERP atau Search Engine Result Page tidak selalu berbentuk tampilan daftar situs, akan tetapi bisa saja ada bagian lain yang muncul sebagai tambahan dalam beberapa kasus, contohnya sebagai berikut:

  1. Transactional banyak ditemukan di forum jual beli yang ada di E-Commerce untuk membeli atau menjual produk. Transactional akan menyusuri kata kunci seperti nama barang, brand produk, dan harga barang yang dicari.
  2. Informational adalah sebuah info singkat atau sekilas info yang berupa cuplikan informasi dari sebuah susunan informasi yang utuh. Informational bisa ditemukan pada bagian kanan Search Engine Result page yang isinya berupa penjelasan singkat berkaitan dengan suatu hal.
  3. Navigational yang berisi info terkait lokasi, baik itu lokasi hotel, tempat wisata, tempat makan, dan masih banyak lagi. Navigational sangat cocok dengan kata kunci toko kue, hotel atau penginapan, tempat makan atau cafe, tempat wisata dan banyak tempat lainnya.

Sisi Etimologis

Secara etimologis, SERP merupakan halaman yang diperlihatkan pada pengguna pada saat mereka menginput kata kunci yang mereka cari. Berikut ini adalah urutan Search engine result Page dalam menampilkan situs terkait:

  • Empat situs yang paling atas merupakan sebuah layanan iklan atau ads
  • Tiga situs selanjutnya atau yang ada di tengah adalah organic results atau hasil pencarian asli
    Tiga situs terbawah merupakan iklan
  • Hal yang perlu Anda ketahui adalah urutan di atas tidaklah mutlak, bisa saja terjadi di mana iklan yang tampak hanya ada 1 atau 2 situs saja, atau bisa saja tidak ada iklan sama sekali. Semua itu tergantung pada kata kunci yang Anda masukkan.

Baca Juga: Penasaran Dengan Cara Kerja SEO? Berikut Penjelasannya!

Komponen pada SERP

Komponen pada SERP
Source: SEObility

Pembahasan selanjutnya adalah komponen yang ada dalam Search Engine Result Page, antara lain:

1. Search Query

Search Query ini merupakan rangkaian kata yang dimasukkan oleh pengguna di dalam mesin penari, contohnya Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Pada perkembangannya, search query tak hanya bisa dilakukan dengan cara mengetikkan kata kunci di mesin pencarian saja, akan tetapi juga bisa dilakukan dengan cara melalui perintah suara yang ditunjang oleh fitur text to speech yang bisa ditemukan dalam Google.

2. Organic Results

Ini adalah sebuah daftar peringkat website yang dihasilkan oleh mesin pencarian secara natural yang didasarkan pada kata kunci dan tingkat relevansi website yang ditampilkan.

3. Sponsored Results

Hasil yang disponsori adalah hasil pemeringkatan web yang beroperasi secara berbayar supaya bisa memperoleh posisi atau ranking paling atas dalam daftar pencarian sehingga meningkatkan jumlah klik atau kunjungan.

4. Rich Snippet

Komponen ini ditampilkan Google pada halaman hasil pencarian pada saat suatu web yang memiliki konten. Rich Snippet yang bisa didukung oleh Google antara lain:

  • Produk, yaitu berupa info detail mengenai suatu produk. Mulai dari harga sampai ulasan pelanggan.
  • Resep adalah info mengenai resep minuman atau makanan paling populer
  • Review berisi ulasan sebuah tempat, makanan, minuman, film, layanan, dan masih banyak lagi.
  • Acara-acara yang bisa dikunjungi oleh khalayak ramai dan sudah terorganisir, misalnya event music, konser skala besar, atausni pameran seni dan festival kuliner.
  • Info yang berisi tentang suatu software terlaris dan relevan, mulai dari ulasan, harga, dan juga tata cara instalasi.
  • Konten yang memiliki hubungan dengan pekerjaan.

Baca Juga: Schema Markup dan Rich Snippet Pada SEO Inilah Perbedaannya

5. Featured Snippets

Featured Snippet berisi ringkasan terkait jawaban yang diminta oleh para pengguna. Featured Snippet umumnya bisa ditemukan pada hasil pencarian teratas dan menampilkan preview konten yang ada dalam sebuah halaman.

Mengenal ON-SERP SEO

Mengenal ON-SERP SEO

ON-SERP SEO merupakan satu strategi SEO yang fokus dengan penempatan peringkat sebanyak-banyaknya dari tiap target dalam Google SERP.

Langkah Optimalisasi ON-SERP SEO

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk optimalisasi ON-SERP SEO agar bisa melakukan identifikasi terhadap aset maupun konten yang bisa dioptimalkan pada saat ada permintaan dari pengguna dan memasukkan lata kunci tertentu yang cocok dengan konten terkait.

Ada dua elemen dalam Google SERP, yaitu Elemen ON-SERP SEO yang bisa mengganti penjelajahan pembelian dan yang bisa dioptimalkan. Beberapa elemen itu antara lain:

  • Video Carousel
  • Hasil dari gambar
  • Resep carousel
  • Produk dari Lokal
  • Hasil Google Shopping dan Google Shopping Results
  • Interesting Finds dalam Google

Langkah optimalisasi dengan ON-SERP SEO umumnya akan memerlukan aksi yang rumit dan konsentrasi tinggi. Jika Anda tak bisa melakukan langkah tersebut sendiri, maka Anda bisa menemukan pilihan menggunakan jasa SEO yang akan membantu Anda dalam meningkatkan ranking website Anda jadi jauh lebih tinggi.

Baca Juga: Berkarir Jadi SEO Specialist ? Simak Tips & Cara Berkarir Di Bidang SEO

Itulah ulasan mengenai SERP, definisi, fungsi dan komponennya yang penting untuk diketahui agar bisa meningkatkan awareness pengguna terhadap website Anda. Anda bisa memperoleh lebih banyak info menarik terkait IT dengan ikut kursus di Course-Net. Daftar sekarang juga.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?