5 Tips Penting yang Perlu Disadari oleh Programmer

5 Tips Penting yang Perlu Disadari oleh Programmer – Pemrograman adalah seni, semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk belajar pemrogaman maka semakin baik juga skill yang Anda miliki. Saat ini, terdapat banyak sekali pengembang perangkat lunak atau software developer yang berbeda-beda seperti front-end developer, full-stack developer, application developer dan lain-lain. Berikut adalah hal-hal yang perlu disadari oleh para programmer muda.

5 Tips Penting yang Perlu Disadari oleh Programmer

5 Tips Penting yang Perlu Disadari oleh Programmer

1. Pengembangan yang Disertakan dengan Pengujian

Pengujian kode adalah salah satu fase terpenting dari pengembangan. TDD (Test Driven Development) adalah pilihan bagus yang harus Anda pilih, kecuali suatu hari Anda tiba-tiba ingin menemukan bahwa kode yang Anda implementasi selama ini perlu diperbarui. Maka Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang pengguna akhir (end user).

2. Selalu Membuat Coding Sederhana

Terkadang menjadi seorang programmer profesional adalah hal yang rumit. Mereka menambahkan ratusan baris kode tambahan hanya untuk membuat fungsi sederhana agar aplikasi yang dirancang menjadi lebih efisien. Meskipun pengoptimalan adalah hal yang luar biasa tetapi akan menjadi sulit bagi orang yang baru memahami pemrograman. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan meneruskan proyek Anda di masa depan, sehingga menulis kode yang mudah dimengerti sangatlah penting.

3. Perhatikan Sisi Keamanan

Mayoritas programmer dapat menulis kode dengan baik dan efisien, hanya sedikit yang mempertimbangkan faktor keamanan saat mengembangkan sebuah sistem. Jika mencakup kasus-kasus besar seperti, bagaimana aplikasi mendapatkan data pengguna, bagaimana aplikasi menyimpan data-data dan menggunakannya, hal seperti keamanan merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, membuat kode sederhana dan tingkat keamanan pada sistem adalah sebuah hal penting yang perlu diperhatikan programmer.

4. Style Coding yang Statis

Ini juga merupakan praktik terbaik karena membantu orang lain dengan mudah dalam memahami kode milikmu. Dengan style code yang statis dan digunakan oleh orang banyak maka programmer yang akan meneruskan pengembangan sistem tersebut pun akan lebih mudah memahami kode demi kode.

5. Mengoptimalkan Open Source

Ini adalah masalah umum lainnya yang ditemukan pada programmer baru. Mereka cenderung menulis setiap fungsi dan metode sendiri. Hal ini dapat mengurangi pengoptimalan. Penggunaan open source dapat mempermudah dan lebih efisien daripada membuat ulang program.

Pelajari 5 Tips Penting yang Perlu Disadari oleh Programmer

Itulah 5 Tips Penting yang perlu disadari oleh programmer, Bagi Anda yang ingin berkarir menjadi programmer profesional dapat mengasah ilmu lebih mendalam di Course-Net. Anda dapat mengikuti kursus android developer, kursus flutter hingga kursus fullstack javascript. Dapatkan promo hari ini dengan menghubungi tim kami dibawah ini.

Klik WA

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo end of year

    Artikel Rekomendasi