Topologi Star Adalah: Pengertian , Kelebihan & Kekurangan Beserta Contohnya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Topologi Star Adalah: Pengertian , Kelebihan & Kekurangan Beserta Contohnya – Bicara mengenai topologi jaringan, tentu tidak terlepas dari topologi star. Topologi jaringan merupakan hal yang menggambarkan tentang suatu hubungan antara unsur dasar penyusun, seperti link, node, dan station. Ada berbagai macam topologi jaringan yang dibagi menjadi enam kategori utama, yaitu mesh, bus, ring, tree, linier, dan star.

Nah, jenis topologi jaringan yang akan kita bahas secara lengkap adalah topologi bintang atau star. Jenis topologi ini seringkali diaplikasikan pada beberapa tempat, seperti perkantoran, sekolah, instansi pemerintah, warnet, dan beberapa tempat lainnya. Lalu, apa itu topologi star? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Topologi Star Adalah ? Yuk Simak Artikelnya

Pengertian Topologi Star dan Prinsip Kerjanya

Topologi Star Adalah ? Yuk Simak Artikelnya

Secara sederhana, definisi dari topologi star adalah sebuah cara atau metode untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer dengan jaringan berbentuk bintang. Topologi jaringan ini berupa konvergensi dari node tengah ke semua node atau pengguna. Dengan begitu, maka seluruh node atau titik akan terkoneksi dengan node tengah tersebut.

Mengapa disebut dengan topologi bintang? Jenis topologi jaringan ini dinamai sebagai topologi bintang karena gambar topologi star memang menyerupai bentuk bintang dan ada satu pusat server di bagian tengahnya. Central node atau node tengah ini berupa switch atau hub yang terhubung satu sama lain dari client ke server maupun sebaliknya.

Topologi star mempunyai prinsip kerja dengan sebuah kendali terpusat yang mana semua link akan melalui pusat tersebut, kemudian data-data akan disalurkan ke seluruh node maupun node tertentu yang hanya dikehendaki oleh server pusat. Simpul pusat tersebut disebut juga dengan stasiun primer, sementara node-node yang terhubung disebut dengan client atau stasiun sekunder.

Berdasarkan pengertian topologi star tersebut, maka tipe jaringan ini biasanya sering diaplikasikan sebagai topologi jaringan komputer pada beberapa perusahaan yang menggunakan alur koordinasi terpusat. Hal ini bertujuan supaya semua data yang dikirimkan akan terlebih dahulu disaring melalui server pusat untuk kemudian disalurkan ke node-node lainnya.

Mengenal Karakteristik

Topologi jaringan star bisa kita kenali secara mudah dengan cara melihat ciri-ciri atau karakter yang dimiliki oleh jaringan tersebut. Pada jenis topologi ini, setiap client atau node akan memiliki kabel jaringan yang masing-masing terkoneksi langsung dengan node tengah atau pusat, seperti switch, hub, dan multipoint repeater melalui sistem point-to-point.

Pada topologi bintang, kabel yang dipakai cukup beragam. Beberapa jenis kabel yang seringkali digunakan adalah kabel jaringan jenis Unshielded Twisted Pair (UTP), fiber optic, hingga kabel coaxial. Semua jenis kabel tersebut bisa digunakan di topologi jaringan bintang dan dapat disesuaikan dengan keperluan atau kebutuhan yang ada.

Setiap jenis topologi jaringan memiliki karakteristik tersendiri yang membedakan dengan topologi jaringan lainnya. Lalu, bagaimana dengan karakteristik topologi bintang? Ciri-ciri dan karakteristik topologi star adalah sebagai berikut:

  • Semua node mempunyai kabel jaringan yang masing-masing terhubung dengan node pusat. Kerusakan maupun pengembangan jaringan pada topologi ini akan mudah dilakukan dan diatasi dengan baik.
  • Setiap node akan berkomunikasi langsung dengan central node atau node tengah dimana data-data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi ke asalnya.
  • Menggunakan jenis kabel lower karena hanya bisa menangani satu aliran data node saja menggunakan kabel UTP sebagai jenis kabel yang paling umum digunakan.

Kelebihan dan KekuranganKelebihan dan Kekurangan Topologi Star

Memahami kelebihan dan kekurangan topologi star sangat penting agar nantinya Anda lebih paham dengan cara kerja dari jenis topologi jaringan yang satu ini. Selain itu, Anda juga bisa menilai apakah topologi jenis ini cocok untuk kebutuhan Anda atau tidak. Berikut penjelasan mengenai kelebihan topologi star yang harus Anda ketahui.

1. Bisa Digunakan untuk Banyak Komputer

Jika memakai topologi jaringan, maka Anda bisa menggunakan banyak perangkat komputer sekaligus. Contohnya, dalam sebuah ruangan ada 30 komputer, maka penggunaan topologi bintang masih cukup dan mampu untuk menghandle semua perangkat komputer tersebut. Hal ini berbeda dengan topologi bus yang tidak bisa menghandle perangkat dengan jumlah lebih dari 10.

2. Mudah Melakukan Maintenance

Jika terjadi kerusakan pada topologi bintang, maka proses perbaikan atau maintenance akan lebih mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu melihat bagaimana kondisi dari hub atau switch, kabel-kabel, atau melihat langsung dari kondisi server. Umumnya, error dialami oleh komputer pusat, sehingga Anda tidak perlu mengecek perangkat komputer lainnya yang terhubung.

3. Lebih Stabil

Karena pada topologi bintang jaringannya terbentuk secara konvergensi, maka apabila ada komputer client yang rusak atau error tidak akan mempengaruhi komputer client lainnya. Proses perbaikan komputer client yang error juga bisa dilakukan secara langsung dari kabel yang terhubung dengan komputer client yang rusak tersebut.

4. Kecepatan Jaringan Sama Besar

Kelebihan lain dari topologi bintang adalah bisa menghasilkan kecepatan jaringan yang sama besar. Pada topologi star, setiap komputer client akan memiliki kecepatan jaringan yang sama besar. Kecepatan jaringan yang akan dihasilkan antara masing-masing komputer client dengan server pusat sama besarnya.

5. Bisa Menggunakan Tipe Kabel Berbeda

Pada pengaplikasiannya, topologi bintang dapat menggunakan beberapa tipe kabel yang berbeda-beda. Jadi, tidak masalah jika ada komputer client tertentu yang membutuhkan penggunaan jenis kabel berbeda. Selain itu, topologi ini juga kompatibel dengan aneka jenis kabel lainnya.

6. Tidak Perlu Instalasi Ulang

Apabila Anda ingin menambahkan komputer klien, maka tak perlu repot melakukan instalasi ulang terhadap semua komputer client yang terhubung. Dalam hal ini, Anda dapat secara langsung menambahkan jaringan untuk komputer klien yang baru untuk dihubungkan dengan server pusat.

Setiap jenis topologi jaringan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan jenis topologi bintang. Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun topologi bintang juga memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum memilih atau menggunakan jenis topologi ini. Nah, beberapa kekurangan topologi star antara lain sebagai berikut:

  • Topologi bintang bisa digunakan untuk menghubungkan banyak perangkat komputer client sekaligus, sehingga membutuhkan banyak kabel dalam penerapannya.
  • Jika ada kerusakan di server pusat atau hub/switch, maka seluruh komputer client juga akan mengalami gangguan.
  • Semakin banyaknya perangkat komputer klien yang terhubung, maka akan semakin lambat juga proses transfer data yang dilakukan karena lalu lintas data yang lebih padat bisa menurunkan kecepatan transfer.
  • Banyaknya komponen yang digunakan menyebabkan penerapan topologi bintang membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal. Sebab, semakin banyak komputer client yang terhubung, akan semakin banyak kabel yang dibutuhkan untuk membangun jaringan ini.

Contoh Penerapan Topologi Star

Topologi bintang umumnya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer yang terdiri dari 20 – 30 komputer client. Untuk penempatan topologi bintang ini sangat beragam sesuai kebutuhan. Namun, umumnya contoh topologi star banyak diaplikasikan di sebuah kantor, perusahaan, sekolah, warnet, agensi, dan tempat lain yang membutuhkan.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang topologi star mulai dari pengertian, cara kerja, karakteristik, kelebihan, kekurangan, dan contohnya. Dengan memahami seluk beluk jenis topologi ini, maka Anda bisa mempertimbangkan jika ingin menggunakannya. Jenis topologi ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda membutuhkan topologi jaringan untuk komputer client yang jumlahnya banyak.

Ingin memahami lebih lanjut mengenai topologi? Anda bisa langsung ambil kursus di Course-Net. Upgrade pemahaman dan skill Anda dengan coach kelas dunia hanya di Course-Net. Miliki spesialisasi di bidang yang Anda inginkan!

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !