January 25, 2023

Topologi Mesh Adalah: Definisi, Kelebihan & Kekurangan Beserta Contohnya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Topologi Mesh Adalah: Definisi, Kelebihan & Kekurangan Beserta Contohnya – Model topologi jaringan untuk komputer ini ada berbagai macam salah satunya yaitu model topologi yang dikenal dengan nama Topologi Mesh atau topologi jala. Keberagaman dari model topologi jaringan ini memberikan berbagai pilihan untuk pengguna mereka. Selengkapnya mengenai topologi jala ini akan dibahas di bawah ini.

Topologi Mesh Adalah ? Yuk Mengenal Topologi Mesh

Pengertian Topologi Mesh

Topologi Mesh Adalah: Definisi, Kelebihan Kekurangan & Contoh

Topologi jala atau mess ini merupakan sekelompok perangkat komputer di mana mereka saling terhubung secara langsung pada sebuah jaringan yang memberikan kemampuan bisa untuk saling berkomunikasi.

Topologi mesh adalah ini disebut juga dengan topologi jala karena memang memiliki rangkaian yang menyerupai jala. Gambar topologi mesh yang membentuk sebuah jala inilah yang membuatnya disebut juga dengan topologi jala yang dibuat untuk jaringan berskala menengah yang terutama memerlukan komunikasi antar perangkatnya dalam waktu yang cepat.

Topologi jala ini menggunakan banyak kabel dan juga lebih sulit untuk dikelola sehingga masih belum banyak yang menggunakan topologi ini.

Topologi sengaja dibuat dengan menggunakan jaringan yang skalanya tidak terlalu besar tetapi membutuhkan komunikasi untuk perangkat yang cepat.

Jenis – Jenis Topologi Mesh

  • Topologi jala atau mesh ini memiliki dua jenis yaitu ada Topologi Mesh Connected dan juga Topologi Mesh partial Connected.
  • Topologi Mesh Fully Connected
  • Jenis topologi ini merupakan topologi yang masing-masing perangkatnya saling terhubung secara keseluruhannya. Misalnya yaitu ada 5 buah komputer pada sebuah jaringan maka setiap komputernya akan saling terhubung dengan 4 komputer lainnya.
  • Topologi Mesh Partial Connected
  • Topologi ini kebalikan dari sebelumnya yaitu tidak semuanya terhubung satu sama lain. Sehingga hanya ada beberapa komputer saja yang terhubung dan lainnya tidak terhubung.

Ciri-ciri Topologi Mesh

Ada beberapa ciri-ciri untuk Topologi Mesh diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Unitnya saling terhubung satu dengan yang lainnya
  • Kak boleh yang digunakan pada saat berkomunikasi langsung dengan node lain juga terbilang banyak.
  • Pada setiap nodenya ada lebih dari dua port input atau output
  • Konfigurasi di tiap node juga berbeda dalam melakukan komunikasi.

Cara Kerja Topologi Mesh

Cara kerja dari topologi mesh adalah tiap node yang ada pada jaringan akan terhubung karena memakai kabel di mana kabel tersebut langsung menuju node tujuan berbeda dengan topologi star , topologi bus dan topologi ring.

Data yang mengalir juga langsung menuju ke node yang akan dituju dan menyebabkan data bisa mengalir pada topologi dengan sangat cepat. Data yang mengalir dapat menuju node tujuan tanpa harus melalui node yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh topologi jenis ini. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan dari topologi mesh ini.

Kelebihan

Kelebihan topologi jenis ini diantaranya sebagai berikut.

  • Mendeteksi kesalahan

Topologi bisa melakukan pendeteksi kesalahan atau gangguan yang ada pada sebuah jaringan dalam waktu yang lebih cepat dan juga tepat. Sehingga akan mendapatkan informasi pada saat jaringan sedang mengalami gangguan.

  • Tidak akan berpengaruh pada komputer lain

Kelebihan dari topologi yaitu tidak akan berpengaruh pada komputer lain pada saat mengalami permasalahan jaringan. Maka banyak yang memilih jaringan tersebut karena memang apabila ada kesalahan tidak akan ikut mengenai atau mempengaruhi komputer lainnya.

  • Bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan

Kelebihan selanjutnya dari topologi jala ini yaitu bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Keamanan dari data jaringan bisa disaring dengan menggunakan jaringan mesh ini. Sehingga pengguna bisa meningkatkannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  • Pengiriman datanya lebih cepat

Kelebihan selanjutnya yaitu pengiriman data yang dilakukan jauh lebih cepat. Topologi jala ini cenderung lebih cepat mengirimkan data karena memiliki koneksi dari dedicated link. Data yang ada juga tidak dikirimkan langsung ke komputer sehingga proses pengirimannya ini akan lebih cepat tanpa harus melalui komputer lainnya.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan Anda juga perlu memperhatikan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh topologi jenis ini. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari topologi jala.

  • Proses instalasinya rumit

Kekurangan pertama yang dimiliki yaitu proses instalasi yang rumit. Proses instalasi dari topologi mesh sangat rumit dan masih banyak orang yang belum tertarik untuk menggunakannya. Proses instalasi memang harus dilakukan oleh mereka yang sudah ahli di bidang komputer jaringan. Apabila Anda tidak mengetahui tentang komputer jaringan maka sebaiknya Anda tidak menggunakan topologi terlebih dahulu. Perlu menggunakan jasa teknisi yang ahli untuk memasang topologi jaringan ini.

  • Tidak bisa digunakan sehari-hari

Topologi jala ini tidak bisa digunakan sehari-hari. Tidak dapat memenuhi kebutuhan dari penggunanya. Sehingga ini menjadi salah satu kekurangan dari topologi jala.

  • Biaya dikeluarkan lebih banyak

Selain tidak bisa digunakan untuk sehari-hari topologi jala ini juga cenderung mengeluarkan biaya yang banyak. Salah satunya yaitu karena jumlah kabel yang digunakan juga cukup banyak. Sehingga untuk Anda yang tidak memiliki banyak anggaran untuk topologi ini maka sebaiknya mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Topologi jaringan jala ini bekerja karena tiap perangkat komputernya akan saling terkoneksi antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan terdapat kabel yang menghubungkan masing-masing perangkat komputernya.

Contoh Penggunaan Topologi Jaringan di Kehidupan Sehari-hari

Contoh Penggunaan Topologi Jaringan di Kehidupan Sehari-hari

Contoh topologi jaringan mesh atau topologi jenis lainnya pada kehidupan sehari-hari ini sangat beragam. Berikut ini merupakan beberapa contoh pengaplikasian topologi jaringan di kehidupan sehari-hari.

  • Warnet

Contoh pertama dari penggunaan mesh topologi yaitu sering ditemukan pada warnet atau warung internet. Seluruh perangkat komputer bisa berkomunikasi dan juga pengamatan dari masing-masing perangkat komputer jadi lebih mudah untuk digunakan.

Tentu saja setiap orang menggunakan topologi jaringan untuk memudahkan dalam melakukan transfer data dan lain sebagainya.

  • Antena pada televisi

Selanjutnya topologi jaringan biasanya juga digunakan untuk menghubungkan antara antena dengan televisi Jika Anda menginginkan jaringan atau sinyalnya dibagi. Jenis topologi jaringan yang biasanya digunakan yaitu ada topologi jaringan jenis bus.

  • Power plant nuklir

Ternyata topologi jaringan juga biasa digunakan untuk power plant nuklir terutama jenis topologi jaringan mesh.

Dalam teknologi Mesh ada teknologi khusus yang disebut dengan Ad Hock. Teknologi ini tidak bisa dibuat dengan menggunakan teknik pengkabelan yang biasa. Hal ini karena sistemnya sangat rumit.

Banyak ahli yang kemudian mengembangkan topologi ini dengan menggunakan teknologi nirkabel atau tanpa menggunakan kabel. Penerapan teknologi ini juga terbilang lebih efektif dan juga efisien. Teknisi bisa terhindar dari adanya risiko kesalahan perancangan kabel ataupun kabel yang berantakan.

Agar bisa memperkuat kualitas transmisi datanya dapat sinyal yang ada di dalamnya maka teknisi biasanya menggunakan airpoint atau perangkat radio udara untuk bagian tengah area jaringan. Hal ini berfungsi untuk repeater yang akan mengatur arah komunikasi dan juga meningkatkan kualitas.

Itulah beberapa informasi terkait dengan topologi mesh. Ingin paham lebih dalam tentang topologi dan dunia IT? Anda bisa langsung ambil kelas atau kursus di Course-Net. Upgrade pemahaman IT dan skill Anda dengan coach kelas dunia hanya di Course-Net. Miliki spesialisasi IT di bidang apapun yang Anda suka dan Anda inginkan!

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO EARLY BIRD
DISKON IDR 1.000.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 5 Juni 2023

Share Artikel Ini

Artikel Terbaru