course-net
Search
Close this search box.

Triangulasi: Pengertian, Pentingnya, Jenis dan Contohnya

Minet

November 29, 2023

triangulasi adalah

Triangulasi merupakan jenis pendekatan yang berguna untuk menemukan perspektif lebih banyak terkait data yang Anda temukan. Istilah ini juga sering muncul dalam penelitian karena mampu memudahkan proses penelitian.

Apa Itu Triangulasi?

Secara umum, triangulasi adalah pendekatan untuk menemukan berbagai perspektif dari data yang Anda temukan. Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan validitas data. Sehingga Anda lebih memahami apakah data tersebut sudah layak ataupun belum.

Dengan kata lain, triangulasi merupakan metodologi untuk meningkatkan reliabilitas dan validitas penelitian. Caranya dengan menggabungkan berbagai data yang berasal dari beragam metode, sumber ataupun teori.

Metode ini membantu para peneliti dalam mengumpulkan dan menganalisa data yang berasal dari sumber berbeda. Hal ini bertujuan untuk memvalidasi hasil sekaligus mengurangi bias hasil yang muncul. Biasanya metode ini digunakan untuk penelitian kualitatif, namun bisa juga muncul pada penelitian kuantitatif.

Pentingnya Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa triangulasi data adalah bagian penting dalam penelitian kualitatif. Sebab, penelitian kualitatif sangat berpotensi dipengaruhi oleh penilaian yang sifatnya subjektif.

Hal ini jelas berbeda dengan penelitian kuantitatif yang mana fakta bisa diungkap karena data-data bersifat eksak. Sehingga hasilnya pun lebih mudah untuk Anda lihat secara objektif.

Sebagai contoh, ketika Anda meneliti soal faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan dalam suatu perusahaan. Karena ini penelitian kualitatif maka Anda menggali data berdasarkan wawancara. 

Mulanya, Anda mewawancara direktur perusahaan terlebih dahulu. Kemudian hasil wawancara mengatakan kalau dirinya setuju jika faktor keberhasilan perusahaan adalah gaya kepemimpinan. 

Pandangan semacam itu sifatnya masih sangat subjektif. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus melakukan wawancara terhadap beberapa karyawan dalam perusahaan dari berbagai departemen.

Setelah melalui proses triangulasi ini, barulah Anda bisa menyimpulkan. Katakanlah kemajuan perusahaan bukan hanya dipengaruhi kepemimpinan saja, namun juga jumlah karyawan dan perbaikan sistem kerja. Karena hasil tersebut sudah melalui perbandingan opini dari berbagai pihak, maka hasil bisa dikatakan lebih objektif daripada sebelumnya.

Jenis-Jenis Triangulasi Data

Memahami pengertian triangulasi saja rasanya belum lengkap tanpa mengetahui jenis-jenisnya. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Triangulasi Metode

Jenis metode triangulasi ini menggabungkan beberapa metode penelitian sekaligus. Hal ini berguna untuk memahami suatu fenomena atau situasi tertentu. Melalui beberapa metode tersebut, maka peneliti bisa melakukan validasi hasil serta mengurangi bias yang mungkin muncul.

Katakanlah seorang peneliti bisa menggunakan teknik survei sekaligus wawancara dalam melakukan pengumpulan data mengenai topik penelitian. 

Dengan kata lain, penggunaan metode ini penting untuk memeriksa informasi yang Anda dapatkan selaras. Sehingga membutuhkan beberapa metode sekaligus agar mendapatkan akurasi data.

2. Triangulasi Sumber Data

Triangulasi sumber adalah metode untuk memeriksa validitas data yang berasal dari berbagai sumber. Misalnya sumber data yang berasal dari wawancara atau observasi secara langsung. 

Kemudian triangulasi data merupakan metode yang juga bisa memeriksa data yang cara mendapatkannya tidak langsung, seperti literature, dokumen, dan sebagainya.

Anda juga bisa melihat berapa responden yang turut berpartisipasi. Kemudian hal ini bisa Anda gunakan untuk membandingkan hasil pengamatan dari satu responden dengan responden lain. 

Melalui beberapa sumber tersebut, Anda bisa mendapatkan pemahaman komprehensif. Hal ini berguna untuk menjawab pertanyaan penelitian serta mengurangi bias informasi yang hanya dari satu sumber saja.

3. Triangulasi Investigator

Teknik triangulasi ini bisa Anda lakukan untuk memberikan perbandingan melalui data yang Anda temukan sendiri. Namun hal ini juga masih menimbulkan keraguan, sebab masih terdapat penilaian subjektif ketika melakukan pengolahan data. 

Hal inilah yang menjadi dasar munculnya triangulasi investigator. Di sini Anda bisa membandingkan data milik Anda dengan data yang peneliti lain dapatkan. 

Sebagai contoh, Anda bisa mengajak rekan untuk melakukan wawancara terhadap peserta penelitian. Tujuannya untuk memvalidasi data-data yang Anda peroleh. 

4. Triangulasi Teori

Jenis ini merujuk pada hasil penelitian kualitatif yang biasanya merupakan thesis statement atau rumusan informasi. Informasi ini nantinya dibandingkan dengan perspektif teori relevan. Hal ini berguna untuk meminimalisir bias subjektivitas peneliti dari temuan ataupun kesimpulan yang diperoleh.

Adanya metode ini juga mampu meningkatkan pemahaman secara mendalam. Namun hal ini harus diikuti dengan pengetahuan teoritis atas hasil analisis data tersebut. 

Tahapan ini merupakan yang paling sulit karena peneliti harus mampu mempunyai expert judgement saat membandingkan temuannya terhadap perspektif tertentu. 

Misalnya seorang peneliti menggunakan pendekatan psikologis dan sosiologis untuk menguji data mengenai dinamika sosial dari kelompok masyarakat.

Contoh Triangulasi

Siapa bilang kalau triangulasi hanya bisa digunakan untuk penelitian ilmiah saja? Di era digital saat ini juga sering kali dimanfaatkan oleh digital marketer. Tujuannya untuk menganalisa efektivitas social media campaign pada traffic website. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini contoh yang bisa Anda pahami.

1. Triangulasi Metode

Metode ini bisa menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dalam pengumpulan data. Sebagai contoh, Anda menganalisis data mengenai traffic website dengan Google Analytic. Artinya Anda sedang melakukan pendekatan kuantitatif.

Kemudian Anda melakukan wawancara terhadap follower media sosial perusahaan untuk mengumpulkan data. Artinya, Anda sedang menggunakan pendekatan kualitatif. Nah, Anda bisa menggabungkan kedua pendekatan tersebut secara bersamaan.

2. Triangulasi Sumber Data

Selanjutnya metode ini mengedepankan pemeriksaan terhadap beberapa sumber data untuk mendapatkan validitas data. Anda bisa mengumpulkan data melalui berbagai sumber, misalnya analytics social media, analytics website, dan survei. Melalui validasi dari berbagai sumber, Anda bisa menerapkan teknik ini untuk mendapatkan validasi dan akurasi data.

3. Triangulasi Investigator

Kalau metode yang satu ini lebih menekankan pada perbandingan dari peneliti untuk melakukan validasi data. Katakanlah Anda mengajak teman Anda sesama digital marketer untuk melakukan riset dan analisis data.

Misalnya Anda meminta rekan tim untuk melakukan analisis data traffic website. Sementara rekan lain melakukan survei terkait follower akun media sosial perusahaan. Hal ini dapat membantu mengurangi bias hasil data.

4. Triangulasi Teori

Metode ini lebih menekankan pada penggunaan teori untuk melakukan validasi data. Sehingga hasil dari penelitian memiliki tingkat akurasi tinggi dan mengurangi potensi subjektivitas peneliti. Sebab, hasil akhir dari penelitian tentu saja thesis statement. 

Misalnya Anda bisa berencana untuk melakukan penelitian mengenai dinamika sosial kelompok feminisme di Indonesia. Perspektif yang bisa Anda gunakan bisa dari segi sosiologis dan juga psikologis. Sehingga Anda bisa mendapatkan perspektif teori untuk menghindari subjektivitas hasil penelitian.

Itulah penjelasan tentang triangulasi, lengkap dengan jenis dan contohnya. Kemampuan yang dimiliki seorang digital marketer bukan hanya sekadar memasarkan produk, tetapi juga mampu menganalisa data science. Untuk mahir dalam hal ini, Anda bisa mengikuti kursus IT.

Namun jangan sampai Anda salah dalam memilih tempat kursus. Pastikan memilih Course Net yang memiliki staf pengajar kelas dunia. Anda pun bisa mendapatkan sertifikasi internasional.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print