course-net
Search
Close this search box.

Cisco Packet Tracer : Definisi , Fungsi & Download

Minet

January 4, 2023

Cisco Packet Tracer : Definisi , Fungsi & Download

Cisco Packet Tracer : Definisi , Fungsi & Download – Cisco packet tracer merupakan simulator dari alat-alat jaringan Cisco dan sering dipergunakan untuk media pembelajaran serta pelatihan di dalam suatu bidang penelitian simulasi terhadap jaringan komputer. Hal ini tentu saja menjawab rasa penasaran Anda terhadap apa itu Cisco packet tracer.

Program yang dibuat oleh Cisco System tersebut disediakan secara gratis untuk fakultas, siswi hingga alumni yang berpartisipasi dalam program pembelajarannya. Nah, sebelum masuk ke pembahasan detail mengenai Cisco, mari kita bahas mengenai tujuan dan fungsi dari Cisco packet tracer ini.

Apa Itu Cisco Packet Tracer? Penjelasan Lengkap

Tujuan dan Fungsinya

Cisco Packet Tracer : Definisi , Fungsi & Download

Tujuan utama dari Cisco packet tracer adalah menyediakan alat untuk siswa serta pengajar supaya bisa memahami mengenai prinsip jaringan komputer serta membangun skill pada bidang alat-alat di jaringan Cisco.

Fungsi Packet Tracer yaitu merancang suatu sistem ataupun topologi jaringan yang nantinya akan diterapkan di dunia nyata/kerja. Ketika Anda merancang topologi jaringan komputer dan tidak memakai bantuan aplikasi tandu maka memerlukan biaya yang mahal.

Bagian-Bagian Di Dalam Cisco Packet Tracer

Ketika membuka Packet Tracer tersebut Anda akan menemukan toolbar yang dipergunakan untuk mengakses menu di dalam aplikasi ataupun melakukan banyak hal seperti mencari error, konfigurasi, dan perangkat. Adapun beberapa contoh menu di toolbarnya sebagai berikut.

  1. Primary Toolbar

Primary Toolbar merupakan menu yang berada di aplikasi Cisco Packet Tracer. Untuk bagian pertama akan ditemukan teks yang mana itu merupakan menu pada aplikasi ini.

  • Bais kedua icon pertama merupakan tombol yang dipergunakan untuk membuka project baru.
  • Icon kedua berguna untuk membuka file project yang telah ada pada komputer.
  • Icon ketiga merupakan tombol save yang berguna menyimpan project ke dalam bentuk file.
  • Icon kedelapan hingga ke Sembilan merupakan tombol copy paste object di dalam workspace dan dapat menggunakan CTRL+C serta CTRL+V.
  • Icon kesepuluh merupakan tombol undo yang berguna kembali pada keadaan semula.
  • Icon kesebelas merupakan tombol redo berguna untuk maju pada keadaan setelahnya.
  • Icon ke dua belas berguna untuk zoom in, icon ke tiga belas berguna mereset zoom ke pengaturan default, dan zoom keempat belas yaitu zoom out, dan tombol lainnya.
  1. Secondary Toolbar

Untuk bagian toolbar ini nantinya Anda masuk ke dalam pembuatan object yakni garis, catatan, bidang, dan lainnya. Beberapa penjelasan bagiannya sebagai berikut ini.

  • Select (Esc): memilih fokus terhadap object di workspace, masuk di dalam perangkat serta berguna menambahkan perangkat yang berasal dari bottom toolbar ke dalam workspace.
  • Inspect (I): menampilkan ringkasan dalam bentuk tabel konfigurasi di dalam perangkat.
  • Delete (Del): berguna menghapus object.
  • Note (N): berguna membuat object ke dalam catatan.
  • Line (L): menggambar objek berupa garis lurus.
  • Rectangle (R): menggambar objek berupa persegi (kotak).
  • Ellipse (E): menggambar objek berupa lingkaran atau lonjong (elips).
  • Freeform (F): menggambar object non-geometris.
  • Simple PDIP): melakukan pengujian untuk pengiriman paket lewat satu perangkat ke perangkat lain.
  • Complex PDU (C): serupa Simple PDU, namun dapat dikonfigurasi packet apa nantinya yang akan Anda kirim, limitnya, dan lainnya.
  1. Bottom Toolbar

Untuk bagian toolbar di Cisco Packet Tracer ini pada bagian kiri atas dan terdapat indikator Tome dan menunjukkan waktu mengenai seberapa lama Anda mengerjakan ataupun membuka workspace.

  • Bagian samping terdapat tombol Power Cycle berguna untuk mereset seluruh perangkat di workspace.
  • Sebelahnya tombol Fast Forward yang berguna mempercepat suatu proses pada praktek nyatanya memerlukan waktu serupa booting, table routing, dan lainnya.
  • Penggunaan tombol Fast Forward tadi berguna untuk mempercepat. Sebagai contoh ketika Anda hendak mengonfigurasikan routing. Router memerlukan beberapa detik guna saling berkomunikasi dan bertukar table routing dan tentunya memakai tombol tersebut Anda dapat mempercepatnya.

Baca Juga : 7 Fakta Menarik Tentang Sertifikasi CISCO CCNA

Cara Konfigurasi End Devices

Perangkat yang dimaksud dengan end device yaitu Laptop dan PC dimana melalui perangkat tahu Anda harus melakukan proses konfigurasi ataupun pengujian. Seluruh hal tersebut dapat diakses pada satu tab.

Tentunya Anda hanya perlu klik di devicenya maka default tab desktop Cisco Packet Tracer akan terbuka secara otomatis. Pada bagian tersebut Anda terlihat daftar menu yang tersedia bagi pemula dan sering untuk dipergunakan.

  • IP Configuration: pengaturan IP.
  • Terminal: mengakses Network Device lewat console
  • Web Browser: berguna sebagai web browser.
  • Command Prompt: fungsinya selayaknya command prompt di komputer untuk ping, traceroute, dan lainnya akan tetapi fiturnya terbatas.

Cara Konfigurasi Network Devices

Cara Konfigurasi Network Devices

Perlu Anda pahami jika network device berupa Access Point, Switch, Router, dan lainnya. Pada kehidupan nyata supaya bisa mengakses network device Cisco lewat console (menghubungkannya ke Laptop/PC menggunakan kabel Serial Console kemudian membukanya di terminal).

Di Cisco Packet Tracer Anda dapat secara langsung membuka consolenya lewat tab CLI. Klik pada bagian network device yang perlu dikonfigurasikan dan pilih tab CLI. Walaupun Anda akan menemukan GUI namun dari segi fitur terbatas dan disarankan memakai CLI.

Tidak hanya melakukan konfigurasi akan tetapi perlu dilakukan penyesuaian terhadap interfacenya. Jika ingin melakukannya bisa di tab physical dan nantinya Anda menemukan modul i/o uang bisa diubah sesuai dengan keperluan.

Cara menggantinya:

  • Matikan power di perangkat.
  • ketika tidak terdapat slot ekspansi maka Anda perlu melepas i/o (interface) yang sudah ada terlebih dahulu dan caranya menyeret ke bagian gambar modul di kanan bawah. Ketika terdapat slot ekspansi nantinya Anda dapat langsung ke pemasangan modul.
  • Ketika pemasangan modul telah selesai dilakukan maka nyalakan lagi power di perangkat tersebut.

Simulation Mode & Download Cisco Packet Tracer

Simulation Mode merupakan salah satu fitur yang berguna memudahkan dalam mempelajari jaringan khususnya ketika melakukan troubleshooting ataupun menyelesaikan suatu permasalahan.

Menggunakan simulation mode nantinya Anda dapat mengamati jalanya paket pada setiap device. Sebelum mempelajarinya sangat disarankan untuk download Cisco packet tracer kemudian pelajari serta latihan untuk membuat jaringan sederhana pada Cisco packet tracer mobile ataupun lainnya.

Upgrade Skill Dengan Sertifikasi Cisco International.

Setelah mengetahui sekilas mengenai Packet Tracer maka sudah saatnya Anda mengembangkan kemampuan untuk bisa menjadi seorang Network Engineer dengan memanfaatkan sertifikasi Cisco International.

Sertifikasi tingkat pertama dari Cisco yaitu CCNA Enterprise Collaboration (200-301) yang mana sertifikasi tadi mengajarkan suatu konsep jaringan komputer dengan detail serta penerapannya di dalam dunia enterprise complex.

Sertifikasi CCNA tersebut menjadi suatu standar minimal untuk setiap perusahaan dalam menjadi Network Engineer. Jadi walaupun Anda sudah download Cisco packet tracer 32 bit ataupun download Cisco packet tracer 64 bit dan belajar secara otodidak namun jika tidak mempunyai sertifikasi CCNA akan kurang maksimal.

Tentunya dengan mengantongi sertifikasi CCNA akan membuka peluang yang lebih besar dalam memperoleh pekerjaan.

Melihat potensi yang luar biasa tadi maka jangan buang kesempatan untuk belajar di Course-Net yang nantinya Anda dibimbing dari dasar sampai HANDS ON LABS ketika memakai Cisco Real Equipment.

Coach yang mengajari Anda sudah kelas dunia dan hal-hal yang dipelajari mulai dasar pemahaman untuk jaringan komputer, pengenalan perangkat, cara untuk IP subnetting cepat hingga ke tahapan membangun network memakai skala besar sampai ribuan user.

Materi yang diajarkan merupakan gabungan dari materi Standar Internasional Cisco dengan berbagai kasus riil di lapangan. Nantinya Anda akan belajar mengenai strategi praktis dalam membangun suatu Network Infrastructure dengan Secure, Reliable serta Scalable berkapasitas ribuan user.

Ketika Anda memutuskan bergabung di Course-Net maka tersedia 8 keuntungan yang akan diperoleh

Nomor 1 Practical IT Coaching

Hal itu tentunya dibuktikan dengan Course-Net telah berhasil mencetak 75.000++ lulusan serta memperoleh penghargaan pada ajang ECC Global Award tahun 2019.

3P Coach

Nantinya Anda dibimbing seorang coach dan merupakan seorang praktisi langsung pada dunia industri, memiliki sertifikasi internasional, dan prestasi tingkat dunia.

Jadi coachnya bukan kaleng-kaleng yang hanya memanfaatkan layanan Cisco packet tracer download saja untuk belajar. Namun memang benar-benar berkualitas dan berpengalaman dengan adanya sertifikasi dan prestasi tadi.

100% Garansi Pelatihan

Jangan beranggapan jika tempat kursus ini hanya mengajarkan konsep dasar dari Cisco Packet Tracer akan tetapi mengajarkan strategi praktis real pada dunia industri. Untuk Anda yang mengikuti kursus ini akan diberikan jaminan belajar sampai bisa. Ketika masih belum memahaminya bisa ikut kelas ulang secara gratis.

Strong Connection

Course-Net Indonesia sudah menjalin kerja sama bersama banyak perusahaan besar di seluruh Indonesia. Sehingga akan lebih siap dalam menyalurkan lulusannya untuk bekerja setelah latihan selesai.

Project Certificate

Tempat pelatihan ini sudah memperoleh lisensi secara resmi bertaraf internasional yang diperoleh dari EC-Council. Sehingga setiap harinya Anda bisa mengambil ujian sertifikasi.

Learning Community

Setelah selesai menempuh pendidikan di Course-Net nantinya Anda bisa tergabung di dalam suatu komunitas supaya bisa berbagai informasi dan pengetahuan termasuk juga berbagai lowongan pekerjaan yang ada.

Bahkan ketika Anda download Cisco packet tracer terbaru dan tidak begitu memahami bagaimana cara pengoperasiannya maka bisa bertanya pada komunitas tersebut.

Project Review

Ketika pelatihan selesai dilakukan maka Anda akan langsung terjun membuat project pertama sehingga apa yang telah dipelajari selama pelatihan bisa langsung dipraktekan.

Nantinya project yang dibuat akan di review secara langsung oleh coach dari Course-net. Melalui proses pembelajaran dan project tersebut maka Anda akan memperoleh sertifikat attendance serta sertifikat skill.

Job Connector Program

Untuk Anda yang sudah berhasil memperoleh skill sertifikat maka Course-Net membantu Anda dalam menyalurkan ke berbagai perusahaan besar di Indonesia.

Sehingga usahakan ketika Anda mengikuti pelatihan ini harus melakukannya dengan maksimal jangan asal ikut saja. Siapa tahu ini merupakan salah satu jalan dalam meraih kesuksesan dengan berhasil mendapatkan skill sertifikat.

Jadi itulah pengertian Cisco packet tracer dan juga berbagai hal yang berkaitan dengan Cisco Packet Tracer yang perlu untuk Anda pahami.

Itulah pembahasan mengenai Cisco. Semoga dapat membantu Anda menambah ilmu mengenai programming untuk memperoleh karir di dunia programming maupun coding.

Untuk Anda yang memang benar-benar tertarik terjun ke dunia Networking Engineering jangan ragu memperdalam skill dengan mengikuti pelatihan di Course-Net. Pelatih, materi, dan garansi yang diberikan merupakan beberapa keunggulan yang bisa Anda peroleh.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!