course-net
Search
Close this search box.

Home >

10 Bahasa Pemrograman Belajar Coding yang Populer 5 Tahun ke Depan

Monday, 10 June 2024 10:06 AM

10 Bahasa Pemrograman Belajar Coding yang Populer 5 Tahun ke Depan

Dalam dunia coding ada banyak sekali bahasa pemrograman yang digunakan oleh para programmer dalam menjalankan tugasnya. Dari banyaknya bahasa pemrograman di dunia, sesuai pengalaman saya, saya memprediksi 10 bahasa pemrograman belajar coding yang populer 5 tahun ke depan. Jadi untuk Anda yang ingin belajar coding, cobalah untuk mempelajari salah satu dari beberapa bahasa pemrograman yang akan dijelaskan kali ini.

Apa Itu Bahasa Pemrograman?

10 Bahasa Pemrograman Belajar Coding yang Populer 5 Tahun ke Depan

Bahasa pemrograman adalah kumpulan instruksi dan aturan yang digunakan oleh programmer untuk berkomunikasi dengan komputer. Dengan begitu programmer dapat memberikan perintah kepada komputer untuk menjalankan tugas tertentu sesuai kode yang dimasukkan, karena komputer tidak memahami bahasa manusia.

Komputer hanya dapat memahami bahasa dan simbol tertentu yang digunakan dalam coding sehingga dapat memberikan arahan dan perintah pada komputer. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menjadi programmer, tentunya harus bisa menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman.

Baca Juga: Algoritma Pemrograman: Pengertian, Fungsi dan Contoh

Inilah Bahasa Pemrograman Paling Populer dalam Coding

Bahasa pemrograman menjadi penghubung bagi komputer dan manusia untuk berinteraksi. Bagi Anda yang ingin bekerja di bidang IT, wajib tahu apa saja bahasa pemrograman yang paling populer. Berikut ini merupakan 10 bahasa pemrograman belajar coding yang populer 5 tahun ke depan.

1. JavaScript

Bahasa pemrograman yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia IT. JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang berbasis prototype dan berorientasi objek sehingga disebut sebagai bahasa coding paling serbaguna karena digunakan pada server-side dan client-side. Tidak heran jika para developer web memilih untuk mempelajari bahasa pemrograman ini.

JavaScript menggunakan konsep pemrograman kompleks seperti sistem modul, manajemen memori dan penanganan kesalahan sehingga dapat mendukung berbagai peramban web.
Bahasa pemrograman ini juga menjadi komponen sangat penting dalam teknologi pengembangan web modern. Dengan bahasa pemrograman ini maka developer dapat membuat aplikasi website yang responsif dan interaktif.

2. Python

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang biasanya digunakan oleh programmer untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk prototype, otomatisasi dan analisis serta visualisasi data hingga pengembangan website.

Bahasa pemrograman ini sangat populer di kalangan developer perangkat lunak karena dianggap paling cocok sebagai bahasa script. Python bersifat open source sehingga dapat dimodifikasi source code-nya supaya sesuai kebutuhan programmer.

Selain itu, Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah dikuasai karena sintaksisnya mirip dengan bahasa Inggris. Tidak heran jika banyak para pemula yang ingin menjadi developer atau programmer dengan memulai belajar bahasa pemrograman Python karena masuk dalam daftar 10 bahasa pemrograman belajar coding yang populer 5 tahun ke depan.

3. SQL

Structured Query Language (SQL) cukup berbeda dengan bahasa pemrograman populer lainnya karena bahasa coding ini tidak bisa digunakan sendiri untuk berbagai pengembangan situs website atau aplikasi.
Namun SQL tetap menjadi metode populer dalam menyimpan dan menganalisis data misalnya menganalisis data untuk keputusan besar dalam bisnis. Dengan demikian maka SQL dapat menghasilkan informasi yang sangat bermanfaat untuk membuat keputusan operasi, pemasaran dan strategi.

Bagi Anda yang ingin membangun karier di bidang analis data konsumen maka SQL menjadi bahasa coding terbaik yang wajib dipelajari. Bahkan programmer SQL selalu dibutuhkan dalam dunia kerja misalnya sebagai front-end engineer.

4. C++

Bahasa pemrograman C++ menjadi salah satu bahasa coding yang mudah dipahami dan dipelajari oleh para pemula. C++ merupakan pembaruan dari bahasa pemrograman C, yang termasuk bahasa coding tertua di dunia.

Perbedaan paling mencolok antara C dan C++ yaitu ada di bagian metode penyelesaian masalahnya, di mana bahasa pemrograman C tetap melalui tahap prosedural setelah masalah selesai sehingga akan dibagi-bagi menjadi sub-sub masalah yang lebih sederhana. Sedangkan bahasa pemrograman C++ lebih terpusat pada objek dalam penyelesaian masalah.

Tidak heran apabila bahasa pemrograman C++ sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan besar seperti Mozilla Firefox dan Adobe.

5. Golang

Salah satu dari 10 bahasa pemrograman belajar coding yang populer 5 tahun ke depan ialah Golang. Golang merupakan bahasa pemrograman baru tetapi memiliki banyak peminat di masa kini. Dibuat oleh Google pada tahun 2009, bahasa pemrograman ini dianggap sebagai bahasa coding yang mudah, sederhana dan efisien sehingga memiliki level yang sebanding dengan Java.

Menariknya lagi, bahasa kuning ini juga berkemungkinan menjadi bahasa pemrograman yang paling dibutuhkan di masa mendatang. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjadi programmer tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini.

Mau Belajar Golang? Ikut Kursus Golang Di Course-Net Sekarang, Promo Terbatas

6. Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang hak miliknya ada di Oracle. Seperti halnya Python, Java merupakan bahasa coding tingkat tinggi yang serbaguna untuk berbagai tujuan, sehingga memungkinkan para programmer untuk membuat semua aplikasi web dengan mudah.

Tagline dari bahasa coding ini yaitu, “tulis sekali, jalankan dimana-mana”, sehingga kode Java dapat berjalan tanpa ada kesalahan pada sistem operasi mana pun.

Sintaksis Java juga sangat familiar di kalangan para programmer karena memiliki struktur objek oriented. Selain itu, framework Java terbaru juga membuat bahasa pemrograman ini lebih mudah digunakan oleh para developer dalam membuat aplikasi.

7. Swift

Meskipun merupakan bahasa pemrograman baru yang rilis pada tahun 2014, Swift menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer dan dibutuhkan oleh perusahaan akhir-akhir ini dan beberapa tahun mendatang. Swift dibuat oleh Apple yang bertujuan untuk menyederhanakan pemrograman iOS hingga para programmer apple mengadopsinya dengan cepat untuk menguasai bahasa pemrograman ini.
Swift menjadi bahasa pemrograman yang pertumbuhan dan perkembangannya tercepat. Bahasa pemrograman ini memudahkan para programmer dalam menulis software yang stabil, cepat dan aman. Tiga prinsip utama Swift yaitu keselamatan, kecepatan dan ekspresif.
Bagi Anda yang ingin menjadi programmer andal, dapat mempelajari bahasa coding Swift karena berpotensi besar dalam karier.

8. Kotlin

Salah satu dari 10 bahasa pemrograman belajar coding yang populer 5 tahun ke depan yaitu Kotlin. Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang diminati oleh banyak programmer dan mendapatkan dukungan terus-menerus dari Google dan Android Studio sebagai bahasa pemrograman terpopuler.

Sebenarnya Kotlin dikembangkan menjadi alternatif untuk bahasa pemrograman Java. Kotlin dapat menyelesaikan beberapa masalah dalam bahasa Java yang kemudian menjadi pilihan bagi banyak programmer tim Android.

Fitur yang paling menarik dari bahasa pemrograman kotlin yaitu ringkas, aman dan ramah pengguna. Jadi jika Anda berkeinginan untuk menjadi developer Android, maka Kotlin menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib dipelajari.

9. Rust

Bahasa pemrograman yang satu ini memiliki sistem penerapan yang cukup khusus. Walaupun tidak terlalu esensial untuk kebanyakan developer dalam mempelajarinya, tetapi bahasa coding ini sangat berguna untuk siapa pun yang ingin melakukan coding system apa pun di masa depan.
Rust merupakan bahasa pemrograman yang disponsori oleh Mozilla sehingga memiliki potensi sangat besar untuk berkembang. Bahkan survei Stuck menempatkan Rust sebagai bahasa pemrograman yang paling diminati dalam tiga tahun terakhir, yang kemudian disusul oleh Kotlin.

10. PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman yang sangat cocok untuk Anda yang ingin menjadi website developer. Hasil pemrograman ini menjadi salah satu pilihan terbaik karena banyak web besar yang menggunakan bahasa pemrograman ini, diantaranya Digg, Wikipedia dan Facebook.

Bahkan sekitar 78,1% seluruh website menggunakan bahasa pemrograman PHP karena merupakan bahasa utama WordPress.

Dibandingkan bahasa pemrograman popular lainnya, PHP lebih mudah dipelajari karena banyak sumber materi yang tersedia untuk pemula. Selain itu, sintaksisnya juga sederhana sehingga cocok untuk para pemula yang ingin belajar bahasa coding.

Baca Juga: 6 Bahasa Pemrograman Familiar Paling Banyak Digunakan

Tertarik Mau Belajar Coding?

Demikianlah penjelasan mengenai 10 bahasa pemrograman belajar coding yang populer 5 tahun ke depan. Bagi Anda para pemula, usahakan untuk menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan latihan terus-menerus secara konsisten.

Anda juga dapat mengikuti program kursus di Course-Net karena di sini Anda dapat belajar coding dari awal dipimpin oleh mentor profesional kelas dunia. Metode pembelajarannya sistematis dan interaktif sehingga memudahkan Anda dalam menguasai pembelajaran coding yang berguna untuk berkarier di bidang IT.

Artikel Terkait

teknik informatika belajar apa saja
Lain-Lain
Minet Course-Net

Teknik Informatika Belajar Apa Saja?

Teknik Informatika belajar apa? Jawabannya adalah sebuah jurusan yang mengulas semua ilmu yang berhubungan dengan teknologi komputer.  Untuk yang ingin masuk ke jurusan ini wajib

Read More »

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Full Stack Web Developer ? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?