course-net
Search
Close this search box.

Home >

Teknik Informatika Belajar Apa Saja?

Wednesday, 17 April 2024 2:55 PM

teknik informatika belajar apa saja

Teknik Informatika belajar apa? Jawabannya adalah sebuah jurusan yang mengulas semua ilmu yang berhubungan dengan teknologi komputer. 

Untuk yang ingin masuk ke jurusan ini wajib memiliki keterampilan logika dalam pengolahan data komputer karena teknik informatika lebih fokus mempelajari teknologi software, teknologi jaringan komputer dan juga programming. 

Kalau ingin mengetahui secara lengkap mengenai ilmu yang dipelajari di jurusan ini sebaiknya baca ulasan berikut ini.

Apa Saja Fungsi Belajar Teknik Informatika?

Teknik informatika belajar apa? Ada banyak yang dipelajari di jurusan ini dan semua ilmu yang dipelajari sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. 

Lulusan SMA ataupun remaja yang ingin melanjutkan kuliah sebaiknya ambil jurusan ini saja karena ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari belajar teknik informatika, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Membantu Memahami Teknologi Dengan Cepat

Apa fungsi belajar teknik informatika? Fungsi yang pertama adalah bisa membantu seseorang untuk lebih cepat memahami teknologi yang ada saat ini. 

Hal ini tentunya akan sangat membantu karena kemampuan menggunakan teknologi yang bagus akan mempermudah seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, baik itu bekerja maupun belajar.

Meningkatkan Daya Kreativitas

Mempelajari ilmu ini akan meningkatkan kreativitas seseorang karena saat belajar teknik informatika diharuskan untuk bisa mengembangkan software ataupun hardware. 

Mahasiswa yang dituntut untuk melakukan hal tersebut mau tidak mau harus mengembangkan kreativitasnya agar software yang dikembangkan bisa tampil berbeda dengan software lainnya sehingga banyak yang berminat menggunakan.

Menumbuhkan Kemampuan Mengembangkan Hardware dan Software 

Kalau bertanya jurusan teknik informatika belajar apa saja, jawabannya adalah ilmu yang mempelajari cara mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras. 

Karena setiap harinya mempelajari ilmu tersebut maka mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan software yang dapat dimanfaatkan banyak orang untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Meningkatkan Peluang Untuk Sukses 

Masih banyak orang yang bertanya teknik informatika belajar apa. Jurusan ini khusus mempelajari ilmu teknologi yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini. 

Dengan menguasai ilmu teknik informatika nantinya akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang besar sehingga peluang untuk menjadi orang sukses terbuka lebar.

Meningkatkan Kemampuan Analisis

Teknik informatika belajar apa saja merupakan pertanyaan yang sangat umum dilontarkan anak-anak SMA yang ingin kuliah. 

Untuk pertanyaan tersebut jawabannya adalah teknik informatika adalah jurusan kuliah yang dapat membantu mahasiswa untuk bisa memiliki kemampuan analisis yang bagus. 

Kemampuan ini bisa didapatkan karena belajar informatika sering sekali melakukan analisa data untuk memecahkan permasalahan saat mengembangkan software atau saat membuat coding.

Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi 

Siswa yang baru lulus SMA sering sekali mengajukan pertanyaan teknik informatika belajar apa. Jawaban yang bisa diberikan untuk siswa tersebut adalah belajar ilmu teknologi, baik itu pengembangan software maupun pemrograman. 

Mahasiswa yang mempelajari teknik ini nantinya akan sering bekerja sama dengan orang lain sehingga kemampuan komunikasi yang dimiliki akan terus meningkat.

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

Kira-kira teknik informatika belajar tentang apa? Jurusan Informatika mempelajari tentang bagaimana caranya merancang, membuat dan juga menggunakan sistem komputer untuk bisa memenuhi kebutuhan bisnis atau manajemen. 

Jurusan ini akan mengombinasikan pembelajaran yang berhubungan dengan programming, manajemen dan juga bisnis. Ada beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini dan berikut adalah daftar mata kuliah tersebut.

Mata Kuliah Konsentrasi 

Sebelum masuk universitas pastinya banyak yang bertanya kuliah teknik informatika belajar apa saja. Salah satu mata kuliah yang nantinya akan dipelajari di jurusan ini adalah mata kuliah konsentrasi utama yang wajib diambil. 

Ada beberapa ilmu yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini dan berikut adalah daftar lengkap ilmu-ilmu tersebut.

  • Analisis dan Desain Berorientasi Object
  • Arsitektur Komputer
  • Basis Data
  • Jaringan Komputer
  • Bahasa Pemrograman
  • Pemrograman Jaringan
  • Rekayasa Perangkat Lunak

Semua ilmu tersebut selain bisa dipelajari di bangku perkuliahan ternyata juga bisa dipelajari secara mandiri di rumah dengan mengikuti pelatihan online yang diadakan CourseNet. Untuk yang berminat mengikuti pelatihan bisa langsung mendaftar di website resmi CourseNet saja.

Mata Kuliah Dasar 

Teknik informatika multimedia belajar apa? Jawabannya yaitu mempelajari bagaimana caranya membuat animasi dan juga video. 

Mata kuliah multimedia ini termasuk mata kuliah dasar yang akan diambil mahasiswa saat mulai masuk jurusan teknik informatika. Selain multimedia, ada juga mata kuliah dasar lainnya dan berikut contohnya.

  • Struktur Data
  • Organisasi Komputer
  • Algoritma dan Pemrograman
  • Pengantar Teknologi Informasi

Mahasiswa diwajibkan untuk mengambil semua mata kuliah tersebut kalau ingin bisa mengambil mata kuliah konsentrasi maupun mata kuliah lanjutan.

Mata Kuliah Lanjutan

Teknik informatika belajar apa? Jawabannya yaitu mempelajari beberapa mata kuliah lanjutan yang biasanya akan diambil saat mahasiswa masuk semester 7 atau semester 8. 

Materi yang akan dipelajari di semester tersebut akan lebih kompleks dan lebih spesifik, berikut ini adalah beberapa contoh mata kuliah lanjutan.

  • Sistem Terdistribusi
  • Keamanan Jaringan
  • Artificial Intelligence
  • Sistem Pakar/Expert System
  • Data Mining
  • Cloud Computing
  • Teori Bahasa dan Otomata
  • Mobile Programing

Mata kuliah ini bisa berbeda tergantung dari kebijakan universitas yang dipilih, jadi tidak perlu merasa heran kalau menemukan ada mata kuliah yang berbeda antara satu universitas dengan universitas lainnya.

Mata Kuliah Berhubungan Dengan Matematika 

Calon mahasiswa yang bertanya teknik informatika belajar apa pasti mengira kalau jurusan ini hanya mempelajari pengembangan software saja tapi ternyata ada juga mata kuliah lain yang lainnya. 

Mata kuliah tersebut adalah mata kuliah yang ada hubungannya dengan matematika seperti yang ada di bawah ini.

  • Metode Numerik
  • Aljabar Linier & Matrix
  • Matematika Diskrit
  • Logika Matematika/Logika Informatika
  • Kalkulus I & II
  • Statistik

Selain itu, mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa teknik informatika karena mahasiswa harus menghafal berbagai macam jenis rumus matematika dan harus bisa mengaplikasikan rumus matematika dengan baik dan benar.

Mata Kuliah Umum

Selain mempelajari mata kuliah yang erat hubungannya dengan pemrograman dan pengembangan software ternyata teknik informatika juga mempelajari mata kuliah umum. 

Ada banyak mata kuliah umum yang wajib diambil mahasiswa dan rata-rata mata kuliah ini memiliki bobot SKS yang tidak terlalu besar. Contoh mata kuliah umum ini bisa dilihat daftarnya berikut ini.

  • Kewarganegaraan
  • Ilmu Sosial Budaya Dasar
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Kewirausahaan & Manajemen
  • Metode Penelitian
  • Etika Profesi
  • Kewirausahaan & Manajemen

Semua mata kuliah tersebut harus diambil, kalau ada mahasiswa yang tidak mengambil salah satu mata kuliah tersebut maka kelulusan bisa ditangguhkan. 

Jadi kalau ingin lulus sebaiknya ambil mata kuliah tersebut dan dapatkan nilai yang bagus agar bisa melanjutkan ke semester selanjutnya. Bagi kamu yang ingin mempelajari IT lebih dalam kunjungi Course-Net tempat pelatihan IT di Indonesia. Course-Net memberikan materi terbaik serta didukung oleh praktisi aktif kelas dunia yang sudah bersertifikasi Internasional.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!