course-net
Search
Close this search box.

5 Profesi Yang Paling Banyak Dicari Perusahaan: Switch Karir IT

Minet

February 17, 2024

digital

 Setiap orang ingin mendapatkan karir yang baik, bukan hanya saat ini namun karir tersebut juga terus berjalan dengan perkembangan jaman. Era teknologi yang terus berkembang maka akan muncul profesi yang menjadi kebutuhan industri. Sudah tidak asing lagi bagi kita jika suatu saat nanti akan terdapat beberapa profesi yang hilang dan digantikan dengan transisi profesi baru. Tapi yang jadi pertanyaan, Apakah anda sudah siap dengan hal tersebut? berikut beberapa profesi yang menjadi incaran para perusahaan.

5 Profesi Yang Paling Banyak Dicari Perusahaan: Switch Karir IT

Pekerjaan Yang Paling Banyak Dicari 2024

IT Programmer

IT programmer merupakan profesi seseorang yang memiliki keahlian dalam membuat, merancang, mengembangkan, dan menganalisa sebuah pemrograman pada website. Sebagai seorang IT Programmer harus dapat mengelola dan menjaga database yang sudah dibentuk pada bahasa pemrograman yang sudah dibuat hal tersebut juga demi menjaga keamanan dan kerahasiaan data yang ada pada website tersebut.

Skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang IT Programmer yaitu dengan tingkat ketelitian yang tinggi dan anda harus menguasai software maupun bahasa pemrograman seperti HTTP, Javascript, content management system dan lainnya.

Cyber Security

Profesi yang paling banyak saat ini juga termasuk cyber security, tugas sebagai cyber security harus bisa memastikan bahwa seluruh data yang digunakan pada sebuah website itu terhindar dari ancaman yang dapat merusak sistem atau peretasan pada data website. Hal tersebut pada saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang cyber security karena demi menjaga keamanan dan kerahasiaan data perusahaan. Skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang cyber security anda harus memahami sistem keamanan website seperti sistem peretasan dan pendeteksi serangan ancaman.

Data Science

Sebagai seorang data science memiliki kemampuan untuk mencari, membaca, dan menganalisa data untuk dijadikan pengembangan suatu bisnis. Dengan adanya seorang data science maka perusahaan bisa lebih tepat dalam menentukan arah bisnis berdasarkan data yang sudah didapatkan sebelumnya. Baik untuk pengembangan produk, arah lini bisnis, hingga target pencapaian penjualan. Oleh karena itu profesi ini banyak dicari dari berbagai sektor lini bisnis, seseorang yang memiliki kompetensi sebagai data science memiliki prospek karir yang baik.

Sebagai seorang data science anda harus mampu membaca data, menganalisa data, python programming, algoritma dan pemrograman. sehingga bisa mendapatkan hasil keputusan yang tepat dalam pengembangan bisnis yang nantinya akan digunakan terhadap perkembangan perusahaan.

Cloud Engineer

Cloud engineer merupakan profesi yang memiliki peran terhadap pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur cloud. Hal ini untuk memastikan bahwa data yang disimpan bisa tersampaikan dengan baik. Sebagai cloud engineer harus mampu mengawasi dan mengontrol terhadap pemeliharan cloud dengan baik hal tersebut agar tidak terjadi pencurian data, atau kegagalan dalam penyampaian data. Profesi ini banyak dicari dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang, maka profesi sebagai seorang cloud enginer memiliki prospek karir yang sangat baik untuk kedepannya. Skill yang harus anda miliki untuk menjadi seorang cloud engineer yaitu penguasaan bahasa pemrograman komputasi cloud seperti golang, java, SQL dan python.   

UI/UX Designer

User interface merupakan tampilan visual yang dapat dilihat oleh user untuk bisa meningkatkan user experience pada kunjungan website. Sedangkan User Experience merupakan interaksi user terhadap website untuk meningkatkan trafik kunjungan pada website. Profesi sebagai UI/UX memiliki tingkat prospek karir yang baik untuk masa depan, sesuai dengan perkembangan teknologi banyak perusahaan yang menggunakan website sebagai status account resmi perusahaan. Karena hal itu banyak perusahaan membutuhkan seorang UI/UX.

Skill yang harus dimiliki UI/UX anda harus memahami bahasa pemrograman dan tools design untuk pemrograman pada tampilan website, hal ini juga diperlukan seseorang yang kreatif dan inovasi dalam membuat tampilan website.

Baca Juga: Personal Branding Adalah: Pengertian, Contoh dan Manfaat

Cara Switch Karir IT

Memiliki portfolio

Untuk bisa memiliki karir di bidang IT ini anda harus memiliki portofolio atau hasil kerja yang mendukung kemampuan anda. Hal ini diperlukan agar perusahaan percaya bahwa anda memiliki keahlian dan kompeten di bidang tersebut. Untuk memiliki portfolio ini anda harus mengerjakan berbagai study case atau project nyata dalam membuat suatu web dan bisa menampilkan beberapa hal seperti hard skill yang anda gunakan dalam mengembangkan website tersebut. Misalnya menggunakan python, mysQL dan lainnya.

Mengikuti kursus 

Dalam mencapai karir impian sebagai seorang IT anda perlu meningkatkan skill kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan anda dan tujuan karir kedepan. Hal yang anda harus pastikan yaitu kurikulum yang digunakan serta pemateri yang profesional yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi skala international. Dengan mengikuti kursus ini anda juga akan dilatih dengan berbagai modul yang menyesuaikan perkembangan industri, sehingga yang anda pelajari memang relevan dengan permintaan industri saat ini dan hal itu membuka kesempatan anda untuk bisa berkarir sebagai seorang IT profesional.

Kesimpulan

Kemajuan sebuah teknologi pada saat ini berpengaruh terhadap profesi yang menjanjikan untuk di masa depan, akan tetapi hal tersebut harus diikuti dengan keahlian yang mumpuni di bidang IT, bagi anda yang ingin memiliki karir sebagai seorang IT namun tidak memiliki pengalaman sebagai IT, atau jika anda ingin switch karir, Anda bisa mengikuti kursus dari Course Net karena melalui Course Net anda akan diberikan pembelajaran yang komprehensif mulai dari dasar pemrograman sampai dengan advance, sehingga bagi anda yang baru ingin memulai menjadi seorang IT anda bisa mengikuti kursus ini tanpa ragu karena didukung juga dengan modul yang sesuai dengan perkembangan IT dan free Re-Coaching sampai anda menjadi IT profesional.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!