course-net
Search
Close this search box.

Home >

5 Aplikasi Coding Untuk Pemula Yang Mau Belajar Coding 2024

Monday, 27 May 2024 11:22 AM

aplikasi coding

5 aplikasi coding untuk belajar ngoding khusus pemula sekarang banyak yang gratis dan mudah untuk digunakan oleh pemula. Meskipun begitu tidak disarankan untuk asal memilih aplikasi karena tidak semua aplikasi mendukung bahasa pemrograman yang populer saat ini.

Selain itu, ada juga aplikasi yang memiliki tampilan antarmuka yang rumit sehingga sulit untuk digunakan. Agar tidak salah pilih sebaiknya lihat beberapa daftar aplikasi coding menurut rekomendasi kami berikut ini.

Rekomendasi Aplikasi Coding Untuk Pemula

Aplikasi coding merupakan sebuah aplikasi pemrograman yang dapat digunakan oleh programmer baik itu pemula ataupun profesional untuk membuat aplikasi atau situs website. Biasanya programmer akan memanfaatkan aplikasi ini untuk menyusun dan menulis kode-kode tertentu sehingga membentuk sebuah aplikasi.

Dari sekian banyak aplikasi yang saat ini bisa digunakan hanya ada beberapa yang sering digunakan programmer pemula dan berikut daftar lengkapnya.

brackets

Brackets

Aplikasi Brackets merupakan salah satu aplikasi coding yang dibuat oleh Adobe. Brackets bisa digunakan untuk membuat desain website dan juga membuat web front end. Untuk menggunakan Brackets sangat mudah karena aplikasi ini dapat digunakan di berbagai macam sistem operasi, mulai dadi MAC OS, Windows dan Linux.

Brackets bisa dikatakan cocok untuk pemula karena tampilan antarmuka aplikasi ini sangat sederhana dan sudah dilengkapi fitur mode terang dan gelap yang dapat mempermudah pengguna saat menuliskan kode.
Brackets juga sudah menyediakan beraneka ragam tema dari extension manager yang dapat digunakan pengguna sesuai kebutuhan. Selain itu, ada juga beberapa fitur yang bisa digunakan programmer pemula seperti highlighting, split screen, keyboard shortcut, no distraction mode dan lain sebagainya.

BlueFish

BlueFish

Sebagai programer profesional, kami menilai BlueFish pantas masuk dalam 5 aplikasi coding untuk belajar ngoding khusus pemula. Aplikasi BlueFish sangat disarankan untuk digunakan oleh pemula karena aplikasi ini merupakan aplikasi coding yang kompatibel di berbagai macam platform. Tapi untuk pemula yang ingin memakai aplikasi ini sebaiknya gunakan aplikasi di sistem operasi Linux agar aplikasi ini bisa bekerja dengan lebih optimal.

BlueFish ini juga sudah dilengkapi beberapa fitur canggih yang dapat mendukung proses pengembangan aplikasi, diantaranya adalah fitur search, formatting kode, toolbar multifungsi dan juga penambahan table.
Ada juga keunggulan lain yang dimiliki BlueFish yaitu dapat dimanfaatkan untuk membuka beberapa jenis file dengan ukuran besar di waktu yang sama namun masih tetap bisa berjalan dengan stabil. Ukuran file aplikasi juga kecil sehingga kalau menggunakan aplikasi ini tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Espresso

Espresso

Aplikasi Espresso merupakan aplikasi yang dirancang secara khusus untuk MAC OS. Aplikasi ini terkenal dikarenakan mempunyai fitur browser X-Ray dan pengeditan CSS yang dapat digunakan pemula untuk membuat sebuah program.

Untuk pemula yang ingin mengedit CSS di website secara langsung juga dapat memanfaatkan aplikasi ini. Selain itu, bahasa pemrograman yang bisa dipakai di aplikasi ini cukup beragam, contohnya PHP, Ruby, Javascript, LESS, CSS, Apache, Python dan lain sebaiknya.

Pemula kalau ingin menggunakan aplikasi Espresso yang termasuk dalam 5 aplikasi coding untuk belajar ngoding khusus pemula ini dengan bebas maka wajib untuk membayar biaya langganan per bulan sebesar $99 USD. Tapi pemula juga bisa mencoba versi free trial apabila belum terlalu yakin untuk menggunakan aplikasi ini.

EasyPHP

EasyPHP

Aplikasi EasyPHP juga bisa digunakan di beberapa platform yang sering dipakai programmer pemula. Untuk yang tertarik menggunakan EasyPHP bisa memilih salah satu versi dari dua versi aplikasi ini yaitu Webserver dan Devserver.

Versi Webserver memiliki tampilan sederhana karena versi ini hanya menggunakan beberapa bahasa pemrograman saja, seperti Apache, PHP, phpMyAdmin dan MySQL. Sedangkan versi Devserver mempunyai bahasa pemrograman yang lebih beragam yaitu phpMyAdmin, Python, Apache, Nginx, PHP, MySQL, Ruby, MongoDB, PostgreSQL dan Xdebug.

Kedua versi aplikasi ini sudah dilengkapi fitur canggih yaitu codiac editor, webgrind, PHPcode sniffer. Xdebug manager dan Apk coding. Selain itu, aplikasi EasyPHP juga mempunyai konfigurasi firewall dan IP yang sangat sederhana sehingga pemula tidak kesulitan saat menggunakannya.

Cara Install Visual Studio Code

Visual Code Studio

Aplikasi buatan Microsoft ini menawarkan user interface yang sederhana dan menarik sehingga banyak programmer pemula yang memilih menggunakan aplikasi ini. Jenis bahasa pemrograman yang bisa digunakan juga sangat beragam sehingga pemula bisa belajar beberapa bahasa pemrograman sekaligus di aplikasi ini.

Meskipun termasuk aplikasi gratis tapi pemula tidak akan menyesal kalau sudah menggunakan Visual Code Studio karena fitur aplikasi ini terbilang cukup lengkap dan semuanya bisa digunakan secara bebas. Contoh fitur yang tersedia diantaranya adalah otomatisasi penyelesaian kode, keyboard shortcut, Zen mode dan masih banyak yang lainnya. Kalau tertarik dengan aplikasi ini bisa langsung download aplikasinya di situs-situs online.

Baca Juga: Aplikasi Coding Terbaik di PC dan Laptop

Cara Cepat Belajar Coding

Selain menggunakan 5 aplikasi coding untuk belajar ngoding khusus pemula yang sudah disebutkan di atas tadi ternyata ada juga cara lainnya yang bisa dipraktekkan agar cepat bisa membuat coding dengan baik dan benar. Penjelasan mengenai cara tersebut bisa dilihat di bawah ini.

Mempelajari Konsep Dasar Coding

Hal yang perlu pertama kali harus dipelajari apabila ingin pintar coding adalah mempelajari konsep-konsep dasar coding. Ada 5 konsep yang perlu dipelajari terlebih dahulu, yaitu struktur data, variabel, control structure, tools dan syntax. Semua konsep tersebut wajib untuk dipelajari dan dikuasai karena tanpa menguasai kelima konsep tersebut maka mustahil untuk bisa menciptakan coding yang sempurna.

Kuasai Satu Bahasa Pemrograman

Belajar coding tidak disarankan untuk mempelajari semua bahasa pemrograman yang ada saat ini karena cara belajar yang seperti ini terbilang tidak efektif. Kalau ingin cepat pintar sebaiknya pelajari satu bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Pemula yang merasa bingung saat memilih bahasa yang akan dipelajari sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan saja. Misalnya ingin belajar menjadi data engineer maka bahasa pemrograman yang paling cocok adalah JavaScript atau Python.

Rutin Membuat Coding

Agar semua ilmu yang sudah dipelajari bisa dikuasai dengan cepat sebaiknya jangan hanya membaca buku atau melihat coding saja tetapi praktekkan ilmu tersebut untuk membuat coding baru. Semakin sering berlatih maka akan semakin lihai menyusun coding karena saat berlatih sering menemukan permasalahan dan diharuskan untuk bisa menemukan solusi dari masalah tersebut.

Mengikuti Kursus Online

Menggunakan aplikasi coding untuk belajar ngoding khusus pemula memang sangat efektif tapi ada baiknya mencoba mengikuti kursus online pemrograman atau kursus website agar kemampuan membuat coding semakin bagus. Dengan mengikuti kursus, pemula juga bisa jadi lebih cepat memahami bahasa-bahasa pemrograman yang populer saat ini. Untuk yang tertarik mengikuti kursus full stack developer tersebut bisa langsung mendaftar di Course-Net.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Full Stack Web Developer ? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?