Visual Studio Code : Cara Install dan Fitur-Fiturnya

Visual Studio Code adalah code editor yang bisa dijalankan pada perangkat berbasis Windows, MacOS dan Linux secara gratis. Visual Studio Code ini dikembangkan perusahaan raksasa dunia yaitu Microsoft.

Meskipun software ini termasuk powerful tapi ketika digunakan tetap ringan dimana penggunanya bisa untuk membuat dan editing source code dari berbagai jenis bahasa pemrograman. Misalnya JavaScript, Node.Js dan TypeScript.

Bahkan software ini sangat kompatibel terhadap runtime environment seperti Python, PHP, .NET dan Java. Hal ini dikarenakan ekosistemnya termasuk luas, didukung dengan ekstension yang banyak.

Visual Studio Code Adalah ? Fitur & Panduan Installnya

Sehingga tidak heran apabila software ini menjadi sangat populer saat ini dimana presentase penggunanya menyentuh angka 71,06 persen berdasarkan survey Stack Overflow.

Fitur Visual Studio Code

Jika Anda download Visual Studio Code maka bisa menikmati berbagai fitur yang tersedia berikut ini.

1. Basic Editing

Visual Studio Code memiliki kemampuan untuk melakukan coding, mulai dari penggunaan keyboard shortcut, column section dan multiple selection.

Bahkan software ini juga memiliki fitur hot exit dan auto save. Kedua fitur tersebut sangat berfungsi sebagai penyimpanan otomatis. Sehingga sangat berguna dalam mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan, misalnya lupa ketika menyimpan file.

2. IntelliSense

Fitur ini bisa digunakan untuk memudahkan Anda dalam melakukan coding dimana cara kerjanya mirip autocomplete yaitu menyarankan semua kata yang Anda ketikan.

IntelliSense sebenarnya tersedia secara default untuk TypeScript, JavaScript, HTML, JSON dan CSS. Tapi jangan khawatir jika Anda menambahkan fitur ini ke dalam bahasa pemrograman lain melalui Extension Marketplace.

Baca Juga : Perbedaan PHP dan HTML yang Wajib Anda Ketahui

3. Debugging

Visual Studio Code memiliki fitur debugging yang bisa digunakan untuk mempermudah proses editing, compile dan eksekusi kode secara berulang atau looping.

Visual Studio menyediakan fitur ini secara default untuk Node.Js. Tapi debugging bahasa pemrograman lain bisa tetap Anda unduh menggunakan Extension Marketplace.

4. Extension Marketplace

Fitur ini membuat Visual Studio menjadi semakin unggul daripada pesaingnya. Melalui extension ini maka Anda bisa menginstall debuggers, tools hingga berbagai bahasa pemrograman tambahan.

Sehingga pengembangan website yang dilakukan menjadi lebih cepat. Bahkan menariknya, fitur ini sangat memungkinkan pembuat eksistensi mampu berkontribusi fungsional sehingga bisa digunakan untuk menghindari berbagai masalah kompatibilitas.

5. Github Integration

Fitur ini menjadi unggulan dimana Github adalah platform proyek manajemen yang terpopuler di dunia. Anda bisa membagikan berbagai kode serta berkolaborasi dengan orang lain tanpa pindah ke software lain.

Cara menggunakannya pun sangat mudah dimana Anda hanya perlu mempersiapkan akun Github. Kemudian install Issues dan Github Pull Request dengan extension marketplace.

Kelebihan VSCODE

Jika Anda melakukan installing Visual Studio Code maka Anda bisa mendapatkan berbagai kelebihan berikut ini.

  1. Multi-Platform

Kelebihan software ini dibandingkan dengan berbagai jenis software lain adalah penggunaannya yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai platform.

Berbagai sistem operasi saat ini seperti MacOS, Windows dan Linux mendukung software tersebut. Sehingga mampu meminimalisir berbagai kendala yang disebabkan dukungan perangkat Anda.

  1. Fitur Lengkap

Visual Studio Code merupakan text editor yang memiliki berbagai fitur lengkap dimana di dalamnya memiliki extension marketplace.

Extension marketplace adalah tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari sekaligus menambah fitur yang tersedia. Sehingga Anda dapat menggunakan seluruh fitur tersebut dengan bebas.

  1. Performa Cepat

Dengan berbagai fitur yang tersedia, mungkin Anda merasa jika software ini akan sangat lambat digunakan. Nyatanya tidak demikian loh.

Meskipun banyak fitur dan ekstensi yang tersedia, performa software ini masih sangat tangguh. Sebab semua ekstensi dan fitur sudah sangat optimal, sehingga tidak mengganggu kinerja dari software ini.

  1. Dukungan Arsitektur Terbaik

Fitur dalam software ini mempunyai dukungan arsitektur yang baik. Misalnya penggunaan electron untuk mengembangkan JavaScript atau Node.js atau Monaco Cloud Editor untuk mengembangkan HTML. Ada pula arsitektur seperti Roslyn yang digunakan untuk .Net dan lain-lain.

Ekstensi VSCODE

Beberapa ekstensi yang bisa Anda gunakan dari Visual Studio Code download adalah sebagai berikut.

  1. Live Server

Jenis ekstensi yang termasuk powerfull serta banyak digunakan yaitu Live Server. Ekstensi ini memiliki fungsi membuat server pengembangan lokal yang dilakukan secara realtime.

Sehingga nantinya Anda tidak membutuhkan lagi .xampp agar bisa menjalankan berbagai bahasa pemrograman yang berjalan di bawah server tersebut.

  1. Auto Close Tag

Ekstensi dari Visual Studio Code ini memiliki fungsi membentuk dan menambahkan penutup tag pada HTML. Selain itu, fungsinya juga bisa digunakan untuk memindah kursor dari teks pembuka serta penutupnya. Bahkan Anda juga bisa setting menentukan tag tertentu yang tidak dibutuhkan closing tag.

  1. Auto Rename Tag

Fungsi dari ekstensi adalah untuk mengubah nama tag pembuka dan penutup apabila terdapat perubahan pada salah satunya.

Ekstensi ini membantu Anda dalam membangun source code dengan jumlah yang besar. Sehingga ketika nantinya Anda mengubah tag maka tidak harus mengganti kedua sisinya yang kemungkinan saling berjauhan.

  1. Beautify

Beautify

Ekstensi ini adalah fitur yang akan membantu Anda merapihkan format dari source code yang masih berantakan. Cara merapihkannya bisa dengan seleksi source code yang akan dirapihkan kemudian klik kanan dan memilih format selection with lalu lanjutkan klik Beautify.

Kemudian cara lain yang bisa dilakukan adalah ketika melakukan Save dimana nantinya secara otomatis, ekstensi tersebut bisa merapihkan seluruh source code yang tersedia.

  1. One Dark Pro

Ekstensi ini banyak berhubungan dengan tema, dimana fungsi utamanya yaitu membuat tampilan dari source code lebih berwarna. Ekstensi ini bertujuan membuat mata Anda menjadi tidak mudah lelah.

  1. Error Lens

Ini sering digunakan untuk memperlihatkan mana baris yang mengalami error atau bermasalah. Dimana penggunaannya sangat membantu proses pengembangan.

Dalam penggunaannya, Anda bisa menyesuaikan settingan dengan mengubah warna, font size dan lain-lain.

Cara Install VsCode

Cara Install Visual Studio Code

Cara menggunakan Visual Studio Code maka terlebih dahulu Anda harus install untuk bisa merasakan berbagai manfaat di dalamnya. Proses install pun sangat mudah, berikut ini yang harus Anda lakukan.

  1. Mengunjungi laman resmi Visual Code Studio
  2. Pilih salah satu paket installer yang Anda butuhkan sesuai dengan sistem operasi dari perangkat Anda. Misalnya Windows, Linux atau MacOS.
  3. Jika sudah memilih maka langsung saja klik Download dan tunggulah beberapa saat proses download berlangsung.
  4. Jika sudah selesai download maka selanjutnya Anda bisa double click di file dari hasil download tersebut, lanjutkan dengan klik Install.
  5. Proses instalasi tersebut tidak jauh berbeda dengan proses install pada umumnya. Sehingga Anda bisa langsung mengikuti berbagai instruksi yang dibutuhkan
  6. Jika sudah melakukan segala proses instalasi tersebut maka Anda bisa langsung klik Finish. Maka software bisa langsung digunakan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Visual Studio Code yang bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah dalam melakukan coding. Semoga bermanfaat.

Mau Belajar Bahasa Pemrograman ?

Daftarkan diri anda di Course-net untuk mengikuti kelas pemrograman yang bisa anda pelajari disini. Beberapa bahasa pemrograman website seperti PHP, javascript bisa anda pelajari disini. Anda bisa mendaftarkna diri anda sekarang juga dengan mengisi form dibawah ini :

Demikianlah artikel ini yang sudah kami jelaskan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dalam mempelajari dunia IT.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo end of year

    Artikel Rekomendasi