course-net
Search
Close this search box.

Pemrograman Adalah : Pengertian, Definisi Contoh & Fungsinya

Minet

December 4, 2023

Pemrograman Adalah : Pengertian, Definisi Contoh & Fungsinya

Pemrograman Adalah : Pengertian, Definisi Contoh & Fungsinya – Profesi programmer adalah salah satu pekerjaan yang memiliki prospek paling tinggi di era modern ini sehingga Anda harus tahu seperti apa itu pemrograman. Sebelum adanya teknologi digital maupun IT belum semasif seperti sekarang. Saat itu profesi programmer maupun developer masih dipandang sebelah mata dan belum banyak ditemukan.

Sekarang teknologi telah berkembang pesat dan membuat sumber daya programmer jadi berkualitas dan menjadi elemen penting yang dibutuhkan dimana saja. Bagi Anda yang belum cukup memahami seperti itu pemrograman, sejarahnya, jenis, contoh dan fungsinya bisa lihat penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Pemrograman? Pemrograman Adalah

Pemrograman adalah proses penyusunan, pemeliharaan serta modifikasi untuk dapat memberikan perintah kepada mesin atau komputer. Perintah ini biasanya adalah arahan ke mesin untuk melakukan proses sebuah data yang telah di input jadi satu output. Bahasa komputer ini juga diartikan sebagai sebuah proses secara lengkap dimulai dari penulisan kode program, pengujian kode program hingga memperbaiki debug yang terjadi pada saat proses pengerjaan ini berlangsung.

Pemrograman Adalah : Pengertian, Definisi Contoh & Fungsinya

Tujuan dari melakukan bahasa komputer ini adalah untuk pembuatan sebuah program ataupun arahan yang dapat dipahami oleh komputer, jadi perangkat komputer akan melakukan perhitungan dan pekerjaan lainnya berdasarkan dengan keinginan usernya. Umumnya, agar bisa melakukan aktivitas ini, programmer haru memiliki keterampilan yang mumpuni di bidang-bidang tertentu, seperti algoritma, pengetahuan matematika, logika dan yang lainnya.

Algoritma pemrograman merupakan alur yang dipakai pada suatu perhitungan maupun pemecahan di suatu masalah dengan sistematis. Kegiatan satu ini umumnya dianggap sebagai sebuah logika dalam menentukan program yang dibuat nantinya. Jadi, algoritma ini biasanya dijadikan sebagai suatu pemecahan masalah dengan susunan secara logis sesuai sistematika tertentu.

Sejarah Perkembangan Dunia Pemrograman

Pada saat membahas mengenai pemrograman atau bahasa komputer pastinya tidak lengkap jika tidak mengetahui perkembangan sejarahnya. Dengan memahami perkembangan sejarah bahasa komputer satu ini, maka Anda bisa mendapatkan sumber terbentuknya teknologi hingga peran dari kegiatan ini karena semakin banyak dibutuhkan saat ini.

Sejarah Perkembangan Dunia Pemrograman

Bahasa komputer ini sudah digunakan sejak tahun 1822 sebagai cabang keilmuan. Di tahun tersebut, penemuan baru dari teknologi mesin yang dapat mengolah data dan ditemukan oleh Charles Babbage yang merupakan salah satu mahasiswa Universitas Cambridge, Inggris. Selanjutnya mesin pengolahan data ini diberikan nama Difference Engine oleh penemunya.

Selama beberapa tahun, mesin pengolahan data ini terus berkembang dan jadi lancar menghasilkan output data yang dimaksudkan. Seiring dengan berjalannya waktu, setelah muncul teori Boole yaitu proses pengembangan logika aritmatika berkembang secara terus menerus.

Setelah menciptakan mesin kalkulator Z-1 hingga Z-4 mulailah menyadari jika bahasa mesin pemrograman ternyata sangat rumit dipakai. Bahasa mesin juga masih bahasa tingkat rendah dengan jawaban “ya” dan juga “tidak” saja dari kumpulan kode 0 dan juga 1.

Pada tahun 1945 mulailah muncul bahasa komputer tingkat tinggi di dunia dan setiap tahunnya mulai berkembang sampai saat ini. Bahasa komputer ini sekarang memiliki banyak fungsinya dan semakin beragam. Begitu juga dengan para ahli IT yang terus saja mengembangkan sistem bahasa komputer ini agar bisa memberikan akses ke setiap masyarakat. Sampai sekarang, hampir semua aspek di kehidupan masyarakat berkaitan dengan teknologi komputer dan bahasa komputer juga.

Jenis dan Fungsinya

Anda beberapa jenis pemrograman komputer yang umum digunakan dik kehidupan masyarakat dengan fungsinya masing-masing, seperti:

  1. Pemrograman Aplikasi

Bahasa komputer yang cukup banyak digunakan saat ini adalah aplikasi. Terlebih lagi bagi Anda yang menggunakan smartphone pasti telah mengenal dan menggunakan aplikasi. Penggunaan aplikasi digemari oleh banyak masyarakat karena sangat simpel dan praktis.

Selain itu, aplikasi juga dapat bekerja secara spesifik dalam menyelesaikan beragam jenis tugas dan juga pekerjaan Anda. Jenis bahasa komputer aplikasi ini biasanya fokus dengan hasil penyusunan sebuah aplikasi. Developer-developer aplikasi akan berorientasi di sistem yang terbaik supaya menciptakan aplikasi yang memiliki data guna tinggi.

Itulah sebabnya bahasa komputer di aplikasi ini biasanya lebih fokus dengan satu tujuan dan contohnya adalah aplikasi Microsoft Office yang hanya fokus dengan pengolahan data saja. Umunya Microsoft Office digunakan untuk pengolahan data saja seperti di Microsoft Excel untuk mengolah data-data angka, sedangkan di Microsoft Word untuk mengolah data tulisan dan gambar.

  1. Pemrograman Web

Pemrograman web adalah salah satu bahasa komputer yang umum digunakan oleh masyarakat juga. Biasanya, bahasa komputer web ini berfungsi untuk penyusunan di fungsional sebuah website supaya jadi lebih mudah dipakai. Tentu saja semua orang pasti pernah membuka website dan dari sekian banyak website yang diakses pasti memiliki tampilan yang berbeda.

Selain tampilan website yang berbeda-beda, namun juga dengan hal lainnya yang ditemukan di website sehingga mereka punya ciri khas sendiri-sendiri. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan dari bahasa komputer yang disusun pada website tersebut, jadi tampilannya akan berbeda-beda.

Optimasi bahasa komputer di website dapat berpengaruh di sistem pemberian informasi kepada penggunanya.

  1. Pemrograman Sistem Operasi atau OS

Nah, jenis pemrograman yang ketiga adalah Sistem Operasi atau OS yang sering digunakan di perangkat komputer juga. Sistem operasi perlu di install dahulu di perangkat komputer agar berfungsi dengan baik. Apabila tidak ada sistem operasi di perangkat komputer, maka perangkat tersebut tidak mempunyai fungsi apapun.

Sistem operasi ini sudah menjadi satu dengan hardware di Laptop atau komputer hingga smartphone. Contoh sistem operasi yang umum di masyarakat adalah Linux, Windows, Android, iOS dan yang lainnya. Biasanya untuk perangkat komputer dan PC menggunakan sistem operasi Windows

  1. Pemrograman Game

Jenis yang keempat adalah pemrograman game yang merupakan salah satu jenis yang paling sulit. Hal ini terjadi karena harus menggabungkan desain visual dengan sintaks agar menjalan kan algoritmanya. Apalagi sebuah game mempunyai alur cerita yang menarik dan ada juga karakter-karakternya sehingga dapat dimainkan dengan mudah.

Baca Juga : 6 Bahasa Pemrograman Familiar Paling Banyak Digunakan

Fungsi Pemrograman

Fungsi pemrograman dapat memberikan instruksi pada komputer sehingga user mampu memerintahkan mesin secara spesifik, apa yang harus dilakukan. Sebagai media komunikasi antara user dengan komputer, bahasa pemrograman memungkinkan komputer memproses data sesuai dengan jalur sistematis yang dibuat oleh penerjemah. Bahasa pemrograman juga membuat mesin lebih mudah di gunakan untuk mengurangi pekerjaan manusia.

Contoh Bahasa Pemrograman Paling Umum

Contoh bahasa pemrograman dasar yang paling umum ditemukan adalah:

  1. Javascript

Java script merupakan salah satu contoh bahasa komputer yang paling umum digunakan. Bahasa ini dapat membantu Anda dalam menciptakan website yang lebih menarik serta interaktif. Ada banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan Javascript untuk mengembangkan websitenya.

Seiring dengan perkembangan zaman, Javascript dipadukan dengan sejumlah bahasa lainnya seperti CSS dan HTML. Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa dalam membuat website yang semakin bagus. Biasanya sebuah website harus mempunyai responsive yang cukup bagus dan cepat supaya memberikan informasi secara akurat.

  1. PHP

PHP adalah jenis bahasa komputer yang banyak dimanfaatkan dalam penyusunan script di website. Script ini dapat menjalankan sebuah alur yang ditulis oleh programmer supaya dapat menentukan sistem kerja dari suatu website.

Bahasa ini biasanya dipakai secara gratis, namun Anda harus cukup memahami tentang script yang ditulis di bahasa komputer satu ini.

  1. Pemrograman C++

Pemrograman C++ adalah hasil pengembangan dari bahasa komputer C. Apabila membahas mengenai sintaks, tentu saja akan memiliki kesamaan mengenai aturan penulisan sintaksnya. Kedua bahasa ini juga mempunyai perbedaan yaitu dilihat dari cara menyelesaikan masalahnya.

  1. Visual Basic

Visual basic merupakan bahasa yang dikembangkan oleh perusahaan cukup terkenal yaitu Microsoft. Jenis bahasa yang satu ini mengedepankan IDE Visual, yaitu para programmer dapat membuat tampilan desain aplikasi bisa dibuat dengan mudah. Visual basic termasuk salah satu jenis bahasa yang mudah untuk dilakukan pengaturan pada komponen di aplikasi yang sedang Anda dibuat.

  1. HTML

HTML juga termasuk jenis pemrograman yang digunakan untuk menyusun sebuah website. HTML dapat menyusun sintaks serta menentukan algoritma supaya sebuah website bisa berjalan dengan baik dan fungsional. Bagi Anda yang pemula dalam membuat website dapat mempelajari bahasa HTML dahulu dan ada bayak tutorial yang tersedia.

  1. Java

Bahasa Java sudah populer sejak dahulu digunakan untuk menyusun sejumlah sistem dan aplikasi. Bahasa mesin satu ini, sudah ada dari tahun 1991 dan terus berkembang hingga sekarang. Java cukup populer karena mempunyai keunggulan yang berbeda, yaitu mempunyai sistem OOP yang memudahkan programmer dalam menyusun sebuah sintaks.

Itulah beberapa contoh jenis bahasa komputer yang paling umum digunakan di masyarakat.

Contoh-contoh Algoritma Pemrograman Adalah

Algoritma bahasa komputer merupakan sebuah alur proses secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah. Contoh sederhananya adalah saat menentukan nilai yang memenuhi kriteria kelulusan. Ada data nama dan nilai siswa dan jika nilai yang diperoleh siswa lebih besar atau sama dengan 85, maka siswa tersebut dinyatakan lolos ujian.

Nah, sebaliknya apabila siswa mendapatkan nilai di bawah 80, maka akan dinyatakan tidak lulus. Contoh algoritmanya adalah:

  • Baca nama dan nilai siswa
  • Apabila nilai >= 80 maka
  • Keterangan = lolos
  • Tetapi apabila
  • Keterangan = tidak lolos
  • Tulis nama dan keterangan

Berdasarkan contoh algoritma pemrograman di atas bisa disimpulkan cara kerja algoritmanya adalah deskripsi berdasarkan dari proses untuk mengerjakan suatu hal yang disusun secara deret aksi. Prinsip kerja algoritmanya dibagi menjadi 3, yaitu input – proses – output.

Fungsi Bahasa Pemrograman di Kehidupan Sehari-hari Adalah

Setelah Anda cukup memahami apa itu pemrograman, sekarang perhatikan fungsinya di dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  1. Sebagai Media Penyusun dalam Pengembangan Sistem

Salah satu contoh fungsi dari bahasa komputer di kehidupan sehari-hari adalah untuk menyusun sejumlah sintaks yang dapat dipahami oleh komputer. Sintaks merupakan susunan-susunan kalimat yang ada di bahasa komputer.

Dari situlah kita dapat melihat bahwa bahasa komputer ini tidak dapat ditulis sembarangan. Setiap perintah mempunyai sintaks yang berbeda sehingga dapat membuka aplikasi, input data dan lainnya dengan baik.

  1. Sebagai Media Komunikasi antara Programmer dengan Komputer

Fungsi utama dari bahasa komputer satu ini adalah sebagai salah satu alat atau media komunikasi antara programmer dengan komputer. Bahasa ini dijadikan sebagai media komunikasi yang paling penting dan utama.

Hal ini sama saja saat Anda melakukan komunikasi dengan orang lain memakai bahasa Indonesia. Tanpa adanya bahasa mesin ini, seorang programmer tidak dapat menjadikan komputer bisa beroperasi dan bermanfaat bagi penggunanya. Nah, seperti itulah pengertian mengenai pemrograman, sejarahnya, jenis dan contohnya secara umum. mau belajar pemrograman ? Daftar di Course-net sekarang juga.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print