course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

8 Cara Mengecek Data Quality

Tuesday, 26 March 2024 10:40 AM

data quality

Menjaga dan mengecek data quality meningkatkan kualitas data menjadi prioritas banyak perusahaan dan institusi lainnya sangat diperlukan dalam memelihara data untuk sebagai perkembangan perusahaan.

Data Quality

Bisa dikatakan data quality ini berarti tingkat keakuratan, kelengkapan, konsistensi, relevansi, dan kesesuaian data dengan kebutuhan pengguna data. Dalam konteks organisasi atau bisnis, kualitas data merupakan faktor yang sangat penting karena informasi yang berkualitas tinggi mendukung pengambilan keputusan yang baik dan efektif. Kualitas data yang buruk dapat menyebabkan kesalahan analisis, keputusan yang tidak tepat, dan dampak negatif lainnya terhadap kinerja dan efisiensi organisasi. Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan kualitas data menjadi prioritas banyak perusahaan dan institusi lainnya.

Cara Mengecek Data Quality

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kualitas data. Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa kualitas data

1. Profil Data

Ini adalah analisis statistik sederhana terhadap data untuk memahami distribusi, nilai unik, nilai yang hilang, dan statistik deskriptif lainnya. Hal ini memberikan pemahaman awal tentang kesehatan data dan potensi masalah kualitas data.

2. Pemeriksaan Duplikat

Mengidentifikasi dan menghapus data duplikat dalam kumpulan data. Pemeriksaan duplikat ini dapat dilakukan dengan mencari baris data yang identik atau serupa dalam kumpulan data.

3. Pemeriksaan Kesalahan

Periksa data untuk kesalahan umum, mis. Misalnya kesalahan ketik, nilai tidak valid, atau ketidakkonsistenan format data. Hal ini dapat dicapai dengan menguji setiap kolom data untuk menemukan kesalahan umum berdasarkan jenis data yang dikandungnya.

4. Pemeriksaan Konsistensi

Memeriksa konsistensi format data di seluruh kumpulan data. Ini termasuk memastikan bahwa data dalam kolom tertentu memiliki format yang konsisten (misalnya format tanggal yang konsisten) dan tidak ada nilai yang berada di luar pola yang diharapkan.

5. Pemeriksaan Integritas

Pastikan tidak ada nilai yang hilang dalam kumpulan data, atau setidaknya pahami alasan mengapa nilai tersebut hilang. Ini termasuk memeriksa apakah semua kolom yang diharapkan memiliki nilai yang ada dan apakah ada pola pada data yang hilang.

6. Nilai Validasi

Memastikan nilai dalam kumpulan data memenuhi kriteria validasi tertentu. Misalnya, pastikan nilai numerik berada dalam kisaran yang diharapkan atau nilai kategoris valid berdasarkan daftar nilai yang diizinkan.

7. Pemeriksaan Konsistensi

Memeriksa konsistensi antara data yang berbeda dalam kumpulan data atau antar kumpulan data yang berbeda jika ada. Hal ini dapat mencakup membandingkan data yang sama dari sumber yang berbeda atau membandingkan data dengan kebenaran yang telah diverifikasi.

8. Menilai metrik kualitas data

Membuat dan mengukur metrik kualitas data seperti akurasi, kelengkapan, konsistensi, dll. Hal ini membantu dalam memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kualitas data secara keseluruhan.

Tim Ahli Data Quality

Libatkan tim yang berpengalaman atau ahli dalam verifikasi kualitas data untuk memberikan informasi tambahan dan memvalidasi hasil. Mempekerjakan tim ahli kualitas data merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa data yang digunakan oleh suatu organisasi atau bisnis berkualitas tinggi. Berikut adalah beberapa peran yang dapat dimainkan oleh anggota tim ahli dalam manajemen kualitas data

1. Analis Data

Mereka bertanggung jawab menganalisis data secara mendalam, mengidentifikasi masalah kualitas data, dan mengembangkan strategi perbaikan. Anda juga dapat menggunakan teknik analisis statistik untuk mengukur kualitas data.

2. Data Engineers

memiliki pengalaman merancang, mengelola, dan memelihara infrastruktur data. Mereka dapat membantu membangun sistem pengumpulan data yang andal dan memastikan integritas data dari sumber hingga penyimpanan.

3. Data Steward

Anda bertanggung jawab memantau dan menjaga kemurnian data dalam organisasi. Mereka memastikan bahwa data terorganisir, diberi label dengan benar, dan diberikan definisi yang jelas.

4. Pakar Domain

Ini adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang topik atau domain tertentu yang relevan dengan data yang sedang diproses. Partisipasi Anda penting untuk memverifikasi keakuratan dan relevansi data.

5. Spesialis Penjaminan Mutu

Mereka bertanggung jawab untuk menguji dan memverifikasi kualitas data menggunakan metode dan alat yang tepat. Mereka memastikan bahwa data memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

6. Pakar Tata Kelola Data

Mereka membantu merancang kebijakan, prosedur, dan aturan terkait tata kelola data, termasuk aspek kualitas data. Mereka juga memastikan kepatuhan terhadap peraturan terkait data dan kebijakan internal.

7. Spesialis IT

Memberikan dukungan teknologi dan infrastruktur yang diperlukan untuk mengelola dan meningkatkan kualitas data. Mereka dapat membantu menerapkan alat dan solusi teknologi yang diperlukan untuk memantau dan meningkatkan kualitas data.

Kesimpulan

Dengan menggabungkan metode-metode ini, Anda dapat memastikan bahwa data yang digunakan untuk analisis atau pengambilan keputusan memiliki kualitas yang baik. Dengan melibatkan beragam anggota tim dengan keterampilan dan pengalaman berbeda, perusahaan dapat memperoleh pemahaman komprehensif tentang data mereka dan memastikan kualitas data yang optimal. Anda dan tim bisa bergabung bersama Kelas Big Data untuk bisa mengatasi masalah yang anda temui dengan diskusi langsung bersama para praktisi di Course-net.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!