course-net
Search
Close this search box.

Home >

Affiliate TikTok: Pengertian Hingga Strateginya

Tuesday, 2 April 2024 4:19 PM

apa itu tiktok affiliate

TikTok menjadi salah satu social media yang tumbuh begitu cepat, dengan fitur Affiliate TikTok di dalamnya.

Setelah TikTok Shop sebelumnya resmi dihentikan pada 4 Oktober 2023, ada kabar baik yaitu TikTok Shop akan beroperasi kembali.

Kembalinya TikTok Affiliate

TikTok sudah menyetujui kemitraan strategis dalam upaya memajukan UMKM Indonesia pada 11 Desember 2023.

Oleh sebab itu, kemitraan strategis ini membuat fitur TikTok Affiliate bisa digunakan kembali di Indonesia dan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tambahan cuan.

Apakah TikTok Affiliate Itu?

TikTok Shop Affiliate atau dikenal juga dengan nama TikTok Affiliate adalah metode jualan yang memungkinkan para kreator untuk memonetisasi konten yang mereka buat.

Caranya yaitu dengan mempromosikan produk dari suatu brand kemudian mendapatkan komisi dari penjualan yang dihasilkan.

Anda bisa mempromosikan beragam produk yang berkaitan dengan penonton konten Anda sebagai kreator, tentunya dengan kreativitas tersendiri pada ide konten Anda.

Lalu mengapa Affiliate TikTok dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan?

Berdasarkan informasi dari Influencer Marketing Hub, TikTok mempunyai 1 miliar user aktif per bulannya. Tak sedikit di antara mereka yang menghabiskan uangnya dengan menggunakan fitur ini.

Bahkan pada Februari 2021 tercatat TikTok menjadi salah satu aplikasi dengan uang yang dihabiskan oleh para pengguna paling banyak, yaitu sebesar 110 juta US$ atau sekitar Rp 1,6 triliun.

Tak hanya menjadi platform social media, saat ini TikTok mengembangkan fungsinya sebagai marketplace dengan banyak pengguna melakukan transaksi untuk penjualan beragam produk.

Cara Kerja Affiliate TikTok

Sebenarnya, cara kerja dari TikTok Affiliate sangat mirip fitur pada affiliate marketing yang lainnya. Keterlibatan empat pihak dalam fitur ini adalah:

Merchant adalah pihak yang menjual produk.

Afiliate network adalah pihak yang menjadi perantara dari merchant serta affiliate. Umumnya sejumlah merchant bekerja sama dengan pihak yang bersedia mengumpulkan katalog produknya untuk nantinya diberikan pada kreator.

Affiliate marketer / kreator adalah pihak yang melakukan promosi produk merchant dengan konten video TikToknya.

Consumer adalah pengguna yang melakukan pembelian produk merchant menggunakan link / kode yang disiapkan oleh affiliate marketer.

Untuk cara kerja Affiliate TikTok ini affiliate network atau merchant nantinya memberikan kode unik ke affiliate marketer. Berikutnya mereka bisa melakukan promosi kode itu dengan konten video TikTok.

Secara umum, mereka mencantumkan link produk terkait pada video ataupun bio profilnya secara langsung. Nantinya merchant bisa melacak transaksi setiap affiliate marketer kemudian memberikan komisi sesuai penjualan yang dihasilkan.

Syarat dan Cara Daftar TikTok Affiliate

Untuk mengawali perjalanan menggunakan fitur TikTok ini Anda harus mempersiapkan dan memperhatikan beberapa hal. Berikut pembahasan selengkapnya mengenai cara untuk daftar TikTok Affiliate.

Syarat yang perlu Anda persiapkan antara lain:

– KTP atau Paspor

– Rekening bank

– Akun TikTok Shop aktif

– Alamat pengiriman

Untuk bergabung sebagai affiliate, Anda harus membuat akun TikTok Shop untuk mendapatkan izin menjual produk. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi untuk membuat akun TikTok Shop Affiliate:

– Mempunyai followers lebih dari 2.000

– Usia minimal 18 tahun

Posting konten video TikTok setidaknya untuk 28 hari terakhir

Cara Mengaktifkan Akun TikTok Shop

Bila Anda telah memenuhi ketentuan tersebut maka berikut cara mengaktifkan akun TikTok Shop:

  1. Login ke akun TikTok Anda yang aktif
  2. Setelah TikTok Affiliate login lalu klik “Profil” dan temukan menu “Creator Tools”
  3. Pilih TikTok Shop dan klik Apply
  4. Ikuti petunjuk berikutnya sampai selesai

Daftar Menjadi Seller

Pada laman resminya, TikTok menjelaskan 2 cara untuk bisa bergabung sebagai TikTok Affiliate, yaitu menjadi seller dan menjadi creator.

Bila Anda ingin daftar menjadi penjual produk untuk menjalankan strategi affiliate marketing maka berikut beberapa langkahnya:

  1. Log in TikTok Shop Seller Center
  2. Pilih Authorize pada laman Authorize TikTok Shop
  3. Lengkapi data yang diperlukan seperti alamat email, nomor telepon dan informasi lainnya
  4. Setelah login, pilih Start Selling
  5. Upload dokumen yang diperlukan
  6. Masukkan rekening bank yang nantinya Anda gunakan
  7. Pilih Submit

Daftar Menjadi Creator

Bila Anda ingin mendaftar Affiliate TikTok dengan menjadi kreator maka berikut beberapa langkahnya:

  1. Log in akun TikTok
  2. Pilih Profil Anda
  3. Pilih ikon keranjang / menu Shop
  4. Pilih E-commerce Creator Center
  5. Pilih menu Commissions
  6. Bila ini menjadi kali pertama Anda menambahkan produk maka klik Add Products
  7. Lengkapi serta verifikasi informasi nama lengkap
  8. Pilih Add Affiliate Products
  9. Tunggu hingga permintaan disetujui oleh pihak merchant atau seller
  10. Bila telah disetujui, Anda dapat memulai promosi produk serta menambahkan link produk pada konten video TikTok yang diupload

Strategi untuk Promosi TikTok Affiliate

Strategi Affiliate TikTok untuk bisa menjual sebanyak mungkin produk tentu perlu Anda susun. Sebagai kreator sebenarnya Anda perlu menerapkan taktik agar video Anda bisa FYP (for you page). Makin banyak penonton video Anda maka makin luas jangkauan target market Anda.

Akan tetapi, membuat video untuk promosi memang membutuhkan trik yang agak berbeda dibandingkan dengan membuat video pada umumnya. Berikut beberapa diantaranya.

1. Promosi produk yang relevan dengan audiens

Bila niche akun TikTok Anda adalah memasak maka bergabunglah dengan merchant yang memiliki produk berhubungan dengan masak memasak seperti bahan makanan dan peralatan memasak.

Followers yang memilih untuk memfollow akun Anda yaitu orang-orang dengan hobi dan ketertarikan yang sama dengan Anda.

Maka kemungkinan besar mereka nantinya lebih tertarik untuk melakukan pembelian produk berhubungan dengan konten video yang rutin Anda buat.

2. Gunakan hashtag atau audio yang trending

Penggunaan audio TikTok yang sedang trending dapat memperbesar peluang video Anda untuk muncul di FYP.

Anda dapat menggunakan audio pada konten video yang Anda buat. Namun bila memang audionya tak cocok dengan konten Anda, Anda pun dapat mengakalinya dengan penggunaan hashtag yang juga trending.

Tren TikTok memang cenderung berubah dengan cepat. Maka jangan lupa untuk cermat dalam mengikuti tren yang saat ini tengah berkembang.

3. Memasukkan link produk pada video

Konsumen umumnya lebih suka cara yang praktis dan simpel. Tentu mereka lebih suka jika dapat menemukan produk yang tercantum dalam video secara langsung tanpa perlu repot-repot menuliskan kembali link pada browser atau mencari official account dari seller terkait.

Sekalipun mereka tak memilih untuk membeli, paling tidak mereka telah masuk tahap brand consideration pada saat melakukan klik pada link tersebut.

4. Cantumkan link pada bio profil

Untuk kreator fashion TikTok, mereka kerap melakukan promosi lebih dari satu produk dalam satu video. Umumnya hal ini dilakukan mengingat banyak followers meminta mereka untuk spill seluruh product yang digunakan.

Untuk menyiasatinya, pada bio profil TikTok Anda bisa memasukkan link Linktree. Pada link tersebut, Anda dapat mengumpulkan beragam link produk affiliate sesuai keinginan.

Demikian pembahasan mengenai Affiliate TikTok mulai dari pengertian hingga strateginya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari banyak hal mengenai TikTok khususnya untuk pemasaran bisnis maka Anda bisa mengikuti kursus digital marketing di CourseNet.

Kursus Digital Marketing di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Digital Marketing

Play Video about kursus digital marketing

Tertarik mau berkarir dibidang digital marketing? Saatnya kamu ambil keputusan ini. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS DIGITAL MARKETING

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar digital marketing. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang digital marketing.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?