Apa itu Coding : Pengertian, Manfaat, dan Tips Belajar

Apa itu Coding : Pengertian, Manfaat, dan Tips Belajar – Anda mau belajar coding ? Kini tahukah anda, bahwa belajar coding menjadi lebih mudah. Sebelum kita belajar coding, kita bisa mengetahui pengerti apa itu coding. Nah, Apa itu coding? Bagaimana penerapannya, manfaat, serta kegunaan dari coding itu sendiri? Nah berikut ini akan kami berikan tentang pengertian dari coding itu sendiri dengan komprehensif agar Anda lebih memahaminya.

Pertama-tama, kita perlu untuk memahami mengenai apa itu coding? Apa yang diperlukan untuk belajar coding, serta fungsi dari belajar coding itu apa. Nah, bagi orang awam mungkin belajar coding mungkin cukup sulit, serta juga terkesan susah. Namun, jika kita mempelajarinya sedari awal, dengan komitmen yang tinggi, serta beberapa tips belajar, maka Anda pasti bisa jago coding dalam waktu yang singkat.

Jade, pada artikel kali ini, akan kami berikan pengertian dari coding pemrograman, Apa itu coding dan contohnya, manfaat dari belajar coding, serta peluang dari mempelajari coding dan bahasa pemrograman.

Pengertian dari Coding

Apa itu Coding : Pengertian, Manfaat, dan Tips Belajar

Programming code abstract technology background of software developer and Computer script

Pertama, kita perlu memahami apa itu coding. Coding, adalah sebuah aktivitas yang digunakan untuk menyusun baris code pemrograman, baris code ini digunakan untuk mengeksekusi perintah kepada mesin komputer. itu sendiri diperlukan untuk berbagai hal mulai dari pembuatan website, membuat software, dan juga digunakan untuk mengoperasikan program komputer.

Coding itu sendiri dilakukan oleh seorang programmer, dimana sang programmer itu bekerja menyusun kode dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus. Bahasa pemrograman ini diperlukan, karena mesin komputer hanya bisa membaca perintah dan data jika menggunakan bahasa pemrograman komputer, yang berupa bahasa biner, apakah Anda sudah paham mengenai Apa itu coding data?

Secara singkatnya, bahasa biner ini adalah bahasa yang menggunakan dua buah angka saja, yakni 0 dan 1. Untuk bahasa pemrograman dibuat khusus untuk mentranslasikan bahasa yang ingin kita masukan ke dalam komputer menjadi bahasa biner, sehingga program komputer bisa tereksekusi dengan benar. Jika ingin lebih jelas, simak juga artikel kami lainnya mengenai bahasa biner dan pemrograman.

Manfaat Apa Itu Coding

Nah, setelah memahami mengenai apa itu coding program, maka kita juga bisa mengetahui apa saja manfaat dari belajar coding. Nah apa saja manfaat, serta kegunaan dari belajar coding, serta menjadi seorang programmer professional?

  • Mengasah kemampuan berpikir logis, serta problem solving
  • Mengasah ketelitian dan persistensi seorang programer
  • Dapat digunakan untuk menciptakan hal yang bermanfaat sebagai contoh seperti program komputer, software, aplikasi, dan lain sebagainya.
  • Bisa bekerja freelance atau bekerja remote
  • Meningkatkan pemahaman, kreativitas
  • Menghargai proses dari sebuah produk, sehingga bisa mengapresiasi
  • Prospek karir yang lebih terbuka lebar terutama dalam perusahaan IT, dan komersial. Bahkan sebagian besar perusahaan komersil, sekarang juga membutuhkan jasa seorang programer, yang bisa melakukan coding secara handal.
  • Peluang penghasilan yang cukup tinggi

Bagaimana, setelah mengetahui manfaat dan keuntungan dari belajar coding, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang programmer? Nah, apakah kamu juga tertarik untuk menjadi seorang programmer? Maka dari itu, kamu harus mulai belajar mengenai coding, bagaimana cara untuk menulis coding, memahami sebuah bahasa pemrograman dan menguasainya.

Peluang Kerja Seorang Developer

Menjadi seorang developer adalah seorang programer yang ahli dalam melakukan coding, serta bisa memprogram suatu coding dan aplikasi. Peluang kerja dari seorang developer, atau orang yang memiliki keahlian untuk pemrograman memang terbuka cukup luas, tidak terbatas hanya bekerja pada perusahaan IT, saja, melainkan juga terbuka luas peluang untuk berkreasi, serta peluang untuk menciptakan program, software atau aplikasi yang berguna.

Pertama, peluang kerja utama dari seorang developer adalah sebagai web developer pada perusahaan IT. Sekarang, hampir semua perusahaan memerlukan website mereka masing-masing untuk dikembangkan, alhasil banyak perusahaan yang berusaha untuk mencari seorang pakar dalam bidang programming, yang bisa membantu dalam pembuatan dan pengembangan website.

Kuasai Bahasa Pemrograman Sebagai Dasar Dari Coding

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan untuk penyusunan barisan coding. Bahasa pemrograman digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer, sehingga komputer bisa mengeksekusi program yang didesain oleh sang developer. Apa itu bahasa pemrograman? Untuk lebih jelasnya bisa lihat di artikel kami lainnya, mengenai bahasa Markup pemrograman.

Bahasa pemrograman komputer adalah bahasa yang mentranslate bahasa perintah menjadi sebuah bahasa biner yang bisa dipahami oleh komputer, sehingga bisa mengeksekusi perintah dari sang programer dan developer. Bahasa biner adalah bahasa yang berupa dua buah angka, yakni 0 dan 1, karena sistem komputer memang sebuah sistem mekanik yang menggunakan bahasa biner.

Nah, jika kamu ingin belajar untuk pemrograman, dan belajar coding, maka Anda harus paham terlebih dahulu mengenai bahasa pemrograman. Apa saja bahasa pemrograman yang cocok dipelajari untuk pemula? Nah berikut ini akan kami berikan beberapa contoh language yang cocok dipelajari oleh pemula coding.

  • HTML

HTML adalah sebuah bahasa yang digunakan menjadi standar untuk pembuatan website, Bahasa markup ini adalah sebuah bahasa yang menggunakan tags, tanda yang akan dibaca, dan diterjemahkan oleh sistem komputer menjadikannya sebuah tampilan website. Belajar HTML adalah salah satu langkah awal menjadi seorang developer.

Bahasa HTML ini merupakan bahasa struktur yang digunakan untuk membuat hampir semua jenis website di internet, serta akan berpengaruh juga pada aspek SEO website. Contohnya, untuk pembuatan website, serta tampilan yang unik, dan komponen yang berbeda untuk website, sehingga lebih menarik untuk diakses.

  • JavaScript

JavaScript merupakan bahasa script yang digunakan untuk memberikan program pada sebuah website, serta memberikan script program yang digunakan untuk memberikan tampilan, serta fitur yang akan bisa diakses oleh para pengunjung website.

JavaScript bisa dibilang menghubungkan front-end website dengan back-end sehingga menghubungkan setiap tampilan depan dengan program yang telah dipilih, serta di desain oleh para developer.

  • PHP

PHP adalah bahasa yang wajib dipelajari oleh seorang web developer, karena bahasa ini akan mendukung fitur serta fungsi untuk website development. Berbagai fungsi yang bisa didesain oleh PHP seperti pengaturan form, menjalankan fungsi dari sistem file, pengaturan cookies website, dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih ada banyak contoh bahasa pemrograman lainnya yang bisa digunakan seperti Python, C++, C, dan CSS.

Tips Belajar Coding untuk Amatir

Tips Belajar Coding untuk Amatir

Nah, jika kamu tertarik untuk belajar coding, serta tertarik menjadi seorang professional developer, maka ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari coding untuk pemula.

  • Pahami konsep apa itu coding dan bagaimana cara kerjanya

Pertama Anda harus pahami dahulu konsep dari coding, bagaimana cara kerja untuk coding itu sendiri, fungsi, pengertian, dan konsep dasar dari coding. Setelah itu, Anda juga harus mulai mempelajari bagaimana cara pembuatan coding, serta tools apa yang diperlukan untuk melakukan coding.

Untuk lengkapnya, Anda bisa cek link dari kami, untuk langkah pertama mempelajari coding, dan bahasa pemrograman.

  • Pelajari bahasa markup HTML yang simpel

Bahasa markup pertama yang wajib dipelajari untuk setiap developer pemula adalah HTML. HTML itu sendiri adalah sebuah bahasa markup pemrograman yang digunakan sebagai standar pembentukan website di internet, dan sekarang hampir semua website menggunakan basis website HTML dan HTML5.

  • Setelah itu, pelajari bahasa pemrograman dasar seperti CSS, Python, dan JavaScript

Setelah itu, Anda juga perlu mempelajari bahasa pemrograman dasar seperti CSS, JavaScript, dan Python, ketiga bahasa ini merupakan bahasa dasar yang digunakan untuk mendesain website, serta memberikannya fitur, dan komponen penting yang berguna untuk pengakses website.

Paham Apa Itu Coding ?

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang developer professional? Segera ikut kursus full stack hanya di Course-net.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo end of year

    Artikel Rekomendasi