Belajar Coding Otodidak dari Dasar hingga Expert

Belajar Coding Otodidak dari Dasar hingga Expert – Nah, bagi orang awam, mungkin membuat website, menyusun program komputer, serta membuat coding dalam komputer Nampak susah, dan bisa dibilang rumit untuk dipelajari. Padahal, jika Anda memang berminat, dan memiliki niatan untuk Belajar coding maka ada cara yang cukup mudah loh untuk bisa belajar koding.

Nah, sekarang dari kami, akan berikan beberapa tips, serta cara untuk belajar koding secara otodidak, gratis, dan memulainya dari dasar, hingga jadi ekspert untuk pemrograman. Jika Anda ingin belajar untuk coding pemula, tapi tidak tahu mulai dari mana, nah Anda sudah datang di tempat yang tepat. Berikut ini adalah kunci dari belajar koding untuk pemula, dengan mudah, dan bisa secara otodidak.

Belajar Coding Otodidak Dari Pemula Hingga Mahir

Jika Anda masih belum tahu apapun mengenai apa itu coding, atau jika Anda merasa tertinggal pada pengetahuan untuk mempelajari coding, maka ada kuncinya serta tips belajar koding untuk pemula secara efektif. Pertama, kita perlu mengetahui mengenai, apa itu coding? Lalu kita juga perlu untuk membahas mengenai apa itu bahasa pemrograman (Programming language).

Belajar Coding Otodidak dari Dasar hingga Expert

Apa Itu Coding ? Yuk Belajar Coding Otodidak

Coding adalah sebuah aktivitas, atau kegiatan untuk menulis baris kode menggunakan suatu bahasa pemrograman atau language. Barisan kode itu sendiri lalu nantinya akan dieksekusi oleh komputer untuk bertujuan menjalankan suatu program. Kode bisa digunakan untuk membuat website, mengolah data, pemrograman software, serta membangun suatu apps dan lain.

Mengapa harus menggunakan bahasa pemrograman untuk coding? Belajar coding otodidak dasar tidak lepas dari belajar bahasa pemrograman. Jika ingin menuliskan suatu code, diperlukan untuk bahasa pemrograman khusus, karena komputer hanya bisa mengakses untuk bahasa tertentu, jadi tidak bisa kita langsung menggunakan bahasa kita.

Untuk perkenalan bahasa pemrograman ini, akan kita bahas nantinya, serta jika ingin tahu lebih banyak, bisa melalui artikel kami lainnya berikut ini, untuk belajar bahasa pemrograman secara mudah, dan cepat.

Siapa pun bisa belajar coding, bahkan seorang CEO Facebook, Mark Zuckerberg juga mengungkapkan bahwa ia sudah memperkenalkan coding, pada anaknya yang berusia tiga tahun.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari coding, nah apa saja kriteria untuk orang yang akan cocok dan suka dalam dunia coding dan pemrograman seperti orang yang suka tantangan, bisa menciptakan solusi, pebisnis yang berusaha meningkatkan produktivitas, memahami proses dibalik suatu teknologi digital, serta orang yang menyukai keefektifan dan keefisienan.

Baca Juga : Belajar HTML untuk Pemula Lengkap dari 0 Sampai Mahir

Manfaat Belajar Coding Untuk Pemula

Manfaat Belajar Coding Untuk Pemula

Dengan belajar coding otodidak, ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diraih, mulai dari latihan problem solving, hingga bekerja keras. Nah, beberapa manfaat dari coding seperti:

  • Mengasah kemampuan berpikir logis, serta problem solving
  • Mengasah ketelitian
  • Meningkatkan pemahaman, kreativitas, serta menghargai suatu proses
  • Prospek karir yang lebih terbuka lebar
  • Peluang penghasilan yang cukup tinggi
  • Dapat digunakan untuk menciptakan hal yang bermanfaat
  • Bisa bekerja secara remote dengan keterampilan pemrograman.

Nah, sangat menarik bukan? Apakah kamu tertarik untuk mempelajari coding? Bekerja secara remote sebagai seorang programmer? Maka Anda bisa mulai untuk belajar coding pemula mulai dari sekarang, dengan tips serta langkah dari kami disini.

Langkah yang Cocok Untuk Pemula

Nah jika kamu tertarik mengenai cara belajar coding yang cocok untuk pemula, mengajarkan dari amatir hingga bisa ekspert dalam melakukan pengcodingan, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk belajar melakukan coding, dan akan kami bimbing mulai dari awal, langkah pertama, hingga bisa menguasainya dengan lancar.

Apa saja langkah yang bisa kamu lakukan untuk belajar koding otodidak? Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Kenali berbagai jenis developer

Developer adalah orang yang memiliki pekerjaan untuk membuat dan mengembangkan website maupun aplikasi. Coding dilakukan oleh setiap developer yang berbeda, dengan fungsi dan ciri khasnya masing-masing. Ada setidaknya tiga jenis developer, yakni front-end developer, back-end developer, serta full-stack developer.

Front-end developer adalah developer yang bertanggung jawab untuk mengembangkan website mereka dari sisi tampilan yang akan dibuka oleh sang pengunjung website. Developer ini menggunakan tool seperti HTML, CSS, dan Javascript.

Back-end mengatur bagian belakang dari website dan aplikasi, seperti halnya server, penerimaan data, input data dari front-end, serta hal lainnya. Sedangkan untuk Full-stack developer gabungan dari kedua job desk tersebut.

  • Pahamilah bahasa pemrograman yang berbeda

Nah, seperti yang kami bicarakan dalam artikel bahasa pemrograman, bahasa pemrograman merupakan alat, sekaligus fondasi dari sebuah pemrograman. Namun hal yang perlu kamu pahami, bahwa tidak semua bahasa pemrograman digunakan untuk membuat website atau aplikasi.

Ada beberapa bahasa pemrograman yang berbeda, dengan fungsi mereka masing-masing untuk berkomunikasi dengan komputer. Beberapa tipe bahasa seperti: Bahasa markup, bahasa script, bahasa style-sheet, serta bahasa pemrograman. Nah, untuk penjelasan dari setiap jenis bahasa coding ini bisa kamu lihat pada artikel bahasa coding kami sebelumnya.

  • Pahami konsep dan pengertian dasar dari coding

Ada beberapa konsep, serta pengertian dasar dari coding, beserta alat-alat yang diperlukan. Untuk mempelajari konsep ini sama seperti mempelajari untuk cara menggunakan alat-alat, serta sebagai tolak ukur untuk penyusunan sebuah barisan coding. Nah, untuk bisa belajar koding dengan mahir, maka Anda harus bisa memahami konsep, dan bertransisi antar bahasa.

Beberapa konsep dan tools yang berbeda dari dunia coding seperti: Variable, Control structure, Syntax, Data structure, dan tools. Tiap konsep ini perlu dipelajari agar kamu paham pada tahap selanjutnya, yakni mulai belajar mengimplementasikan ilmu dari coding. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa klik pada artikel kami lainnya, mengenai konsep dan pengertian dasar coding.

  • Mulailah dari HTML

Salah satu langkah yang bisa Anda pergunakan untuk mengawali belajar melakukan coding, adalah dengan memulainya dengan HTML. HTML itu sendiri artinya HyperText markup language, yang merupakan salah satu bahasa coding standar yang banyak sekali digunakan untuk pemrograman website, dan aplikasi.

Sebagai seorang developer pemula, sangat direkomendasikan untuk menguasai HTML terlebih dahulu, baru mencoba untuk bahasa pemrograman lainnya yang lebih rumit. HTML adalah sebuah basic dari website atau situs di internet apapun, sehingga struktur dari setiap website yang ada di internet pastilah menggunakan HTML.

Bahasa markup pemrograman ini mudah untuk dipahami, simple, serta cocok untuk pemula, jadi yang bisa kami sarankan adalah untuk memulainya dengan belajar HTML, terutama dengan versi terbaru dari HTML yakni HTML5.

  • Cobalah membuat desain code menggunakan CSS atau juga SCSS

Setelah menguasai HTML, Anda juga bisa mencoba untuk belajar menggunakan CSS, atau SCSS. Kedua bahasa pemrograman ini, beserta HTML merupakan satu rangkaian bahasa yang sama, serta cocok untuk dipelajari bersamaan khususnya buat para pemula. HTML digunakan untuk dasar dari kerangka tampilan website, sedangkan CSS lebih digunakan untuk mendekor.

Dengan memahami keduanya, maka Anda sudah bisa mendesain website yang simpel, cepat, serta mudah. Selain itu Anda juga bisa menggunakan SCSS, atau juga Sassy CSS, merupakan varian sintaks terbaru, dan juga termasuk dalam preprocessor CSS.

  • Coba juga dengan Java script

Setelah menguasai HTML, CSS, dan SCSS, Anda bisa naik ke level yang lebih lanjut lagi, yakni javascript. Javascript merupakan salah satu bahasa coding yang wajib dipelajari, terutama jika Anda bertujuan untuk menjadi seorang web developer. biasanya digunakan untuk membuat sebuah website yang responsif dan interaktif, serta diakses di berbagai platform.

Dengan menggabungkan HTML, CSS, serta Javascript, sekarang Anda sudah bisa membuat website interaktif, terutama jika kami sarankan untuk mempelajari juga mengenai apa itu bootstrap.

  • Belajar coding PHP

Kita lanjut lagi ke level belajar pemrograman dan coding ke level yang lebih tinggi, yakni PHP. PHP itu sendiri adalah sebuah bahasa scripting, dan digunakan untuk membuat website Anda menjadi fungsional. Apa maksud dari bahasa scripting dan kegunaan dari membuat website menjadi lebih fungsional?

PHP digunakan untuk menjalankan proses coding sesuai dengan perintah, seperti halnya perhitungan data, penyimpanan data, sehingga tampilan website tidak hanya menjadi menarik, tetapi juga kegunaannya bisa membuat pengunjung merasa lebih nyaman.

  • Perluas kemampuan coding, dan penguasaan bahasa pemrograman

Nah, basic dari seorang developer kelas pemula, mid-end adalah basic HTML, CSS, dan JavaScript, serta menguasai PHP. Setelah menguasai keempat bahasa markup dan pemrograman ini, Anda bisa coba untuk memperluas kemampuan coding, mencoba untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman, dan web developer yang berbeda.

Semakin banyak bahasa pemrograman yang bisa Anda kuasai, maka akan semakin luas tools Anda, serta kreativitas Anda. Selain itu, berbagai lowongan pekerjaan untuk web developer juga biasanya memerlukan penguasaan lebih banyak untuk berbagai bahasa pemrograman, sebagai contohnya seperti: Python, C, C++, Visual Basic, dan lain sebagainya.

  • Mulai berkreasi untuk membuat program, software dan aplikasi yang solutif

Mulailah untuk mencoba berkreasi dalam membuat program, software, serta membuat aplikasi. Salah satu keuntungan menjadi seorang developer, selain lapangan pekerjaan yang lebih luas, juga kesempatan untuk membuat program, dan aplikasi yang bisa Anda jual, dan diuangkan.

Semakin kreatif Anda dalam membuat suatu program serta aplikasi, maka semakin luas pula pengetahuan, serta peluang usaha yang dimiliki.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo end of year

    Artikel Rekomendasi