course-net
Search
Close this search box.

Home >

Ternyata Ini Cara Kerja Digital Marketing Agency!

Tuesday, 31 October 2023 4:42 PM

Digital Marketing Agency

Menjalankan digital marketing agency tidak semudah yang dikira. Ada banyak keputusan yang diambil dalam merencanakan strategi marketing yang efektif. Mungkin terdengar melelahkan, namun disitulah peran digital marketing agency atau agensi digital marketing untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Agensi dapat membantu brand Anda dalam melakukan promosi digital untuk mengembangkan bisnis Anda dan meningkatkan brand awareness.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut seputar digital marketing agency.

Apa itu Digital Marketing Agency?

Digital marketing agency adalah perusahaan penyedia jasa yang berspesialisasi dalam memberikan layanan digital marketing kepada klien. Biasanya, agensi memiliki tim profesional yang memiliki keahlian dalam berbagai aspek. Contohnya yaitu SEO dan SEM, content marketing, social media marketing, dan sebagainya.

Layanan yang diberikan pun beragam. Mereka dapat membuatkan situs web Anda dan mengoptimalkannya agar mendapat peringkat yang tinggi di hasil mesin pencarian, meningkatkan brand awareness, serta merencanakan dan melaksanakan strategi digital marketing yang efektif untuk brand Anda.

Contoh strategi pemasaran yang biasa digunakan yaitu pembuatan konten, promosi melalui email, iklan media sosial, influencer marketing, dan masih banyak lagi. Dengan marketing yang baik, Anda juga dapat meningkatkan volume penjualan bisnis Anda.

Alasan Pentingnya Menggunakan Digital Marketing Agency

Mungkin Anda baru memulai bisnis dan sibuk untuk mengurus keperluan lain. Karena itu Anda tidak punya waktu untuk mempromosikan dan mengembangkan brand tersebut. Anda juga bingung ingin memulai promosi digital dari media apa dan dengan konten apa.

Dari situlah Anda dapat menggunakan jasa digital marketing agency. Agensi dapat membantu mengembangkan bisnis Anda dengan cara melakukan pemasaran digital oleh ahli atau pakar.

Bahkan ada kemungkinan juga bahwa menggunakan jasa agensi lebih hemat biaya daripada merekrut karyawan internal.

Anda dapat memilih agensi tergantung preferensi, jenis bisnis, dan juga industri Andan.

Baca juga : 3 Contoh Affiliate Marketing dari Platform E-Commerce Terkenal!

Cara Kerja

Para ahli dari agensi dapat membantu Anda untuk merencanakan strategi digital marketing yang sesuai dan efektif.

Berikut beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dari kolaborasi dengan agensi pemasaran digital :

1. Merencanakan dan Menjalankan Strategi

Tanpa strategi yang matang, marketing dapat berjalan menghasilkan hasil tidak sesuai harapan.

Dalam merencanakan strategi, pertama agensi akan melakukan riset pasar dan menentukan target audiens. Agensi mampu memahami segmen pasar karena memiliki acuan pada data yang telah dikumpulkan.

Setelah itu barulah membuat user persona serta menentukan kapan, dimana, dan bagaiamana mempromosikan brand untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Setelah strategi telah ditentukan, barulah Anda dan agensi berkolaborasi untuk membuat rencana yang jelas baik untuk mencapai tujuan jangka pendek maupun panjang.

2. Membuat Konsep dan Memilih Media Pemasaran

Untuk membangun brand dan kepercayaan produk atau layanan, Anda harus menentukan konsep marketing yang menarik. Agensi dapat membantu Anda dalam pembuatan konsep seperti jenis marketing apa yang akan digunakan, konten apa yang dibuat, dan sebagainya.

Agensi dapat membantu Anda untuk memilih media yang tepat untuk dilakukan pemasaran brand. Setiap media sosial memiliki potensi masing-masing, sehingga Anda harus menyesuaikan dengan jenis pemasaran apa yang ingin diterapkan.

3. Melaksanakan Kampanye

Sesuai dengan strategi telah disepakati, maka agensi akan bertanggung jawab melaksanakan kampanye tersebut.

Hal tersebut mencakup pembuatan konten dan iklan, pengelolaan media sosial, optimisasi situs web, serta aktivitas digital marketing lainnya. Tentu saja akan ada peran dari Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengecek apakah sudah sesuai, dan juga memberikan saran tambahan.

Baca juga : Digital Marketer Adalah : Pengertian, Prospek Karier dan Job Desknya

4. Mengawasi dan Menganalisis Kampanye

Agensi akan terus mengawasi kinerja kampanye selama kampanye itu berjalan. Mereka akan memantau metrik seperti traffic situs web dan konversi dengan menggunakan alat analitik.

Data dari hasil pantauan tersebut dapat digunakan untuk menganalisis bagaiamana berjalannya dan hasil dari kampanye tersebut. Analisis data tersebut dapat membantu dalam mengidentifikasi kekurangan serta apa yang harus diperbaiki untuk dijadikan evaluasi.

Berdasarkan hasil analisis, agensi akan mengoptimalkan kampanye selanjutnya. Mereka dapat merubah target, meningkatkan iklan, pengoptimalan keywords, dan lainnya. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kinerja kampanye.

5. Membuat Laporan Kepada Klien

Setelah melalui proses itu semua, tentunya agensi harus memberikan laporan secara berkala kepada klien. Isinya dapat berupa kinerja kampanye, pencapaian tujuan, dan juga perubahan yang dilakukan.

Untuk itu, agensi dan klien harus terus bekerja sama untuk memastikan bahwa kampanye tersebut sesuai dengan visi misi klien. Dalam hal ini diperlukan komunikasi regular serta kolaborasi antar klien dan agensi.

Penutup

Menggunakan digital marketing agency merupakan salah satu solusi untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis Anda. Dengan bantuan para ahli, Anda dapat mengoptimalkan situs web, meningkatkan brand awareness, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Namun jika Anda ingin mengerjakannya sendiri tanpa menggunakan bantuan agensi, Anda dapat mengikuti kursus digital marketing di Course-Net. Anda akan dibimbing oleh Coach kelas dunia yang akan mengajari Anda sampai bisa.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?