course-net
Search
Close this search box.

Home >

Contoh Digital Marketing yang Sukses Diterapkan

Tuesday, 31 October 2023 3:51 PM

Contoh Digital Marketing

,Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan yang tadinya menggunakan pemasaran konvensional sekarang beralih menggunakan digital marketing. Iklan-iklan yang ada di media sosial merupakan salah satu contoh digital marketing yang mungkin sering Anda lihat.

Selain membahas mengenai pengertian digital marketing, akan ada juga contoh digital marketing yang bisa bikin bisnis Anda tambah sukses. Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut!

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital adalah strategi pemasaran yang mempromosikan produk atau layanannnya dengan menggunakan teknologi digital berbasis online. Teknik pemasaran ini menggunakan teknologi seperti komputer, internet, dan platform digital lainnnya.

Keberhasilan dalam digital marketing memerlukan strategi yang matang dan pemahaman mendalam tentang target audiens serta pemilihan platform yang sesuai.

Di zaman yang terus berkembang dan hampir semua orang mengandalkan teknologi, digital marketing menjadi salah satu metode pemasaran yang paling efektif dibanding pemasaran konvensional. Pemasaran melalui digital tidak memiliki batas dan bisa ditujukan untuk siapa saja.

Untuk menjangkau audiens yang lebih luas, berbagai perusahaan mulai menerapkan pemasaran berbasis internet. Digital marketing pun dihitung lebih menghemat biaya dibanding pemasaran konvensional.

Jenis Digital Marketing

Ada beberapa jenis digital marketing yang umum digunakan, contohnya yaitu :

1. Search Engine Marketing (SEM)

Marketing ini memanfaatkan mesin pencarian untuk mempromosikan situs webnya. Tujuan dari penggunaan SEM adalah untuk menempatkan situs web pada hasil pencarian teratas.

Jika situs web tersebut berada di paling atas mesin pencarian, orang akan otomatis melihatnya dan mengklik situs web tersebut. Untuk menerapkan strategi SEM, Anda dapat menggunakan iklan berbayar di mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya.

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web dalam mesin pencarian dengan cara mengoptimasi situs web. Tujuannya yaitu agar situ web Anda lebih mudah ditemukan oleh orang yang sedang mencari informasi tertentu melalui mesin pencari.

SEO dapat meningkatkan visibilitas online dan traffic situs web Anda sehingga dapat menjangkau audiens yang relevan. Anda dapat mengoptimisasi kata kunci yang relevan dalam konten di situs web Anda, contohnya yaitu artikel SEO. Jenis marketing ini memerlukan konsistensi terus menerus untuk mempertahankan hasil yang baik.

3. Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus untuk publikasi konten yang relevan kepada target audiens. Beberap contoh konten yang biasa digunakan yaitu foto, video, artikel, dan lain-lain.

Kontent dibuat untuk berbagai tujuan, bisa untuk mengedukasi audiens ataupun menambah traffic untuk platform Anda. Dengan adanya konten yang berkualitas, Anda dapat membangun hubungan dengan audiens dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Hal ini juga dapat mempengaruhi dan meningkatkan penjualan.

4. Influencer Marketing

Jenis marketing ini melibatkan kerja sama dengan brand atau individu yang berpengaruh dan memiliki banyak pengikut di media sosial. Influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pemikiran orang lain berdasarkan kepercayaan mereka.

Terutama di era media sosial, influencer marketing menjadi jenis marketing yang populer digunakan. Dengan adanya influencer, sebuah brand dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan dapat berinteraksi melalui influencer yang diikuti oleh audiens.

Keberhasilan influencer marketing bergantung pada pemilihan influencer yang tepat, konten yang relevan, serta strategi yang matang.

5. Social Media Marketing

Social media marketing mempromosikan produk atau layanan mereka dengan penggunaan platform media sosial. Platform yang paling umum digunakan yaitu media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan lainnya. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan brand awareness dan juga berinteraksi dengan klien.

Di era modern ini, social media marketing sangatlah penting karena hampir semua orang menggunakan dan aktif di media sosial. Anda dapat menggunakan iklan berbayar pada media sosial seperti Instagram Ads atau Facebook Ads. 

Contoh Digital Marketing

Mungkin Anda sering melihat iklan menarik di internet yang sangat menarik perhatian. Strategi marketing seperti itu pastinya sudah dipersiapkan dengan baik dan matang.

Berikut kita akan mengupas contoh digital marketing yang sukses diterapkan oleh beberapa brand ini :

1. Netflix

Netflix memiliki strategi marketing yang memanfaatkan media sosial, salah satunya yaitu Twitter. Dengan memanfaatkan trending tweet dan followers di Twitter, Netflix mampu menggaet ratusan juta pelanggan di ratusan negara.

Netflix fokus untuk melakukan promosi lewat media sosial dan selalu menggunakan bahasa atau konten yang sedang trending. Mereka juga selalu update dengan film-film terbarunya. Netflix sadar akan betapa pentingnya feedback dari audiens untuk menjaga reputasi brand.

Selain ini, mereka menggunakan humor seperti meme dalam setiap promosi dengan cuplikan film, dan juga berinteraksi dengan audiens. Hal itu dapat membuat audiens terhibur dan men-tweetnya lewat akun Twitter mereka sehingga menjadi trending.

Dengan kata lain, Netflix memanfaatkan pengikutnya agar mereka mengunggahnya sendiri di akun pribadi mereka. Strategi ini dikatakan sukses dengan biaya yang rendah.

2. Tokopedia

Tokopedia berfokus untuk melakukan promosi melalui media sosial terutama Instagram, dengan mengikuti tren yang ada. Dengan mengadakan live streaming hingga konten di post dan story, audiens dapat tertarik dengan produk yang dijual dan menggunakan aplikasi Tokopedia.

Selain itu, Tokopedia juga menggunakan brand ambassador (BA) yang dapat menarik audiens. Pembeli atau penggemar BA tersebut dapat tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan oleh BA.

Salah satu BA yang digunakan oleh Tokopedia yaitu BTS. Hal tersebut sangat menarik perhatian audiens karena BTS merupakan salah satu boyband K-Pop yang paling terkenal dan memiliki pengaruh yang besar.

Tokopedia juga suka mengadakan kontes atau kuis di media sosial sehingga meningkatkan brand awareness dan traffic akun media sosial Tokopedia.

3. Gojek

Gojek meningkatkan brand awareness dengan berbagai inovasi yang menarik. Iklan promosi yang dibuat Gojek menghadirkan hal yang relate dengan kehidupan sehari-hari sehingga dianggap menarik oleh audiens. Bahkan, Gojek pernah mendapat penghargaan Iklan Cerita Terbaik di Youtube Works Awards 2022 atas kampanye #CepetanGoSendInstant.

Selain itu, Gojek juga membuat game “Suwit” di aplikasinya, sehingga menarik minat audiens untuk sering membuka aplikasi dan memainkan game nya.

Sebagai layanan transportasi online terus menciptakan brand awareness kepada audiens untuk menggunakan layanannya, dan bersaing sehat dengan brand ojek online lainnya.

4. Traveloka

Salah satu platform digital yang digunakan oleh Traveloka yaitu medias sosial serperti Instagram. Di Instagram, Traveloka membuat berbagai promosi yang menarik. Salah satunya yaitu menawarkan tiket murah dan bisa berlibur dengan para influencer. Ada juga hadiah-hadiah menarik yang ditawarkan oleh Traveloka.

Strategi digital marketing tersebut dapat meningkatkan brand awareness hingga kepuasan konsumen. Pengikut Instagram Traveloka pun dapat semakin bertambah.

Kesimpulan

Berbagai contoh digital marketing tersebut merupakan strategi yang tentunya sudah dipikirkan dan direncanakan secara matang. Tanpa adanya strategi yang baik, strategi pemasaran tersebut belum tentu akan berhasil dan menyebabkan kerugian. Bahkan yang parahnya, dapat menurunkan reputasi perusahaan atau brand.

Oleh sebabnya penting untuk mengetahui dan menguasai digital marketing terutama untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis Anda. Tenang saja, ada solusinya!

Anda dapat mengikuti kursus Digital Marketing di Course-Net, tempat pelatihan IT no. 1 di Indonesia. Dengan itu, Anda akan mendapatkan materi yang berkualitas dan bimbingan dari Coach kelas dunia sehingga Anda dapat menjadi seorang Digital Marketer profesional.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!