course-net
Search
Close this search box.

Home >

Digital Marketer Adalah : Pengertian, Prospek Karier dan Job Desknya

Monday, 16 October 2023 3:35 PM

Digital Marketer Adalah

Zaman sudah berkembang, hampir semua orang memainkan internet ataupun sosial media. Hampir semua perusahaan menggunakan metode digital marketing. Saat ini, digital marketer adalah salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Menjalankan suatu teknik pemasaran tidak dapat dilakukan secara asal, melainkan dengan strategi yang matang yang telah dianalisis.

Dalam menjalankan tugasnya, digital marketer adalah harus beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi dan perkembangan tren pasar. Mereka memiliki peran penting untuk menciptakan rencana kampanye digital yang baik dan mencapai tujuan perusahaan.

Mari kita simak ulasan berikut ini untuk mengenal digital marketer lebih lanjut.

Pengertian Digital Marketer

Digital marketer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab dalam bidang pemasaran terutama untuk pemanfaatan platform digital dalam mempromosikan produk atau layanan suatu perusahaan. Seorang digital marketer berperan dalam strategi pemasaran konten dan media sosial, periklanan online, dan optimisasi mesin pencari.

Di era digital seperti sekarang, proses interaksi pelanggan dan pembelian telah banyak beralih ke lingkungan digital marketer. Mereka bertanggung jawab untuk meningkatkan brand awareness dan traffic pembelian produk.

Dibandingkan dengan teknik pemasaran konvesional, teknik pemasaran digital dinilai lebih efektif, cepat, dan efisien. Seringnya berinteraksi dengan pelanggan dapat menambah loyalitas pelanggan dan menarik perhatian audiens yang dapat menjadi calon pembeli.

Prospek Karier dan Job Desk Digital Marketing

Ada banyak pilihan karier yang beragam di bidang digital marketing. Anda dapat memilih berdasarkan job desck yang paling cocok dengan Anda. Namun penting untuk terus mengasah skill Anda dan terus menambah wawasan agar bisa mengikuti tren dan pasar yang terus berubah.

Berikut beberapa contoh karier beserta job desknya jika Anda tertarik ingin menjadi seorang digital marketer :

1. Social Media Specialist

Social media specialist adalah seorang profesional yang memiliki keahlian dalam mengelola dan menggunakan platform media sosial untuk melakukan kampanye atau pemasaran produk suatu perusahaan. Mereka berperan untuk mengembangkan dan melakukan strategi media sosial, meningkatkan brand awareness dan berinteraksi dengan audiens.

Media sosial merupakan platform yang tepat untuk mempromosikan produk dan brand, karena hampir semua orang menggunakan media sosial. Keberhasilan strategi media sosial tergantung pada kemampuan untuk memahami target audiens, membuat konten yang relevan, dan mengukur dampak dari kampanye yang telah dilakukan di media sosial.

2. Content Writer

Content writer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk membuat konten yang informatif dan relevan, mengukur dampak dari konten tersebut, serta mengembangkan strategi pemasaran konten. Tugasnya yaitu membuat materi tertulis seperti blog, artikel, caption di media sosial, dan sebagainya yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada target audiens.

Peran ini sangat penting bagi perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran, karena dengan adanya konten maka traffic situs web akan naik akibat banyaknya audiens. Untuk prospek karier ini, dibutuhkan skill menulis yang kreatif dan memiliki pemahaman mendalam tentang market audiens.

3. SEO Specialist

SEO specialist adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan pemasaran produk dengan mengoptimalkan situs perusahaan agar peringkatnya meningkat di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan sebagainya. Dengan adanya hal itu, maka traffic pada situs web akan semakin meningkat.

Dengan SEO, situs web akan berpeluang mendapat lebih banyak pengunjung dikarenakan situs web tersebut berada di halaman atas mesin pencarian. Jika pengunjung bertambah banyak, maka semakin meningkatkan peluang untuk adanya pembeli baru. Kaerna itulah seoran SEO specialist harus memami penerapan optimasi SEO agar hasilnya sesuai yang diharapkan.

4. KOL (Key Opinion Leader) Specialist

KOL (Key Opinion Leader specialist adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menjalankan strategi KOL untuk melakukan kampanye. Mereka juga harus bisa mengidentifikasi KOL yang relevan untuk produk yang Anda miliki, serta memikirkan ide konten yang melibatkan KOL.

KOL adalah individu yang memiliki pengaruh dan sering kali dianggap sebagai pemimpin pendapat atau trend setter oleh audiens mereka. Contohnya seperti artis atau influencer yang mempromosikan produk atau layanan suatu perusahaan.

Kesimpulan

Menjadi digital marketer tidaklah mudah, dibutuhkan skill yang memadai serta wawasan yang luas. Mereka harus bisa terus mengikuti perkembangan pasar dan tren, sehingga dapat membuat kampanye yang relevan sesuai dengan tren yang ada. Dengan begitu, traffic dari situs web atau platform perusahaan dapat naik sehingga meningkatkan audiens dan calon pembeli.

Untuk menguasai skill digital marketing, Course-Net dapat membantu Anda dengan menyediakan kursus digital marketing. Setelah mengikuti kursus Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran digital yang tentunya efektif untuk perusahaan. Di Course-Net, Anda akan mendapatkan materi yang terstruktu dan tentunya dari Coach yang berkualitas

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!