course-net
Search
Close this search box.

Apa Itu SSL ? Pengertian , Peran & Cara Check SSL

Minet

January 3, 2023

Apa Itu SSL ? Pengertian , Peran & Cara Check SSL

Apa Itu SSL ? Pengertian , Peran & Cara Check SSL – Dalam proses pembuatan suatu website, ada satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni memasang sertifikat SSL. Buat Anda yang sedang mengakses suatu web, Anda juga perlu mengecek apakah web tersebut sudah menggunakan sertifikat SSL agar membuatnya tetap aman. Adapun caranya yakni dengan memanfaatkan web SSL checker.

Apa Itu SSL? SSL Adalah

Apa Itu SSL?

Apa itu SSL ? Seperti yang sudah kita pahami, sertifikat SSL bukanlah sertifikat biasa, melainkan suatu teknologi keamanan yang membuat koneksi antara client dan server saling terenkripsi. Enkripsi merupakan proses mengacak data dalam format tertentu yang hanya dapat dikembalikan dalam format yang dapat dibaca sesuai dengan kunci deskripsi yang sesuai.

Sertifikat SSL yang dapat dicek melalui SSL checker merupakan sertifikat digital untuk mengautentikasi identitas situs web kemudian mengenkripsi berbagai informasi yang dikirimkan ke server. Tujuannya tentu saja agar semua jenis data dan informasi yang dikirimkan tidak dapat dibaca secara mudah oleh pihak ketiga, dalam hal ini hacker atau peretas.

Sertifikat SSL pada dasarnya berguna untuk menetapkan kredensial entitas online ketika kita berbisnis dalam suatu web. Apabila pengguna internet berusaha mengirimkan suatu informasi rahasia ke dalam server web, maka browser akan mengakses sertifikat digital server dan memastikan kembali bahwa koneksi aman.

Dengan sejumlah keunggulan, sebuah sertifikat SSL akan berisi sejumlah informasi penting. Adapun informasi yang dimaksud seperti nama pemegang sertifikat, nomor seri dan tanggal kadaluwarsa, salinan kunci publik pemegang sertifikat, hingga tanda tangan digital dari otoritas penerbit sertifikat tersebut.

Oleh sebab itu, ketika suatu website dicek menggunakan SSL checker dan ketahuan belum memasang sertifikat SSL, maka semua data dan informasi tersebut dapat dibaca dengan sangat mudah oleh para peretas. Apalagi jika bentuk data tersebut hanya berupa plain text alias teks biasa.

Alasan Penting Sertifikat SSL Website

Alasan Penting Sertifikat SSL Website

Lantas, apa alasan kuat yang membuat sertifikat SSL ini begitu penting dan harus senantiasa dicek? Apakah hanya faktor keamanan saja? Ternyata tidak hanya itu karena ada beberapa hal yang membuatnya begitu penting seperti berikut.

1. Memproteksi data dan keamanan web

Seperti yang sudah disampaikan, SSL akan memberikan perlindungan kepada semua informasi yang sebelumnya hanya berupa teks biasa menjadi kode acak yang tidak beraturan. Apabila website belum memiliki sertifikat SSL dan masih menggunakan HTTP, maka semua data yang dimasukkan oleh pengunjung dapat dicuri dengan teknik tertentu.

Oleh karena itu, website yang menggunakan sertifikat dan dapat dicek menggunakan SSL checker akan mengubah protokol menjadi HTTPS yang membuat pengunjung dapat memastikan bahwa situs yang dikunjungi senantiasa aman.

Dengan cara itu, tentunya para pengguna juga akan lebih tenang saat memasukkan data dan informasi sensitif, termasuk ketika akan membuat akun pada situs yang rawan pencurian data seperti toko online.

2. Perlindungan dari phising

Phising merupakan suatu kejahatan siber yang efektif untuk mendapatkan data-data pengguna yang sensitif. Dengan demikian, para hacker akan berpura-pura menjadi entitas yang Anda ketahui supaya bisa mendapatkan data-data penting yang Anda punya.

Salah satu contohnya seperti oknum yang mengaku-aku sebagai pegawai bank di mana oknum tersebut akan menawarkan promo dengan cara memancing Anda mengakses suatu web kemudian memasukkan data-data Anda. Data-data inilah yang nantinya akan dicuri, bahkan meski tampilan web tersebut terlihat begitu meyakinkan.

Sayangnya, situs penipu seperti ini sudah disusun sedemikian rupa sehingga sangat mirip dengan aslinya. Oleh karena itu, selain mengecek sertifikat SSL pada SSL checker, ada baiknya Anda mengecek keberadaan SSL jenis EV (Extended Validation). SSL ini merupakan tingkatan tertinggi karena proses validasi yang rumit dan ketat.

Baca Juga : Apa Itu SSH SSL ? Pengertian & Peran Dalam Keamanan Website

3. Mudahnya web ditemukan oleh Google

Setiap pemilik atau pengelola website sudah pasti menginginkan website-nya dapat dengan mudah ditemukan pada mesin pencari seperti Google. Itulah mengapa, Google kerap menjadi acuan keberhasilan penerapan SEO yang menjadikan web tersebut mudah ditemukan.

Kendati demikian, Google memiliki syarat tertentu untuk membuat suatu web dapat muncul di peringkat teratas, salah satunya dengan memiliki sertifikat SSL. Dengan kata lain, Google akan senantiasa memprioritaskan situs yang sudah aman untuk dapat muncul di laman awal pencarian.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin keberhasilan SEO yang terjamin, maka SSL perlu diprioritaskan. Maksimalkan hal tersebut dengan memastikannya dapat dicek menggunakan SSL certificate checker sehingga hasilnya jauh lebih optimal.

4. Menaikkan reputasi web

Meski penting, tidak jarang SSL dianggap begitu sepele. Tentu saja hal ini tidak boleh Anda lakukan karena SSL sangat berpengaruh pada reputasi web bahkan perusahaan Anda. Apalagi, SSL akan membantu website Anda melindungi privasi pengunjung dari potensi kejahatan yang terjadi di dunia maya.

Dengan kata lain, apabila Anda mengabaikan keamanan website menggunakan SSL, maka keamanan pengunjung juga dapat terancam. Akibatnya, para pengunjung juga akan turun, bahkan web Anda akan ditinggalkan karena alasan keamanan.

Parahnya, bisa saja Anda berhadapan dengan hukum jika keamanan privasi dilanggar hanya karena orang-orang mengunjungi website. Oleh karena itu, pastikan sertifikat SSL Anda miliki dan dapat dicek langsung pada web SSL checker.

5. Meningkatkan kepercayaan audiens

Menyangkut poin sebelumnya, web yang memiliki sertifikat SSL secara tidak langsung juga akan membuat kepercayaan pengunjung menjadi meningkat. Hal ini karena ketika kita memasang sertifikat SSL, maka secara otomatis web akan mempunyai ikon gembok terkunci yang mengidentifikasikan adanya proteksi pada web tersebut.

Sebaliknya, jika web tersebut belum ada SSL yang dapat dicek pada SSL checker, maka Anda akan diberikan notifikasi atau peringatan bahaya. Tentu Anda perlu mewaspadai hal ini, apalagi jika sampai memasukkan data dan berbagai informasi pribadi ke dalam situs tersebut, terutama jika situs tersebut tidak ada ikon gembok terkunci.

6. Tersedianya autentikasi

Autentikasi banyak diterapkan untuk mendukung keamanan web atau aplikasi. Itulah mengapa ada Certificate of Authority (CA) yang berhak memberikan dan menandatangani sertifikat SSL untuk suatu website. Meski demikian, CA hanya akan melakukan verifikasi kepemilikan domain sebagai tingkatan yang paling dasar.

Jika Anda ingin mendaftarkan bisnis dengan tingkatan yang lebih tinggi, maka autentikasi akan dilakukan menggunakan Business Validation atau Extended Validation. Dengan begitu, autentifikasi akan diberikan sesuai data atau transaksi dalam suatu web. Terlebih, autentikasi ini akan membuat keaslian web dapat dipertanggungjawabkan, termasuk dapat diakses pada SSL checker online.

7. Membuat kecepatan web meningkat

Ada beberapa anggapan bahwa sertifikat SSL sejatinya dapat membuat akses menuju website menjadi lebih cepat. Hal ini tepat sekali karena faktanya SSL memang dapat memberi peningkatan waktu loading yang jauh lebih baik.

Jika dibandingkan dengan penggunaan koneksi multiparalel, Anda dapat melakukan transfer data dengan lebih cepat karena adanya koneksi tunggal sehingga dapat mengubah teks biasa menjadi binary data (data biner).

Akan tetapi, teknologi ini hanya dapat digunakan oleh website yang terdeteksi SSL checker, di mana pengembangan dilakukan oleh teknologi HTTP2 yang berfungsi ketika suatu web sudah mempunyai sertifikat SSL. Dengan kata lain, jika web tersebut memiliki SSL, maka kecepatan akses pada web juga akan meningkat.

8. Sebagai syarat PCI DSS

PCI DSS merupakan standar keamanan data industri pada kartu pembayaran. Standar ini merupakan serangkaian aturan yang harus dipatuhi oleh sejumlah industri guna menjaga keamanan data pada kartu konsumen saat bertransaksi.

Apabila Anda memiliki toko online berupa web dan menerima pembayaran dengan kartu debit atau kredit, maka standar ini harus diperhatikan. Adapun syaratnya tentu saja memiliki sertifikat SSL pada website toko online tersebut.

Jika Anda melanggar, perusahaan kartu kredit bisa memberikan sanksi hukum. Oleh karena itu, pastikan kembali sertifikat SSL sudah dimiliki dan web Anda terdaftar pada web pengecek SSL secara online seperti Digicert SSL checker.

Setelah mengetahui berbagai alasan yang mendasari pentingnya sertifikat SSL, tentu Anda bertanya-tanya, bagaimana cara membuat dan mendapatkan sertifikat SSL tersebut. Pada dasarnya, website yang masuk pada suatu checker SSL online tentu sudah memiliki sertifikat yang dibuat secara gratis maupun berbayar.

Anda hanya perlu mendatangi suatu web hosting untuk mendaftarkan SSL tersebut sesuai paket yang tersedia. SSL juga pada dasarnya dapat diaplikasikan pada setiap domain maupun sub-domain sehingga keamanan web akan jauh lebih terjamin.

Jika sudah terdaftar, maka web tersebut dapat diakses pada sebuah SSL checker, sehingga menandakan jika web terbilang aman dan bisa diakses tanpa khawatir akan adanya pencurian data.

Cara Mengecek SSL Yang Bisa Kamu Terapkan

Cara Mengecek Sertifikat SSL Secara Online

Kepopuleran SSL saat ini memang bukan tanpa alasan, apalagi dengan keamanan data yang penting dan risiko pencurian data, tentu akan membuat banyak orang merasa perlu. Oleh karena itu, diperlukan suatu pengecekan SSL menggunakan checker online.

Ada banyak web checker yang bisa Anda gunakan secara mudah. Cara penggunaannya pun sangat simpel. Salah satunya pada web Digicert. Anda bahkan dapat mengecek sertifikat SSL secara gratis dengan tools yang disediakan.

SSL checker Digicert menempati posisi tiga besar dalam market share SSL saat ini dengan persentase yang cukup tinggi mencapai 15,6%. Kelebihan lain dari web checker ini yaitu adanya garansi kepada pelanggan mengenai masalah keamanan data, bahkan bisa mencapai 1 juta dollar.

Selain menggunakan web aplikasi, Anda juga bisa mengecek SSL langsung dengan Google Chrome secara cepat. Langkah pertama yakni dengan membuka browser Google Chrome, disarankan menggunakan komputer atau laptop untuk mempermudah pengecekan.

Selanjutnya, akses web yang ingin Anda cek SSL-nya. Web apapun itu, baik blog biasa, web institusi, dan sebagainya. Selanjutnya klik ikon gembok yang ada di bagian alamat situs web. Ingat, waspadai jika web tersebut tidak ada gemboknya ya!

Langkah selanjutnya, yakni dengan meng-klik ikon atau perintah “Security” yang ditandai dengan keterangan “Connection is secure”. Akan muncul juga keterangan valid jika tersedia sertifikat SSL tersebut. Periksa tanggal yang tersedia untuk memvalidasi sertifikat SSL tersebut.

Demikian beberapa hal mengenai pentingnya sertifikat SSL dan bagaimana mengecek kredibilitas situs menggunakan salah satu contoh SSL checker. Sebenarnya sangat mudah untuk mengecek sertifikat SSL, namun penting untuk jeli supaya memastikan keamanannya!

Mau Belajar Cyber Security

DAFTAR DISINI

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print