course-net
Search
Close this search box.

Apa Itu SSH SSL ? Pengertian & Peran Dalam Keamanan Website

Minet

January 3, 2023

Apa Itu SSH SSL ? Pengertian & Peran Dalam Keamanan Website

Apa Itu SSH SSL ? Pengertian & Peran Dalam Keamanan Website – Dalam bidang keamanan dunia maya, SSH SSL merupakan dua hal yang sangat penting. Sayangnya, masih banyak orang yang belum benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan keduanya dan bagaimana cara kerjanya. Yuk simak ulasan berikut!

Apa Itu SSH dan Manfaatnya

Apa Itu SSH dan Manfaatnya

Apa Itu SSH SSL ? Seperti yang sudah disampaikan, SSH dan SSL sejatinya merupakan dua hal yang berbeda, namun keduanya memiliki peran yang penting untuk keamanan suatu website. SSH atau Secure Shell merupakan suatu sistem protokol keamanan administrasi untuk sambungan internet jarak jauh.

Sesuai namanya, SSH memiliki fungsi untuk membuat pengguna dapat mengakses, mengontrol, hingga memodifikasi server secara jarak jauh melalui internet. Terlebih dengan teknik kriptografi tertentu, SSH akan memastikan seluruh komunikasi dari dan menuju ke server tersebut terjadi secara aman dan terenkripsi.

Dengan kelebihannya tersebut, SSH SSL banyak dipakai oleh admin dan pengembang jaringan untuk beragam keperluan. Mulai dari pengelolaan sistem atau aplikasi jarak jauh, berbagi file, hingga menjalankan suatu perintah sistem. Selain sebagai sarana transfer data yang terbilang aman, SSH juga mempunyai sejumlah manfaat lain seperti berikut.

1. Mengontrol server dengan lebih mudah dan bebas

Sebagai sistem pengaman, Anda dapat dengan mudah mengakses dan mengontrol file maupun pengaturan yang ada di hosting tanpa harus mendatangi server yang tersimpan secara fisik.

2. Menghindari kejahatan siber

Dengan adanya teknik kriptografi, SSH SSL Indonesia juga akan secara otomatis memutus koneksi apabila mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan ketika proses transfer dilakukan. Hal ini tentu akan membantu Anda terlindung dari hacker maupun malware.

3. Sebagai DNS dan IP Spoofing

Spoofing merupakan situasi di mana seseorang atau program berhasil mengidentifikasi diri sebagai orang lain dengan cara pemalsuan data guna mendapatkan keuntungan ilegal. Hal ini tentu saja sangat merugikan sehingga adanya fitur spoofing pada SSH SSL dapat melindungi proses transfer dari para peretas tersebut supaya transaksi yang Anda lakukan bisa lebih aman.

4. Menjamin keamanan data

SSH memiliki sistem autentikasi dan enkripsi data. Sistem inilah yang kemudian akan membuat koneksi yang dilakukan oleh SSH memiliki keamanan yang ketat namun tetap terjamin.

Cara Kerja SSH

Secara umum, cara kerja protokol SSH SSL dilakukan dengan model client-server. Dengan kata lain, koneksi yang terjadi yakni SSH client yang melakukan proses koneksi menggunakan kunci kriptografi untuk proses verifiksi dan identifikasi SSH server. Jika kunci yang dipakai SSH client berbeda dengan SSH server, maka koneksi tidak akan dapat tersambung.

SSH client dan SSH server dapat tersambung menggunakan kunci yang sama melalui proses verifikasi. Koneksi yang tersambung ini nantinya akan dienkripsi menggunakan symmetric encryption dan hashing yang bertujuan untuk memastikan kerahasiaan dan keutuhan data yang ditukarkan client dengan server.

Keduanya kemudian melakukan negosiasi atau verifikasi koneksi untuk mulai membuka koneksi yang aman. Jika sudah selesai, SSH client dapat masuk ke dalam server dengan pertukaran data yang terus dienkripsi oleh SSH SSL tercepat.

Kenali Dulu Pengertian SSL

Kenali Dulu Pengertian SSL

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan SSH, tentu tidak lengkap jika Anda tidak memahami apa yang dimaksud dengan SSL. Keduanya memang memiliki perbedaan, namun sama-sama bermanfaat untuk perlindungan data.

Ya, SSL atau Secure Socket Layer merupakan protokol keamanan yang didesain sedemikian rupa untuk melindungi data pengguna di internet. Seringkali, SSL digantikan dengan TLS yang merupakan versi baru SSL di mana keduanya sama-sama merupakan protokol keamanan untuk mengamankan privasi data pribadi seperti nama, alamat, hingga nomor kartu kredit.

Ketika Anda sebagai user biasa sering browsing internet, tentu Anda wajib memastikan bahwa website yang digunakan sudah menggunakan SSH SSL dan HTTPS. Begitu pula jika Anda memiliki sebuah web, tentu wajib hukumnya memiliki sertifikat SSL karena pada dasarnya SSL memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Melindungi data dan informasi penting

SSL pada dasarnya berperan seperti tameng yang akan melindungi suatu website dari pencurian informasi penting. Seperti yang kita tahu, ada banyak hacker yang siap untuk menyusup berbagai website, bahkan dapat mencuri informasi penting dari web tersebut.

Meski sudah dilakukan berbagai cara, para penjahat siber ini sudah sangat jago dalam mencuri data melalui berbagai cara. Oleh karena itu, membekali website dengan sertifikat SSL sangatlah penting untuk keselamatan data dan informasi yang dimiliki web Anda tersebut.

2. Membuat website terkesan lebih profesional

Banyak pengunjung internet saat ini sudah melek dengan teknologi. Mereka akan tahu mana saja website yang aman maupun yang tidak. Tentunya, website dengan SSH SSL akan dirasa lebih aman bagi pengunjung karena minimnya potensi pencurian data.

Memasang sertifikat SSL bisa menjadi solusi yang pas supaya website Anda terlihat lebih kredibel dan terpercaya. Dengan begitu, akan semakin banyak lagi pengunjung yang secara tidak langsung akan meningkatkan traffic dan transaksi pada website Anda.

3. Mematuhi aturan transaksi internet

Apabila Anda memiliki web e-commerce alias toko online yang menyediakan sistem pembayaran melalui kartu kredit, SSL/TLS menjadi hal yang sangat penting dan wajib digunakan. Terlebih, saat ini sudah ada regulasi khusus bernama Payment Card Industry Data Security Standard yang mengharuskan suatu website memiliki SSL SSH.

Jika website yang Anda miliki tidak menggunakan sertifikat tersebut, tentunya akan menimbulkan risiko kebocoran data. Bersiaplah untuk menanggung risiko, bahkan denda yang cukup besar, yakni 5.000 sampai 500.000 dollar.

4. Memaksimalkan SEO website

Jika dilihat secara sekilas, mungkin kita akan merasa jika antara SEO dan SSL tidak memiliki hubungan yang erat. Akan tetapi jangan salah sangka, mesin pencari seperti Google ternyata hanya akan melirik website yang sudah mengaktifkan SSL.

Hal ini dilakukan untuk membuat web tersebut dapat muncul dalam pencarian mesin penelusurannya. Oleh karena itu, buat Anda yang ingin membuat web Anda dapat ditemukan melalui Google, jangan pernah mengabaikan sertifikat SSL ini. mau belajar SEO ? Yuk Ikuti kursus SEO Di Course-Net.

Tips Memilih SSL yang Tepat

SSL memang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Semakin berkembangnya suatu website, maka kehadiran SSL sangat diperlukan. SSH SSL sama-sama akan melindungi website dari serangan hacker maupun berbagai kejahatan siber lainnya. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu dilakukan supaya Anda dapat memilih SSL yang baik dan benar untuk website Anda sebagai berikut.

1. Memastikan kapasitas dan pengunjung website

Sebelum memilih suatu SSL, ada baiknya jika Anda melihat dulu seberapa banyak pengunjung website Anda. Tentu akan terlihat sia-sia jika Anda membeli SSL yang mahal jika pengunjung web tidak lebih dari 5 orang setiap harinya.

Selain membuang uang, hal tersebut juga kurang sesuai dengan kapasitas. Berbeda halnya dengan toko online yang cukup besar dengan pengunjung ribuan, tentu SSL yang harganya mahal cukup penting Anda miliki.

2. Menyesuaikan tipe SSL dengan website

Secara umum, terdapat 3 macam SSH SSL, yakni Domain Validation, Business Validation, serta Extended Validation. Tentu masing-masing produk tersebut memiliki jenis dan tipenya sendiri.

Sebagai contoh untuk web bisnis atau toko online, umumnya akan menggunakan Extended Validation dengan Green Bar. Hal ini dilakukan karena web memiliki data rahasia para customer seperti nama, email, bahkan nomor kartu kredit.

3. Memastikan budget yang dimiliki

Memasang SSL memang sangat penting, namun ada baiknya Anda melihat kembali anggaran budget sebelum membeli sertifikat SSL tersebut. Meski saat ini ada juga free SSH SSL yang dapat Anda pilih, namun untuk keamanan yang lebih, Anda juga dapat memilih SSL yang berbayar.

Apa Itu Perbedaan Umum SSH dan SSL

Dari berbagai pengertian dan penjelasan cara kerja di atas, sejatinya dapat disimpulkan ada beberapa perbedaan teknis pada SSH dan SSL. meski keduanya sama-sama digunakan untuk kepentingan keamanan website, Anda dapat melihat beberapa perbedaan mendasar keduanya sebagai berikut.

1. Kegunaan

Secara umum, SSH digunakan untuk dapat menghubungkan komputer secara jarak jauh dan aman sehingga dapat membuat perintah. Berbeda dengan SSL yang lebih banyak dipakai untuk membuat transmisi data secara aman antara dua pihak seperti pengunjung situs maupun server situs web tersebut.

2. Port yang digunakan

SSH dijalankan berdasarkan network tunnels atau terowongan jaringan sehingga SSH dijalankan pada port 22. Berbeda dengan SSL yang dijalankan berdasarkan sertifikat digital (sertifikat SSL) sehingga berjalan pada port 443.

3. Aktivitas kepada client

Karena SSH merupakan suatu protokol jaringan kriptografi, maka SSH lebih banyak mengharuskan client untuk melakukan autentikasi nama pengguna dan kata sandi. Berbeda dengan SSL yang merupakan suatu protokol keamanan yang hanya memerlukan autentifikasi dari sisi server.

Kelebihan SSL SSH

SSH dan SSL sama-sama memiliki fungsi dalam keamanan data dan website. Kendati demikian, ada juga sejumlah kelebihan dari berbagai fitur pada SSH dan SSL secara kesatuan. Adapun kelebihan yang dimaksud seperti berikut.

1. Full speed

Tidak dapat dipungkiri, SSH dan SSL dapat memiliki kecepatan yang tinggi, baik dengan kuota reguler maupun untuk kepentingan inject. Anda bisa mendapatkan SSH SSL premium full speed dengan memilih penyedia yang membuat server gaming sehingga ping lebih stabil dan lancar.

2. Pembuatan konfigurasi yang mudah

Ternyata, pengaturan termudah untuk meng-inject internet gratis adalah metode SSL. Hal ini karena kita hanya perlu memasukkan bugs SSL yang masih terbuka dari operator seluler, kemudian tinggal dihubungkan.

3. Banyak penyedia

Semakin lama, makin banyak website yang menyediakan SSH dan SSL secara gratis. Terlebih, proses instalasi cukup mudah menggunakan auto script dengan sistem open source maupun berbayar. Anda cukup menyediakan server VPS dan lakukan instalasi sesuai perintah.

Demikian beberapa hal seputar SSH SSL, baik dari pengertian, cara kerja, hingga perbedaan yang mendasar antara keduanya. SSH dan SSL memang sangat penting untuk keamanan data dan website. Oleh karena itu, Anda tidak hanya wajib memiliki namun juga benar-benar memahaminya.

Nah, untuk memahami lebih jauh seputar SSH dan SSL, Anda dapat belajar secara intens menggunakan platform Course-Net. Dengan trainer berpengalaman dan materi ter-update, Anda tidak perlu bingung lagi jika harus mempelajari keamanan data website. Yuk segera bergabung!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print