course-net
Search
Close this search box.

Belajar Java Untuk Pemula Sampai Mahir

Minet

January 9, 2023

Belajar Java Untuk Pemula Sampai Mahir

Belajar Java Untuk Pemula Sampai Mahir – Bahasa pemrograman Java memang populer sehingga banyak digunakan saat ini dan bagi Anda yang tertarik belajar Java, simak penjelasan selengkapnya berikut ini. Sebelum kita mempelajari bahasa Java, pahami dahulu apa itu Java. Java merupakan bahasa pemrograman yang dibuat oleh James Gosling.

Sintaks Java mirip dengan C++ dan C karena terinspirasi dari kedua bahasa pemrograman tersebut. Bahasa pemrograman ini dirancang dengan tujuan untuk pengkodean aplikasi. Java sudah menjadi bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan para programmer sehingga kita juga harus belajar pemrograman Java untuk pemula, khususnya bagi Anda yang tertarik dengan dunia pemrograman.

Belajar Java Untuk Pemula Sampai Mahir

Alasan Mengapa Anda Harus Belajar Java

Belajar Java Untuk Pemula Sampai Mahir
Generic java programming code written on black.See the SQL code as well

Belajar Java mungkin saja bisa diperhitungkan bagi Anda, khususnya jika Anda tertarik mempelajari dunia pemrograman. Terlebih lagi ada banyak bahasa pemrograman yang umum digunakan dan salah satu contohnya adalah Java. Bahasa pemrograman Java adalah bahasa yang cukup populer digunakan para programmer di sejumlah perusahaan yang ada di dunia.

Bahkan Java sudah bertahan hampir 20 tahun lebih sebagai bahasa pemrograman. Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari lebih banyak bahasa pemrograman satu ini perlu dicoba. Tentu saja bukan tanpa alasan, mengapa Anda harus mempelajari bahasa pemrograman Java dan alasan-alasannya adalah:

  1. Java Mudah Dipelajari

Salah satu alasan mengapa Anda harus belajar Java yang satu ini adalah karena bahasa pemrograman yang satu ini mudah dipelajari. Jika Anda melihat sintaks di program Java, umumnya memakai Bahasa Inggris dan memiliki karakter asing yang lebih sedikit.

Inilah sebabnya menjadikan bahasa pemrograman Java ini jauh lebih mudah dibaca dan dipelajari, termasuk bagi pemula. Salah satu bahasa pemrograman yang terbaik adalah Java sebab didesain supaya mudah dipahami bagi pengguna dan menghasilkan produk lebih cepat dengan bahasa ini.

  1. Mempunyai Open Source Library Lengkap

Alasan kedua Anda harus belajar bahasa pemrograman Java adalah karena open source library lebih lengkap. Library ini adalah perpustakaan dari kumpulan program-program yang ada di pemrograman Java yang dapat memudahkan para programmer membangun aplikasi.

  1. Java Lebih Multiplatform

Alasan ketiga adalah bahasa pemrograman Java bisa dijalankan di sejumlah platform atau sistem operasi komputer seperti sekarang ini. Hal ini memang sesuai dengan prinsip yang dimiliki yaitu ditulis sekali, jalakan dimana saja. Nah, berkat inilah Java dapat digunakan oleh para programmer di beberapa platform yang berbeda.

  1. Berorientasi pada Objek

Alasan keempat Anda harus belajar Java adalah seluruh aspek yang ada di bahasa pemrograman satu ini merupakan objek sehingga dikatakan sebagai Object Oriented Programming atau OOP. Hal ini adalah salah satu cara ampuh untuk mengorganisasikan dan juga mengembangkan software. Di OOP, program komputer adalah sebagai kelompok objek yang berinteraksi satu dengan lainnya.

Objek inilah yang secara independen dan memiliki aturan berkomunikasi dengan objek-objek yang lainnya dalam memerintahkan objek lain supaya informasi tertentu mengerjakan suatu hal. Kelas sebagai modul dan juga tipe, sehingga sebagai tipe saat jalan, program akan menciptakan objek-objek yang juga instan-instan kelas.

Kelas bisa mewarisi kelas yang lainya dan Java tidak mengizinkan pewarisan secara jamak, namun menyelesaikan pewarisan jamak ini dengan fitur inter face yang elegan. Saat mempelajari Java, Anda perlu belajar looping Java karena ini bagian dari kegiatan coding yang penting juga.

  1. Memiliki Dukungan dari Komunitas

Alasan kelima adalah Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan dan hal ini dibuktikan dengan bagaimana Java membantu developer memudahkan dalam mengembangkan aplikasi. Java juga mempunyai banyak forum-forum aktif yang menyediakan open source dan juga sejumlah grup dari para pengguna Java dalam membantu semuanya.

  1. Bahasa Pemrograman Java Gratis

Alasan Anda harus belajar bahasa Java keenam adalah bahasa pemrograman Java ini tidak memungut biaya untuk pembuatan aplikasi karena gratis. Inilah yang membuat Java semakin populer di kalangan para programmer, baik secara individu maupun organisasi yang mengembangkan program yang dimilikinya secara strategis.

Java bisa dimana saja, seperti di dekstop, mobile dan yang lainnya dan begitu juga dengan banyaknya jumlah programmer Java dari seluruh dunia.

  1. Terdistribusi

Alasan ketujuh adalah bahasa pemrograman Java telah terdistribusi dengan mudah karena ada libraries networking yang telah terintegrasi di bahasa pemrograman Java satu ini.

Begitulah penjelasan mengenai alasan-alasan mengapa Anda perlu mempelajari Java dan pastikan juga Anda belajar GUI Java NetBeans dengan cara di bawah ini.

Cara Membuat Tampilan GUI di HetBeans IDE

Cara Membuat Tampilan GUI di HetBeans IDE

Saat mempelajari bahasa pemrograman Java, umumnya editor akan menggunakan NetBeans IDE. Editor satu ini akan memudahkan Anda dalam menulis kode pemrograman yang akan dibuat. Nah, panduan membuat tampilan GUI di Java memakai NetBeans IDE adalah:

  1. Buat Project

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat projectnya terlebih dahulu. Apabila Anda sudah membuat projectnya tidak perlu melakukan hal ini. Langkah ini sangat penting karena termasuk bagian awal agar bisa membuat tampilan GUI di Java dengan baik dan mudah.

  1. Buat JFrame Form

Cara belajar Java selanjutnya setelah Anda berhasil membuat project tersebut, hal berikutnya yang dilakukan adalah membuat JFrame Form terlebih dahulu. JFrame Form ini yang akan dipakai sebagai tampilan GUI dan juga untuk meletakkan beberapa objek yang Anda butuhkan.

Cara membuatnya adalah dengan klik kanan di package Anda dan cara menemukan JFrame Form adalah dengan klik menu Other dan Anda akan melihat jendela baru. Pilih Categories dan klik Swing GUI Form, maka otomatis akan muncul File Types dan terakhir memilih JFrame Form tinggal pilih menu Next.

Apabila Anda sudah memilih JFrame Form, maka selanjutnya Anda beri nama formnya. Pemberian nama formnya bebas sesuai dengan Anda.

  1. Buat Tampilan GUI

Langkah terakhir belajar Java adalah Anda tinggal mulai membuat tampilannya sesuai keinginan. Anda akan melihat komponen-komponen di Swing Containers dan Swing Controls, sehingga bisa memilih komponen yang dibutuhkan untuk aplikasi yang akan Anda buat.

Contohnya Anda akan membuat formulir kontak dengan isi Nama, Email, Subject dan Keterangan. Oleh sebab itu, Anda akan membutuhkan beberapa komponen, seperti label, text field, text area sesuai dengan kebutuhan.

Cara meletakan komponennya mudah sekali yaitu tinggal klik komponen yang diinginkan dan diarahkan ke JFrame Form dan kemudian lepaskan. Anda bisa mendesainnya sesuai dengan keinginan supaya tampilan GUI menarik.

Itulah dia cara belajar GUI Java dengan memakai NetBeans secara mudah dan simpel.

7 Trik Cepat Belajar Java Untuk Pemula

7 trik cepat belajar bahasa pemrograman Java untuk pemula yang harus Anda coba adalah:

  1. Belajar dari Dasar

Agar bisa menjadi seorang programmer profesional Anda harus belajar Java dan mempunyai dasar yang cukup kuat di bahasa pemrograman yang dipilihnya dan contohnya adalah Java. Akan lebih seru apabila Anda mengikuti tutorial dan copy paste code orang lain dan jadi suatu aplikasi.

Namun Anda tidak akan memahami sepenuhnya tentang pemrograman Java. Itulah sebabnya Anda harus mempelajari dari dasarnya terlebih dahulu supaya bisa jadi pondasi yang kuat untuk membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman Java satu ini.

  1. Susunan Materi yang akan Dipelajari

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan saat belajar Java pemula adalah menyusun materi yang nantinya akan dipelajari. Anda harus mempunyai rencana maupun target dalam mempelajari materi tertentu.

Dengan cara ini, tidak ada materi bahasa pemrograman Java yang akan terlewatkan. Anda juga akan mengetahui apa kelemahan yang ada di materi-materi tersebut, sehingga bisa dipelajari lagi supaya lebih memahaminya.

  1. Fokus dalam Belajar

Bagi yang ingin jadi seorang programmer profesional harus fokus belajar dan memiliki komitmen. Selama belajar bahasa pemrograman Java sebaiknya tidak berpindah ke materi yang lainnya, melainkan Anda harus menguasai materi tersebut dahulu sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Anda juga harus memiliki komitmen dalam belajar Java supaya bisa menjadi seorang programmer profesional. Sebagai pemula tentu harus terus belajar, meskipun sedikit demi sedikit supaya bisa memahami dasarnya dengan baik.

  1. Belajar dari Buku Pemrograman Java

Bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Java, bisa belajar dari sejumlah buku-buku pemrograman Java. Saat ini ada banyak buku-buku tentang pemrograman Java yang bisa dipelajari agar bisa memahami alur pemrograman tersebut dengan baik.

Usahakan Anda mempelajari dari beberapa buku pemrograman Java yang berbeda-beda dari penulis yang berbeda juga supaya mendapatkan banyak ilmu dan kemudian mempraktekkannya.

  1. Pelajari Coding dan Mempraktekkannya

Saat belajar pemrograman Java, Anda bisa mempelajari coding dan kemudian mempraktekkannya. Mempelajari suatu hal akan lebih mudah dipahami apabila Anda mempraktekkannya juga. Itulah sebabnya Anda tidak hanya sebatas membaca dari buku-buku pemrograman Java saja, namun juga harus mempraktekkannya.

Anda harus menulis kode-kode bahasa pemrograman, menjalankan program hingga memperbaiki error yang ditemukan. Dengan cara ini, Anda bisa menjadi programmer profesional dengan mudah.

  1. Memahami IDE yang digunakan

Anda juga perlu mempelajari Integrated Development Environment atau IDE yang digunakan saat belajar Java. IDE ini merupakan program komputer yang mempunyai sejumlah fasilitas untuk membangun software. IDE juga dibuat dengan utilitas yang dibutuhkan dalam pembuatan software.

Saat ini sudah banyak IDE yang bisa membantu Anda dalam mempercepat penulisan kode, memudahkan ketepatan penulisan kode lebih cepat dan juga menunjukkan bagian yang mengandung kesalahan maupun keraguan. Anda dapat memakai sejumlah IDE dalam membangun aplikasi dengan bahasa pemrograman Java, seperti NetBeans.

  1. Belajar di Tempat Kursus

Terakhir, Anda bisa belajar Java web programming di tempat kursus. Anda tidak perlu cemas karena saat ini ada banyak tempat kursus web programming yang tersedia. Nah, hal yang perlu Anda perhatikan sebelum belajar di tempat kursus harus memastikan cari tempat kursus terbaik. Tips mencari tempat kursus web programming terbaik adalah pastikan tenaga ahli berpengalaman.

Anda juga harus memastikan tempat kursus tersebut memberikan coaching dan dimentoring, sehingga tidak hanya menjabarkan konsep dasar atau training saja. Biasanya selama di tempat kursus Anda dapat mempraktekkan langsung sesuai dengan apa yang telah diajarkan supaya dapat membuat project sendiri dengan mudah. Pastikan juga model pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan tenaga ahli atau coach yang tersedia sudah memiliki sertifikat.

Nah, itulah dia tips-tips belajar Java yang bisa dicoba untuk pemula yang ingin menjadi seorang programmer profesional.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print