Belajar Programming Otodidak untuk Pemula Lengkap!

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Belajar Programming Otodidak untuk Pemula Lengkap! – Dewasa ini perkembangan teknologi yang pesat menuntut banyak orang untuk melakukan upgrade kemampuan. Berbagai pekerjaan sudah tidak lagi dilakukan secara konvensional karena sudah digantikan oleh berbagai program komputer. Tidak mengherankan jika semakin banyak orang mulai belajar programming supaya bisa menjadi seorang programmer yang andal.

Mau Belajar Programming Otodidak ? Yuk Simak Artikel Ini

Alasan Menjadi Programmer

Belajar Programming Otodidak untuk Pemula Lengkap!

Tentunya, menjadi andal bukan satu-satunya alasan mengapa seseorang ingin menjadi seorang programmer. Di dunia yang semakin maju saat ini, ada berbagai peluang yang secara materi akan sangat menguntungkan, namun juga dengan alasan lainnya. Berikut beberapa alasan yang sering kali diutarakan. Nah berikut ini adalah alasan belajar programming otodidak untuk pemula yang bisa anda pikirkan.

1. Prospek karier yang panjang

Saat ini, kebutuhan akan seseorang yang dapat membuat program komputer atau aplikasi semakin meningkat. Banyak perusahaan mencari seseorang yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang IT tersebut untuk tidak hanya mendesain program, namun juga merealisasikannya.

Hal inilah yang kemudian mendorong seseorang untuk belajar programming supaya dapat diincar oleh perusahaan ternama. Terlebih, saat ini hampir semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga programmer yang andal guna mewujudkan digitalisasi perusahaan ke arah yang lebih baik.

Dengan alasan inilah, banyak orang mulai tertarik dengan dunia programming. Karier yang cemerlang dan masih banyak perusahaan membutuhkan seorang programmer di masa depan tentu menjadi suatu pertimbangan tersendiri.

2. Sumber pendapatan yang fantastis

Tidak dapat dipungkiri, alasan finansial menjadi salah satu alasan penting yang membuat profesi programmer banyak menjadi favorit. Terlebih, karena banyak perusahaan yang membutuhkan programmer, tentu mereka akan rela mengeluarkan budget lebih untuk membayarnya.

Seorang programmer akan bekerja dengan suatu perusahaan untuk membuat berbagai aplikasi maupun website guna mendukung eksistensi perusahaan tersebut. Karena membutuhkan skill yang tinggi, fee yang didapatkan tentu juga akan sangat sebanding.

3. Pekerjaan lebih fleksibel

3. Pekerjaan lebih fleksibel

Banyak orang rela belajar programming otodidak karena sudah tahu bahwa pekerjaan seorang programmer bisa sangat fleksibel. Anda dapat bekerja kapan pun dan di mana pun Anda mau, yang penting target waktu dari perusahaan tersebut sudah terpenuhi.

Selain itu, ada juga programmer yang bekerja secara freelance. Dengan begitu, ia dapat menerima atau bahkan menolak job dari orang lain sesuai keinginan. Bahkan, Anda dapat memilih job mana saja yang mampu membayar Anda lebih.

Waktu kerja yang lebih fleksibel ini tentu akan membuat banyak orang merasa nyaman, terlebih buat mereka yang sudah memiliki keluarga. Bagaimana tidak, waktu yang fleksibel akan membuat mereka dapat menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, namun di waktu yang lain dapat fokus dengan pekerjaannya meski dijalankan dari mana saja.

4. Dapat menciptakan berbagai aplikasi

Keahlian di bidang pembuatan program tentu akan menimbulkan kesenangan tersendiri, terlebih dengan belajar programming Anda akan dapat menciptakan program, aplikasi, hingga website yang baru tergantung kemampuan.

Siapa tahu, aplikasi yang Anda buat ternyata dapat dimanfaatkan oleh banyak orang. Selain memberi banyak manfaat, bisa saja Anda akan mendapat penghasilan yang tinggi layaknya Bill Gates yang membuat Microsoft.

Tidak sedikit aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan manusia. Misalnya saat ini ada banyak orang tertarik belajar bahasa isyarat, namun tidak banyak aplikasi yang membantu. Jika Anda memiliki kemampuan mengembangkan suatu program, Anda dapat menciptakan aplikasi belajar bahasa isyarat tersebut untuk memudahkan banyak orang berkomunikasi.

5. Mengasah logika lebih baik

Ternyata, dengan belajar programming kita tidak hanya dapat menjadi seorang programmer yang profesional. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjadi seorang yang memiliki logika tinggi sehingga tidak mengherankan jika akan ada banyak hal dapat diselesaikan oleh seorang programmer.

Terlebih, menjadi programmer tentu membutuhkan logika yang kuat untuk menyelesaikan suatu masalah. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat di kehidupan nyata. Anda akan dapat memahami seperti apa masalah yang dihadapi, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya, hingga apa yang perlu dilakukan agar masalah tersebut tidak terulangi.

8 Tips Menjadi Programmer Otodidak

Tidak semua orang memiliki background pendidikan programming. Bahkan ada orang yang berasal dari background lain namun tertarik dengan dunia programming, juga tetap bisa menjadi seorang programmer yang andal. Mereka pun rela belajar programming pemula untuk memuaskan keinginannya tersebut.

Jika Anda juga memiliki ketertarikan yang sama, Anda dapat belajar secara mandiri. Tidak perlu mengambil kuliah lagi kok untuk bisa menjadi programmer yang profesional, bahkan dapat dilakukan bersamaan dengan pekerjaan saat ini. Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

1. Menentukan bahasa pemrograman yang ingin dipelajari

Hal pertama yang perlu Anda ketahui yakni menentukan bahasa program yang seperti apa yang akan Anda pelajari. Seperti yang sudah diketahui, terdapat banyak bahasa pemrograman yang saat ini digunakan. Karena masih pemula, ada baiknya Anda memilih satu bahasa pemrograman terlebih dahulu yang sekiranya mudah namun bisa Anda kuasai dengan cepat.

Buat Anda yang ingin belajar programming, memilih bahasa pemrograman bisa menjadi dasar dalam menyukseskan proses belajar Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kemampuan dalam diri sehingga Anda dapat mempelajarinya dengan cepat dan mudah.

Memang, belajar menjadi seorang programmer tidak cukup dengan menguasai satu bahasa coding saja. Akan tetapi, karena masih pemula ada baiknya Anda memulai bahasa coding yang mudah terlebih dahulu kemudian setelah menguasainya, Anda dapat melanjutkan ke bahasa yang lebih sulit.

2. Menggunakan bantuan modul dan tutorial

Belajar secara mandiri pada dasarnya tidak akan dapat terlepas begitu saja dari berbagai modul dan tutorial. Terlebih, modul dan berbagai buku tutorial bisa menjadi sarana belajar yang tepat untuk mempercepat proses belajar bahasa pemrograman.

Selain itu, saat ini sudah banyak tersedia modul dan tutorial yang dapat diakses secara online. Manfaatkan saja kemudahan tersebut untuk melengkapi cara belajar pemrograman yang lengkap. Jika menggunakan lebih dari satu modul, Anda perlu mempelajarinya secara berurutan.

Baca Juga : Belajar Coding Pemula

3. Menghindari copy-paste

Dalam beberapa kondisi, seorang programmer tidak jarang akan melakukan copy-paste dalam proses pembuatan suatu program. Akan tetapi, buat Anda yang sedang mempelajari programming, ada baiknya tidak melakukan hal tersebut berulang kali, tentu secara tidak langsung akan merugikan Anda.

Dalam belajar programming, percaya pada kemampuan diri sendiri menjadi hal yang penting. Untuk itu, selain melihat di modul Anda juga perlu mengembangkan kemampuan dari apa yang sudah tertulis dalam modul tersebut.

Cobalah untuk mengembangkan ide meskipun masih dituntun dengan penjelasan pada modul tersebut. Dengan begitu, Anda juga akan belajar cara-cara pembuatan yang benar, bagaimana jika terjadi kesalahan, hingga bisa melakukan evaluasi mandiri.

4. Susun jadwal secara konsisten

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yakni dengan membuat jadwal belajar yang konsisten. Jadwal yang dimaksud dapat dibuat secara harian atau mingguan. Dengan begitu, Anda akan lebih cepat memahami pemrograman yang diinginkan.

Di awal-awal, mungkin akan sedikit sulit, namun jika Anda ‘memaksa’ diri Anda sendiri untuk menaati jadwal belajar yang dibuat, maka Anda lebih sungguh-sungguh dan proses belajar dengan tepat waktu akan menjadi suatu kebiasaan.

Dalam belajar pemrograman, sejatinya tidak perlu waktu yang terlalu lama. Cukup 1-2 jam sehari atau Anda dapat meluangkan 1-2 hari dalam satu minggu untuk mempelajari satu modul pembelajaran. Tentunya, buatlah jadwal yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan pasanglah pengingat untuk mengingatkan Anda terhadap waktu belajar.

5. Praktik sesering mungkin

Buat Anda yang sedang belajar programming, melakukan praktik adalah hal yang penting dilakukan. Dengan praktik sebanyak-banyaknya, tentu akan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan pembelajaran menjadi seorang programmer.

Semakin sering melakukan praktik, maka Anda akan semakin hafal dengan apa yang Anda kerjakan. Tentunya, hal ini akan baik untuk pemahaman Anda. Jika terjadi kebingungan, maka Anda dapat melihat tutorial atau mencoba melakukan problem solving secara mandiri.

6. Tidak ragu melakukan perbaikan sendiri

Ketika belajar suatu bahasa pemrograman, tentu ada beberapa kesalahan yang wajar Anda lakukan. Kendati demikian, cobalah untuk berani melakukan perbaikan sendiri ketika ada masalah berupa bugs atau masalah teknis lainnya.

Perbaikan kesalahan saat melakukan praktik mandiri ini tentu penting supaya Anda dapat mengatasi permasalahan mendasar dan mengevaluasi apa yang seharusnya dilakukan. Dengan demikian, Anda juga dapat mengetahui letak kesalahan yang terjadi dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama tersebut.

Baca juga : Cara Belajar Coding Ketika Anda Tidak Tahu Harus Mulai Darimana

7. Rajin membaca berita teknologi

Seseorang yang belajar programming tidak akan terlepas dari perkembangan teknologi yang terjadi akhir-akhir ini. Di tengah arus teknologi yang semakin canggih, seorang programmer dituntut harus mengikuti hal tersebut supaya tahu apa yang saat ini sedang menjadi tren, teknologi terbaru apa yang saat ini berkembang, dan sebagainya.

Dengan mengetahui hal tersebut, tentunya Anda akan terbiasa dengan teknologi terbaru yang dapat mempermudah hidup. Sebagai contoh, saat ini marak teknologi yang mengembangkan AI atau kecerdasan buatan. Jika Anda dapat menguasai AI tersebut, tentu prospek ke depannya akan lebih bermanfaat buat Anda.

Selain itu, jika Anda memiliki berbagai ide pembuatan aplikasi terkini, jangan pendam ide tersebut. Malahan, ada baiknya Anda coba mengubah ide tersebut menjadi kode-kode yang dipelajari melalui modul sehingga akhirnya menjadi prototipe. Jika aplikasi tersebut ternyata memiliki kegunaan bagi banyak orang, tentu akan ada banyak apresiasi untuk kerja keras tersebut.

8. Mengikuti komunitas programmer

Seseorang yang sedang belajar web programming maupun pemrograman aplikasi sebaiknya bergabung dalam komunitas programmer. Bagaimana tidak, di komunitas tersebut tentu Anda akan bertemu dengan banyak orang yang sudah ahli di bidangnya.

Anda dapat belajar dari pengalaman para expert dan jika ada kesulitan, tentu anggota komunitas lain bisa membantu. Saat ini, komunitas seperti itu tidak hanya dapat ditemui secara langsung, bahkan ada juga komunitas yang berbasis online.

Tidak jarang, ada project programming yang diberikan pada komunitas tersebut. Ambil saja kesempatan tersebut jika Anda mampu, karena selain mendapatkan fee yang sebanding, tentu kemampuan Anda juga akan semakin terasah.

Nah serukan Belajar Programming Otodidak untuk Pemula Lengkap! Anda bisa mempelajari ini dengan mudah tanpa harus bingung pastinya. anda bisa mengikuti kursus full stack sehingga bisa memahami programming lebih dalam.

Itulah beberapa alasan seseorang ingin menjadi seorang programmer dan bagaimana tips belajar programming supaya lebih andal dan profesional. Terus kembangkan kemampuan dan portofolio Anda supaya dapat menjadi programmer terbaik ya!

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !